#kepoin Deny Azis : Komunikasi Efektif Dalam Keluarga

Selasa, Mei 12, 2020

Bismillah.
Assalamu alaikum manteman,

Beberapa orang teman menanyakan kepada saya, "Koq bisa PD tampil di depan umum?". Ada juga yang bilang, "Bisa ya lancar bicara di depan banyak orang. Kalo saya sih tidak...". Padahal saya gak punya rahasia khusus untuk itu. Modal saya cuman percaya diri dan sedikit pengetahuan public speaking dan presenter, yang saya dapat sewaktu masih jadi penyiar di TVRI.

Nah, bicara soal public speaking, sebenarnya tidak hanya diterapkan untuk masyarakat umum, tapi juga dalam lingkungan keluarga agar komunikasi menjadi efektif.

Maka dalam program LIVE Instagram EMaronie #kepoin edisi ke-3, yang diadaiam hari Senin tanggal 11 Mei 2020 lalu, saya kepoin Deny Azis, pemilik akun @denyazis2, teman saya sesama penyiar di TVRI pada akhir tahun 1990'an dan awal tahun 2000'an, seorang MC/Presenter, Dosen Komunikasi dan juga CEO DA Public Speaking. 


Saat siaran bareng Deny di TVRI

Saya pengen tau : 

🤔 Seperti apa komunikasi yang efektif itu dan bagaimana menerapkannya dalam lingkungan keluarga?
🤔 Bagaimana mengubah pola komunikasi yang sudah terjalin selama ini dalam keluarga, menjadi komunikasi yang lebih efektif?
🤔 Apa manfaat dari komunikasi efektif dalam keluarga?

Namun ketika siaran langsung berjalan, saat lagi ngobrol seru layaknya reunian bareng Deny, tetiba durasi tayangnya udah habis, rasanya KZL tapi juga keki, hhiiihi... Saking akrabnya dan emang seru obrolannya, sampai kami gak sadar waktu 😅


Seperti Apa Komunikasi Efektif Itu?

Well, bicara soal Komunikasi Efektif Dalam Keluarga, Deny Azis menjelaskan hal-hal berikut : 

🗣 Public speaking atau berbicara di depan umum, bukan cuma di depan orang lain tapi juga di depan keluarga sendiri.
🗣 Segala hal harus dimulai dari keluarga, termasuk juga berkomunikasi secara efektif atau yang baik. Terutama diajarkan kepada anak sebagai penerus kita. Jika anak berkomunikasi efektif di luar rumah, tentu akan membanggakan orang tua.
🗣 Berkomunikasi itu soal berbicara dan mendengarkan, maka harus pakai HATI. Sebelum berbicara, jaga perasaan lawan bicara dengan menelaah dalam hati apakah kalimat yang kita ucapkan itu pantas dan tidak menyakiti. Berempati lah.
🗣 Kita tidak bisa mengubah karakter orang lain dalam berkomunikasi atau pun bersikap. Tapi kita harus memahaminya dan perlahan beritahu dengan baik bagaimana cara komunikasi dan bersikap yang benar. 
🗣Hidup itu hanya sekali. Jika ada yang mengganjal di hati terhadap keluarga atau orang lain, sebaiknya dikomunikasikan dengan baik agar hidup kita tenang dan hubungan dengan orang tersebut bisa tetap damai dan lebih langgeng.


Suasana saat LIVE IG

So, terima kasih Deny udah bersedia saya kepoin tentang topik yang menarik ini, terbukti dari banyaknya penonton kami yang bertanya seputar ilmu komunikasi 😁

Nantikan EMaronie #kepoin edisi selanjutnya yaa




5 komentar on "#kepoin Deny Azis : Komunikasi Efektif Dalam Keluarga"
  1. Di Persit kami jg belajar unt public peaking mba. Istri2 perwira harus bs bicara dpn umum krn satu saat akan jd pimpinan or ketua dlm organisasi.

    Pertama aku nikah aku disuruh jd mc wkwkkwkw. Trs diajarin sama senior2 seru jg jd belajar. Kadang ada pelatihannya jg.

    Ah pgn rasanya belajar sama mba Eri juga.

    BalasHapus
  2. Ini yg paling susah buatku mba. Kenapa yaa stiap kali bicara dengan org lain , yg aku ga terlalu kenal yaaa, itu perut lgs tegang, jantung juga kayak LBH cepet detaknya. Dan pas bicara, lama2 kelamaan mata jd kayak gelap :(. Slalu begitu.. tp hanya saat aku ngomong dgn nasabah yg aku ga terlalu kenal .. kalo ngomong Ama kekuarga ato anak2 buahku ga begitu.

    Krn memang ga biasa bicara depan umum kali yaaa :(.

    BalasHapus
  3. Setuju kak, teknik public speaking memang juga diperlukan khususnya untuk keluarga biar komunikasi selalu lancar tanpa salah paham. jadi kalau kita ada keinginan yang harus dibicarakan dapat tersampaikan dengan baik hihii

    BalasHapus
  4. Aku termasuk yang masih malu-malu bicara di depan umum Kak hehehe
    kalo nggak kepaksa ya nggak tampil. Kadang mupeng juga bisa lihai gitu nggak degdegan di depan umum hehehe. Masih belajar ini. Asik banget ya sharingnya

    BalasHapus
  5. Kak Erryyy...basicnya dulu pas kuliah juga Ilmu Komunikasi kah?
    Memang beda orang yang belajar dengan ilmu dan orang yang gak belajar yaa..
    Ngobrolnya pasti lancar dan bisa memengaruhi orang dengan gaya bahasa yang nyaman.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.