#kepon Fillyawie : Optimasi Instagram

Senin, Mei 25, 2020

Bismillah.
Assalamu alaikum manteman,

Instagram saat ini menjadi salah satu primadona platform media sosial, khususnya di Indonesia. Hampir seperempat populasi penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial Instagram. Data dari NapoleonCat, perusahaan analisis sosial media marketing per bulan November 2019 yakni sebanyak 61 juta atau urutan ke-4 jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Bayangin aja, sampai 61 juta!
Gimana tidak, 1 orang aja bisa punya 2 sampai 3 akun. Saya aja punya sampai 6 akun, untuk berbagai keperluan. Heheh 😆


Baca juga : Awal Main Instagram

Instagram pun jadi ladang marketing digital bagi instansi atau perusahaan, baik yang profit maupun non profit. Gak heran kalo banyak pengguna Instagram menjadikan akunnya sebagai ladang bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Tapi hal ini harus dibarengi dengan usaha untuk mengoptimalkan Instagram ysng dimiliki.

So, dalam program EMaronie #kepoin edisi ke-6 lalu, saya menghadirkan sohib saya, Nurcahya Dewi atau yang akrab disapa Teh Awie, pemilik akun @fillyawie, seorang social media enrhusiast, yang memang mendalami hal ini.

Awie dan Ery

Kepo banget deh saya tentang optimasi Instagram ini. Diantaranya :

❓ Bagaimana ukuran optimalnya sebuah akun Instagram.
❓ Bagaimana mengatur feed agar menarik dilihat yang bisa mendapat like dan mendatangkan follower yang banyak.
❓ Aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang optimasi Instagram.
❓ Bagaimana menentukan rate-card postingan di Instagram.

Sebenarnya topik ini udah pernah Awie bawain di acara Arisan Ilmu KEB beberapa bulan yang lalu, tapi kayaknya kurang afdol kalo kamu gak dengerin langsung lewat program EMaronie #kepoin Fillyawie yang diadain pada hari Kamis tanggal 21 Mei 2020, jam 8 malam, secara langsung di akun Instagram saya.

Beberapa point yang perlu digaris bawahi tentang Optimasi Instagram, adalah sebagai berikut :

👍 Ketika akun Instagram sudah seleras dari segi konsep, visual, caption, waktu aplot dan hestek, berarti akun tersebut sudah optimal.
👍 Membuat akun Instagram terkonsep dengan baik bisa menjadikannya sebagai media promosi atau digital markreting. .
👍 Algoritma Instagram saat ini bekerja sesuai dengan prilaku kita. Akun apa yang sering kita kunjungi, sukai dan berkomentar di postingannya, maka akun itu yang akan selalu muncul di linimasa kita.
👍 Dengan membaca insight Instagram akun kita, maka kita bisa dengan mudah mengoptimasi. Insight Instagram hanya bisa terlihat jika akun kita sudah berkategori bisnis.
👍 Untuk menentukan rate ketika bekerjasama dengan brand, ukurannya adalah:
- Jumlah follower (mesti banyak dan akun asli)
- Engagement (seberapa besar persentase interaksi dengan akun lain).
- Konten (harus yang baik, bagus, positif).

Baca juga : Konten Baik Untuk Internet Baik

So, ketika kita ingin profesional mengelola akun Instagram, maka kita harus mencari informasi  di Instagram tentang apa yang sedang update.

Dan yang penting untuk diingat adalah jika kita membuat konten di Instagram hanya mengejar jumlah like, comment dan follower, maka kita akan terbebani dan tertekan. Konten yang bagus lah yang akan mendatangkan follower. Namun, semakin besar jumlah follower maka semakin besar tanggung jawab yang kita pikul untuk memberikan manfaat dari postingan-postingan kita 🤗

Suasana saat siaran langsung

Baca juga : Mengenal Profesi "Digital Content Creator"

Kepoin soal Optimasi Instagram bareng teh Awie, rasanya gak ada habisnya karena ilmunya bermanfaat banget. Khususnya buat kita yang menjadikan akun Instagram sebagai akun bisnis dan media digital marketing, yang lagi marak sekarang ini.

Btw, makasih yaa Awie, udah bersedia untuk saya kepoin 🙂
Makasih juga manteman yang udah nonton secara live.

Jangan lewatkan edisi terakhir EMaronie #kepoin di bulan Mei ini, tentunya dengan narsum dan topik yang berbeda dan gak kalah menariknya..




 


5 komentar on "#kepon Fillyawie : Optimasi Instagram"
  1. Mbak punya akun 6 bisa mengurus semua tu? Saya satu aja males banget updatenya. Ugh...

    Jadi setiap posting hestek tu kudu ada ya biar IG kita teroptimasi? Saya malah jarang make hesteg, kelupaan mulu.

    BalasHapus
  2. Bener banget setuju mba, kalau mikir follower like terbebeani malah ga posting-posting ya? Kalau udah maksimalin bikin konten yang caem foto yang kece followers bsia daang dengan sendirinya. Seru ini pembahasannya

    BalasHapus
  3. Aku punya 4 akun instagram sekarang, tapi udah 2 bulan tidak tersentuh hiks. Ga tau kenapa kehilangan semangat untuk main instagram. Tapi ini mau aku tandai ya mba buat bebenah instagramku nanti.

    BalasHapus
  4. Konsep arisan ilmu ini unik ya, jadi dapetnya ga dalam bentuk materi tapi ilmu. Keren. Semoga kompak ya komunitas disana bikin kegiatan bermanfaat kayak gini. Makasi juga ilmu barunya seputar optimasi IG Mba

    BalasHapus
  5. Konten is the King yaah...
    Suka banget sama totalitas para sahabat blogger saat membuat konten.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.