#kepoin Makpon : Besar Bersama Komunitas

Senin, Mei 18, 2020

Bismillah.
Assalamu alaikum manteman,

Berkomunitas.
Berarti memasuki sebuah kelompok sosial yang di dalamnya tergabung individu dengan minat yang sama.
Minat apa aja...
Bisa dari hobi, profesi ataupun kegiatan lainnya.

Dalam program EMaronie #kepoin edisi ke-5 malam ini, saya menghadirkan mak Mira Sahid @mirasahid, seorang pegiat literasi digital, pendiri komunitas Kumpulan Emak-emak Blogger yang akrab disapa Makpon oleh anggota komunitasnya. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Siberkreasi, yang merupakan gerakan nasional untuk menanggulangi ancaman penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying dan online radicalism


Saya pertama kali berinteraksi demgan Mak Mira ketika kami sama-sama dikontrak oleh salah satu produk skin care  untuk wanita #usiacantik, sekira tahun 2016. Waktu itu saya langsung suka dengan beliau karena sangat ramah dan mau bergaul dengan siapa aja. Lalu di tahun 2019 akhirnya kami dipertemukan dalam acara Arisan Ilmu Kumpulan Emak Blogger yang diadakan di Makassar. Baru pertama kali ketemu langsung dan bisa langsung akrab. Makin terkesan saya sama mak satu ini. 


Makan Pallubasa saat Mak Mira ke Makassar tahun 2019 lalu

Asal tau aja, Mak Mira inilah yang memicu saya untuk adain program live di Instagram. Hehe... Dalam sebuah percakapan di grup Whatsapp, Mak Mira tuh yang tanyain saya, "Makassar koq belum ada gebrakannya nih?" Owh!! Ku tack bisa digituin! 😆🤣Akhirnya, saya langsung siapin konsep, tentuin tema dan waktunya, lalu hubungi para narasumber, yang salah satunya adalah beliau.

🤔 Apa alasan Mak Mira berkomunitas
🤔 Kegiatan apa saja yang dilakukan oleh komunitas tersebut untuk masyarakat luas
🤔 Seberapa besar pengaruh komunitas untuk pencapaian Mak Mira sekarang.

Hal-hal itu yang pengen saya kepoin dari Mak Mira.

Ketika begabung dgn komunitas, lakukan apa yg kita bisa untuk keberlangsungan komunitas itu.

Demikian closing statement dari Mak Mira Sahid @mirasahid di acara EMaronie #kepoin semalam, Senin tgl.18 Mei 2020.

Buat kamu yang nonton live IGku semalam, pasti udah dapat masukan berharga dari Mak Mira tentang bagaimana menjadi besar bersama komunitas.


Suasana live IG bareng Makpon Mira Sahid

Berikut ini saya rangkum ya...

👭 Bergabung dalam komunitas itu harus sesuai dengan passion atau minat kita.
👭 Membuat komunitas itu harus jelas tujuannya dan visi serta misinya. Sehingga setiap kegiatan yang dilakukan akan mengacu pada tujuan dan visi misi tersebut.
👭 Berkomunitas berarti akan ada kebermanfaatan, seperti jejaring, ilmu dan sebagainya. Karenanya, komunitas adalah wadah untuk berkembang. 
👭 Rahasia solid dan kompaknya sebuah komunitas adalah ketika setiap orang di dalamnya mau menurunkan egonya masing-masing, tidak mendominasi, jangan mau menang sendiri dan berdiskusi adalah jalan terbaik, sehingga tanggung jawab dari komunitas tersebut dapat dipikul bersama.
👭 Saat ini komunitas adalah digital marketing terbesar. Peluang ini yang harus ditangkap, untuk berkolaborasi dengan perusahaan atau instansi yang mengajak bekerjasama.
👭 Dengan adanya komunitas lain yang serupa, bukan berarti jadi pesaing tapi malah memicu kreativitas komunitas yang sudah ada dan ambil semua sisi baik dari setiap komunitas yang ada. Berkolaborasi bukan bersaing, terutama untuk memberdayakan para blogger, terkhusus untuk bersama2 menangkal berita negatif dan hoax.


Selain itu, yang ditekankan oleh Mak Mira adalah : 

Apapun labelnya atau komunitasnya, setiap orang punya potensi diri, bisa berkembang untuk menaikkan personal brandingnya dengan caranya masing2.

Wuih.. Banyak yaa insightnya 😍 
Bener2 kepo bermanfaat nih kalo bareng Makpon! So, makasih yaa udah bersedia untuk saya kepoin 😘

Ery dan Mak Mira

So, manteman...
Jangan sampai terlewatkan Live IG EMaronie #kepoin edisi selanjutnya, dengan narasumber keren lainnya 😉



25 komentar on "#kepoin Makpon : Besar Bersama Komunitas"
  1. Seru banget nih, bisa live di ig, ya. Sayang aku telat taunya jadi ngga nonton, deh.

    BalasHapus
  2. Wah bergaul dengan orang keren dan tidak sombong itu bisa bawa aura positif nular ke kita ya! Aku penasaran, siapa bintang tamu selanjutnya

    BalasHapus
  3. masyaaallah dari judul live nya aja udah sangat empowering ya... pembahasannya juga menarik buat diikuti, makasi udah ditulis di blog ya

    BalasHapus
  4. Masya Allah. Saya turut menyaksikan KEB tumbuh dan berkembang. Saya gabung kira-kira baru sebulan atau malah baru beberapa pekan KEB dibentuk. Tahun 2012 kalau tidak salah ingat. Sampai merasa akrab sama banyak emak blogger seindonesia. Saat itulah Makpon (Mak founder/ponder) jadi julukan Mak Mira. Kalau tidak salah begitu asal mula julukan Makpon.


    Masya Allah. Sehat selalu ya Mak Mira. Mami Ery juga sehat selalu ya supaya senantiasa produktif dalam kreativitasnya. 😍😍😍

    BalasHapus
  5. Seru banget ya kak acaranya, next time kalau ada event ini sepertinya sayang untuk dilewatkan

    BalasHapus
  6. masyaallah... aku update terus nih live ig kepoin mak ery walaupun ga bisa nonton sampai habis. soalnya sering mepet dengan pekerjaan. pesan mak mira makjleb banget.

    BalasHapus
  7. Wah, aku ga sempat nonton IG Live nya nih hihihihi :) Tapi jadi tau deh rahasia kebersamaan yang solid ini. Memang harus punya visi dan misi yang sehati ya agar bisa berjalan dengan baik semua rencana2nya.

    BalasHapus
  8. Aku juga suka mba ama Mba Mira ini. Ya ampunnn orangnya cantik dan kayaknya orang baik banget. Aku belum pernah ketemu soalnya dan aku sukaaaa banget ama tulisan beliau. slalu ngena di hati. Keliatan banget beliau ini kalau nulis suka pake hati 😍

    BalasHapus
  9. Saya sempat ikuti live ig nya mami Ery, sukaaa deh.
    Banyak insight baru yang didapatkan. Oh yah saya juga hadir waktu Makpon di Makassar bahkan menang dalam kontes foto, sayang hadiahnya tidak saya dapatkan sampai sekarang, hi-hi-hi

    BalasHapus
  10. Yaah telat tahu. Padahal kan jadi pengen tahu juga lebih banyak soal komunitas ini mbaa :)

    BalasHapus
  11. perlu banget para perempuan membuat seolah persekutuan untuk saling support dan memberdayakan satu sama lainnya dan supaya ini bisa kuta makan harus saling menentuh hati dan punya kesadaran untuk saling mendukung komunitas

    BalasHapus
  12. Mira Sahid memang keren, sih. KEB yang dibangunnya terus membesar dan eksis sampai sekarang

    BalasHapus
  13. aku juga pernah sekali ketemu Makpon waktu beliau ke Surabaya. Ramah banget memang orangnya, dan nggak ada malu2nya padahal baru ketemu sama KEB surabaya waktu itu.

    BalasHapus
  14. Komunitas blogger perempuan pertama dan makin melejit ya digawangi oleh makpon ini. Udah kenal cukup lama juga krn sama-sama di Bekasi

    BalasHapus
  15. Setuju banget dengan Makpon, jadi blogger tidak untuk bersaing tapi saling dukung dan kolaborasi ya, kita libas berita hoax..

    BalasHapus
  16. Suka banget kolab Makpon dan kak Erry.
    Kompak dan selalu berbagi ilmu. Sungguh sebuah ilmu akan bermanfaat bila semakin banyak yang mengamalkan.

    Lagi...lagi, kak Erry...

    BalasHapus
  17. kereeeen mba...kenal Makpon dari 2013 and always enjoy meeting her whenever we had a chance! Semangaaat dengan programnya mbaaa

    BalasHapus
  18. Dan aku sebel waktu Makpon datang ke Batam nggak sempat bertemu karena hari kerja.

    BalasHapus
  19. selalu berbinar kalau ngobrol dengan Mbk Mira, waktu ketemuan di Lampung juga aduhai aku merasa kayak ketemu sahabat lama. Seru banget deh

    BalasHapus
  20. Mbak Ery, dirimu rajin sekali sih bikin acara ig live ini. Temanya beraneka ragam loh, dan bermanfaat semua untuk pengembangan diri. Senang sekali dapet sharing banyak hal ya bersama Mak Mira yang memang luwes sekali ini.

    BalasHapus
  21. Selalu bentrok kalau mau ikutan pantengin live IG
    Apalagi kalau malam, berkutat sama rutinitas harian sama anak
    Syukurlah diresumekan kayak gini
    Jadi bertambah wawasab

    BalasHapus
  22. Klo ngeliat mak pon udah identik bnget sama emak2 blogger , terus berbagi y mba d streaming IGS suka ngeliatnya bnyk ilmu yg d dpt

    BalasHapus
  23. wah keren juga nih idenya bikin live IG di akun sendiri.. Aku belum pernah coba.. pengen gandeng siapa ya enaknya.. hehe..

    BalasHapus
  24. Kemarin saya sempet ngikutin IG livenya, itu suara narsumnya bisa menggema gitu kenapa atuh Mbak? Jadi ada penumpukan suara nyampeknya.

    BalasHapus
  25. Seneng yah bikin live IG dengan menggandeng makpon yah, keren keren.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.