10 Kegiatan Menyenangkan a la EMARONIE Selama Di Rumah Saja

Senin, Maret 23, 2020

Assalamu alaikum, manteman.

Sepanjang waktu di rumah aja?
Siapa takut! Hehe...
Atau mungkin ada yang udah mulai bosan?
Duh jangan sampai yaa.

Sesuai anjuran pemerintah, untuk menghambat makin mewabahnya virus corona, masyarakat diminta untuk tetap tinggal di rumah selama waktu yang tidak bisa ditentukan kepastiannya.

Saya sih udah terbiasa tinggal di rumah untuk beberapa hari, tanpa ke mana pun. Jadi gak masalah dengan adanya himbauan tersebut. Malah kadang kalo udah terlanjur tinggal di rumah, saya pun jadi mager 

Apa aja yang biasa saya lakukan selama di rumah aja? Cekidot! Kali aja ada salah satunya yang menginspirasi kamu untuk mengusir kebosanan.

1. Beresin Rumah
Saya termasuk orang yang mager untuk urusan beresin rumah. Rasanya lebih enak rebahan daripada berbenah, hehe...

Tapi mau gak mau, rumah harus selalu rapi. Apalagi karena Atu emang sukanya begitu. Jadinya kegiatan beresin rumah harus saya lakukan. Dengan rumah yang bersih dan rapi, perasaan pun jadi lega.

Sesekali juga saya menata kembali, biar dapat suasana yang baru. Misalnya mengganti taplak meja dan menambah hiasan bunga atau daun merambat di beberapa sudut.

Area ruang tamu


2. Mengajar Tugas Sekolah Anak
Yang punya anak usia sekolah pasti tau banget kalo sekarang sekolah diliburkan dan anak-anak sekolah secara online dari rumah dengan segudang tugas yang diberikan oleh guru. Termasuk juga Faizah anak bungsuku yang masih TK, Nadhif yang duduk di kelas 1 SMA dan Alifah yang udah kuliah. 

Tapi yang sering saya ajarin sih cuman Faizah. Tugas anak TK, macam belajar membaca, berhitung, keterampilan hingga menanam benih menyenangkan banget dan bisa jadi ajang quality time kami.

3. Berolahraga
Walopun olahraga saya hanya ikut instruksi via Youtube, yang penting ad2a gerak dan keluarin keringat paling sedikit 15 menit.

Olaharaga senam aerobic ringan ini saya lakukan pagi hari di ruang tengah dengan memutar channel aerobic favorit di Youtube melalui layar tv gede yang ada di ruang itu.

4. Belajar Masak
Memasak adalah hobi baru saya. Serasa menemukan kebahagiaan dengan memasak, suatu hal yang jarang saya lakukan sebelumnya. Bukan karena gak bisa ya, tapi karena mager aja, hehe...

Mulai dari sayuran berkuah, tumis, ayam, ikan, dan sebagainya udah saya cobain dan setiap kali udah selesai pasti masakan itu saya foto dan posting di Instagram Story. Bukannya pamer lho yaa, sekedar pembuktian aja kalo saya bisa masak sesuatu, hihii.

Salah satu hasil masakanku

Apa yang menginspirasi saya sampai akhirnya mau coba memasak? Karena sewaktu saya ke Jakarta di awal tahun kemarin, saya lihat ipar dan sepupuku sering masak. Akhirnya saya nanya-nanya resepnya dan eksekusi ketika tiba di Makassar.

5. Membuat Aneka Jus
Sadar gak sih, sejak adanya pandemi virus Corona ini kita semua jadi lebih perhatiin kesehatan. 

Salah satu yang saya lakukan adalah jadi rajin membuat aneka jus buah. Mencampur aneka buah dalam blender, ditambahin dengan susu rendah lemak dan sedikit madu enak banget deh.

Minum jus saya lakukan pagi hari, di saat perut masih kosong, sebelum berolahraga dan berjemur.
6. Aktif di Sosial Media
As you know, kerjaan blogger itu menyenangkan karena bisa dilakukan di mana aja, termasuk di rumah. Kita cuman butuh internet yang stabil untuk bisa menghasilkan tulisan di blog.

Seorang bloger juga bisa merangkap sebagai buzzer dan terima endorse dari pemilik usaha. Semuanya hanya butuh modal tulisan yang bagus dan sinyal internet, karena semua karya kita diposting di media sosial, seperti Instagram dan teman-temannya.

Saya sih senangnya melakukan aktivitas medsos lewat HP
Selain itu, saya biasa juga ngedit video untuk jadi konten di Youtube.

Jadi, sebagai pegiat media sosial, hal ini gak bisa lepas dari kehidupanku sehari-hari.

7. Perawatan Diri
Enak banget melakukan perawatan diri sendiri dari rumah, mulai dari membersihkan wajah dan maskeran atau membersihkan tubuh dengan luluran.

Kegiatan ini selain buat mengisi waktu, juga penting untuk kebersihan dan kesehatan tubuh.

8. Merawat Peliharaan
Saya punya peliharaan kucing 3 ekor, yakni Hitam, Putih dan Simba. Kehadiran mereka di rumah saya sangat menyenangkan dan jadi hiburan tersendiri buat saya sekeluarga.

Sejak ada anjuran untuk tinggal di rumah aja, kucing-kucingku pun lebih sering masuk ke dalam rumah selama kami ada di rumah.

Saat Si Hitam sakit


9. Melanjutkan Hobi Crafting
Saya paling suka bikin decoupage. Menggunting dan mengelem kertas itu gampang banget rasanya dikerjakan. 

Saat harus di rumah aja, paling asyik menenangkan diri dengan crafting. Seakan kita masuk ke dalam dunia kita sendiri.

Salah satu decoupage karyaku

10. Movie Marathon
Salah satu hobi saya adalah nonton film, terutama film Hollywood. Dengan tinggal di rumah aja, nonton film sambung menyambung bisa saya lakuin saat senggang, mulai dari film lama maupun film baru.

So, kamu sendiri udah ngelakuin apa aja selama di rumah aja?
Atau mungkin ada kegiatan kita yang sama nih? 
Atau malah gak Ngapa-ngapain, hanya rebahan aja? Hihihi...
Semoga aja salah satu dari kegiatan saya ini bisa menginspirasi kamu yaa.

Kenapa kegiatan yang menyenangkan harus kita lakukan? Karena bisa membuat hati bahagia dan orang yang bahagia itu imunitas tubuhnya akan meningkat sehingga tidak mudah tertular penyakit.

So, just be happy, stay safe and keep healthy.

Btw, tepat di tanggal 23 Maret 2020 ini usia saya menginjak angka 43 tahun lho, hehe. Mohon doanya ya manteman, semoga Allah selalu merahmati hidupku. Aamiiin....

Alhamdulillah 43 tahun



16 komentar on "10 Kegiatan Menyenangkan a la EMARONIE Selama Di Rumah Saja"
  1. Banyak banget yang bisa dilakuin selama "stay home" ya kak Ery. Aku pun gitu, apalagi anak-anak pada libur sekolah dan kuliah jadi di rumah teteup hepi, bisa beraktivitas bareng bocah. Tahun ini aku juga ultah ke 41 tgl 17 Maret lalu, ka. Semoga Allah merahmati usia kita dan kita selalu diberikan rezeki yang barokagh dan manfaat ya kaa

    BalasHapus
  2. Banyak sekali yang bisa dilakukan di rumah ya Mami Ery. Ini saja sudah 10. Ndak bosan-bosan tinggal di rumah kalau dilakukan semuanya. Apalagi anak-anak ada di depan mata semua :)

    BalasHapus
  3. Betul-betul harus cari aktivitas yang menyenangkan sesuai passion kayak kak Ery. Btw, itu Capcaynya kayak enak...

    BalasHapus
  4. cantiknya decoupaget mam, bisaki open order itu. Hmm mami upload ikan asin tuh deh ndk sanggupka sy menolak makanan mami. Selama pandemi ini, masak, makan, rebahanji yang kukerja

    BalasHapus
  5. Nmr 6 ini kt banget kak ery hahahaa, mumpung wfh dan physical dostancing jadi bnyk hal yg bsa kt lakukan. Trmasuk movie marathon sih yg paling seruuu

    BalasHapus
  6. Ternyata banyak hal menyenangkan juga yang bisa kita dilakukan di rumah ya kak. Btw kegiatannya selama di rumah menarik sekali. Saya mau coba deh ide yang membuat crafting itu. Karyanya bagus banget bisa bikin waktu di rumah jadi produktif ya dengan melakukan kegiatan seperti itu.

    BalasHapus
  7. Sayami itu Mami, tinggal di rumah selama sepekan saja sudah bosan. Tapi yah harus sabar, demi kebaikan bersama. Dan saya setuju dengan semua alternatif kegiatan yang ditulis itu, jadi tak perlu lagi bosan di rumah.

    BalasHapus
  8. Jujur aja aku jd betaaaah tinggal di rumah ini. Memang sih belum bisa full Wfh, karena digilir Ama temen2 lain. Tp pas giliran ku Wfh, rasanya seneng aja. Aku sengaja bikin list jdwal hrs ngapain aja. Biasanya kalo pagi pasti ada meeting Ama kantor. Tp selesai itu ada wkt lowong yg bisa aku pake utk baca . Minimal 3 jam wkt utk membaca. Trus yg ajaibnya sejak sering di rumah aku jd rajin liat resep, yg gampang2 aja mba :D. Trus dicoba deh bareng anak2. Itung2 kalo aku udh resmi resign toh aku bakal sering di rumah. Jd biasain dr skr :)

    BalasHapus
  9. Mbak Ery, dari ka 10 kegiatan selama sebulan dirumah aja, hanya satu yang belum aku lakukan nih, yaitu memiliki hewan peliharaan hehe.. mmm.. seperti menarik ya memelihara kucing, kebetulan anakku yang kecil suka banget sama kucing hihi tapi ngerawatnya susah ngga ya hehe

    BalasHapus
  10. Kalau untuk daftar di atas nomor 8, aku skip mba.
    Tidak punya pet!

    Paling banter godain mpus tetangga si "Pooh" yang ginuk-ginuk pas mau jemur pakaian di loteng, hihihi.

    Iyep, karena sudah sering work from home, irama aktivitas pun tidak banyak berubah.
    Kurleb saja dengan mba :)


    BalasHapus
  11. Nah aku lagi seneng-senengnya mba belajar masak tapi bahan-bahannya sekarang udah habis huehehe. Jadinya lebih ke movie marathon aja di iflix. Itupun yang diunduh dulu soalnya koneksi internet jadi lemot sejak semua orang di rumah aja. Kalau bosen sih enggak karena passionku sejak kecil di rumah aja tiap hari :)

    BalasHapus
  12. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah yaa, Mba. Awalnya saya pikir kelamaan berada di rumah bakalan bikin bosan ternyata dugaanku salah, hehehe

    BalasHapus
  13. Kakk decoupagenya cantik bangeet jadi pengen belajar bikin deeh. Yes betul di rumah aja jadi seneng nyoba2 resep ini itu

    BalasHapus
  14. Makin senang karena di rumah aja bareng keluarga.
    Sungguh tak terbayang kalau dirumahaja nya brupa kos-kosan atau tempat tinggal kamar, sendiri.

    Sehatsehat selalu, kak Erry.

    BalasHapus
  15. Aku beberes rumah juga dan menemukan harta karun yg harus dibuang huhahahahhaa. Mba rajin bgt bikin decoupage. Cantik jadinya si talenan yaaa.

    BalasHapus
  16. Mba aku ngiler sama hobi decoupage kamu apik banget sih.
    Aku kerjakan semua kegiatan di atas, kecuali ngurusin anak hehehe tapi ngurusin orangtua. Semangat kita

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.