Ramadhan Tahun Ini Adalah Ujian

Sabtu, April 25, 2020

Assalamu alaikum manteman,

Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan tahun ini, tahun 2020 Masehi atau 1441 Hijriah.

Walaupun tahun ini Ramadhan akan kita lewati dengan cara yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Baru melewati 1 Ramadhan, udah nyesss rasanya nih hati... 😣


Baca juga : Rindu di 1 Ramadhan

Kalo biasanya malam Ramadhan sudah terasa kemeriahannya, sejak Maghrib suara lantunan ayat suci Al Qur'an dari speaker masjid tak henti berkumandang, jalanan di depan rumah rame dengan lalu lalang orang yang menuju ke masjid, anak-anak pun tak kalah semangatnya, ditambah lagi dengan dentuman petasan yang bersahut-sahutan.

Kali ini kemeriahan itu gak nampak sama sekali 😔

Salah satu jalan di Kota Makassar

Di sore hari, jelang berbuka puasa, biasanya jalanan sudah lumayan ramai dengan lalu lalang kendaraan orang-orang yang mencari takjil atau orang yang terburu-buru pulang ke rumah untuk mempersiapkan buka puasa bareng keluarga. Kali ini jalanan cukup lengang. Gak ada kemacetan sama sekali seperti yang biasa saya alami di puasa pertana tahun-tahun sebelumnya. Saya yang sore kemarin pergi mencari takjil dan lanjut ke rumah Mamiku untuk buka puasa bareng, bisa tiba dengan cepat di tujuan. Alhamdulillah.

Pandemi virus Corona benar-benar sudah mengubah dunia, termasuk kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan selama ini. Sediiih rasanya, terutama di bulan Ramadhan ini. 

Sejenak merenung, setelah tarwih di malam ke-2 ini, akhirnya saya tersadarkan kembali kalo semua ini adalah ujian dari Allah. Virus Corona yang mewabah itu adalah makhluk ciptaan Allah dan menjalankan tugasnya untuk menjangkiti manusia juga atas seizin Allah. Orang-orang yang terjangkiti, lalu meninggal ataupun sembuh, itu adalah takdir Allah. Adapun dunia yang berubah sejak adanya pandemi virus tersebut semua juga udah diatur oleh Allah.


Namun, apapun yang namanya ujian dalam hidup, hakekatnya, Allah udah sesuaikan dengan kemampuan makhlukNya untuk menghadapinya.

لا يكلّفُ اللهُ نفسًا إلاّ وسعَها

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” 
(QS: Al-Baqarah ayat 286)

Pica anak sholehah

Saya pun teringat sesi sharing Positive Vibes yang dibawakan oleh Coach Ochy beberapa waktu lalu.

Jadi, gak usah khawatir berlebihan kalo kita ditimpa musibah. Demikian pula kalo kita diberi segala yang kita mau dalam hidup, jangan merasa terlalu nyaman karena keduanya adalah ujian hidup. Tugas kita adalah bersabar jika ditimpa musibah dan bersyukur jika diberi kenyamanan. Sesungguhnya ujian yang kita jalani adalah tangga untuk kita naik kelas dalam keimanan.

Dan jangan lupakan pula bahwa selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa. Kalo buat saya hikmahnya adalah saya bisa ngumpul setiap hari bareng keluarga, gak ada lagi sibuk masing-masing dengan acara buka puasa bareng teman atau kolega. Semua dilakukan di rumah bersama keluarga.

Lantas, kita semua sudah tau bahwa akhir dari semua ini adalah kembalinya kita berpulang kepada Allah. Ke kehidupan akhirat yang kekal....

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan“ 
(QS: Al-Anbiya’ :35).

Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 1431 H.Semoga di penghujung Ramadhan nanti kita bisa jadi hambaNya yang lebih bertaqwa.

Aamiiin allahumma aamiiin 🙏




9 komentar on "Ramadhan Tahun Ini Adalah Ujian"
  1. betul ya mbak, bener2 ujian kesabran, keikhlasan banyak

    BalasHapus
  2. Ujian memang ya tahun ini. Insya Allah kalau lewat yg ini kita pasti banyak bekal kesabaran dan keihlasan.

    BalasHapus
  3. Memang hrs banyakin sabar.. tp aku tetep percaya, Allah ga bakal kasih ujian melebihi kemampuan kita. Aku LBH suka mencari sisi positif dari semua kejadian yg terlihat negatif mba

    Kayak korona ini, dipikir2 toh banyak positifnya juga . Bumi jd LBH biru Krn berkurang polusi, kita semua jd jauuuuh LBH sering cuci tangan dan memperhatikan kebersihan. Jd LBH rutin masak sendiri, dan minum vitamin.

    Buatku yg ga bisa traveling samasekali, setidaknya jd bisa LBH banyak nabung dulu. Ntr kalo udh lewat wabahnya, uangnya bisa lgs aku pake utk traveling.

    Banyak lah sisi positifnya kalo kita mau berfikir positif. Jadi sampe semua ini berlalu, ya mending dibanyakin sabar dan bersyukur ya mba. Takutnya kalo negatif Mulu pikiran kita, yg ada daya tahan tubuh malah berkurang

    BalasHapus
  4. Idem dengan mba Fanny!

    Apalagi setelah membaca sebuah artikel tentang kekuatan pikiran plus sebuah quote,

    "What consumes your minds, controls your life!"

    Rasa ditempeleng akutu!

    Jadi, di mana pun juga aku tak henti-hentinya memberi afirmasi positif kepada diriku sendiri, bahkan dalam BW, uhuk!

    "... bahwa dalam setiap kesulitan akan ada kemudahan!"

    Let us wait and see, apa rencana Allah SWT kepada kita semua.

    Selamat Ramadan juga ya mba.



    BalasHapus
  5. Ramadan tahun ini memang penuh ujian, tapi ada hikmah besar dibaliknya insyaAllah kalau kita tetap beramal baik di bulan ini InsyaAllah berkali-kali lipat ganjarannya. Dan betul kata Mba Ery, Allah tidak akan menguji manusia diluar batas kemampuannya.

    BalasHapus
  6. Aku yg ga merayakan Ramadhan juga kehilangan suasana bulan Ramadhan. Biasanya kami sdh riweh sama saur otr, buka puasa, jualan, bazar, donor darah, jajan takjil dll.

    Semoga tahun berikutnya lbh baik ya.

    BalasHapus
  7. Kuturut mengaamiinkan mba ery, dan semoga pandeminya lekas berakhir. Hikmahnya memang sebagian besar orang jadi bisa ngumpul sama keluarganya di saat hari-hari biasa sibuk sama pekerjaan atau aktivitas lain.

    BalasHapus
  8. MashaAllah~
    Haturnuhun kak Ery insight nya. Kadang pernah juga merasa sedih berlebihan atas keadaan ini. Tapi cepat-cepat aku kembalikan lagi pada Allah, bahwa rejeki, usia dan jodoh sudah digariskan di Lauhul Mahfuz.

    Semoga kitanya makin kenceng berdoa dan berikhtiar agar Allah bukakan pintu-pintu langitNya.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.