Apa Kabar Papua?

Senin, Juli 20, 2020

Masa pandemi bikin saya jadi lebih kreatif dari biasanya. Eh, bukan kreatif sih sebenarnya, lebih tepatnya mencari kesibukan, hehe... Buktinya karena kelamaan tinggal di rumah, saya akhirnya bikin 1 lagi akun di Instagram dengan niche khusus traveling. Nama akunnya @ery.traveling.

Dari sekedar memposting foto-foto sewaktu saya travelimg ke berbagai kota di berbagai negara, saya pun mikir "koq saya gak bikin program aja ya? Khusus bahas berbagai daerah, sesuai tema traveling." Ya, konsepmya kurang lebih sama lah dengan program #kepoin di akun Instagram @e_maronie, tapi yang ini bahasannya lebih spesifik, yakni traveling.

So, ketika saya ada niat, harus langsung kejadian! Heheh...
Dan entah kenapa, ketika mau bikin programnya, yang pertama terpikirkan adalah Papua.

Apa kabar Papua?

Pulau yang terletak di ujung timur Indonesia. Punya banyak kekayaan alam, keindahan panorama, dan juga mengandung berjuta misteri!

Setelah sering baca postingan di blog dan Instagram Daeng Ipul tentang Papua, blogger senior asal Makassar yang sekarang bermukim di sana, saya akhirnya mengajak Daeng Ipul untuk ngobrol secara langsung. Kami akan membahas tentang Papua, mulai dari keindahannya hingga bagaimana orang Papua menghadapi pandemi. 

Waktu yang ditentukan untuk program live tersebut tiba, yakni hari Sabtu tanggal 8 Juli 2020 jam 11 WITA atau 12 WIT. Dan eng...ing..eng...
Saat harus tampil di layar Instagram, sinyal dari provider yang Daeng Ipul pake kurang bagus. Tampilannya hanya layar hitam doank, hahaha... Tapi suaranya bagus. Eh, maksudnya penangkapan suara Daeng Ipul terdengar jernih, gak terputus-putus. Bukan suaranya Daeng Ipul yang bagus kayak penyanyi gitu ya  hehe... 😜 Kata Daeng Ipul sih kondisi seperti itu harus dimaklumi karena di Papua memang hanya 1 provider yang ada.

Akhirnya terpaksa saya siaran langsungnya  hanya wajah saya aja yang nongol. Daeng Ipul bagaikan siaran di televisi nasional jaman dulu, ada suara, tidak ada gambar, haha... 

Daeng Ipul gak nongol di layar

Keindahan Alam & Pandemi di Papua

So, saya highlight beberapa info penting terkait Papua sesuai pemaparan Daeng Ipul yaa.

★ Papua terdiri dari 5 wilayah adat, yakni :
1. Mamta
2. Saereri
3. Anim Ha
4. La Pago
5. Mee Pago
Selain itu, ada 250 suku dengan bahasa yang berbeda-beda. Jadi berarti ada 250 bahasa daerah di Papua. 😱

★ Saking luasnya wilayah Papua, bisa saja untuk menuju ke kabupaten lain atau bahkan kecamatan lain kita harus menggunakan transportasi pesawat. Bahkan untuk ke Kabupaten Paniai kadang harus carter helikopter karena berada di daerah pegunungan.
Selain faktor luas wilayah, juga karena medan darat yang lumayan berat, belum tersentuh pembangunan sehingga transportasi udara sangat penting di sana.

★ Uniknya Papua karena tidak ada suku atau daerah lain di Indonesia yang sama dengan karakter atau budaya yang dimiliki Papua. Kecuali di daerah pesisir, karena ada pendatang dari Maluku atau Tual. Tapi di daerah pedalaman atau pegunungan, berbeda sama sekali.

★ Karakter orang Papua sebenarnya berhati lembut, terbukti dari kebiasaan mereka yang selalu saling menyapa dan berpelukan saat bertemu. Namun orang di luar Papua banyak yang sudah punya stigma negatif terhadap orang Papua hanya karena melihat bentuk fisik mereka.
Toleransi umat bergama di Papua pun sangat kental, dimana mereka kadang saling menjaga saat umat lain beribadah.


Orang Papua
*pic courtesy @dgipul

★ Kedatangan orang Bugis ke Papua dimulai sejak tahun 1600 an, dalam ekspedisi Mare'ge (menuju ke Australia dengan transit di Papua). Lalu secara masif pada tahun 1960 ketika Papua sudah jadi bagian dari Indonesia.

★ Pandemi di Papua terjadi sejak bulan Maret 2020. Saat itu pemerintah melakukan isolasi ketat, tidak boleh ada yang mas2uk ke Papua kecuali cargo barang. Hal ini disebabkan sulitnya penanganan kesehatan, di mana waktu itu untuk rapid test pun sample darah harus dikirim ke Jakarta untuk diperiksa.

★ Kehidupan orang Papua yang komunal sangat rentan terjadi penularan penyakit. Itulah sebabnya pemerintah ketat dalam hal protokol kesehatan dan keluar masuk penduduk dari dan ke daerah lain.

★ Last but not least, Daeng Ipul bercerita tentang kekayaan alam Papua yang tiada tandingannya. Mulai dari lautan hingga pegunungan, semua indah. Danau Paniai bahkan pernah mendapat predikat sebagai Danau Terindah pada tahin 2016 oleh Asosiasi Danau Sedunia.

Keindahan alam Papua
*pic courtesy @dgipul


Pernah bermimpi untuk pergi ke Papua? Saya sih tidak, tapi setelah mendengar cerita Daeng Ipul dan lihat foto-fotonya, saya langsung bertanya dalam hati "kapan ya bisa menikmati semua itu secara langsung?"

So, nantikan siaran langsung di akun Instagram @ery.traveling, kita akan menjelajah kota-kota yang berbeda, baik di Indonesia maupun di luar negeri.
Salam bahagia! 😊








8 komentar on "Apa Kabar Papua?"
  1. terima kasih mami Ery sudah ngajak live IG
    Papua itu memang unik. pulau terbesar di Indonesia, tapi sekaligus paling misterius.

    masih banyak sebenarnya cerita menarik tentang Papua, tapi kalau cuma 1 jam pasti nda cukup hehehe.

    Nantilah kalau saya sudah balik Makassar, kita bisa ngopi2 sambil cerita tentang Papua tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan

    Salam dari tanah Tabi, Jayapura

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak sabar tunggu Dg.Ipul balik ke Makassar nih...
      Saya bisa kepoin lebih lama berarti!

      Hapus
  2. Papua itu masuk wish list banget ya Allah indahnya... Baca ini dan liat IG live udah berasa tour tapi emang blm puas. Bener sejam gak cukuuuupppp. Ada ep 2 ga kak? Hahahahaha

    BalasHapus
  3. Bapak pernah ditempatkan tugas di Papua dan memang Ibu sukaa sekali tinggal di sana.
    Karena selain indah pemandangannya, makanannya pun nikmat semua karena fresh from the sea.

    BalasHapus
  4. Menarik banget obrolan tentang Papua nya waktu itu, ka. Saya sempat menyimak sebentar. Sayangnya wajah Daeng Ipul ga keliatan yah, hihi. Nanti kapan2 ulang lagi live IG bareng Daeng Ipul, kak. Pasti aku simak lagi.

    BalasHapus
  5. wah sayang banget ya pas acara livenya saya kelewat, bakal banyak nanya ny kalau saya ikutan heheheheh. Indonesia timur memang indah banget alamnya, hamparan zamrud khatulistiwa masih terhampar luas di sana, bakal betah dan will stay for long holiday kalau ke Papua ini. Suku Papua ini memang unik banget deh, saya pernah jadi panitia untuk IST bersama Kemenpar, kebetulan saya jadi Koordinator Lingkungan dan salah satu pesertanya adalah Papua, terus mereka cerita banyak tentang Papua, ngobrol sama orang daerahnya juga, seru banget. Pokoknya Papua salah satu kekayaan Indonesia yang harus dijaga

    BalasHapus
  6. Saudaraku ada yang di Papua kak, aku pengen main ke Papua di sana indah banget katanya. Bahkan dijuluki berlian hitam apa intan hitamnya Indonesia

    BalasHapus
  7. Aku masih pernasara dgn apa aja yg ada di Papua. Tanah penuh sumber daya alam dan manusia tp msh jauh dr jangkauan. Tp sekarang atasan udh banyak mutasi kesana. Mudan2an semakin terangkul yaaa.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.