Tokoh Wanita Inspiratif dari Drama Korea

Sabtu, Maret 20, 2021


Hola! Assalamu alaikum.
Apa kabar manteman, khususnya kalian para perempuan? Semoga tetap selalu tersenyum di masa pandemi yang berat ini ya.

Setiap tanggal 8 Maret di seluruh dunia diperingati sebagai International Women's Day alias Hari Perempuan Internasional. Awal dideklarasikannya hari tersebut dilatarbelangi demonstrasi menuntut keadilan pada pekerja perempuan pada tahun 1917, yang terus berlanjut hingga pada tahun 1977, tahun ditetapkannya peringatan tersebut.

Di tahun 2021, tema yang diusung adalah 'Choose to Challenge' atau 'Memilih untuk Menantang'. Tema ini memiliki makna untuk menantang dan menyerukan tentang ketidaksetaraan gender serta ajakan untuk merayakan pencapaian perempuan.




Well, bicara tentang perempuan. Di masa sekarang ini, sudah bukan lagi zamannya perempuan bergantung pada sosok lelaki, baik itu ayah maupun suami. Perempuan harus mandiri, tegar, berani menyatakan sikap dan menentukan jalan hidupnya sendiri, dengan tetap mengingat kodratnya sebagai perempuan.


Tokoh Wanita Inspiratif


Banyak perempuan-perempuan inspiratif yang bisa kita teladani kisah hidupnya dalam menjalani hidup. Bisa dari mana saja, baik itu sosok yang nyata, maupun tokoh fiksi dalam cerita buku atau film. Saya sendiri, karena sekarang ini lagi hobi nonton serial drama Korea, mengidolakan beberapa karakter tokoh perempuan dari serial yang saya tonton. Diantaranya adalah Kim So-yong, sosok Ratu yang dirasuki arwah seorang chef dalam Mr. Queen, Choi Soo-ah seorang istri yang memilih untuk bahagia dalam serial On The Way To The Airport, dan yang paling berkesan buat saya adalah Baek Joon, dari serial Revolutionary Love, wanita pekerja yang punya prinsip, kuat dan mandiri.


Poster Revolutionary Love


So, biar manteman gak bingung dengan cerita filmnya, berikut ini sinopsis serial Revolutionary Love, film ringan bergenre komedi romantis yang terdiri dari 16 episode :

Byun Hyuk yang diperankan oleh Choi Si-won) merupakan seorang pemuda kaya raya dan sering membuat masalah. Beruntung ia selalu dibantu oleh Kwon Jae-hoon (Gong Myung), sahabatnya sejak kecil merangkap asistennya yang selalu bisa diandalkan untuk menyelesaikan setiap masalah yang ia perbuat.

Semuanya berubah ketika ia bertemu dengan gadis pintar dan sederhana bernama Baek Joon diperankan oleh si cantik Kang So-ra. Byun Hyuk yang manja, ceroboh, dan sangat ceria mulai belajar tentang tanggung jawab saat jatuh cinta kepada Baek Joon.


Byun Hyuk melihat Baek Joon sebagai perempuan yang begitu berbeda dengan semua perempuan yang pernah dikencaninya, membuat pria ini rela melakukan segala hal yang belum pernah dilakukan olehnya selama ini. Bahkan untuk pertama kali dalam hidupnya, Byun Hyuk bekerja sebagai pekerja konstruksi dan petugas kebersihan di sebuah gedung untuk bisa mendapatkan perhatian dari Baek Joon.


Karakter Baek Joon yang diperankan Kang So-ra berhasil membuktikan bahwa cinta adalah satu hal berbeda, terlepas dari uang dan latar belakang keluarga. Seorang perempuan pekerja keras yang tidak melihat hal-hal terkait materi dari seorang pria adalah sosok yang jauh lebih menarik untuk dipertahankan. Dia memegang teguh prinsipnya.


Tokoh Baek Joon yang diperankan Kang So-ra dalam Revolutionary Love


Baca juga : Be Your Self!


Kesimpulannya, hal-hal berikut ini yang menginspirasi dari sosok Baek Joon :


1. Berprinsip 

Baek Joon adalah wanita yang teguh memegang prinsip. Apa yang dikatakannya sejalan dengan perbuatannya dan tidak akan berubah. Terlihat jelas dari prinsipnya yang tidak mau jadi full time worker atau karyawan tetap di satu perusahaan. Dia melakukan apa yang membuatnya bahagia.


2. Pekerja keras

Menjalani kehidupan yang keras, membuat Baek Joon menjadi wanita pekerja keras yang seperti tidak mengenal lelah. Dari pagi buta hingga tengah malam dia bekerja demi hidup, tapi semua itu dilakukan dengan senang.


3. Tidak materialistis

Walopun Byun Hyuk, yang adalah seorang anak konglomerat naksir berat padanya, Baek Joon tidak silau harta dan menerima begitu saja cinta Byun Hyuk.


4. Tegar, kuat dan berani

Banyak masalah yang dihadapi oleh Baek Joon dalam hidup, bahkan sejak dia masih kecil. Namun dia sangat jarang terlihat menangisi nasibnya. Dia selalu tegar dan kuat menghadapinya, serta berani menghadapi orang-orang yang berbuat jahat terhadap dirinya dan orang-orang yang disayanginya.


5. Mandiri

Begitulah seharusnya seorang perempuan. Mandiri, tidak bergantung pada laki-laki. Segala hal mampu dilakukannya sendiri. Tidak manja apalagi cengeng.


Salah satu sebab saya suka dengan tokoh Baek Joon ini mungkin karena sifat dan karakternya hampir sama dengan saya #tsah 😂  well, setidaknya saya berusaha menyamainya lah. Tapi kata orang saya ini memang berkepribadian kuat, berani, mandiri dan punya prinsip. Semoga benar adanya.


Baca juga : Kenali ERY Lebih Dalam Lewat Liebster Award


Nontonnya di Viu aja


Nonton Drakornya di Viu Aja


Mungkin buat manteman yang sering baca tulisan di blog ini udah tau kalo sejak pandemi, saya jadi keranjingan nonton drama Korea, seperti kayak horang-horang lainnya yang udah sampai kecanduan, hehe... Buat ngisi waktu selama di rumah aja, ceritanya. Di mana saya biasa nonton?Tentu saja di aplikasi Viu, aplikasi video yang menyajikan berbagai drama Asia secara resmi. Untuk mendapatkannya gampang aja, kamu tinggal download aplikasi Viu di gadget kamu, seperti smartphone atau tablet melalui Google Play atau Playstore.


Saya memilih Viu karena banyak teman yang rekomendasiin, kata mereka "Kalo mau nonton drama Korea di aplikasi Viu aja!". Saya langsung cari tau donk tentang Viu serta keunggulannya dibanding aplikasi nonton lainnya. Diantaranya sebagai berikut :


1. Kontennya melimpah, khususnya film Asia, terutama dari Korea.

2. Biaya berlanggannya murah banget. Hanya Rp.15.000 per bulan.

3. Filmya bisa di-download dan ditonton secara offline.

4. Tayangannya selalu baru dan jadi tontonan favorit semua orang.

5. Ada subtitle Bahasa Indonesia yang jelas dan mudah dipahami.


Jadi, ngapain repot-repot cari link sana-sani kalo mau nonton drakor, buruan download Viu di smartphone kamu untuk menonton yang lebih paripurna. #eaaa 😀





61 komentar on "Tokoh Wanita Inspiratif dari Drama Korea"
  1. Wah tokoh drakot bisa mneginspirasi gini, salut buat penulis naskah, aktris dan sutradaranya, tapi bagus lho jadi inspirasi buat para wanita di luar sana, supaya bisa jadi pribadi lebih baik lagi

    BalasHapus
  2. Ternyata menarik ya drakor revolutionary love ini. Aku sih udh bbrp kali liat coverny di viu, tp blm kepengin nonton, Krn aku memang biasa baca dulu banyak review mba. Kalo bnyak yg bagus, naaah aku masukin deh dlm list :)

    Viu mah udh lama jd langganan :D. Dulu aku putusin utk langganan ini jg Krn ada drakor :D. Koleksi judulnya banyak dan mostly yg aku pgn nonton ada semua :D

    BalasHapus
  3. Memang kita bisa belajar dari banyak hal ya Mbak Ery. Untuk melihat sosok perempuan inspiratif, tidak hanya wanita-wanita dalam negeri tapi kita juga banyak belajar dari drama yang suka kita tonton. Sebagai salah satu penggemar Drakor, saya tahu lah gimana mereka menampilkan wanita kuat dan mandiri dalam tiap tokohnya.

    BalasHapus
  4. Wow! Fans drakor betulan! Hahaha
    bisa hapal begitu sama karakternya

    BalasHapus
  5. Mauka nonton juga deh. Habiska selesaikan Mr. Queen kemarin, dan belum tau mau nonton apa lagi. Ringan ji ceritanya toh, kak?

    BalasHapus
  6. aku juga nonton mr Queen..aduuhhh seru banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samma. Seru banget tuh, makanya jadi hits.

      Hapus
  7. Suka banget sama orang2 yg inspiratif gini, jadi bisa memberi inspirasi bagi kita tentunya biar kita bisa menjadi lebih baik. Wah ternyata nontonnya via aplikasi VIU ya kak, aku mau nyobain install juga ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Install segera. Banyak judul film2 Asia yang bisa ditonton

      Hapus
  8. setiap perempuan memang punya ciri khas ya mba Ery termasuk di film-film korea itu yang bisa kita ambil pelajaran dari mereka, saya juga langganan VIU mba Er meski ga nonton tiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samma sih. Saya juga gak nonton setiap hari.

      Hapus
  9. Kok kita samaan Mbak nontonnya di Viu juga. Tapi aku punya tokoh favorit lain buat ini 😁

    BalasHapus
  10. dari cerita drama korea ini bisa mendapatkan sosok wanita inspiratif yang memiliki sifat dan sikap luarbiasa sebagai seorang wanita ya

    BalasHapus
  11. Aku udah lama nonton Revolutionary Love ini gara-gara ada Siwon haha. Ceritanya ringan sih, dan Kang So Ra emang tangguh banget di drakor ini. Inget yang Siwon pura-pura jadi kuli bangunan demi keliatan setara sama ceweknya. Hahaha kocak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun tadinya nonton karena Siwon, ternyata malah banyak inspirasi dari So Ra.

      Hapus
  12. Saya suka dengan drama yang mengangkat karakter perempuan yang kuat. Jadi, selain memang perempuan pnya sifat lemah lembut, tapi bisa juga kuat ya dalam menghadapi hidup. Sepertinya mesti dimasukkin nih ke dalam list nonton drakor.

    BalasHapus
  13. aku senang sosok perempuan yang berani, tegar, berprinsip dan juga berprestasi dan keluar dari zona nyaman. Semoga makin banyak perempuan hebat seperti ini di duni nyata ya mba, bukan hanya di drakor

    BalasHapus
  14. dan saya belum lama tahu produk untuk memperbesar tampilan layar HP. Jadi mantep banget ya buat para penggemar drakor, meski pakai gadget yang ukuran layarnya terbatas, tapi bisa tertolong sama pembesar tampilan layar HP

    eh kok malah OOT yaaak :D

    BalasHapus
  15. Aku ga mengikuti drama Korea hehehe...Cuma belakangan lihat Penthouse sih ya gitu2 aja nontonnya wkwkwkkwwk. Sepertinya karakter wanita2 di drakor ini macam2..ada yang tipe baik hati dan romantis, banyak juga yang kejam wuiiih serem deh. Kita bisa petik pelajarannya dari drama ini yang baik2nya saja diambil :)

    BalasHapus
  16. Kece banget ini karakter tokoh ceweknya ya Kak.
    Aku udah lamaaa hiatus drakor.
    Kayaknya pengin cuss langganan VIU deh
    supaya bisa pantengin drakor berkualitas!

    BalasHapus
  17. Aku juga suka sama si Baek Joon ini, kak. Paling suka pas adegan dia membela diri waktu dituduh mencuri anting tamu hotel. Meski hanya pekerja hotel tapi dia berani membela harga dirinya. BTW, kok samaan sih kita, mulai keranjingan nonton drakor di aplikasi VIU, hihi. Mumpung murah harga langganannya, jadi puas-puasin deh nonton drakor kesayangan yaa

    BalasHapus
  18. Toass ah karakternya juga mirip dengan saya *Tsah kibas kerudung dulu ah.

    Nontonnya di aplikasi VIU ya mbak, asyik ya kalau nonton di aplikasi gini, bisa sambil rebahan, bisa dibawa nongkrong di toilet juga hehehe... Jadi klo lagi asyik nonton dan kebelet pipis, nggak perlu di pause lagi

    BalasHapus
  19. Murah banget ya aplikasi VIU biaya langgananya.. Bnran deh daripada cari link sana sini, mending langsung aja di VIU..

    BalasHapus
  20. Biayanya terjangkau banget ternyata *BARU TAU
    Demi apa lima belas ribu bisa nonton drama korea sepuasnya...
    Barangkali aplikasi ini bakal kuinstall dan langganan... tapi setelah kerjaan rada longgar (kalo' nggak bisa-bisa nonton drama terosss, hahaha)

    BalasHapus
  21. Langganan di Viu itu nggak rugi. Banyak tontonan yang menarik dan edukatif

    BalasHapus
  22. Drama Korea itu tokohnya selalu inspiratif ya Kak yang jadi lead female nya. Gemes ama mereka. Tapi kadang bikin geli juga mereka suka ngomong sendiri

    BalasHapus
  23. Aku fansnya Kang Sora. Setiap dramanya aku ikuti. Karena di kehidupan aslinya, Kang Sora memang aktris yang gak pernah cari sensasi buat menaikkan pamor.
    Ter-love drama ini...
    Bikin mewek jugaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton di VIU beneran nyaman yaa, kak Ery.
      Aku suka juga niih...gak hanya dramanya, bahkan variety shownya,
      Hehhee..

      Hapus
  24. ahh kang sora, ini artis favorit aku
    paling suka karakternya di Doctor Stranger aku mbak
    Bahkan suamiku juga ngidolain Kang Sora
    dan pastinya, VIU adalah tempat terbaik buat ngedrakor ya mbak

    BalasHapus
  25. Aku belum nonton Revolutionary Love ini. Padahal kemarin sempat tayang juga di TV. Mungkin besok-besok nonton juga deh. Mau nyari di VIU juga

    BalasHapus
  26. Aku belum nonton ini, padahal udah sering liat thumbnailnya di Viu. Baiklah abis ini nonton Revolutionary Love, ini kayanya ringan ya, Mbak, nggak bikin stres hihihi.

    BalasHapus
  27. Sejujurnya banyak tokoh perempuan inspiratif ya kak di drakor. Saya gak banyak nonton drakor, pasti pilih-pilih dulu, baca review dulu, kira-kira banyak positifnya gak abis nonyon*repot amat mau nonton doang ya :D *
    Kalau ada sudut pandang dan ngasih rekomendasi kayak gini saya suka dan inspiratif juga tokohnya.

    BalasHapus
  28. Aku langganan Viu juga, tapi biasanya lbh nonton drama Jepang hehe
    Eh belakangan aku nyimak River When The Moon Rises sih, awalnya nonton krn Jisoo, eh Jisoo kena kasus, mau gak mau ya aku terusin aja ketimbang penasaran endingnya wkwkwk
    Dari nonton drama pun bisa dapat inspirasi yaaa, khususnya dr tokoh2 ceweknya :D

    BalasHapus
  29. Aku akhirnya ambil paket premium Viu dan ketagihan mba wkwkwk duh rasanya emg bikin penasaran ya ternyata nonton drakor tuh btw aku jadi mau nonton juga palagi ada siwon eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo udah premium bisa nonton apa aja. Bebas~

      Hapus
  30. Aku juga pake Viu mbk, sudah hampir 2 tahunan. Lunayan banyak pilihan dramanya terutama drama korea. Revolutionary love ini lumayan drama yang lucu menurutku, kisahnya menarik

    BalasHapus
  31. Aku belum nonton Revolutionary road korea ini. Yg pernah filmnya leo n kate yg judulnya sama. Keknya yg ini seru jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Revolutionary Love mbak, bukan road.
      Kalo yang Leo sama Kate itu yang judulnya Revolutionary Road.

      Hapus
  32. Wah aku belum nonton yang ini nih... Tokoh perempuan di drakor memang banyak yang dominan dan sangat berkesan ya kak...

    BalasHapus
  33. setuju sekali Mbak, wanita itu harus mandiri dan tidak boleh tergantung dengan orang lain.

    Ada banyak hal yang dapat menginspirasi wanita, dari drama korea juga bisa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, dari mana aja kita bisa dapat inspirasi.

      Hapus
  34. Dalam drama Korea , sekarang tuh tokoh perempuannya keren - keren yah, ga hanya cengeng namun juga tangguh dan sigap hadapi permasalahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarang ada yang terpuruk danbteraniaya kayak sinetron kita ya mbak, heheh..

      Hapus
  35. Aku belom pernah nonton deh drama ini. Cus ke VIU ah, mumpung selaw Dan masih punya akun premium

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap! Kalo premium bebas bisa nonton apa aja...

      Hapus
  36. Saya belum pernah satu kalipun nonton drama korea. Tapi menurut teman2, perbedaan antara sinetron kita dan drakor adalah perempuannya selalu digambarkan perempuan mandiri. Bukan perempuan lemah yang mudah disakiti. Benar atau tidak, saya tak tahu. Belum pernah nonton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak.
      Jarang ada tokoh perempuannya yang teraniaya.

      Hapus
  37. Saya suka Jang Geum, Kak. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, siapa lagi tuh? Haha...
      Saya paling susah hapal nama2 artis Korea.

      Hapus
    2. Wkwkwk dulu referensi drakorku berhenti di Janggeum, tapi karena seringkali diracuni kiri kanan akhirnya mulai juga nonton drakor lagi.

      Btw kak ery, Janggeum itu drakor jadul yg dulu sempat hits. Jewel in the palace, judulnya

      Hapus
  38. Aku juga suka drama ini kak, selain ada Siwon ada kang sora juga. Karakter dia disini pun aku suka.

    BalasHapus
  39. Awwweee mami sy dengar nama2nya sj pemainx pusing ma,kembarku ji yg hobi nonton Drakor,sdh semuami itu kayakx dia nonton hehehe

    BalasHapus
  40. Saya menjadikan dua bersaudara Seo Dal-mi dan Won In-jae sebagai sosok perempuan inspirasi. Kedua karakter dalam drakor Start-Up itu memberi contoh baik bagaimana mengejar dan mewujudkan mimpi.

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah sdh pernah nnton drakor ini. Nontonx pun pke aplikasi viu 😁😁

    BalasHapus
  42. Pecinta sinetron indonesia nyimak, hehe

    BalasHapus
  43. Masih belum bisa move on dari Mr.Queen kak, :'(
    tapi Revolutionary Love bakalan masuk list ku sih kak, hahaha

    BalasHapus
  44. Senang sekali nonton klo ada pemeran perempuan yang menginspirasi. Selalu ada energi positif dalam alur ceritanya.

    BalasHapus
  45. Kang sora di drakod ini emang keknya nasib ngenes bngt ya. Kesian pas emaknya mau ngutang dia jg ngak ada duit sepeserpun. Pdhal emaknya kyk begitu kelakukannya.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.