Konten Baik untuk Internet Baik

Sabtu, Desember 14, 2019
"Internet Baik".
Mendengar kalimat ini, kita tentu semua setuju kalo yang baik itu adalah hal positif yang bisa diterima oleh semua masyarakat.

Tapi seperti apa Internet Baik itu?

Dalam Creator Nongkrong chapter 3 yang diadakan oleh saya dan manteman Digital Creator Makassar, membahas hal tersebut dengan topik Konten Baik Untuk Internet Baik, dengan menghadirkan Bapak Devo Khaddafi (Ketua Perhumas Sulsel/Penggiat Internet Baik) sebagai narasumber.


Well, saat ini kehidupan kita sudah lekat dengan dunia digital. Menggunakan perangkat maupun teknologi digital adalah bagian dari rutinitas sehari-hari. Bahkan media sosial berbasis internet menjadi sebuah platform yang wajib dimiliki baik oleh perorangan, perusahaan, maupun instansi pemerintahan, termasuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Bp. Devo Khaddafi (narasumber) & saya selaku moderator

Sebagai Kepala Biro Humas, Pak Devo menjelaskan bahwa saat ini Pemrov SulSel sudah memiliki platform media sosial di berbagai kanal demi pemenuhan keterbukaan informasi, baik sebagai media informasi pun sebagai media untuk menyampaikan kebijakan, kegiatan dan pencapaian yang telah diraih oleh Pemrov. Salah satunya adalah akun Instagram bernama @humassulsel. 


Humas Provinsi SulSel sadar bahwa media sosial bisa menjadi media komunikasi tanpa sekat dan ruang antara pemerintah dengan masyarakat. Dengan begitu informasi bisa lebih mudah disampaikan kepada publik. Itulah sebabnya akun media sosial harus pintar menangkap moment dan semakin cepat di-share akan semakin baik.

Lalu lintas informasi yang begitu cepat dan penyebaran hoax yang kadang massive terjadi menjadikan media sosial menjadi ruang komunikasi yang efektif. Media sosial mendekatkan pemerintah dengan masyarakat. Cara  tercepat untuk menyapa masyarakat dan membagikan berita adalah melalui media sosial. Aspirasi dan keluhan masyarakat pun bisa lebih cepat didengar dan dijawab melalui media sosial.

Adapun untuk isu-isu terkait pemerintah, menurut Pak Devo ada 3 pilihan yang bisa dilakukan, yakni :

👉 Perlu dibaca
👉 Cukup tau aja
👉 Tidak usah dibaca

Cara ini sangat efektif untuk menyaring berita yang penting-penting saja.

Baca juga : Creator Nongkrong Belajar Fotografi

Sharing session

Seperti kita ketahui bersama bahwa pemerintah kita sangat serius berkomitmen memerangi konten-konten negatif, narasi kebencian dan hoaxs. Untuk itu kita harus ikut serta menggugah dan menyebarkan kebaikan di Internet, agar tercipta "Internet Baik" yang menjadikan dunia maya aman dan nyaman bagi semua penggunanya.

Sebagai penutup Creator Nongkrong chapter 3 ini, Pak Devo memberi pesan :

"Sharing yang penting", bukan "Yang penting sharing"

Pak Devo dan para peserta yang semuanya dapat buku Catatan Devo Khaddafi : Mengawal 3 Gubernur 





8 komentar on "Konten Baik untuk Internet Baik"
  1. Hm, sharing yang penting ....bukan yang penting sharing. Quote yang bagus untuk selalu diingat ini.

    BalasHapus
  2. kerennya acaranya, mauku ketemu sama ini bapak juga.

    rasa2 lebih rajin picaa ikut event dari pada saya dehh hemm

    BalasHapus
  3. Waahh... dapat buku dari pak Devo ya Mami? Bukunya pasti keren nih. Tetap semangat ya Mami gelar event seperti ini. Salut buat Mami

    BalasHapus
  4. Baca postingan ini terus saya kaget kayaknya pernah lihat foto serupa. Tapi di mana ya? Ternyata di post instagram ta'. Wah ternyata itu buku-bukunya dibagikan ya? Senangnya tawwa..

    BalasHapus
  5. kalo saya lagi di Makassar insya Allah akan saya sempatkan datang ke acara yg penuh manfaat ini.. jaman sekarang peran internet semakin gencar menyebarkan pengaruhnya kepada manusia sebagai pengguna sekaligus konsumen informasi.. kita sebagai content creator harus bisa kontrol diri sebijak mungkin untuk membuat konten yg sehat..

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah walaupun yang hadir sangat sedikit tapi ilmu dan informasinya sangat banyak dan "daging" seumua. Terima kasih mami Ery sudah mengundang saya di acara ini. Terlebih lagi dapat buku gratis.

    BalasHapus
  7. Pesannya Pak Devo Mantul banget nih, sharing yang penting, bukan yang penting sharing. *Noted nih pesannya. Btw saya salfok dengan ekspresi Pica di foto, hehe

    BalasHapus
  8. Yang jelas, saya sangat mendukung penuh..

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.