5 Kota di Indonesia Yang Pengen Banget EMaronie Kunjungi

Selasa, September 22, 2020

Hola! Assalamu alaikum.

Setelah pada tahun lalu saya tulis tentang 5 negara yang pengen banget saya kunjungi, kali ini saya menulis 5 kota di Indonesia yang pengen banget saya datangi.

Kenapa Indonesia?
Karena Indonesia itu luas dan indah.
Ada banyak daerah yang bisa dikunjungi dan banyak hal yang bisa dilihat serta dirasakan sebagai pengalaman baru dan menambah wawasan.

Selain itu, pengen mematrikan di hati kalo, "Ngapain jauh-jauh ke luar negeri? Di Indonesia semuanya juga ada koq!" 😉

So, ini dia 5 destinasi impian saya untuk kota-kota di Indonesia.

Cekidot!

1. Manado
Almarhumah Oma saya berasal dari Sulawesi Utara, tepatnya di Desa Rumoong Atas Kec. Tareran Kab. Minahasa Selatan, di daerah pegunungan. Konon di daerah itu bunga-bunga tumbuh subur karena kondisi alamnya yang sejuk. 

Dengan berkunjung ke Manado, berarti saya bisa lanjut ke kampung Oma yang jaraknya sekira 55km atau kurang dari 2 jam perjalanan. Sanak keluarga Oma sebagian ada yang masih bermukim di kampung tersebut, tapi sudah banyak pula yang tinggal di Manado.

Demi menjalin tali silaturahim, saya pengen banget suatu saat nanti bisa ketemu langsung dengan keluarga Oma di sana, yang selama ini hanya saling bertegur sapa lewat media sosial.

Almarhumah Omaku saat masih muda, di Manado
2. Banda Aceh
Salah satu om saya, kakak dari Mami saya, ada yang tinggal di Aceh. Sakit ini kondisi beliau sedang sakit, makanya saya pengen banget jengukin ☹️

Selain itu, saya juga pengen banget ke Sabang, di titik O kilometernya Indonesia. Juga pengen lihat bangunan-bangunan yang terdampak tsunami tahun 2004 lalu, seperti Kapal di Atas Rumah, termasuk ke Museum Tsunami dan tentu saja sholat di Mesjid Baiturrahman.

rumah di atas kapal
*pic source detiktravel

3. Lombok
Keindahan alam Lombok, terutama pantainya, sudah lama jadi salah satu destinasi favorit para turis, baik mancanegara maupun domestik. Bahkan adikku, Sherief dan Ika, memilih Lombok sebagai tempat berbulan madu. Uhhuyyy...

Saya sampai mikir, apa cuman saya yang belum pernah menginjakkan kaki di Lombok? Haha...

Pengen rasanya ke Desa Sade, tempat suku Sasak bermukim. Melihat rumah tradisional berdinding anyaman bambu, beratap alang-alang kering, dan lantainya dibuat dari campuran tanah liat dengan sekam padi. Ada pula berlantaikan kotoran sapi. Konon rumah adat tersebut taham gempa lho.

Rumah dan lumbung suku Sasak
*pic source zonadollar

Pengen juga melihat langsung para perempuan menenun kain secara tradisional. Selain itu tentu saja saya gak bakal melewatkan bermain pasir dan air laut di Pink Beach, Gili Trawangan, Kuta Lombok dan banyak pantai lainnya. Apalagi kak Rosanna Simanjuntak, teman saya yang juga seorang blogger, udah membantu saya dengan menuliskan panduan itinerary 4d3n Lombok, jadi tinggal cusss aja sebenarnya.... 😁

4. Belitung
Sejak nonton film Laskar Pelangi dan video klip Nidji, pada adegan mereka berlarian di antara batu-batu gede yang terdapat di pantai, dalam hati saya bilang "nanti saya akan ke sana!".

Pantai Tanjung Tinggi
*pic source hipwee

Dari hasil browsing, saya jadi tau kalo pantai itu bernama Pantai Tanjung Tinggi, yang sekarang jadi ikon pariwisata Pulau Belitung. Sejak booming film Laskar Pelangi, pantai itu jadi ramai pengunjung.

Yang juga ramai dikunjungi adalah replika Sekolah Laskar Pelangi dan Museum Kata Andera Hirata.
5. Labuan Bajo
Labuan Bajo dianggap sebagai pintu masuk ke Pulau Flores. Punya kisah sejarah yang panjang, yang berkaitan dengan suku Bugis atau orang Badjo, suku pengembara lautan yang terkenal, Labuan Bajo mengandung arti "tempat berlabuhnya orang Bajo".

Bukan hanya pulau dan pantai yang menarik perhatianku, tapi juga Desa Waraebo, desa tradisional yang ditetapkan UNESCO pada tahun 2012 sebagai Warisan Budaya Dunia. Desa ini berjarak kurang lebih 6-7 jam dari Labuan Bajo. Jauh juga ya! 😅

Desa Waraebo
*pic source blogphlaz

Saat ini Labuan Bajo jadi kawasan wisata premium yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Artinya semua sarana dan prasarana pendukung akan ditingkatkan sesuai dengan kelasnya. Wow!

💗❤💗

🎶 Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman 🎶

Demikian penggalan lirik lagu Kolam Susu milik Koes Plus. Saking indahnya Indonesia sampai diibaratkan sebagai kolam susu.
Well, karena judulnya aja "5 Kota di Indonesia yang Pengen Banget EMaronie Kunjungi", artinya semua negara di atas itu masih dalam angan-angan dalam bucket list saya. Entah kapan saya bisa ke sana... Hihiii. So, bantu saya dengan doa ya, manteman, biar saya bisa segera berkunjung ke kota atau daerah tersebut. Aamiiin!

Btw, kamu sendiri pengen banget ke mana?  Cerita di kolom komentar donk 😉



12 komentar on "5 Kota di Indonesia Yang Pengen Banget EMaronie Kunjungi"
  1. Kayaknya banyak nih yan harus di underline, hihihi.

    Pertama,
    Masya Allah, Oma pasti diva ya di zamannya.
    Syantiiik bingit!

    Kedua,
    Beberapa tempat seperti Aceh, Belitung, Labuan Bajo plus Papua termasuk beberapa bucket list aku juga!
    Sama-an kita ya.
    Tos!

    Aamiin, semoga semua keinginan kita diijabah.
    Aamiin ya Allahrobballaamiin.

    BalasHapus
  2. Amin. Aku doakan Mbak. Lima kota yang ditulis di atas emang menarik banget untuk dikunjungi.

    Ngomong-ngomong Omanya cantik banget, Mbak. Pantasan jadi menurun ya sama cucunya :)

    BalasHapus
  3. Oma Mba Ery cantik banget, salah fokus aku hehe tapi memang katanya orang Sulut terutama Manado tuh cantik cantik dah putih putih karena banyak keturunan portugis ya.btw labuan bajo juga salah satu wishlist aku drh

    BalasHapus
  4. Saya kepengen pergi ke Papua, ke danau sentani, ke Teluk Trikora. Lalu ke Kei, Ambon, Ternate, Tidore, Morotai. Belum eksplor full Indonesia timur

    BalasHapus
  5. Dari 5 tempat di atas, baru Lombok yang sudah saya datangi hahaha.
    yang lainnya belum, bahkan Manado yang dekat dengan Makassar.

    Anyway, kayaknya lebih tepat kalau "5 tempat", karena Lombok buka kota :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih koreksinya Daeng.
      Kalo Lombok bukan kota, jadi aoa donk?

      Hapus
  6. akhirnya ya tahu juga kota mana aja yang pengen mba Er kunjungin, alhamdulillah saya udah, semoga suatu hari nanti tercapai semua keinginannya mba Er bisa mengunjungi semua kota tersebut, setelah semuanya aman ya aamiin, siapa tahu kita bisa ketemuan ya

    BalasHapus
  7. Tos dong Mbak, aku juga pengen babget ke 5 destinasi yang mbak Erry tulis, ingin banget. Moga ada dana nya dan masih sehat waktu Jalan Jalan hehe

    BalasHapus
  8. wah ternyata ini ya list 5 kota yg pengen banget kak Ery kunjungi.. kalo disuruh milih satu, saya pengen juga kak ke Labuan Bajo, gara2 nonton iklan vitamin C botolan yg syuting di Labuan Bajo itu lho, pemandangannya bikin takjub..

    BalasHapus
  9. Aamiin YRA (kenceng banget), ku doakan semoga mami Ery bisa mengunjungi ke-5 kota di atas ya. Btw kalau ke Belitung aku juga mau banget, mam berkunjung sama-sama aja yukk ke sana.

    BalasHapus
  10. Labuan Bajo ini cakep banget yaa, kak Ery...
    Inget saat belum menjadi destinasi wisata yang hiits seperti sekarang ini, alumnus dari kampus suami urunan bikin kapal pesiar. Dan saat ini kondisinya disewa-sewakan bagi yang berlibur ke Labuan Bajo.

    Seru banget kayanya yaa...

    BalasHapus
  11. Pasti sebenarnya ada lebih dari 5 yang pensn dikunjungi kan kak? Wkwkwks hayo ngaku! Indonesia itu indah ! Banda Aceh, Manado dan dan lo aku belum.. kalo ke Labuan Bajo dan ada land tour sampai Waerebo, lanjut ke Ngada kak. Bajawa yang dingin bakalan mempesonamu karena ada banyak sekali kampung adat yang bisa dikunjungi dan diakhiri dengan mandi di sumber air panas! Yuk agendakan

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.