Demam Korea

Selasa, September 15, 2020

Sebagai penonton drakor pemula, memang baru sedikit film dan serial drama Korea yang saya tonton. Demikian pula dengan musik KPop yang sedang mendunia, saya tidak terlalu banyak mendengarkan tapi suka beberapa lagu Korea. 

Namun dari yang sedikit itu, saya udah punya beberapa pilihan hiburan Korea favorit, yang mungkin saja jadi favorit kamu juga.

So, let's cekidot!

Musik

Blackpink 
Siapa sih yang nggak suka Black Pink? Girlband dengan 4 personil cewek-cewek cantik jadi favorit hampir semua penggemar Korea-korean. Saya tahu Blackpink sekira 2 atau 3 tahun yang lalu ketika dengar lagu Boombayah dan langsung suka dengan keseluruhan dari Blackpink, mulai dari musiknya, video klipnya, koreografinya, fashionnya dan terutama wajah para personil Blackpink yang cantik dan imut.

BTS
Boyband satu ini jadi idola seantero dunia, bukan hanya di kalangan para cewek-cewek tapi banyak  juga cowok yang ternyata ngefans. Pertama kali saya tau tentang BTS ketika nonton video klip Mic Drop yang dicover oleh Gen Halilintar. Denger lagunya yang asyik itu, saya langsung cari tahu Mic Drop ini lagunya siapa dan video klip aslinya seperti apa. Ternyata mereka adalah BTS yang berkolaborasi dengan DJ terkenal asal Jepang Steve Aoki. Dan huhuhu.... Saya langsung jatuh cinta sama lagu ini, yang ngebeat dan bawaannya pasti pengen goyang kalo didengerin, heheh... 

BTS dalam video klio Mic Drop

Kalo soal personilnya yang kata para penggemarnya ganteng-ganteng, menurut saya sih biasa aja. Tergantung selera sebenarnya, karena emang bukan tipikal saya cowok wajah oriental, apalagi kao cowok udah pakai riasan make up, aksesoris cewek plus baju warna-warni, hehehe... Bukan tipe gue banget.

Baca juga : Akhirnya Saya Nonton Drakor

Film Korea

A Taxi Driver
Film produksi tahun 2017 yang berdasarkan kisah nyata ini bikin saya baper, sampai mencari tahu kejadian sebenarnya di Korea Selatan pada tahun 1980 dimana terjadi pelanggaran HAM terhadap mahasiswa yang berdemonstrasi. Ceritanya tentang seorang jurnalis asal Jerman, Jurgen HInzpeter, yang meliput aksi demonstrasi di Korea Selatan, tepatnya di kota Gwangju, dengan menyewa sebuah taxi. Supir taxi yang tak diketahui nama sebenarnya itu, hanya disebut sebagai Kim Man Seob, sangat berjasa bagi sang jurnalis, hingga akhirnya rekaman pembantaian mahasiswa dan warga sipil bisa ditayangkan di televisi.

Film ini jadi film terlaris di Korea Selatan pada tahin 2017 dan dikirim sebagai film perwakilan Korea untuk penghargaan Oscar.

Parasite
Setelah menonton beberapa serial drama dan film Korea, saya lantas jadi penasaran pengen nonton Parasite, film yang berhasil menang piala Oscar 2020. Dengan cara bertanya ke teman-teman di media sosial, beberapa orang menyarankan saya untuk nonton di Catch Play yang tersedia di Indihome. Gak pake mikir panjang, langsung aja saya donlot aplikasi tersebut demi nonton film Parasite.

Sebuah film drama komedi tragis dengan cerita yang unik tentang kesenjangan hidup antara orang miskin dengan orang kaya. Di akhir film malah kita dibuat makin penasaran dengan endingnya yang membingungkan, hihi....
Serial Drama Korea

Reply 1988
Banyak yang gagal move on setelah nonton drakor yang satu ini. Termasuk saya, heheh... Saya jadi malas nonton drakor lain karena takut lebih jelek dari Reply 1988 dan hanya bikin saya kecewa.

Serial drama Korea sebanyak 20 episode, bersetting tahun 1988 hingga 2016, yang berkisah tentang kehidupan bertetangga di gang Ssamundong. Ceritanya sangat sederhana tentang keseharian, keluarga, persahabatan, kekerabatan dan percintaan. Tidak ada konflik yang bikin penonton ikut cemas, gak ada tokoh antagonis yang pengen penonton tabok, datar aja tapi menarik. Itu yang biki Reply 1988 punya banyak penonton fanatik hingga sekarang.


The World of The Married
Nah, kalo yang ini kebalikan dari Reply 1988. Kita yang nonton ikut cemas, gemes, marah sampai pengen nampar! Hahaha...

Drakor inilah yang jadi cikal bakal akhirnya saya nonton drakor lainnya. Karena emang sebagus itu!

Baca juga : Kumpulan Quote EMaronie Tentang Bersyukur

Wel, di masa pandemi ini ternyata bukan hanya virus Corona yang merajalela tapi segala hal tentang Korea membuat sebagian orang jadi demam termasuk juga saya 😅

Lantas, setelah nonton beberapa film dan serial drama Korea, saya dan Alifah jadi pengen rasanya traveling ke Korea. Melihat suasana negaranya, merasakan dinginnya cuaca di sana dan kalo perlu kami pengen banget ke gang Ssamundong, lokasi syutingnya Reply 1988, haha... Kalo Faizah sih sepertinya sejak tahun lalu selalu bilang ke Atu pengen ke Korea, pengen ketemu Blackpink dan BTS 😂

Makanya kami udah rencana dari sekarang, kalo pandemi virus Corona udah berlalu, pengennya sih liburan ke Korea Selatan. Mumpung passportnya juga masih berlaku. Eh, tapi kalo pun pasport kadaluwarsa, sebenarnya gampang aja koq untuk memperpanjang, khususnya buat manteman yang tinggal di Jakarta.

So, diantara manteman, siapa nih yang baru aja terinfeksi demam Korea seperti saya? 😀
Sharing referensi serial drama, film atau musik donk...




10 komentar on "Demam Korea"
  1. Lumayan juga Mbak Erie. Walau sedikit sudah meliputi band, film dan drama. Kalau aku sih masih di drama aja. Dan dafarnya cukup panjang juga :)

    Memang Kore ini ngikutin jejak Jepang sekarang. Produk mereka mendunia :)

    BalasHapus
  2. Waah...
    Kak Ery ga bisa move on sama R88.
    Aku juga...tapi lebih gak bisa move on lagi sama Moon Lovers.

    Huuhu..
    Terngiang-ngiang selalu jadinya yaak...gregetan kalo nonton drama TMoM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen coba nonton Taxi Driver juga...
      Rasanya seru mengetahui dan belajar sejarah negara lain. Film-film based on true story ini menyentuh kalbu yaa, kak Ery.

      Hapus
  3. Kalau Saya Dari dulu udah nonton tapi ga terlalu fanatik sih. Ada beberapa serial ramen seperti Kingdom, kalau film Saya suka Parasite, Alive, Train To Busan & Peninsula

    BalasHapus
  4. Korean Movie belum nonton nih sofi! Padahal Parasite udah mendunia banget sampai dapat banyak awards! The world of the married juga dapat banyak perhatian sampai viral ya!

    Sofi nonton drakor berseri yang bucin bucin gitu hahahaha semua yang Lee Min Ho main udah nonton 😌😌 terfavorit ciry hunter karena tegang plus sedih 🤣🤣

    Wah thanks kak udah colek Sofi di end of article 😍😍 ternyata sekarang semua dimudahkan lho untuk passport kadaluwarsa dan cukup diurus sehari udah selesai 💃💃

    BalasHapus
  5. Kalo Drakor ga usah ditanya lah yaaa, aku udh kecanduan sekarang hahahahah. Tapiii kkao lagu2 idol kayak BTS, blackpink, ntah apa lagi lainnya itu, aku blm bisa suka mba Ampe skr. Msh ga enjoy nikmatinnya. Apa Krn kedistract duluan liat tampilan mereka yg malah aneh yaaa. Mungkin aku LBH suka band yg kayak DAY6, Naaah itu aku suka. Lebih cowo sih , dan pake alat musik. Lagunya CONGRATULATION bagus bangettttt. Apalagi sambil nonton klipnya, jleeeb berasa wkwkwkwkkw.

    Aku LBH milih yaaa lagu2 OST Drakor . Msh jauuuuuuh LBH enak didengerin. Malah kdg aku cari ost2 fav ku, trus aku save di Spotify. Msh paling suka OST nya CLOY sih, tp setidaknya lagu2 soundtrack ini rata2 memang enak didengerin.

    Aku juga jd pengeeeeeeen balik Korsel hahahahahah. Aku pgn kulineran lagiii, kangen Ama suhunya yg minus kalo udh winter, trus shopping di sana bikin kalap :D. Sumpah muraaaah abiiiis. Kalo shopping LBH enak di sana drpd Jepang :D.

    Akukan selesai pandemi plan Ama kluarga k Jepang lagi mba. LG mikir apa mampir k Korsel kayak dulu ga yaaa. LBH murah tiketnya kalo dr jepang. Tp aku pgn Jeju, yg free visa utk WNI. Cm ga bisa ke Seoul Krn yg free bisanya hanya Jeju. Jd landing dan berangkatnya hrs dr sana . GPP sih, Krn Seoul toh aku udh pernah. Kata temen yg tinggal di Jeju, bagus2 dan bnyk yg bisa diliat.

    Lagi cari tau dulu enaknya gimana, apa dr JKT ke Jeju dulu, baru trakhir ke Jepang ato Jepang dulu baru ke sana :D.

    BalasHapus
  6. Aaaaah seneng banget baca ini wkwkwkw...

    Ujame adalah pecinta Korea garis keras bund 😂 Kalo Puti drakornya, kalo Nopi Kpopnya hahaha.

    Untuk drakor Reply 1988 bagiku adalah drakor dari segala drakor, terbaiiiikkkk dari puluhan drakor yang ku tonton. Paling the best pokoknya! Aku udh re-watching berkali-kali huaaaaa...
    Dan Fyi, gang Ssammundong itu buatan bund, dan sudah dihancurkan saat syuting selesai. Sayang banget yaaa :""""

    Dan kalo Nopi, dia Army (sebutan fans BTS) tulen dari jaman baheula. Bahkan sebelum grup idolnya melejit kaya sekarang. Hehehe

    BalasHapus
  7. wah mba Erry ternyata penggemar Korea juga ya, aku tahu nama Blackpink, BTS, film Parasite, Taxi a Driver, dan serial dramanya tapi tak satupun yang sudah aku tonton hehehe, takut ketagihan soalnya temanku yang suka drama korea bisa ga tidur loh 24 jam nontonin korea, maraton nonton filmnya

    BalasHapus
  8. Waaah, aku ketinggalan nih. Aku baru2 aja nonton drakor lagi. Dulu banget pernah nonton yg kisahnya Jang Geum itu. Aku jd penasaran pengen nonton Reply 1988 deh. Cus ah nonton

    BalasHapus
  9. Pertama kali aku nonton drakor "Train To Busan" semenjak itu aku jadi suka drakor tapi yang agar horor, kalau yg drakor bucin aku gak suka.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.