Asuransi Syariah PRUCinta Sebagai Bukti Cinta

Selasa, Maret 17, 2020

"Makan tuh cinta!"

Hehehe.. 😄
Pernah dengar pernyataan itu kan? 
Sebuah pernyataan yang sarkas, ditujukan kepada orang yang terlalu memuja cinta hingga akhirnya menyesal.

Well, dalam hidup ini cinta aja gak cukup buat kita berikan kepada orang-orangmi tersayang. Pernah kepikiran gak kalo seandainya kita udah gak ada nanti, udah "berpulang" duluan, apa yang akan kita wariskan kepada orang-orang terkasih? 

Pertanyaan itu tiba-tiba menyeruak dalam acara launching Asuransi Syariah PRUCinta yang merupakan produk dari Prudential Indonesia, pada hari Kamis tanggal 12 Maret 2020 bertempat di Iconic Cafe Makassar, ketika diputarkan video pengantar tentang simpanan buat orang terkasih di saat kita sudah tidak ada.
Acara ini menghadirkan Bapak Ari Purnomo - Head of Sharia Business Prudential Indonesia dan Ibu Suhartini Munadi - Product Marketing & Implementation Prudential Indonesia, yang menjelaskan secara detail mengenai PRUCinta.

Apa itu PRUCinta?

PRUCinta adalah asuransi jiwa berbasis syariah sebagai persiapan dana darurat untuk kondisi mendesak dan tak terduga seperti kematian, yang memberikan manfaat hingga 20 tahun dengan pembayaran kontribusi hanya 10 tahun.

Berdasarkan data OJK, disebutkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia tujuan keuangannya masih fokus pada semata-mata untuk mencukupi kebutuhan harian mereka dan hanya 1,5% yang mempersiapkan dana darurat. Ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya perlindungan jiwa masih tergolong rendah.

Survei Inklusi Keuangan OJK
Bp. Ari Purnomo (Head of Sharia Business Prudential Indonesia) & Mas Arie (MC)

Menurut Bapak Ari Purnomo - Head of Sharia Business Prudential Indonesia, data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memperlihatkan bahwa pada tahun 2019, tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai angka 1,2%, dibandingkan total Produk Domestik Bruto (PDB). Tertinggal dari negara-negara Asia lainnya, seperti Korea Selatan (8,4%), Jepang (6,2%), dan Tiongkok (2,8%). 

Masih menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeksi literasi  asuransi syariah hanya 2,51% dan inklusi asuransi syariah hanya 1,92%. Inilah yang mendasari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menghadirkan asuransi jiwa syariah PRUCinta sebagai metode pengelola kesejahteraan masyarakat dengan klaim kematian dengan nilai maksimal. 


Kenapa Harus PRUCinta?

Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah didasari prinsip tolong menolong alias sistem gotong-royong diantara para peserta melalui dana Tabarruj, seperti halnya arisan. Selain itu tentu saja sesuai anjuran MUI, bebas riba, sesuai syariat Islam yang tentu saja diawasi langsung oleh dewan syariah.

Jadi, kenapa mesti ragu memilih PRUCinta?

Ibu Suhartini Munadi (Product Marketing & Implementation Prudential Indonesia)

Ibu Suhartini Munadi - Product Marketing & Implementation Prudential Indonesia, menjelaskan keistimewaan dan manfaat PRUCinta, yaitu :

  1. Perlindungan selama 20 tahun dengan hanya membayar kontribusi selama 10 tahun. Perlindungannya berupa resiko kematian.
  2. Jika peserta meninggal dunia selama dalam masa kepesertaan (20 tahun), maka akan mendapat 100% santunan meninggal dunia atas bebam Dana Tabarru' dan Nilai Tunai atas beban Dana Nilai Tunai.
  3. Jika peserta meninggal karena kecelakaan, maka dana santunan yang diterima adalah 300% + Nilai Tunai.
  4. Jika meninggal karena kecelakaan pada saat bulan Ramadhan sampai 2 minggu setelahnya, maka dana santunan yang diperoleh adalah 400% + Nilai Tunai. 
  5. Jika sampai akhir masa kepesertaan peserta tidak mengalami risiko (belum meninggal), maka akan mendapatkan manfaat Jatuh Tempo dalam bentuk Nilai Tunai sebesar 100% dari dana kontribusi yang kita bayarkan. Jadi jika selama masa kepesertaan kita membayar kontribusi sebesar 10 juta per tahun, maka jika sampai pada akhir tahun ke -20 masih hidup, kita akan mendapat manfaat Jatuh Tempo sebesar 100 juta rupiah.
  6. Spesial benefit berupa tambahan 10% Nilai Tunai dari total kontribusi dan dibayarkan saat jatuh tempo, jika nasabah melakukan e-Submission, e-Policy, selalu menggunakan e-Transaction Statement, selalu auto debet rekening, dan tidak pernah lapsed. (Periode campaignhingga Desember 2020).
  7. Pembagian surplus underwritinguntuk pemegang polis sebesar 80%.
  8. Lebih murah jika membayar premi tahunan. Hanya perlu membayar kontribusi sebesar 11 bulan untuk setahun.
  9. Dapat digunakan sebagai wakaf hidup atau wakaf wasiat. Ketentuannya sesuai dengan Wakaf Prudential yang sedang berjalan.
Untuk lebih jelasnya, kamu bisa klik websitenya Asuransi Syariah PRUCinta.

Manfaat PRUCinta

Baca juga : 10 Tahun Kemudian

Warisan Kepada Orang Terkasih

Selain penjelasan tentang PRUCinta, dalam acara ini juga menampilkan pembacaan puisi oleh Muhammad Akbar, seorang sastrawan asal Makassar. Baru kali ini saya lihat ada acara yang menampilkan pembacaan puisi. Seni yang mulai dilupakan oleh sebagian orang.

Puisinya bercerita tentang kekhawatiran seorang ayah pada saat berangkat kerja. Dia bertanya dalam hati "Bagaimana bila aku tidak pernah kembali?"

Pembacaan puisi oleh Muhammad Akbar

Nah, dihubungkan dengan video yang diputar pada awal acara, pertanyaan : “Apa yang Anda tinggalkan jika harus meninggalkan orang-orang tercinta sekarang?” mengajak kita mencari solusi yang tepat untuk orang terkasih.

Untuk itulah Prudential menghadirkan PRUCinta sebagai jawaban atas bentuk warisan cinta kepada orang-orang terkasih. 

Saya dan manteman blogger Makassar yang hadir dalam acara launching PRUCinta




35 komentar on "Asuransi Syariah PRUCinta Sebagai Bukti Cinta"
  1. perlu sekali ay untuk berjaga2 demi keluarga

    BalasHapus
  2. harus dimulai dari sekarang memang dih mami untuk memikirkan apa yang kita tinggalkan meskipun aku masih terbilang muda saya merasa sangat telat untuk mempersiapkan semuanya kak. Tapi tak ada kata terlambat yah kak untuk semuanya. hihihi

    BalasHapus
  3. Ungkapan-ungkapan yang beredar, termasuk "makan tuh cinta" bikin berpikir kembali hehehe.

    Produknya ini banyak keistimewaannya tawwa, sudah syariah pula.

    BalasHapus
  4. huahaha sering banget mba aku denger makan tuh cinta :p tapi kalau buat BUcin sih emang ciinta segala2nya :p

    btw PRU mantul yah udah keluarin aja produk PRUcintanya

    BalasHapus
  5. Bukti cinta kita kepada keluarga adalah tanggung jawab saat masih ada dan persiapan nantinya dengan membeli asuransi jiwa ya kak. Asuransi jiwa penting sekali dimiliki oleh yang pemberi nafkah di keluarga

    BalasHapus
  6. Promonya menariiik banget.
    Cukup bayar 11 bulan untuk setahun.
    Ini kayaknya blum ada nih, promo diskon ginian di insurance lain.

    BalasHapus
  7. Cinta memang harus selalu dibuktikan dengan wujud nyata, salah satunya pasti dengan mempersiapkan keluarga tetap baik2 saja di masa depannya

    BalasHapus
  8. Bayar 10 tahun bisa mendapatkan manfaat untuk 20 tahun, wah dua kali lipatnya.

    Iya sih mbak, kalau buat golongan menengah ke bawah, tercukupi kebutuhan saat ini aja udah alhamdulillah. Nggak kepikiran buat nabung dalam bentuk asuransi. Makanya acara-acara kayak gini penting banget buat sosialisasi

    BalasHapus
  9. Hihihi bener juga, ya. Cinta gak bisa dimakan. Tetapi, harus dibuktikan. Salah satunya dengan memiliki PRUCinta

    BalasHapus
  10. Yang saya suka dari PRUCinta ini karena kontribusinya 10 tahun tapi manfaatnya sampai 20 tahun. Suka banget deh! Semoga kita tetap sehat dan jangan lupa buat bikin asuransi juga

    BalasHapus
  11. AKu merupakan nasabahnya PRU loh, dulu mikirnya waktu milih PRU tuh produknya lebih lengkap dan covernya juga lumayan.

    BalasHapus
  12. Ahhh aku jaga pengen banget mba kasih PRU Cinta dari Prudential ini untuk orang-orang tercintaku seperti mama, suami dan anak. Apalagi syariah ya. Jadi makin menenangkan di hati juga

    BalasHapus
  13. ini asuransinya memang bikin cinta deh, kontribusi 10 tahun manfaat perlindungannya untuk 20 tahun. cocok banget buat keluarga tercinta

    BalasHapus
  14. Seringka dulu dengar istilah "makan tuh cinta" 🤣 yaa meski cinta memang tidak bisa membayar biaya kehidupan setidaknya cinta bisa menjadi motivasi untuk berjuang demi keluarga. Yaa, prucinta ini bisa jadi jalan keluarnya untuk bukti cinta nyata kan, Mam?

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah ya ada yang syariahnya. Jadi nasabah tidak ragu dan merasa tenang berasuransi di PRUcinta. Semoga saja banyak yang memilih layanan ini.

    BalasHapus
  16. Apa yang Anda tinggalkan jika harus meninggalkan orang-orang tercinta sekarang?
    Wah jlebb banget pertanyaan ini. Reminder buat saya juga untuk mempersiapkan kepulangan

    BalasHapus
  17. Keren tulisannya, sangat inspiratif buat para pencari nafkah untuk tetap membuktikan cintanya kepada keluarga.

    BalasHapus
  18. Baca benefit prucinta syariah ini menarik banget... Penting ya, sebagai bukti cinta untuk keluarga tersayang...

    BalasHapus
  19. Itulah pentingnya asuransi jiwa ya mbak supaya kita bisa meninggalkan sesuatu yang berharga buat keluarga kita, minimal mereka gak down2 amat saat ditinggalkan apalagi kalau meninggalnya dadakan :(

    BalasHapus
  20. Seneng banget ya mama pica bisa ikutan acara ini dan emang Prudential ini sangat menarik banget dan sangat penting asuransi

    BalasHapus
  21. Suka sama program prudential yg baru ini. Dari segi nama jg sudah market banget. Udah gitu syariah pula. Memang hari gini asuransi jiwa itu penting banget ya mba

    BalasHapus
  22. Aku pakai prudential untuk perlindungan kesehatan dan jiwa di keluargaku. Sangat terasa sekali manfaatnya. Mudah klaim juga ;)

    BalasHapus
  23. Prudential Indonesia ini tau banget kalau umat muslim juga butuh asuransi jiwa yang syariah ya mbak. Makannya ngeluarin asuransi jiwa prucinta yang syariah.

    BalasHapus
  24. Jadi ingat waktu SMA berdebat ka sama temanku. Na bilang ndapapa nda punya uang asal punya cinta. Terus sa jawab, cinta doang nda bisa buat beli beras, woy! Hahaha. Bukan materialistis, tapi realistis. Cinta itu harus ada wujudnya. Salah satunya dengan menyiapkan dana perlindungan seperti PRUCinta ini.

    BalasHapus
  25. Menarik nih, aku lagi survey2 produk2 asuransi jiwa nih. Yah, emang agak terlambat tapi lebih baik segera mulai kan. Buat jaga2 aja.

    BalasHapus
  26. Pas banget, di saat butuh solusi untuk pertanyaan yang bikin speechless itu, PRUCinta hadir sebagai jawaban nyata. Sebagai pembuktian cinta yang tak lekang oleh waktu

    BalasHapus
  27. Paling dapat pas mamii bilang "makan tuh cinta" di pembukaan event 😂 lgsg sih MC nya terilhami ..
    btw pembahasan ini bikin kita merenung banget memang ... kadang sering kita tunda karena mmg blm siap

    BalasHapus
  28. Wah dari nama polisnya saja sudah self explanatory ya!
    PruCINTA!

    Btw,
    Prudential ini terobosan pruduknya dinamis ya. Mengikuti keperluan perkembangan zaman.

    Pasti creative teamnya, luar biasa!

    BalasHapus
  29. Wajib punya nih ya PRUCInta, karena kita takkan pernah tau apa yang akan terjadi besok.

    BalasHapus
  30. Produk seperti ini diperlukan sekali saat terjadi sesuatu yang tak terduga. Apalagi dikelolanya secara syariah. Lebih tenang rasanya.

    BalasHapus
  31. Enaknyaaa picaa main ke TVRI, dulu jg waktu masih sekolah tante selalu kesini loh pica. Angkat topi untuk pica yg sdh berani kedepan tampil 😍

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.