Ngopi di FILOSOFI KOPI Jogja

Sabtu, November 30, 2019

Assalamu alaikum, manteman.

Saya dan kopi sepertinya udah gak bisa terpisahkan. Bahkan kalo lagi traveling pun saya pasti cari coffee shop, khususnya yang IGable buat tofoto, hehehe. Selain itu saya pun ngincer warung kopi yang pernah jadi lokasi film. Maklum aja, selain sebagai penikmat kopi, saya pun suka nonton film.

Salah satu yang jadi incaran saya waktu ke Jogja kemarin adalah ke Filosofi Kopi.


Well, siapa yang gak tau sama warkop ini. Berawal dari novel karya Dee Lestari, kemudian difilmkan dengan 2 bintang beken, Rio Dewanto dan Chicco Jericco, hingga akhirnya warung kopi itu diwujudkan ke dunia nyata dengan hadirnya warung kopi Filosofi Kopi.

Di tahun 2018 lalu saya udah ngopi di FilKop Jakarta yang terletak di Melawai. Dan dalam liburanku ke Jogja kali ini makanya wajib hukumnya saya ke FilKop Jogja.

Begitu tiba di Jogja, Sherief (adikku) menjemput di airport lalu kami singgah makan gudeg dulu, setelah itu langsung ke FilKop. Letaknya udah masuk daerah Sleman, yang cukup jauh dari pusat kota, termasuk juga dari tempat kami makan gudeg.


Cafe Bernuansa Jawa

Filosofi Kopi Jogja menghadirkan suasana yang dekat dengan alam. Desain cafe yang terbuka, tanpa AC. Jalan masuknya aja berupa jalan setapak yang kiri kanannya di tumbuhi pohon setinggi manusia. Terasa adem ngeliatnya.

Jalan masuk ke FilKop

Di sebelah kiri jalan setapak itulah Filosofi Kopi, sedangkan di sebelah kanan terdiri dari beberapa bangunan yang merupakan bagian dari FilKop, seperti VIP Room, Mushollah dan Toilet.

Bangunan utama dari FilKop sendiri berbentuk Joglo, bangunan khas Jawa yang terbuat dari kayu. Nuansanya tentu saja terkesan vintage. Sesuatu yang jarang kita temui pada coffee shop yang sekarang ini lagi marak dengan model arsitektur rustic atau industrial.

Bangunan joglo Filosofi Kopi Jogja
Area depan, tempat main anak lesehan
Area pemesanan dan kasir

Sayang banget saya kurang punya banyak stok foto saat barista lagi bikin kopi dari kunjungan saya waktu itu karena lebih fokus untuk menikmati kopi 😁

Baca juga : Ada Makassar & Toraja dalam Film FILOSOFI KOPI 2

Menu & Harga

Apa yang saya minum?
Berhubung terasa gerah waktu baru tiba di airport, lanjut makan gudeg dan langsung menyusuri jalan yang cukup jauh mencari lokasi FilKop, saya pun memilih minuman dingin.

Gak cuman kopi aja lho yang dijual. Ada juga minuman lainnya seperti Green Tea, Coklat dan sebagainya. Selain itu ada juga cake.

Adapun range harga di FilKop Jogja sama aja sih dengan di Jakarta, kisaran Ro.30.000 - Rp.50.000. Untuk ukuran harga kuliner di Jogja, FilKop ini memang agak mahal. Tapi walopun agak mahal, pengunjungnya selalu rame lho.

Antrian di area kasir
Suasana di bagian depan
Suasana di bagian dalam, sisi sebelah kanan

Di sebelah Joglo Filosofi Kopi ada juga gerai penjualan makanan berat dan snack, namanya Dapur Roy. Jadi kalo kamu pengen ngopi tapi juga laper, bisa langsung pesan makanan berat di situ.

Dapur Roy tampak depan
Seating area Dapur Roy
Penjualan Merchandise

Di FilKop Jogja ini juga ada penjualan merchandise, walopun barangnya gak sebanyak di FilKop Jakarta. Ada sweater dan t-shirt. Area penjualannya terletak di bagian sudut ruang tengah.

Sedangkan di area kasir ada penjualan biji kopi berbagai jenis, termasuk juga yang ada di film, seperti biji kopi Tiwus.

Baca juga : Review Film FILOSOFI KOPI 2

Penjualan merchandise di sudut ruang
Penjualan biji kopi di samping kasir

Sebenarnya setiap kali ke Filosofi Kopi, baik itu di Jakarta maupun di Jogja ini, harapan saya cuman 1, pengen ketemu Chicco Jerikho! Hahah... Tapi gak pernah kesampean. Well, gak apa lah... Pernah ngobrol sewaktu di Trans Studio Mall dulu aja saya udah seneng 😁

Saya dan Dg. Ipul ngobrol bareng Chicco di TSM Makassar tahun 2017 lalu
Kopi Enak Selalu Menemukan Penikmatnya






Filosofi Kopi
Jl. Pandhawa.no. 001/17
Tegal Rejo - Kab. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta







7 komentar on "Ngopi di FILOSOFI KOPI Jogja"
  1. Aku sukaaaaa bgt kopi. Sejak d Bandung aku ngider cari kopi susu paling enakkkk hahaha. Nanti klo ak ke Jgj harus bgt mampir ke Filosofi Kopi.

    BalasHapus
  2. wah uangnay terbuak ya, asyik sekali

    BalasHapus
  3. Jadi Filosofi Kopi ini di daerah Slemannya ya mbak. Tempatnya asyik banget tuh. Diawali dengan jalanan setapak yang kiri kanannya ditumbuhi pepohonan. Udah gitu ada area untuk anak juga ya.Lengkaplah sudah :)

    BalasHapus
  4. Aiih...ada fans dede Chicco Jerikho.
    Gantengnya memang to the max yaa..

    Minum kopi di Filosofi Kopi Jogja bikin langsung otomatis bisa ngomong Jawa.
    Ehhehe~

    BalasHapus
  5. Kak Eri di Jogja jalan jalannya seru banget ya sampe bisa ngopi ke filosofi kopi ini .aku soalnya juga ga kuat minum kopi...ga tau kenapa

    BalasHapus
  6. Kalo ke jogja lagi mau mampir ah, belum pernah kulineran nihh d sana

    BalasHapus
  7. kalo pecinta kopi lagi travelling ke Yogya, wajib banget berkunjung ke Filosofi Kopi.. tempatnya asik pula buat santai2 bareng teman atau keluarga..

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.