Penghujung Ramadhan

Senin, Mei 10, 2021


Tak terasa perjalanan ini sudah hampir sampai di penghujung.
Perjalanan panjang yang tidak mulus, berkerikil, berkelok, bahkan kadang menanjak dan menurun.

Tapi semuanya jadi pengalaman yang diharapkan tidak terulang lagi di perjalanan berikutnya.

Ibarat air laut,
Keimananku kadang pasang, kadang surut, kadang pula tenang tak beriak.
Memang gak pernah tetap.



Mungkin memang seperti itulah Allah mengujiku.
Kadang berada dalam puncak keimanan, hingga siap mati saat itu juga.
Kadang masih asyik dengan pesona dunia.
Tidak istiqomah dalam beribadah.

"Wahai dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku atas agama-Mu dan untuk senantiasa berbuat taat kepada-Mu."

Selamat tinggal Ramadhan.
Semoga bertemu lagi tahun depan.
Di lubuk hati terdalam ada kesedihan harus berpisah karena ibadah yang belum maksimal.

Selamat datang Syawal.
Bulan yang istimewa
Semoga semakin meningkat ibadah dan amalan kepada Allah SWT.


Dan di hari raya Idul Fitri yang identik dengan saling bermaaf-maafan,
Buat saya, permohonan maaf terbesar akan ditujukan kepada kedua orang tua, Papi dan Mamiku.
Tak terhitung kesalahan dan dosa yang pernah saya lakukan kepada mereka, mulai dari kecil hingga sekarang ini.


Walaupun segala maaf itu tentunya tidak akan bisa menggantikan besarnya jasa atas usaha dan pengorbanan  mereka kepada saya selama ini..

Saya pun hanya bisa mendoakan,

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfir lii Waliwaalidayya Warhamhumaa Kamaa Rabbayaanii Shagiiran

Artinya: "Tuhanku, Ampunilah dosa-dosaku dan kedua orang tuaku, serta kasihanilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidikku sewaktu kecil."

Aamiiin ya mujibassailiiin 🤲






15 komentar on "Penghujung Ramadhan"
  1. Selamat idul fitri mami Ery. Takabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir batin.

    BalasHapus
  2. Selamat hari raya idul fitri mba Ery. Mari kita menanti Ramadan berikutnya ya, mudah-mudahan pandemi udah selesai dan bisa seseruan ramadan bareng keluarga

    BalasHapus
  3. Sediiih nya itu Krn ga bisa ketemu ortuku lebaran THN ini. Kmarin jadinya vidcall bareng semua, dan berharap THN ini bisa ke Medan ketemu orang tua :).

    Mba Ery, minal Aidin wal Faizin ya ... Maafin kalo aku ada komen2 ga enak di blog atopun medsos :). Semoga setelah Korona ilang, kita bisa saling ketemu ;)

    BalasHapus
  4. Selamat tinggal Ramadhan, selamat datang Syawal... Saya juga merasa begitu Mami, keimanan ku naik turun. Semoga masih bisa bertemu Ramadhan dan beribadah dengan maximal di bulan itu dan bulan-bulan selanjutnya...

    Mohon maaf lahir batin Mami 🙏

    BalasHapus
  5. Taqabballalahu minna wa minkum, kak Ery dan keluarga.
    Semoga Allah mudahkan kita semua untuk tetap istiqomah setelah Ramadan berlalu.

    Mohon maaf lahir dan batin, kak.
    Senang sekali melihat kak Ery bersama Mami dan Papi juga keluarga.
    Ini yang bikin semangat kala Lebaran tiba.

    BalasHapus
  6. Taqaballalahu mina wa minkum kak Ery dan keluarga... Selamat hari raya idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin ya mba dari Ujame. Semoga semua amalan ibdah kita di bulan Ramadan diterima sama Allah dan semoga bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadan di tahun denpan, Aamiin.

    BalasHapus
  7. Taqabballalahu minna wa minkum ya Kak, mohon maaf lahir batin. Semoga kita semua diberi rezeki dan kesehatan juga

    Salam kenal juga, saya Diko. Baru pertama kali mampir ke blog ini hehe ✌️

    BalasHapus
  8. Selamat hari raya idul Fitri ya kak. Kadang iman memang ada naik turunnya. Pun saya merasakan juga. Mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  9. Selamat tinggal Ramadhan, selamat datang Syawal.. sedihnya gang, sudah dua lebaran ga sama mamakku di kampung, meskipun lumayan terobati tahun ini karena lebaran bareng mertua. Tahun lalu deh di rumah saja, bahkan nda berani ka ke masjid lebaran

    BalasHapus
  10. Kangen ramadan lagi ya Kak, cepat banget nggak kerasa tahu-tahu udah lebaran syawal ini. Semoga kita dipertemukan dengan ramadan mendatang aamiin

    BalasHapus
  11. Aamiin semoga kita dipertemukan lagi dengan bulan Ramadan ya mbak. Kemarin tuh ga berasa banget puasanya, karena aku memang ga puasa sih hahaha. Udah masuk trimester 3 dan mulai nyusuin di awal Mei. Semoga tahun depan bisa ikutan puasa lagiii.

    BalasHapus
  12. Mba Erry senangnya ya lebaran bisa berkumpul dengan kelaurga dan dipenghujung ramadhan bisa berkumpul dengan orang-orang tercinta, saya di perantauan belum bsia pulang kampung

    BalasHapus
  13. Selamat Hari raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin.

    @ lebaran terakhir ini memang sangat-sangat istimewa karena dalam suasana pandemi.
    Banyak tantangannya di antaranya kudu prokes meski saat silaturahmi.

    Biasanya kami sekeluarga ke Samarinda, kira-kira 115km dari Balikpapan ke tempat ipar (Abangnya hubby) namun tahun ini ada kebijakan swab antigen meski mudik antar kota dalam propinsi, sehingga kami mengurungkan niat.
    Namun semua ada hikmahnya, karena kebetulan Titan juga melahirkan 5 Mei 2021 lalu, jadi hectic deh sama Titan. {Hectic, halah]

    Yuk mari saling mengingatkan, tetap semangat mengelilingi diri dengan hal-hal positif!

    BalasHapus
  14. Tak terasa sudah 8 hari Idulfitri berlalu, momen yang rasanya selalu sakral ketika meminta maaf pada orang tua yang rasanya memang tak bis terbalaskan jasa-jasa mereka dari kecil dahulu. Betul, dilengkapi dengan doa seakan bisa menjadi penguat ya, doa-doa terbaik untuk orangtua kita

    BalasHapus
  15. Happy Eid Al-Fitr. Mohon maaf lahir batin ya mams kalo ada salah-salahnya...
    Semoga bisa bertemu dengan ramadhan tahun depan
    Sehat-sehat terus ya mams +mami papinya...

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.