#kepoin Edvan M. Kautsar : Sukses Menjadi Passion-preneur

Minggu, Juli 12, 2020

Bismillah..
Assalamu alaikum.

Makasih buat manteman yang udah nonton live IG EMaronie #kepoin Edvan M. Kautsar, Motivator Muda Indonesia, yang punya segudang pengalaman hidup, jatuh bangun dalam bisnisnya, hingga akhirnya beliau menemukan passionnya dan jadi sukses sebagai pembicara seperti sekarang ini.

Sebelumnya saya pengen cerita dulu soal perkenalanku dengan Mas Edvan. Karena antusiasme para penonton live IG EMaronie #kepoin, maka ada beberapa yang usulin nama si ini dan si itu untuk saya hadirkan sebagai narasumber. Salah satu nama yang saya dapat adalah Edvan M. Kautsar, yang katanya seorang motivator muda dan lagi hits sekarang ini.

Baca juga : Saya Juga Pernah Muda lho...

Saya gak bisa donk dibuat penasaran...
Akhirnya saya cari tau tentang beliau, follow IGnya, cek di websitenya, dan nonton beberapa video di channel Youtubenya. Rupanya beliau pernah diakui sebagai The Youngest Motivator of ASIA pada acara Entrepreneur Festival 2012, seorang pengusaha dan juga penulis beberapa buku motivasi, yang salah satunya adalah buku Be A Passionpreneur

Buku Be A Passionpreneur-nya Edvan M. Kautsar

Pucuk dicinta, ulam pun tiba, ketika saya lagi live #kepoin Safir Senduk, beliau nonton! Karena emang Mas Edvan dan Mas Safir itu juga temenan, dan pernah pula berkolaborasi dalam live Instagram. Keesokan harinya, saya langsung menghubungi Mas Edvan via direct message di Instagram dan sepertinya semesta mendukung, beliau bersedia untuk live bareng saya di Instagram. Alhamdulillah.

So, hari Jum'at tanggal 10 Juli 2020 adalah jadwal Mas Edvan M. Kautsar untuk saya #kepoin dengan tema Sukses Menjadi Passion-preneur.


PASSION NEVER LAST

Sebagai highlight dari live IG saya bareng beliau, bisa kamu baca berikut ini :

✨ Passionpreneur adalah usaha yang dijalankan sesuai dengan minat kita atau bidang yang paling kita sukai, yang datang dari hati.
✨ Menjalankan bisnis sesuai passion (minat) memang tidak menjamin kita sukses, tapi akan menjamin kita bahagia. Menjalankan usaha sesuai minat, akan membuat hati lebih bahagia.
✨ Setiap orang harus menemukan passionnya, dan passion setiap orang itu cuman 1. Selain itu hanya hobby.
✨ Cara mengetahui passion kita adalah cermati jika kegiatan itu :
1. Mudah kita lakukan, namun orang lain menganggap sulit.
2. Kita lakukan walaupun tidak dibayar
3. Membuat kita bahagia jika dilakukan.
✨ Bedanya passion dan hobby adalah passion dilakukan terus menerus, walau tidak ada bakat, tidak ada modal, kegiatan tersebut tetap kita jalankan. Sedangkan hobby bisa berubah, kadang mengikuti trend dan bisa saja malah menghabiskan duit.
✨ Beda pula passionpreneur dengan enterpreneur, yang hanya pengusaha saja. Bisa jadi mengabaikan passion demi bisnis menguntungkan.
✨ Kita bisa sukses menjalankan bisnis sesuai paasion, asal kita pintar mencari peluang dan berani untuk mencoba.
✨ Tips sukses passionpreneur :
1. Libatkan Allah dalam setiap urusan, sehingga semua akan terasa mudah.
2. Ada alasan yang jelas atau target yang ingin dicapai.
3. Harus punya impian yang besar karena akan berpengaruh pada action.

Suasana saat live IG

Baca juga : Pelajaran Hari Ini

Ada pula quote dari Mas Edvan yang jleb banget malam itu :

Orang termiskin di dunia bukanlah orang yang tidak punya uang, melainkan orang yang tidak punya mimpi

MOTIVATOR

Mengenai titel "Motivator" yang disandang Mas Edvan, saya pun kepo soal itu. Karena selama ini banyak orang yang meragukan kredibikitas seorang motivator. Hal ini dijawab secara bijak oleh Mas Edvan, bahwa seorang motivator haruslah berbicara atau memberi motivasi sesuai dengan apa yang dilakukannya. Walk the talk.

Edvan memilih jalur sebagai motivator karena passionnya yang suka berbicara. Terpicu di saat beliau masih duduk di bangku SMP saat melihat seorang motivator diundang untuk memberikan motivasi di sekolahnya. Sejak itu Mas Edvan terus berlatih, termasuk saat menyetir sekali pun! 😄

Edvan M. Kautsar saat memberi motivasi

Kalo kamu pengen simak lebih jelas penuturan Edvan M. Kautsar saat saya kepoin, kamu bisa nonton rekamannya di IGTV Instagram @e_maronie.

So, apa kamu sudah menemukan passionmu? 😃





19 komentar on "#kepoin Edvan M. Kautsar : Sukses Menjadi Passion-preneur"
  1. Menjalankan bisnis sesuai passion (minat) memang tidak menjamin kita sukses, tapi akan menjamin kita bahagia.

    Nah iya kalo ukuran sukses keduniaan ya Mam. Bagi yangbukiran suksesnya bahagia, buat orang lain mungkin belum sukses, buat dia sudah sukses.

    Btw, keren tawwa Mas Edvan, sejak SMP sudah termotivasi kuat, dan dia kejar betul mimpinya. Semoga makin banyak yang terinspirasi.

    BalasHapus
  2. Aku juga jadi blogger karena passion nih. kayaknya aku perlu belajar dan beli bukunya mas Edvan juga.

    BalasHapus
  3. Pasti asik banget ya mba bs menjalankan bisnis sesuai passion..
    Mesti Happy ya bahkan jk blom sukses.
    Nah passion hanya 1 dan yg lainnya itu hobby itu bagian yg masih bikin penasaran sih. Faktanya kadang aku ngerasa menulis dan blogging itu passion aku diluar passion ku di kerjaanku yg utama. Hmm apa artinya blogging n menulis hanya hobby yaa atua sebenarnya sebaliknya #eh... Soale ngeblog itu aku Happy mau ada uangnya mau engga..
    Bawaannya happy

    BalasHapus
  4. Aku tuh sampai sekarang belum nemu passionku tuh apa, habis baca artikel ini kayaknya aku harus cari tau passionku deh.

    BalasHapus
  5. Waaah seru paparannya. Kadang aku tuh masih suka ketuker antara passion dan hobi. Dan kalau haus ngabisin duit aku merasa sayang sih hahaha... Baiklah, sepertinya passionku sedikit lebih jelas sekarang. Walau baru ngeh sekarang. Ga dari muda dulu

    BalasHapus
  6. Beruntung banget Mbak bisa ig live bareng mas Edvan. Aku masih sering ketuker2 nih antara passion dan hobi 🙈 Udah saatnya aku fokus cari passionku biar enjoy jalaninnya.

    BalasHapus
  7. Pembahasan yang menarik ini, aku harus meluncur ke IG Livenya nih.

    BalasHapus
  8. baru ngeh namanya sekarang passion-preneur ya mbaaa...well, in my case, as I love my job and it is my passion, I am also a passion-preneur I guess

    BalasHapus
  9. Wuih keren ya, masih muda udah bisa jadi passionpreneur. Aku nih tadinya bingung bahkan definisinya aja. Antara passion dan hobi. Sekarang jadi tahu deh. Aku berarti banyaknya hobi. Soalnya ikut mood. Nah passion nih yang masih aku bingung. Apaan ya? Bakalan susah saolany kalo mau ikutan jadi passionpreneur

    BalasHapus
  10. Keren banget quotenya Kak,bikin jleb huhu..passionku ya nulis makanya selalu berusaha belajar bagaimana bisa meningkatkan kemampuan nulis lebih baik lagi..semangat!

    BalasHapus
  11. Jadi harus memiliki passion dan tekun melakukannya.
    Ada batas waktunya gak, kak Ery...kita bisa mengatakan kalau ini perlu dilanjutkan atau terus saja konsiste pada passion tersebut?

    BalasHapus
  12. Oalah..Mas Edvan ini temannya Mas Safir toh..saya malah baru tahu sosok Mas Edvan di postingan blog Kak Ery. Punya passion dan tekun mengerjakan passion tersebut. Hmm..jadi kepo sama isi bukunya.

    BalasHapus
  13. Aku catat ya highlightnya, pas banget buat kita yang ingin lebih maju dalam segala kegiatan yang kita lakukan ya.
    Salut sama anak muda seperti Edvan ini yang sudah berprestasi dan menginspirasi.

    BalasHapus
  14. Passion ku apa ya? Kalau nyoba skincare bisa dikategorikan passion nggak sih? Hehehe.

    BalasHapus
  15. Passionku adalah guru. Awalnya saya hanya jadikan cara untuk dapat honor lama-lama saya cinta dengan profesi itu, bisami dibilang itu passion di?

    BalasHapus
  16. Mantap banget ini mbak, jadi tahu bedanya passion dan hoby, dan akhirnya aku mikir nih haha passionku apa yaa? hihihi

    BalasHapus
  17. Duuuh sayang banget aku ketinggalan sesi Mb Ery yg bareng Mas Edvan ini. Cuuzz ah lihat ig tv Mb Ery supaya tau informasi bermanfaat seputar passionpreneur ini.
    Pengin banget ya punya usaha yang berasal dari hobby sekaligus passion kita.

    BalasHapus
  18. salam kunjungan dari Malaysia. follow disini ya :)

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.