Dapat LIEBSTER AWARD Untuk Pertama Kalinya

Kamis, Mei 21, 2020

Hola,
Assalamu alaikum!

Ngeblog sudah jadi bagian hidupku sejak tahun 2012. Diawali karena sering baca blognya orang, akhirnya jadi pengen juga salurkan bakat menulis lewat blog. Dan gak terasi, eh 😷 gak terasa sekarang udah 8 tahun saya aktif menulis lewat blog emaronie.com ini.

Lalu, di minggu kemarin, Daeng Ipul, seorang blogger senior asal Makassar mencolek saya lewat komennya di salah satu tulisan saya. Dia meminta saya untuk cek di postingan terakhir di blognya, karena katanya ada award buat saya. Wow, award! Akhirnya saya pun berkunjung ke daenggassing.com, blongnya Daeng Ipul, untuk ngecek dan melihat nama saya ada sabagi salah satu nominasi, dengan tulisan "Kak Ery,  bloger top asal Makassar nih. Anak gahol Makassar pasti kenal beliau." haha... 😜
Award itu bernama Liebster Award. Berasal dari Jerman. Jangan pikir ini award macam Grammy Award atau American Music Awards yaa, hiihi... Liebster Award adalah semacam blog berantai antar blogger. Dimana blogger A memberikan award kepada blogger B, itu berarti blogger B harus mrenulis apa saja yang diminta oleh Si A melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Sesuai informasi di blognya Daeng Ipul, secara singkat, Liebster Award ini adalah semacam usaha untuk membangun keterikatan kepada teman-teman bloger, sekaligus juga untuk memperkenalkan bloger yang menurut kita punya konten yang bagus, tapi masih jarang diketahui orang.

Syarat menerima Liebster Award ini sederhana saja, harus memenuhi beberapa poin seperti di bawah ini:

1. Berterima kasih kepada si pemberi penghargaan.
2. Berbagi 11 fakta tentang diri sendiri dan 3 tulisan terfavorit.
3. Menjawab 11 pertanyaan dari si pemberi penghargaan.
4. Menominasikan dan memberikan penghargaan kepada 11 blogger.
5. Memberikan 11 pertanyaan kepada blogger yang menerima penghargaan.
6. Memberitahu 11 blogger yang menerima penghargaan tersebut.

So, sekarang saatnya saya penuhi poin-poin di atas.

Terima kasih, Daeng Ipul!

Sebagai blogger "santai" dengan tulisan yang menurutku biasa aja, dapat award dari seorang blogger senior itu pencapaian luar biasa. Apalagi Daeng Ipul memang terkenal dengan tulisannya yang bagus-bagus, informatif, mengedukasi dan sering menang lomba blog. Tersanjung lah saya 😍
Award ini memotivasi saya untuk terus ngeblog.

11 Fakta + 3 Tulisan Favorit

Saya pikir hampir semua tentang saya udah tertuang di blog ini. Jadi, apa lagi ya yang harus saya tulis? Hihiii... Tapi demi memenuhi award yang udah dinominasikan, berikut 11 fakta tentang saya yang mungkin beberapa orang tidak ketahui.

1. Seandainya bisa dipertemukan dengan orang yang sudah meninggal, saya pengen banget ketemu Opa dan Oma. Saya kangen... 😥

2. Saya anak sulung dari 5 bersaudara. Bukan 2. Yes, adik saya ada 4. 1 dari Papi dan Mami yang sama, dan 3 dari Papi yang sama tapi Mami yang berbeda. Dan Papi bisa menyatukan kami dengan baik. Alhamdulillah

Bareng Nasser dan Sherief, adik-adikku

3. Sejak kecil hingga sekarang hidup saya banyak diatur orang tua. Dan saya menikmatinya! Bahkan ketika sudah menikah pun. Ini bukan hanya karena mereka dominan atau terlalu protektif sehingga masih menganggap anak-anaknya adalah anak-anak, tapi karena saya memang masih ketergantungan sama mereka dn masih banyak meminta pertimbangan dari Papi Mami. Alhamdulillah, Atu (suami saya) paham akan hal ini, bahkan gak jarang Atu juga menyuruh saya meminta saran dari Papi.

4. Trauma menyetir motor. Saat usia SMP saya belajar nyetir motor pakai motor om saya. Awalnya lancar, lalu pas belajar di jalan besar, dari arah depan ada sebuah truk melaju kencang, saya pun banting setir ke kiri, ke sebuah tanah lapang. Rupanya di lapangan itu banyak tamnaman Putri Malu. Alhasil kaki saya penuh dengan duri. Om saya pun kelihatan kesal karena setir motornya sampai bengkok, hihi.. Sejak itu saya gak pernah lagi coba-coba nyetir motor.

5. Sedari kecil saya termasuk anak yang tomboy. Film banyak menginspirasi ke-tomboy-an saya. Saya suka lihat keberanian Laura di film Little House on the Praire, jiwa detektif George (Georgina Kirrin) di film Lima Sekawan dan gaya Ria Irawan di film Nakalnya Anak-anak.

Rambut saya waktu sekolah selalu cepak 😁

6. Saya selalu pengen tau banyak hal (wawasan dan pengetahuan) dan mencoba melakukan sesuatu yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Makanya saya selalu bersemangat ketika ada hal baru untuk saya pelajari atau lakukan. Tapi tidak untuk bidang Matematika, Fisika dan Kimia ya! 😅

7. Soal kekepoan saya, saya lebih baik bertanya langsung ke orang yang bersangkutan daripada dengar dari berbagai sumber.

8. Saya paling malas berkompetisi. Karena saya orangnya cenderung gak mau dikalah. Makanya daripada kalah, kadang saya menghindari kompetisi, hihii..

9. Sosial media banyak mengubah hidup saya. Termasuk dalam hal mencari rejeki. Saya bahkan berani resign dari perusahaan tempat saya bekerja karena yakin bisa dapat duit dari dengan bekerja secara online dari rumah.

10. Saya kurang suka dipuji. Rasanya gak percaya dan jadi terbebani dengan pujian itu. Yang terburuk, kadang saya malah berpikir orang gak tulus memuji saya. Maaf 🙏

11. Banyak yang bilang wajah saya mirip artis. Dewi Sandra, Nike Ardila, Mulan Jameela, Siti Nurhaliza, Marini Zumarnis, Nirina Zubir hingga Ola Ramlan, bahkan ada yang bilang mirip Suzanna, haha... Apa wajah saya pasaran? Kalo menurut kamu, saya mirip siapa? 😂

Adapun 3 tulisan favorit saya di blog sendiri adalah :

Tulisan yang tercipta karena kekecewaan saat Nadhif gak lulus masuk SMA Taruna Nusantara. Tulisan ini bukan hanya saya yang suka, tapi sebagian besar pembaca pun menyukainya. Karena nulisnya pake hati ❤

Cerita perjalanan ibadah umroh pertama kali di tahun 2018 lalu.

Di Masjid Nabawi, Medinah

Tulisan pertama sebagai blogger, yang jadi titik balik kehidupan saya dan berstatus sebagai "blogger".

Menjawab 11 Pertanyaan

Ngeri-ngeri sedap dapat pertanyaan. Serasa ujian lagi deh! Hihi...

1. Kenapa kamu memilih menjadi blogger?
Karena saya suka nulis dan bercerita. Daripada orang bosan dengar saya bercerita atau cerita saya itu menguap begitu aja, mending saya tuangkan dalam blog.

2. Apa hal yang kamu tidak suka dari media sosial?
Sebagian penggunanya yang kebablasan dalam bersosial media. Arogan dan beranggapan kalo itu adalah akunnya sendiri, sehingga bisa seenaknya mempostimg hal negatif, menyebarkan hoax dan semacamnya

3. Apa hal yang paling kamu ingat dari masa kecilmu?
Tidak duduk di kelas 4 SD, langsung loncat ke kelas 5. Karena waktu itu sekolah saya berubah system dari sekolah PPSP menjadi sekolah negeri.

4. Apa hal yang paling kamu syukuri dalam hidup?
Orang tua masih selalu ada buat saya. Bukan hanya soal keberadaannya tapi juga segala bantuannya, baik materi maupin non materi.

5. Kalau diberi satu perjalanan gratis, ke manakah kamu ingin pergi? Mengapa?
Ke salah satu negara yang berdekatan dengan Kutub Utara. Pengen bisa memandangi langsung keindahan Aurora Borealis yang memancar di Kutub Utara dan terlihat di salah satu negara tersebut.

6. Siapakah tiga musisi atau penyanyi Indonesia favoritmu?
Ahmad Dhani dan mendiang Glenn Fredly untuk karya-karyanya, serta alm. Chrisye untuk suaranya.

7. Adakah website yang kamu sarankan untuk dikunjungi? Apa alasannya?
Tirto.id. Sumber berita akurat dengam bahasa yang mudah dimengerti dan grafis yang bagus.

8. Adakah kanal YouTube yang kamu sarankan untuk ditonton? Apa alasannya?
Kanal Eryvia Maronie. Itu kanal YouTube saya 😁

9. Lebih suka liburan ke pantai atau gunung? Mengapa?
Pantai. Karena kalo ke pantai biasanya medannya gak berat. Gak perlu mendaki gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera 🎶 eh, hehe...


Liburan ke pantai saat langit cerah paling cocok buat berfoto

10. Apa hal yang terlintas di kepalamu ketika mendengar kata ‘Papua’?
Orang berbadan tegap, berkulit hitam dan rambut kribo. 😁

11. Sampai kapan kamu akan jadi seorang bloger?
Sampai saya gak bisa nulis lagi, hiks...


11 Blogger
Nominator Liebster Award 

Sebenarnya ada beberapa blogger favorit yang pengen saya nominasiin, tapi setelah melihat mereka udah dinominasikan oleh beberapa blogger lainnya, maka saya memilih 11 nama ini :

1. Mira Sahid. Founder konunitas Kumpulan Emak Blogger yang tulisan di blognya dalem banget dan penuh filosofi hidup.

2. Arief Pokto. Blogger senior yang baru saya kenal lewat Instagram. Berkunjung ke blognya serasa ikut traveling bareng.

3. Muthia Pakpahan atau yang lebih dikenal dengan nama blog dan Instagram, yaitu Turis Cantik. Blognya berisi catatan perjalanan, tips dan trik traveling hingga review produk kecantikan.

4. Awie. Tulisannya yang detail tapi diselingi humor, sangat menarik buat dibaca.

5. N. Firmansyah. Belakangan ini di blognya Firman banyak menulis cerpen yang endingnya sering mengejutkan. Saya mau Firman lebih banyak menulis cerpen seperti itu.

6. Dewi Rieka, tante muda yang sejak kecil punya hobi baca dan sekarang udah jadi blogger dan penulis terkenal.

Bareng Dewi dan anak-anak saat saya liburan ke Semarang

7. Dokter Chinta. Ini namanya emang gitu, Chinta. Trus sekarang profesinya dokter, ya jadilah Dokter Chinta, hehe.. Tapi bukan mengobati sakit cinta ya, ahha.. Saya suka baca tulisan tentang kesehatan dan penyakit di blognya.

8.  Fanny F. Nila, travel dan kuliner blogger yang suka dengan kegiatan ekstrem, seperti bungee jumping.

9. Arga, blogger yang masih tergolong baru tapi tulisannya langsumh memikta hati saya, khususnya cerita pengalamnnya sebagai relawan panti asuhan khusus anak-anak pengidap HIV di India.

10. Dawiah, sang bunda. Blogger yang berusia tidak muda lagi, namun tetap semangat berbagi lewat tulisan.

11. Roosvansia. Blogger yang juga adalah Ibu Persit ini sering menulis review aneka produk di blognya. Saya suka baca reviewnya yang berimbang. Selalu netral.

Pertanyaan Buat Para Nominator

Nah, bingung deh tuh saya harus tanyain apa ke mereka-mereka di atas. Kasi pertanyaan yanh rada susah dikit aah, biar pada mikir, hihi..

1. Ceritakan pengalaman spiritual yang paling berkesan dalam hidupmu.
2. Menurutmu, apakah hanya dengan berprofesi sebagai blogger bisa menjamin hidup seseorang?
3. Bagaimana kamu menentukan rate card sebuah tulisan di blog?
4. Tulisan bertema apa yang paling kamu hindari untuk tidak ditulis di blog kamu?
5. Siapa orang yang paling berpengaruh dalam hidupmu? Khususnya dalam keputusan-keputusan yang kamu ambil
6. Hal apa yang paling menakutkan buatmu?
7. Berapa jam dalam sehari kamu mengakses media sosial?
8. Apa dampak terbesar dari media sosial buat kamu?
9.  Adakah website atau blog yang kamu rekomendasikan untuk dikunjungi? Alasannya apa?
10. Jika waktu bisa diulang, akan jadi apa kamu?
11. Hidup seperti apa yang kamu impikan di masa 10 tahun mendatang?

Pfuiih... Tulisan ini panjang banget ya! 😅 tapi semoga gak membosankan buat kamu yang baca yaa.

Sama seperti Daeng Ipul yang memberikan award ini buat saya, saya pun butuh waktu lumayan lama untuk mengerjakan tulisan ini karena semuanya harus dipikirin jawabannya. Serasa ujian beneran!

Oiya, buat manteman blogger yang namanya tercantum sebagai nominator, bukan sebuah kewajiban untuk menulis kembali ya. Tapi kalo mau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan, sebaiknya sih tulisan ini dibalas, hehe..

Etapiii, sebenarnya ini Award apa Challenge sih?  Hahah...
Well, apapun itu, tetap tengkyu Daeng Ipul 😃

Saya (tengah) bareng manteman blogger Makassar dan Daeng Ipul di sebelah kiri (kemeja kotak-kotak)



14 komentar on "Dapat LIEBSTER AWARD Untuk Pertama Kalinya"
  1. Akhirnya selesai hahaha.
    Tulisan yang panjang sekali, tapi menarik karena memberikan insight baru tentang Mam Ery.

    Tapi muka ta memang mirip artis nah, cuma saya nda tahu siapa. Yang jelas pertama lihat jadi berasa biasa mi ketemu. Familiar sekali hahaha.

    Sehat-sehat terus ki Mam, terus berkarya!

    BalasHapus
  2. Ahaaa...ada namaku padahal awalnya saya mau nominasikanki juga di tulisanku, tapi karena kulihat adami namata di blognya Daeng Ipul maka nda jadimi. Makasih mami. Menurutku lebih miripki ke Mulan Jamela hahaha

    BalasHapus
  3. Waaah, setelah sekian lama, baru lagi ada konsep blogger award yang sebenarnya sudah ada sejak dulu. Kalau blogger award ini datangnya dari Daeng Ipul, enggak heran, ketauan angkatannya berarti. Hahhaha. Mashaallah, anyway mak Ery, terima kasih sudah memberi award yang saya anggap challenge ini, malahan. Kudu mikir lagi nulis apa dan bagaimananya. Inshaallah, semoga bisa meneruskan award ini ya, meski entah kapan. *Niat aja dulu, ehe.

    BalasHapus
  4. Aku beberapa kali dpt award ini, tp jujurnya maaaaaf, aku ga pernah bisa balas mba :(. Setelah brp lama, akhirnya melihat award ini LG di blog mu :D. Jd bisa tau gimana mba Ery LBH dalam ;) .

    Itu pertanyaan selanjutnya susah2 jugaaaa hahahah. Malah banyak poin2 yg ga pernah kepikiran Ama aku slama ini. Kayak pertanyaan pengalaman spiritual, sampe harus meras otak inget2 ttg itu hahahaha..

    Tp pertanyaan no 2 yg ttg apa blogger bisa menjamin hidup? Mungkin bisa kalo utk sebagian org, toh buktinya banyak blogger yg memang incomenya dari situ kan yaaa :). Tp jujur, buatku ga bisa :). Makanya aku ga kepengin jg monetisasi blog yg skr. Blog buatku ya hanya utk nyalurin hobi menulis :).

    Yg pertanyaan no 4 tema yg aku ga kepengin tulis di blog, itu udh pasti, hal2 yang tidak berkaitan dengan traveling dan kuliner yg pernah aku coba , aku pasti ga akan tulis :). Jd itu betul2 hanya utk pengalaman pribadiku dalam hal jalan2 dan kuliner aja mba.

    Pertanyaan lainnya butuh mikir lebih lama itu :D.

    BalasHapus
  5. Wah panjang dan terbuka sekali hehehe, kalau aku kok gimana kadang malah suka kalau dipuji tapi jadinya malah gitu gampang terjebak orang yang niatnya ga tulus :(

    BalasHapus
  6. Aku baru tau istilah liebster award, tapi seru ya blogger makassar kompak . Sukses selalu Kak Ery

    BalasHapus
  7. Kak Ery barokallah, ahh makin mengenalmu dan siapa saja yang menjadi tokoh idolamu. Aku baru pertama kali tahu liebster award, kemarin juga dapet dari bun Mugniar. Tapi baru baca pagi ini, ehhehe. Harus meneruskan ini.

    BalasHapus
  8. Selamat kak Erry.
    Happy banget dapet award rasa challenge.
    Jadi ini kaya speech nya di atas panggung yaa...tulisannya gak terasa panjang, kak..
    Asik banget.

    Terutama bagian fakta kak Erry zaman dulu, hihii...heiitts pada zamannya, kak Ola #eh kak Erry, maksudnya.

    BalasHapus
  9. Wahhh, aku pernah tau LA ini beberapa tahun lalu pas awal2 ngeblog. Mungkin akhirnya jd kyk blogwalking ya. Tp kt jd lbh saling mengenal krn pertanyaannya.

    Terima kasih untuk nominasinya yaaa. Nanti aku coba jawab pertanyaan2nya ya hihihi.

    BalasHapus
  10. sukses selalu mba..seneng denger blogger-blogger kompak :)

    BalasHapus
  11. Selalu suka baca cerita tentang keluarga Mami Ery. Rupanya bersaudara 5 ya totalnya. Tapi saya ndak tahu, mungkin pernah lewat di beranda FB atau IG ya foto saudara ta selain Pak Sherif.

    BalasHapus
  12. Waaahhh... dapatka juga liebster award ini dari kak Dawiah. Semoga bisa saya selesaikan.

    BalasHapus
  13. Pantesan yah liat Kak Ery walau belum ketemu langsung udah berasa familiar aja, ternyata emang benar banyak kemiripannya dengan artis...

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.