Top Social

Teman Main Faizah di Akhir Pekan

Sabtu, Oktober 24, 2020

Hola! Assalamu alaikum manteman, khususnya para emak yang punya anak balita atau usia awal sekolah. Gimana kabarnya selama anak sekolah daring? Beberapa teman dan sepupu saya bilang mereka cukup rempong karena mesti dampingi anak saat daring, ngajarin tugas-tugas, bahkan ada yang mesti bikin video yang dirasa cukup merepotkan.

Kalo saya sih belum merasakan semua itu, soalnya Faizah setelah tamat TK di bulan Juni kemarin gak saya lanjutin ke SD, karena umurnya memang belum cukup untuk masuk sekolah negeri. Selain itu karena kemampuan belajarnya belum terlalu maksimal. Dia belum bisa fokus belajar dengan cara duduk manis di depan buku, hehhe.


Faizah cuman saya ikutkan les baca tulis aja dulu, biar lebih mantap kalo nanti udah waktunya sekolah. Sengaja saya leskan secara offline biar dia tetap bersosialisasi dengan anak lain. Tapi ya gitu, karena lesnya cuman baca tulis, dia jadi kurang untuk aktivitas yang mengasah keterampilan. Saya juga gak terlalu mahir untuk ajarin dia. Paling juga keterampilan sederhana aja, seperti menggambar dan mewarnai.



Lalu, di akhir bulan September kemarin saya dihubungi oleh Dhani, anak Makassar yang selama ini hanya saya kenal lewat media sosial. Dhani menawarkan saya untuk mengikutsertakan Faizah main secara virtual lewat workshopnya yang bernama Teman Main Anak. Dhani pun mengirimkan flyer acara tersebut, ada aneka jenis kegiatan yang bisa diikuti dalam waktu kurang lebih 1 jam. Etapiii, usia Faizah kan udah 6 tahun? Sedangkan di flyer batas usianya 3 - 4 tahun 😁 untungnya bisa aja Faizah ikutan, karena memang kegiatannya masih sesuai untuk anak hingga usia 9 tahun.

Faizah senang sekali waktu saya kasi tau kalo 2 weekend berturut-turut nanti, tepatnya hari Minggu tanggal 11 Oktober 2020 dan hari Sabtu tanggal 17 Oktober 2020. Sehari sebelum pelaksanaannya, Faizah dikirimin Activity Box yang berisi alat dan bahan untuk bermain nanti.

Pica & activity box-nya

Well, daripada kalian penasaran seperti apa kegiatan bermain virtual ala Teman Main Anak yang Faizah ikuti, saya jabarkan berikut ini yaa...

MENGENAL ANGKA
Minggu, 11 Oktober 2020

Ada 3 pengajar yang memandu jalannya acara, yaitu Ibu Dhani, Ibu Shinta, dan ibu Nita. Kegiatannya diawali dengan berdoa bersama lalu senam diiringi lagu dari Pink Fong. Keren banget nih idenya, mengajarkan anak untuk memulai segala sesuatunya dengan gak lupa berdoa dan gerak tubuh biar anak-anak semangat.

Sesi berikutnya adalah Story Telling oleh Ibu Dhani, bercerita tentang Belajar Angka Bersama Dinosaurus. Setelah Ibu Dhani bercerita, anak-anak ditanyaian kembali tentang isi dongeng tadi. Ini untuk mengetes mereka apakah fokus dan mengerti akan ceirta yang dibacakan tadi. Setelah itu Sesi Mengenal Angka lewat jumlah gambar yang muncul di layar. Selanjutnya membuat angka dengan garam berwarna pada kartu. Caranya adalah kartu yang telah dilaminating plastik di tuliskan angka menggunakan lem stik, lalu garam berwarna ditaburkan di atasnya. Terlihat jelas deh angka yang ditulis tadi.

Membuat angka dari garam

Menempel pompom di jari


Sesi selanjutnya adalah menempel pompom di kertas yang telah dibentuk jari dan diberi angka. Pompom ditempel sejumlah dengan angka yang tertera di setiap jari. Benar-benar pengenalan angka dengan cara yang kreatif deh ih!

Tonton selengkapnya di channel Youtube Eryvia Maronie yuk!


MENGENAL WARNA
Sabtu, 17 Oktober 2020

Di pertemuan kedua ini Faizah makin antusias, karena udah tau serunya main bareng walopun hanya virtual. Gimana gak seru, soalnya anak-anak dilatih keterampilan membuat sesuatu dan itu yang bikin Faizah senang.

Seperti di minggu kemarin, pertemuan dimulai dengan doa dan senam. Lalu masuk ke sesi inti, yaitu belajar sambil bermain yang diawali dengan Story Telling bercerita tentang isi kulkas yang beragam, mulai dari telur hingga buah-buahan. Lalu anak-anak diajar membuat Popsicles alias es lilin dari kertas yang sudah tersedia, ditempel ke stik es krim, kemudian dihias dengan pompom aneka warna.

Senam dulu sebelum beraktivitas

Membuat popsicles dengan pompom

Keterampilan selanjutnya yang diajarkan adalah mencampur air, minyak dan pewarna makanan ke dalam botol. Aktivitas ini seperti kayak praktek Fisika jaman saya sekolah dulu, hehe. Jadi terlihat minyak yang tidak bisa menyatu dengan air karena berbeda molekul, dimana molekul air lebih berat dari minyak. Itulah sebabnya kenapa minyak berada di bagian atas.

Tonton selengkapnya di Youtube Eryvia Maronie deh...



Seru banget deh pokoknya kegiatan ini. Bukan cuman buat Faizah tapi buat Maminya juga, hehhe...
Insya Allah untuk pertemuan bulan November, Faizah pengen saya ikutkan lagi ah, biar dia ada kegiatan menyenangkan yang sekaligus bisa buat dia belajar.

Hmm, Faizah dan Mami jadi gak sabar deh tunggu bulan depan!

Oya, kegiatan seru ini bisa diikuti semua anak di mana aja berada lho, karena mainnya secara virtual via Zoom.
Biayanya Rp.75.000 untuk 1 sesi dan Rp.100.000 jika kita daftarin anak untuk 2 sesi sekaligus.
Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek dan DM akun instagram @teman_mainanak .





11 komentar on "Teman Main Faizah di Akhir Pekan"
  1. Wah,asyiknya Pica sekolah daring ya..sambil nunggu umurnya cukup buat masuk SD sebentar lagi, asyik kegiatannya karena dikirimi activity box ya kak jadi tinggal ngikutin saja nggak repot siapkan alat...

    BalasHapus
  2. Waaaah menariiik Mba. Aku jdi pengen masukin anakku yg bungsu nih . Sebenernya dia udh tk , tp Krn sedang begini ya aku ga masukin dulu ke sekolah, walopun sekolahnya dia udh buka sebenernya. Jd kdg ibu gurunya ksh tugas lwt wa. Cm tetep aja ga maksimal. Ini menarik siih. Aku tuh susah ngajarin dia kenal huruf dan angka. Padahal kakanya di umur 4 THN dulu udh bisa . Tp kan diajarin Ama guru memang :D.

    BalasHapus
  3. Seru sekali ya Ini Kak Ery, Pica jadi hepii. Bermain dan belajar memang menyenangkan sekali. Aku jadi penasaran kelasnya juga heheh. Udah viirtual juga canggih ya sekarang ini.

    BalasHapus
  4. Faiza anaknya aktif banget yaa, kka Ery.
    Aku happy banget lihat aktivitas belajarnya yang selalu excited.
    Bersama Teman Main, belajar di rumah makin menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main bersama guru dan teman visual begini cukup membuat Faiza bahagia yaa, kak..
      Semoga semangat belajarnya tidak pernah surut dan selalu happy.

      Pinter banget Faiza menempel pom-pom saat belajar warna dan angka.

      Hapus
  5. Kreatif sekali nih, jadi anak bisa belajar dengan senang tanpa paksaan dan pastinya ilmunya langsung bisa dipraktikkan dan mudah mengena

    BalasHapus
  6. Wah gemes banget kreasi tangan kakak. Bagus jg ya aktifitas gini mba, bkn anak2 jd semangat belajar, ttp berinteraksi sama org lain dan jd lbh kreatif.

    BalasHapus
  7. Seru banget ya. Di rumah aja tapi bisa belajar seru gitu. Anakku umur 7 tahun kayaknya bisa ikutan juga tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bangettt,
      Ini peseertanya bisa dari mana aja

      Hapus
  8. Aku jadi ingat artikel aku dengan tema "Kiat Belajar Yang Menyenangkan"
    Kurleb sama nih prinsip yang diadopasi staff Teman Main Anaknya Pica.

    Sesi doa itu termasuk dalam "Classroom Management"
    Ternyata ada filosofinya lho rutinitas dalam kelas itu.
    Diantaranya mendorong siswa memiliki kemampuan diri.
    Apalagi misalnya untuk pertemuan selanjutnya, para siswa yang diminta secara bergiliran membacakan doa sesuai pinta siswa masing-masing.
    How cool is that!

    Misalnya, Pica diminta berdoa seperti ini:

    " Sekarang giliran Pica nih yang baca doa hari ini, mau minta apa sama Tuhan hari ini?"

    Aku percaya pasti doa setiap siswa apalagi anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang pasti akan mengundang senyuman dan keharuan.

    BalasHapus
  9. Mauka juga kasi ikut ini kelas Ghaza sayangnya di akhir Minggu, pasti protes ki, "Ini hari libur Buma, tidak belajar orang!"

    Sudah kuajukan usul ke Dhani coba kelasnya weekdays saja hahaha 🤭 biar bocah dak protes terpotong hari liburnya.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.