Top Social

Arti Nama Anak-anakku

Rabu, Februari 10, 2021

Hola,
Assalamu alaikum manteman.

Setelah saya perhatiin, sepertinya di masa pandemi ini cukup banyak buibu yang hamil, hehe... Apakah itu efek lain dari pandemi, dimana sebagian besar orang harus tinggal di rumah, beraktivitas di rumah seperti sekolah, kantor, berbisnis dan lain sebagainya, entah lah... Efek apapun itu, yang pasti Alhamdulillah ya. Kehamilan itu patut disyukuri karena merupakan anugerah dari Sang Maha Kuasa.

Saya jadi teringat masa-masa hamil dulu. Selain mencari informasi tentang kehamilan dan tumbuh kembang bayi, saya juga mulai mencari-cari nama buat si calon anak.

Nama menjadi doa dan harapan kelak ketika bayi tersebut dewasa. Oleh karenanya penting sekali memberikan nama dengan makna dan arti yang baik kepada seorang anak. 

Baca juga : Jagai Anak ta'

Nama anak-anakku sendiri singkat tapi tentu saja Islami dan punya arti yang baik. Dengan nama depan menggunakan "Andi" sebagai gelar bangsawan di Sulawesi Selatan yang merupakan turunan dari Atu dan diakhiri dengan nama belakang yaitu "Bau' Djemma", nama bapaknya Atu. Saya mengambil nama beliau sebagai nama fam atau nama keluarga untuk anak-anak agar mudah dikenali. Walaupun sebenarnya Atu gak pake nama belakang. Tapi belakangan, setelah anak-anak saya terutama Alifah pakai nama belakang itu, akhirnya sepupu-sepupunya ngikut semua deh, hehe... 

Kenapa saya pake nama belakang?
Well, seperti halnya keluarga saya dari pihak Papi yang pakai nama Maronie, namanya Opa (Papinya Papi), sebagai nama belakang dan juga keluarga Mami yang pakai nama Ambong, nama Nenek Bapak (kakek/bapaknya Mami). Nama-nama mereka jadi fam keluarga.

Di Indonesia Timur nama marga biasa juga disebut fam, yang menunjukkan pengaruh dari bahasa Belandafamilienaam yang berarti "nama keluarga".
*sumber : Wikipedia.

Yuk, simak apa arti nama anak-anakku.

👩 Alifah


Putri sulungku Alifah, yang lahir tanggal 25 Februari 1999, kami beri nama lengkap :

Andi Nur Alifah Bau' Djemma

Nama Alifah saya dapat dari buku Nama-Nama Islami, artinya "ramah tamah". Saat itu usia kandungan saya sepertinya baru 6 bulan, hihi.. Saking excitednya pengen punya anak, semua dipersiapkan dengan cepat.

Sebenarnya saya memilih nama itu karena suka aja penyebutannya. Alifah. Agak mirip kalo nyebut Eryvia, haha... Selain itu karena Alif adalah huruf pertama dalam abjad Arab alias Hijaiyah, dia juga sebagai anak pertama dan pas lah ada tambahan "ah" di belakang kata Alif karena si jabang bayi berjenis kelamin perempuan.

Artinya pun bagus, dengan harapan dia baik kepada semua orang, penyayang, rendah hati dan selalu mau membantu orang-orang di sekitarnya. Dari artinya itu terbukti sekarang ini Alifah punya banyak teman dan beberapa orang sahabat yang sangat dekat, bahkan dia sangat berjiwa sosial.

Adapun nama Nur di depan nama Alifah diberikan oleh Mamiku. Nur berarti "cahaya". Waktu itu Mami bilang pengen cucu-cucunya ada nama Nur di depannya kalo berjenis kelamin perempuan dan nama Ahmad kalo berjenis kelamin laki-laki.

Baca juga : Restu Ortu

🧑 Nadhif


Anak saya lelaki satu-satunya. Lahir pada tanggal 27 Januari 2004. Sewaktu masih hamil dan udah tau kalo jabang bayi dalam perutku iru berjenis kelamin laki-laki, saya langsung mencari nama yang tidak banyak dipakai orang dan terutama ada huruf F nya, biar gak melenceng jauh dari nama Alifah, hihii.. Lalu ketemulah nama Nadhif di dalam buku yang sama dengan yang saya gunakan waktu mencari nama Alifah dulu.

Nadhif berarti "bersih". Arti yang bagus, dengan harapan semoga anak ini jadi manusia yang bertaqwa, jujur, bersih hatinya dan berguna bagi orang-orang di sekitarnya. Aamiiin 🤲

Jelang hari kelahirannya waktu itu, saat saya lagi nonton infotainment di tv, ada berita tentang Ahmad Dhani, idolaku. Langsung deh saya klik untuk pake nama Ahmad di depan nama Nadhif. Kloplah dengan keinginan Mami 😊 
Karena Ahmad juga adalah nama Nabi Muhammad SAW yang artinya"terpuji".

Sehingga nama lengkap Nadhif adalah :

Andi Ahmad Nadhif Bau' Djemma


👧 Faizah


Usia anak ke-3 saya ini jauh banget dari anak ke-2, tepatnya beda 10 tahun dengan Nadhif dan beda 15 tahun dengan Alifah 😁

Lahir pada tanggal 22 Agustus 2014, si bungsu ini saya cariin namanya saat kehamilan udah hampir masuk bulan ke-9. Udah gak pake cari di buku lagi, tapi di internet karena zaman udah canggih. 

Seperti halnya waktu saya cariin nama buat Nadhif, harus ada unsur huruf F nya. Lalu dapatlah nama Faizah, yang artinya "menang". Nama ini saya rasa pas banget buat si calon jabang bayi yang bisa ada lagi di saat usia saya sudah 37 tahun dan Atu 39 tahun. Dia menang menantang usia kami yang sudah jelang 40 tahun kala itu, hehee...

Nama lengkapnya adalah :

Andi Nur Faizah Bau' Djemma

Arti nama yang bagus, sebagai doa semoga anak ini nantinya jadi manusia yang sukses, selalu keluar sebagai pemenang dalam segala hal. Aamiiin 🤲



Oiya, dalam memilih nama anak, Atu serahkan ke saya, sebagai penghargaan buat yang mengandung dan melahirkan. Tapi bukan berarti saya asal memilih dan memutuskan. Ketika sudah ketemu nama yang saya sukai, tetap saya tanyakan kembali ke Atu, apakah nama itu cocok dan dia juga suka? Setelah itu, baru deh kita putuskan bersama nama anak kami.

Nah, kalo manteman, siapa nama anak-anaknya? Pastinya juga mengandung doa dan harapan terbaik buat kehidupan sang anak ya.
Ceritain donk di kolom komentar.




9 komentar on "Arti Nama Anak-anakku"
  1. Nama Anaknya Kak Ery bagus-bagus dan bermakna sekali, nama itu kan doa, semoga makna nama anak-anak menjadi doa yang terkabulkan.

    BalasHapus
  2. Pernah mau kukasi nama anak ketigaku Nadhif, tapi tidak jadi ka terlanjurmi pakai huruf F untuk kedua kakaknya, maka jadinya Fauzi deh. Berhubung lahir pada bulan Ramadan, maka ditambahkan saja menjadi Fauzi Ramadan.

    BalasHapus
  3. Bagus2 arti nama anaknya MB ;). Iya sih, nama anak hrs dicari yg bagus dong. Apalagi nama itu seperti doa, diucapkan tiap hari, dan berharap apa yg kita harapkan dr nama itu bisa terwujud ke anak2 kan :)


    Anakku sendiri namanya memang oanjang2 dan kebanyakan konsonan. Krn aku memang suka nama2 rumit. Tapi ttp ada artinya dong ;).

    Dan rasanya seneng aja kalo org2 belibet ngucapin nama anakku, dan akhirnya jd keinget trus :D. Sengaja mostly pake konsonan Krn aku suka huruf mati drpd vocal :p. FYLLY, ato nama si adek VRSTAN. Nama aslinya ga ush aku tulis lah, panjang bgt hahahahah

    BalasHapus
  4. Anak kedua bulan lahirnya sama dengan saya Mba, nama-namanya bagus banget artinya, dan kayaknya kalau orang tua sekarang lebih banyak referensi nama yang bagus daripada orang tua dahulu ya Mba hehehe

    BalasHapus
  5. Aku ngerasain banget beda 10 tahun ama adek kak. Malah enak dan seneng ngerawat nya. Sekarang jadi malah kayak teman dan tempat curhat

    BalasHapus
  6. Arti namanya kak Ery penuh dengan filosofi. Makna yang menjadi doa dan harapan kedua orangtua bagi ananda agar selalu sehat dan sukses, dunia dan akhirat.
    Aamiin~

    BalasHapus
  7. Nama anaknya bagus-bagus mams.. :)
    Di balik pemberian nama itu ternyata ada cerita tersendiri...
    Saya seneng kalau ada orang tua yang menyematkan nama belakang di nama anaknya. Kalau di keluarga saya, nama belakang juga sering dipakai tapi sayangnya nggak dicantumkan dalam akte kelahiran.

    BalasHapus
  8. Mba, aku malah gagal fokus. Anak2nya mba Ery cakep cakeppp semuanya. Udh besar2 tp mamanya msh kece bingitsss.

    Btw Nadif udh punya pacar *ehhhhh, sayangnya anak tante masih 3 tahun huhahahaha.

    BalasHapus
  9. Mba, kok kita sama yaa mamanya suruh kasih nama Nur buat anak perempuan dan Ahmad atau Muhammad buat anak laki2. Cuma anak ketigaku aja tuh yang ga pake nama Muhammad atau ahmad. Tapi saya cari nama panggilan anak yg suku kata pertamanya Fi semua. Xixixi.. makanya nama penaku UFi singkatan dari Ummi Fi1 2 dan 3.. xixixi..

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.