#kepoin Adhithia : Instagram VS TikTok, Asyikan Mana?

Kamis, Agustus 13, 2020

Assalamu alaikum, manteman.

Perkembangan dunia teknologi yang begitu pesat menjadikan media sosial seperti Instagram dan Tiktok jadi ajang eksis para penggunanya. Bahkan gak sedikit yang sudah meraup keuntungan besar seperti materi dan popularitas dari 2 media sosial tersebut.

Tapi sebenarnya asyikan mana sih, main Instagram atau TikTok? Bagaimana mengoptimalkan penggunaannya? Dan kira-kira akan bertahan sampai kapan kedua media sosial tersebut?
Saya membahas hal ini dalam live Instagram EMaronie #kepoin Adhithia, seorang digital content creator yang selalu #bagijurus di akun Instagramnya @adhithia. 

Siapa Adhitia?

Well, tentang Adhitia. Sebelumnya saya gak kenal sama sekali dengannya. Hanya sebagai follower yang tercerahkan dari postingan-postingan edukatif di feed Instagramnya. Saya juga sering bertanya baik lewat kolom komentar atau via Direct Messege dan Alhamdulillah ternyata Adhit orangnya ramah dan komunikatif. Menjawab pertanyaan-pertanyaan saya dengan jelas.

Akhirnya saya berinsiatif untuk ajakin Adhit live di Instagram, berbagi ilmu soal medsos yang dia miliki. Dia pun menyambut baik ajakan saya, dan kami pun mengatur waktu pelaksanaannya. Namanya juga kami beda kota, saya di Makassar, dia di Banda Aceh, awalnya agak susah klopin waktunya, apalagi dari chat saya dengan Adhit, tersirat dengan jelas kalo Adhit selalu berpatokam dengan jadwal sholat yang gak boleh terganggu. So, diputuskan kami livenya di siang hari pada saat weekend.

Live Instagram #kepoin Adhithia

Bikin konten untuk manusia.

Demikian kata Adhit dalam sesi EMaronie #kepoin Adhithia yang akhirnya kejadian pada hari Minggu tanggal 9 Agustus 2020 lalu jam 2 siang waktu Banda Aceh (WIB) atau jam 3 siang waktu di Makassar (WITA). dengan topik "TikTok VS Instagram, Asikan Mana?".

Suasana saat live IG #kepoin Adhithia


Sebagai seorang Digital Content Creator, pemaparan Adhithia tentang hal ini gak perlu diragukan lagi, sebab untuk siapa lagi konten dibikin, kalo bukan buat manusia, yang like dan comment kita. Ya masa' buat robot atau mesin? Heheh... Soalnya sekarang banyak yang mikir soal algoritma khususnya Instagram yang berubah-ubah.

Omongin soal TikTok VS Instagram dan media sosial secara luas, khususnya Instagram, ini dia beberapa highlight dari Adhithia yang bermanfaat buat kamu ketahui :

💃 TikTok digemari oleh pengguna internet sebagian besar usia 25 tahun ke bawah, karena sifatnya yang menghibur. Sedangkan Instagram disukai kebanyakan oleh usia yang lebih dewasa karena banyak konten yang mengedukasi.
💃 TikTok tidak pernah mengklaim dirinya sebagai media sosial, melainkan sebagai video sharing platform.
💃 Instagram telah merilis Instagram Reels di 50 negara (belum termasuk Indonesia) yang formatnya sama persiso dengan TikTok. Ini menjadikan Instagram semakin lengkap fiturnya.
💃 Dalam membuat konten ada 3 kunci yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Edukatif
2. Informatif
3. Entertaining (menghibur)
💃 Setelah 3 kunci di atas digunakan, selanjutnya ketika sudah punya banyak follower maka tetap perbanyak berinteraksi dengan mereka, karena merekalah yang mendukung konten kita dengan cara like dan follow akun kita.

Bikin konten untuk manusia 😁

Baca juga : Optimasi Instagram

Selain yang di atas itu, sebenarnya masih banyak sih yang dishare oleh Adhithia kemarin. Untuk lebih jelasnya bisa kamu tonton rekamannya di IGTV ku. 

Sampai ketemu di live IG EMaronie #kepoin selanjutnya dengan tema yang berbeda.
Ciao! 👋




7 komentar on "#kepoin Adhithia : Instagram VS TikTok, Asyikan Mana?"
  1. setuju banget dengan konsep kontennya harus ada unsur edukasi, informatif, dan entertaining. saya juga merasa kalau kita aktif dengan para follower kita itu bisa menambah insight kita. berikutnya bahas soal blog dong mba Ery, seru pasti

    BalasHapus
  2. Selama ini saya menggunakan instagram pribadi hanya untuk menyenangkan diri sendiri. Melupakan ketiga pilar yang disebutkan di atas. Setelah baca ini nanti mau berubah ah. Apa salahnya sharing yang bersifat edukatif ya. Kan kita cinta followers kita. Kalau mereka lihat pos kita biar mereka dapat manfaat juga

    BalasHapus
  3. Salute ya belau tidak pernah meninggalkan ibadah. Masih merasa perlu belajar TikTok Dan tak sabar nungguin Reels deh

    BalasHapus
  4. Keren nih Mas Adhit selalu tepat waktu beribadah ya..kalau mau aktif di medsos memang kudu tahu target pasar kita dulu ya jadi nggak salah bidik...

    BalasHapus
  5. Salut sama kerja keras para content creator yang tetap bisa memasukkan unsur edukasi dan entertaining. Seringnya content creator lupa bahwa ia dilihat oleh jutaan pasang mata.

    BalasHapus
  6. om Adhit ini salah satu content creator yg gak hanya bagi2 konten doang, tp banyak postnya yg berisi edukasi supaya kita bisa sama2 belajar bikin konten yg bermanfaat bagi gak hanya viewers atau readersnya, tapi si kreator juga..

    BalasHapus
  7. Aku punya akun tiktok, sering nonton aksi temen2 di tiktok tapi aku lebih nyaman di Instagram, hihi. Sekarang lagi fokus mau bagusin feed IG (smp skrh masih berantakan banget) krn IG bisa menghasilkan sih *mata duitan mode on. LOL

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.