TIPS Menggunakan Masker Secara Aman

Kamis, Juni 04, 2020



Assalamu alaikum, manteman.

Kita semua pasti udah tau salah satu protokol kesehatan adalah setiap keluar rumah wajib menggunakan masker.

Tapi apa udah tau cara memakai masker yang aman buat kesehatan? Karena berdasarkan pengaamatan saya selama ini, banyak orang yang asal pakai tanpa memperhatikan kaidah penggunaan yang benar dan aman buat kesehatan.

Simak TIPS a la EMaronie berikut ini, agar kita selalu sehat dengan menggunakan masker sebagai pelindung diri.

Baca juga : Vibrasi Positif Tingkatkan Imun Tubuh


1. Gunakan masker kain

Meski efektivitas masker kain tidak sebesar masker bedah dalam menangkal virus, tapi banyak manfaat dari penggunaan masker kain, contohnya karena masker kain itu ramah lingkungan, bisa dipakai berkali-kali. Beda dengan masker bedah/masker medis yang sekali pakai harus langsung dibuang. Selain itu masker kain juga mencegah kelangkaan masker medis yang sangat dibutuhkan oleh para petugas medis.


2. Pakai mulai dari pangkal hidung hingga dagu

Banyak yang asal pakai. Paling sering saya dapati orang yang pakai masker tapi  di mulutnya doank, hidungnya gak tertutup. Padahal area hidung yang tertutup bisa mengurangi resiko penyebaram virus.


 3. Bawa masker cadangan


Ayooo, siapa di sini yang gak pernah bawa masker cadangan? Penting juga lho itu untuk jaga-jaga kalo masker yang kita pake tetiba kotor, basah, atau putus. Apalagi karena masker kain hanya bisa dipakai dalam jangka waktu tertentu.




4. Ganti masker per 4 jam

Seperti yang saya tulis di atas, masker itu ada jangka waktu pemakaiannya, yaitu maksimal 4 jam. Setelahnya mesti diganti.

Ada beberapa alasan mengapa masker kain sebaiknya tidak dipakai lebih dari 4 jam. Salah satunya adalah karena masker kain memang tidak seefektif masker N95 atau masker bedah dalam menyaring partikel kecil dari virus penyebab penyakit. Kemudian, dari segi bahan yang digunakan, masker kain biasanya terbuat dari bahan yang dapat menyerap air, berbeda dengan masker bedah dan masker N95 yang lapisan luarnya kedap air. Hal ini membuat percikan droplets (air liur) dari pengidap corona bisa terserap dan bertahan lebih lama pada kain masker. 


5. Jangan simpan masker di dagu. Sebaiknya dibuka jika tidak dipakai

Saat kamu pakai masker, bagian dalam masker akan menyentuh bagian mulut dan hidung secara langsung. Kalo kamu menurunkan masker di dagu atau bahkan sampai leher sewaktu makan, minum, atau ngobrol, maka area dalam masker yang mulanya menyentuh mulut dan hidung akan menyentuh area dagu hingga leher. Padahal mungkin saja masker sudah terkontaminasi oleh bakteri atau virus yang menempel di area tersebut. 


6. Segera cuci masker setiba di rumah

Hal ini sebaiknya dilakukan ya. Kalo pun tidak ada waktu setelah tiba di rumah, paling lambat keesokan harinya.

Cucilah masker sesuai dengan kemampuan atau toleransi bahan kain tersebut terhadap air panas. Jika memungkinkan, cuci masker menggunakan air dengan suhu 60 derajat Celcius menggunakan sabun atau deterjen.

Baca juga : Mam, Jangan Panik!

Well, itu dia 6 TIPS menggunakam masker secara aman buat kesehatan. So, kalo TIPS ini dianggap bermanfaat, silakan disebarkan. Gratis koq, asal tetap cantumin sumbernya ya 😉

Salam sehat!






6 komentar on "TIPS Menggunakan Masker Secara Aman"
  1. Mbaakk aku salfok sama koleksi masker kainku, cantik2 banget haha. Kita emang pasti punya minimal 3 sampai 6 sih ya, 3 dibawa sehari. 3 lagi cadangan untuk next day. Tapi aku awal2 susah banget dapat masker kain yang nutup sampai dagu.. sekarang udh aman. Udah mulai terbiasa juga ya kita pakai masker kemana-mana sekarang ..

    BalasHapus
  2. Terima kasih tipsnya, kaak. Aku ada beberapa masker juga buat dipake sendiri maupun buat anak-anak. Sekarang kalo kemana-mana nggak boleh lupa pake masker. kebetulan suami juga dikasih jatah kantor lumayan banyak. Aku gagal fokus sm maskernya kak Ery, bagus2 banget. jadi mupeng

    BalasHapus
  3. tipsnya sangat bermanfaat buat saya mba kalau nanti saya keluar rumah, karena setelah hampir 5 bulan ini saya ga keluar-keluar rumah, bener-bener di rumah aja. suka sama masker-maskernya lucu-lucu warnanya peach gitu yang gambar pertama mba bagus, heheheh

    BalasHapus
  4. Krn skr ini masker itu udah kayak barang wajib yg selalu dipakai,aku jadinya nyetok banyak, dan tiap bulan pasti ada beli masker kain. Dari sekian banyak jd tau sih mana yg enak dipake, mana yg kurang. Yg enak dipake biasanya aku beli lagi..

    Dulu sebelum tau Masker ga bisa ditaro di leher, aku srg ngelakuin. Tp setelah tau, aku jdnya slalu bawa wadah yg khusus utk nyimpen masker sementara pas sedang makan. Jadi ga digeletakin sembarangan.

    Ntr pas ke luar kota akhir Agustus ini, aku udh prepare tuh masker yg dibawa harus banyak, blm lagi wadahnya dan liquid detergen utk segera cuci masker di hotel. Jadi lebih rempong ya :D. Tapi nth kenapa aku malah ga nyaman kalo skr ga pake masker ato masker udh terlalu lama dipakai mba. Pasti bawaan lgs pgn ganti

    BalasHapus
  5. Masker emang wajib dan penting sekarang ini ya kak, aku juga sedia masker cadangan kalau ke luar. Tanpa masker kayak ada yang ilang aja gitu. Emang harus dibiasakan

    BalasHapus
  6. Aah...baru tau banget niih, kak Ery kalau maskernya sebaiknya tidak disimpan di dagu.
    Haturnuhun kak Ery.
    Masker ini sudah menjadi sahabat sejati, tapi anak-anak ditambahin sama face shield kalau bepergian. Ada tips penggunaan face shield juga gak, kak?

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.