#kepoin Dewi Rieka : Blogger Itu Apa?

Senin, September 28, 2020


Hola!
Assalamu alaikum manteman.

Setiap kali ada yang nanya ke saya, "pekerjaan ibu apa?" atau "jadi, sekarang kerjanya apa?", selalu saya jawab "saya blogger". Tapi, kebanyakan yang mendengar malah balik nanya, "apa itu?" 😂 Jadi, mau gak mau saya harus jelasin lagi.

Saya bilang aja kalo blogger itu sama dengan penulis tapi media tulisnya di blog dan dipublish lewat internet, bukan di buku.

Beberapa orang ngerti, tapi sebagian ya seperti yang saya tulis di atas. Tetap gak ngerti! 😂


Akhirnya saya jadi kepikiran untuk bikin live Instagram membahas soal profesi blogger, dan saya mendaulat Dewi Rieka, seorang blogger senior pemilik 3 blog (dewirieka.com, pejalansantai.com dan semarangcoret.com), penulis banyak buku (Anak Kost Dodol, Rumi, Sukses Menjadi Travel Blogger, dan lain-lain), pemilik akun @dewi_rieka @dedew_writer @ruangaksaraku, sebagai narasumber buat saya #kepoin. Karena Dewi ini tanteku, jadi enak aja ngajaknya dan Alhamdulillah dia juga langsung mau! Hehe...


So, #kepoin Dewi Rieka saya adain tanggal 25 September 2020 lalu, dan berikut ini rangkumannya :

🖥 Jika ingin tau apa itu profesi blogger, mesti tau dulu BLOG itu apa. Blog adalah tulisan yang publikasikan secara online lewat internet, sehingga banyak yang baca. Adapun blogger adalah penulis blog. Tapi seseorang bisa dikatakan blogger jika dia konsisten menulis di blog.

Saya ketika liburan ke Semarang & ketemu Dewi

🖥 Menjadi blogger harus punya modal, yaitu niat untuk konsisten. Karena memang gak mudah mengelola blog. Gampang membuat blog, tapi banyak tantangan dan godaan untuk terus bertahan menulis.

🖥 Untuk bisa menulis blog, punya bakat bukan yang utama. Yang penting punya kemauan menulis dan terus berlatih supaya tulisan jadi lebih bagus.

🖥 Seorang blogger harus punya tujuan dalam menulis blog itu untuk apa. Apakah untuk berbagi informasi, untuk belajar menulis, untuk mengembangkan bakat, dan sebagainya. Jika punya tujuan, maka pasti akan terus menulis.

🖥 Harus ada ilmu dalam menulis. Tau tanda baca, sambung kalimat dan sebagainya. Selain itu untuk jadi blogger juga harus banyak membaca. Sebab sebelum menulis, harus ada pengetahuan tentang apa yang akan ditulis. Harus ada referensi tulisan. Gak boleh asal menulis.


🖥 Blog adalah milik pribadi sang blogger. Bahasa yang digunakan lebih bebas dan lebih santai namun tetap harus enak dibaca dan mudah dimengerti. Selain itu blog memang lebih banyak dikerjakan sendiri, mulai dari menulis, mencari data dan referensi tulisan, memotret  dan sebagainya.

🖥 Saat ini banyak yang mengkhususkan blognya dengan tema tertentu, seperti menjadi beauty blogger, travel blogger, financial blogger dan lain-lain. Seperti teman saya Arief Pokto yang memilih menjadi travel blogger dan menulis segala hal tentang dunia pariwisata, termasuk tentang Pulau Pramuka yang kini sudah berubah menjadi lebih bagus.



EMaronie #kepoin Dewi Rieka


🖥 Banyak yang berpikir bahwa menjadi blogger itu enak, karena bisa dapat produk gratis, bisa makan di restauran mewah, bisa jadi yang pertama nongkrong di cafe terbaru, bisa staycation gratis di hotel dan lain-lain. Padahal semua itu bukannya gratis, tapi ada pekerjaan yang harus dilakukan  yaitu MENULIS di blog, review dari semua yang telah didapatkan.

Karena itulah Dewi selalu ingat kata-kata dari mbak Indah Juli, seorang blogger senior asal Jogja, yang bilang "Terus saja menulis. Menulis dari hati, nanti duit akan mengikuti." haha.. Bener juga ini! 😁

So, buat kamu yang juga ingin jadi blogger, bisa cek di akun Instagramnya Dewi Rieka 
@ruangaksaraku, yang khusus membuka kelas belajar menulis via online.

Semoga rangkuman hasil #kepoin Dewi Rieka ini bermanfaat ya manteman.
Kalo kamu pengen nonton selengkapnya. cek aja di IGTV @e_maronie.

Sampai jumpa di program EMaronie #kepoin selanjutnya! 😘






7 komentar on "#kepoin Dewi Rieka : Blogger Itu Apa?"
  1. Terima kasih sudah diajak ngobrol di acara #Kepoin nya Kak Ery yang hits ya, semoga bermanfaat sharingnya...semangat nulis ya semuaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermanfaat banget hasil kepoin ini, soalnya narsumnya bligger senior ��

      Hapus
  2. Aku juga sering mendapat pertanyaan serupa.

    "Blogger, apa itu, mba?"

    Karena sudah sering, jadi aku menganggapnya sebagai bagian dari gaya hidup saja lah, hahaha.

    Iseng-iseng personal branding dengan menjawab,

    "... contohnya ini www.annarosann(dot)com, bla bla... "

    Case closed ;)

    BalasHapus
  3. Sudah lama kenal Mbak Dewi walau baru sekali bertemu muka. Dedikasinya terhadap dunia kepenulisan bikin angkat topi. Karya-karyanya sudah banyak namun, doinya tetap rendah hati. Beruntung kenal beliau :)

    BalasHapus
  4. Aku ga nyangka kalo mba Dewi ini blogger juga awalnya. Padahal baca tulisan si mba yg anak kos dodol udh lama bangetttt. Itu termasuk buku fav yg sukses bikin aku ngakak tiap baca. Dulu sempet ngebayangin ini penulisnya kok lucu amat yaaa, pasti orangnya seru :D. Dan skr setelah tau mba Dewi juga blogger, lgs kebayang sih memang orangnya asik seperti tulisannya di blog dan buku . Pgn bgt bisa ketemu mba Dewi :)

    BalasHapus
  5. Mbak Dedew memang keren banget. Aku pertama kali kenal di IIdN dan nyambung di grup penulis bacaan anak. Senangnya Mbak Erry dah jumpa Mbak dedew ya, saya belum jumpa euy. Moga suatu saat jumpa sama penulis serba bisa dan produktif Mbak dedew

    BalasHapus
  6. Uwaaa...ada penulis buku fave akuu...
    Produktif banget ya...kak Dewi ini.
    Aku saluutt...dan terimakasih kak Ery, tulisan dan IG Live nya sllau membuat kita semua mendapat ilmu baru.

    Barakallahu fiik~

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.