#kepoin Qiahladkiya : Berkarya dari Rumah

Selasa, Mei 05, 2020
  
Bismillah.
Assalamu alaikum manteman,

Apa yang terbaru di akun Instagram saya? Ada EMaronie #kepoin manteman secara langsung! 😃

Buat kamu pembaca setia blog emaronie.com, mungkin masih ingat dengan tulisan saya berlabel #kepoin. Nah, sekarang ini #kepoin saya angkat sebagai tema dalam Instagram Live berkolaborasi dengan manteman yang asyik untuk dikepoin.

Sebenarnya, ketika pertama kali memutuskan untuk adaian program LIVE di Instagram, saya sempat bingung...
Yang pastinya saya harus share sesuatu yang positif dan bermanfaat buat semua orang.
Tapi,
Bahas apa ya?
Kolab sama siapa?
Masa iya saya cuap2 sendiri?
Narsis amat ya! 
Wakwkwak 😂

Well, namanya juga Ery, kalo udah punya mau, harus kesampaian! 😁

Lalu, dapat trigger dari manteman di WAG Kumpulan Emak Blogger, ditanyain "Makassar koq belum ada gebrakannya nih?" Owh!! Ku tack bisa digituin! 😆🤣
Akhirnya, saya langsung siapin konsep, tentuin tema dan waktunya, hubungi para narasumber, dan... Sebagai studionya saya pake salah satu sudut di kamar Alifah dengan peralatan seadanya dan dekor ala2 sambil duduk melantai.

Tadaaa.... Jadilah EMaronie #kepoin 🤩

Selama bulan Mei ini saya adain disetiap hari Senin dan Kamis jam 21.00 wita. Pokoknya di saat semua orang mungkin udah selesai tarwih dan ibadah lainnya, siap-siap istirahat, bolehlah dulu nonton siaran langsung EMaronie, hehe...

So, sebagai edisi perdana, pada hari Senin tanggal 4 Mei 2020 kemarin, saya kepoin Zilqiah Angraini yang hits lewat akun IGnya @qiahladkiya dan blognya qiahladkiya.com. Kenapa saya memilih Qiah sebagai narsum untuk saya kepoin di program Live IG EMaronie #kepoin edisi perdana? Karena dia adalah blogger pertama yang saya kenal di Makassar dan membantu saya membuka jalan untuk eksis di dunia blog 🙂


Kepoin Qiah

Melihat Qiah yang aktif dan juga kreatif, saya jadi pengen tau : 

🤔 Gimana Qiah menjalani kehidupan sebagai seorang influencer, blogger dan fotografer, padahal dia juga adalah ibu rumah tangga.
🤔 Cara Qiah mengatur waktu antara kerjaan dengan urusan rumah tangga.
🤔 Seperti apa peranan keluarga dalam mendukung Qiah yg berkarya dari rumah.

Dan akhirnya tibalah tanggal 4 Mei, saatnya live bareng Qiah. Gak disangka kami kompak berbaju dan jilbab merah, tanpa janjian sebelumnya! 😍

Namun di awal siaran, sayang banget sinyalnya Qiah kurang bagus sehingga dia harus pindah posisi untuk dapat sinyal selular yang lebih ok.

Akhirnya, dari hasil kepoin itu, saya jadi tau kalo ...

👉 Profesinya sebagai blogger selalu disampaikan kepada anak-anaknya, agar mereka tau kalo bundanya itu adalah "stay at home working mom"
👉 Qiah punya meja khusus tempat dia berkarya di rumah. Ketika dia sudah duduk di sana berarti dia harus fokus bekerja tanpa gangguan.
👉 Keluarga besar Qiah udah tau jenis pekerjaan yang Qiah lakoni, sehingga tidak sulit buat Qiah untuk menitipkan anaknya saat dia harus bekerja atau menghadiri event.
👉 Adapun penghasilan dari hasil karya Qiah, tidak digabung dengan oenghasilan suami. Sehingga menjadi income pribadi. Hal ini tentunya sudah ada kesepakatan dengan suami.


Suasana saat live di Instagram

TIPS dari Qiah

Selain itu Qiah juga ngasi tips :

💡 Siapkan mainan atau cemilan di laci meja kerja. Jadi, ketika sedang bekerja dan anak2 mengganggu, langsung aja keluarin mainan atau cemilan itu untuk mengalihkan.perhatian anak.
💡 Komunikasikan dengan keluarga mengenai pekerjaan kita, agar mereka mengerti ketika kita butuh bantuan.
💡 Setiap blog harus punya karakteristik penulisan Masing-masing, untuk membedakan dengan blog lainnya.
💡 Selalu asah skil yang dimiliki, seperti Qiah yang menekuni dunia blog dan fotografi, ia selalu menambah skil dengan banyak membaca dan praktek.

Ery & Qiah

Terima kasih Qiah yang udah mau dikepoin oleh saya dan disiarkan secara langsung di Instagram 🙂

Semoga sharingnya Qiah bermanfaat buat manteman semua, baik yang nonton, dan juga yang baca di blog ini.

Nantikan edisi ke-2 EMaronie #kepoin di hari Kamis tanggal 7 Mei 2020 nanti.




4 komentar on "#kepoin Qiahladkiya : Berkarya dari Rumah"
  1. Haaaaa, aku ketinggalan livenya yang sama Mbak Qiah ni. Emang menantang banget ya Mbak, kerja di rumah tu.... Bagi waktu dan fokusnya huhuhu

    BalasHapus
  2. Aku sering klewat kelasmu di instagram kak Ema. Mau banget ikutan lagi kapan-kapan nimba ilmu dicolek ya kak. Barokallah kedua blogger kece yang saling bersinergi, semangat ngeblog.

    BalasHapus
  3. Senang sekali bisa menimba ilmu dari sesama sahabat bloher.
    And it called "Thats friends are for..." yaa...
    Saling memberi hikmah kebaikan agar bisa ditiru bila memang sesuai.

    BalasHapus
  4. Dari awal aki liat blognya mba Qiah dan mba Ema, aku sukaaaaa. Simpel. Kata2nya sopan n mudah dimengerti dan fotonya bagusssss bgt.

    Trs jadi blogger ya mba. Terus menginspirasi. Btw ak blm nonton kepo2innya. Semoga nanti ga ketinggalan livenya mba.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.