#kepoin Ibu Nina Marlina : Mengelola Emosi di Tengah Pandemi

Sabtu, Juni 20, 2020
Bismillah
Assalamu alaikum, manteman.
Apa kabar kalian semua?
Masih tetap waras kan? 😂

Kewarasan itu datangnya dari pikiran,  yang erat hubungannya juga dengan perasaan. Bicara tentang emosi atau perasaan, ada 3 macam emosi, yaitu positif, negatif dan netral. Semua itu adalah hasil kerja pikiran alam bawah sadar kita.

Di masa pandemi sekarang ini, beragam jenis emosi bisa muncul dari masing-masing individu, terutama emosi negatif kerap mendominasi perasaan. Hal ini adalah fek dari ketidakpastian akan segala hal. Emosi negatif bahkan bisa timbul akibat luka masa lalu yang belum "kering".

Nah, bagaimana kita mengelola emosi sehingga selalu positif dan tidak merugikan orang lain, khususnya diri sendiri?


Pada hari Jum'at tanggal 19 Juni 2020 kemarin, program EMaronie #kepoin menghadirkan Ibu Nina Marlina @nina_chandrakirana , seorang Trainer, Family Therapist dan Slimming Coach , pemilik Griya Terapi Bogor, secara langsung di akun Instagram saya. Saya pengen #kepoin beliau tentang Mengelola Emosi Di Tengah Pandemi. Sebelumnya saya dan manteman blogger udah pernah ikut sesi relaksasi yang Ibu Nina adakan.
 
Saya & manteman blogger usai ikutan sesi relaksasi yang dipandu Ibu Nina (jilbab hitam)

Emosi Jiwa

Buat kamu yang masa mudanya di tahun 80 - 90'an, pasti tau donk lagu Emosi Jiwa yang dinyanyiin Yana Julio dan Lita Zein. Dulu saya nyanyi-nyanyi aja tanpa tau makna dari lagu itu, termasuk judulnya. Lalu, yang bikin saya bingung, kalo ada orang yang lagi kesel atau marah biasanya bilang "huh, emosi jiwaku!" hahah... Membingungkan karena setauku lagu Emosi Jiwa itu kisah romantis, tapi orang marah koq mengumpat dengan kalimat yang sama? Jadi ada semacam pengaburan makna, gitu 😁

Akhirnya dari program live Instagram EMaronie #kepoin Ibu Nina Marlina, saya banyak tau soal emosi, khususnya terkait masa pandemi ini.

As you know, pandemi bikin banyak orang uring-uringan karena banyak faktor. Salah duanya adalah kebosanan karena harus dirumah aja dan faktor ekonomi.


Suasana saat live IG

Apa & Bagaimana Emosi

Dan berikut highlight dari hasil #kepoin Ibu Nina :

🙇‍♀ Emosi adalah apa yang dirasakan seseorang di dalam tubuhnya. Emosi adalah faktor penggerak hidup. Setiap tindakan yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar selalu didorong oleh emosi tertentu. 
🙇‍♀ Setiap emosi sifatnya normal dan merupakan bentuk komunikasi dari pikiran bawah sadar ke pikiran sadar. Setiap emosi mengandung pesan spesifik yang perlu dimengerti.
🙇‍♀ Yang paling sering dijumpai atau dialami yaitu emosi takut, sedih, dan malu memicu marah. Ini terjadi karena emosi takut, sedih, dan malu sifatnya menyakitkan.
🙇‍♀ Emosi negatiflah yang akan bertahan lama di pikiran hingga masuk ke alam bawah sadar kita.  Bila emosi negatif yang destruktif tidak dapat diatasi sendiri, sebaiknya meminta bantuan profesional.
🙇‍♀ Sebenarnya tidak apa melampiaskan emosi, asal dalam batas wajar dan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.
🙇‍♀ Kunci kebahagiaan dalam hidup adalah sabar dan syukur terhadap peristiwa apapun yang terjadi pada kita, karena semua itu sudah jadi ketetapan Allah.


Ery & Tante Mey, bareng Ibu Nina (temgah) bertemu di pesta pernikahan

Selengkapnya dari live IG ini bisa kamu nonton di IGTV akun Instagram saya @e_maronie.

Terima kasih Ibu Nina udah bersedia saya #kepoin 🙏😁
Terima kasih juga manteman yang udah nonton secara langsung tayangan ini 💗
Semoga kita semua selalu sehat, baik fisik maupun mental. Aaamiiin....






6 komentar on "#kepoin Ibu Nina Marlina : Mengelola Emosi di Tengah Pandemi"
  1. Berat memang buat ngendaliin emosii, hihii

    BalasHapus
  2. senang sekali kemarin bisa nonton #kepoin sesi ini, karena memang saya butuh sekali tips cara mengatasi emosi terutama saat pandemi seperti sekarang ini. semoga nanti bisa ikut offline eventnya ibu nina ya kak

    BalasHapus
  3. Emosi jiwa... Hehe iya ada pengaburan makna ya.

    Mbak Nina awet muda ya. Enak kalo menuturkan sesuatu. Emosi negatif memang perlu segera ditangani supaya tidak berbahaya.

    BalasHapus
  4. Sayangnya nda kuikuti live ig ta, barusannya ketinggalanka padahal perlu sekali ini mengetahui bagaimana caranya mengelola emosi.
    Emosi jiwa, penasaranku

    BalasHapus
  5. Jadi makna emosi ini luas ya Kak, bukan cuma marah saja dikatakan emosi tapi kalau kita sedih juga itu termasuk dari luapan emosi. Noted nih terutama tips mengelola emosinya. thanks for sharingnya :)

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.