Faizah Berkunjung ke "Bekas Kantornya Mami"

Rabu, Desember 18, 2019

TK. Telkom Makassar, sekolah Faizah, setiap bulan rutin ngadain outing. Baik itu ke tempat wisata maupun instansi atau perusahaan, yang bisa menambah wawasan anak didik.

Yang spesial di bulan Desember ini adalah karena outingnya diadain di TVRI SulSel, yang merupakan tempat saya bekerja dulu, di tahun 1996 hingga 2002. Makanya Faizah nyebutnya "bekas kantornya Mami", hehe... 😄
Outing diadakan pada tanggal 18 Desember 2019. Jam 9 kami, para murid dan guru, sudah pada ngumpul di TVRI Sulsel yang beralamat di Jalan Kakaktua Makassar. Sebelum kegiatan dimulai saya berkesempatan untuk ketemuan dengan teman-teman lama, terutama para senior yang sebagian besar udah jadi pejabat di kantor itu, salah satunya adalah Kak Diyah alias Ibu Nurdiyah Tamma, yang sekarang menjabat sebagai Kepala Seksi Penyiaran. Mantap 👍

Bertemu Ibu Nurditah Tamma
Rombongan TK. Telkom diterima oleh Ibu Rahmiah

Setelah semua peserta outing lengkap, mereka dibariskan dengan rapi dan pihak TVRI, yakni Ibu Rahmiah atau Kak Mimi yang juga dulunya adalah senior saya, menerima kami. Disebutkan bahwa anak-anak akan dibawa berkeliling di dalam kantor termasuk melihat proses syuting. Yippieee... Anak-anak senang banget! Etapiii, anak-anak gak boleh ribut, berlarian atau pegang sesuatu, terutama perangkat syuting dan semacamnya. Untuk itu guru dibantu orang tua harus tetap mengawasi pergerakan mereka.

Pertama-tama anak-anak dibawah ke ruang Pemancar. Ruang Pemancar ini letaknya di bagian belakang kantor TVRI. Ruangannya tertutup dan ada ruang khusus untuk pemancar analog dan digital yang terbuat dari dinding dan pintu kaca. Seorang bapak, saya lupa namanya, yang bertugas di ruangan itu menjelaskan cara kerja pemancar hingga siaran sampai di layar televisi kita.

Bapak yang bertugas di bagian pemancar
Murid & guru menyimak informasi

Baca juga : Serunya Sekolah Faizah Berkunjung ke Kebun

Selanjutnya anak-anak dibawa ke Studio 2. Sebuah ruangan studio yang gede banget. Di dalam Studio 2 sedang berlangsung syuting rekaman acara Musik 30. Di sinu kami diterima oleh Bapak Hamdani Halim, atau yang biasa saya sapa Dani, bagian Tekhnik TVRI. Masuk ke Studio 2 ini saya serasa flashback jaman masih nyiar dulu. Bahkan acara Musik 30 host pertamanya adalah saya lho, hehe...

Di Studio 2 anak-anak disuru duduk dengan tenang. Setelah selesai syuting acara Musik 30, selanjutnya sang kameramen mengarahkan kamera ke kumoulan anak-anak dan syutingan mereka muncul di layar tv gede yang ada dalam ruangan itu huyyy... Suasana langsung heboh! Anak-anak pada ketawa lihat wajah mereka masuk TV, hahah...

Di sini Faizah diminta oleh Pak Hamdani untuk tampil di depan. Etapi, dipanggilnya bukan nama Faizah lho ya, melainkan "mana di sini anaknya Eryvia Maronie?" lalu ketika Faizah udah berdiri di depan teman-temannya, malah diperkenalkan sebagai anak mantan penyiar TVRI yang (katanya sih) paling top dan paling cantik pada masanya. Huhhuyyy... GR deh saya 😜

Proses syuting Musik 30
Anak-anak mendengarkan penjelasan Pak Dhani
Pica dkk melihat diri mereka di layar tv
Pica saat disuru maju ke depan 😄

Baca juga : Kelas Menulis MAM diliput TVRI

Setelah itu, kami naik ke lantai 2, ke Ruang Kontrol atau Control Room. Feungsinya adalah mengontrol proses syuting di Studio 2, makanya posisinya terletak di atas Studio 2 dengan kaca besar yang mengarah langsung ke studio. Di Ruang Kontrol ini banyak peralatan yang sensitif sehingga sangat tidak dibolehkan untuk dipegang oleh siapa pun yang tidak berkepentingan.

Di Ruang Kontrol
Pica mencoba duduk di kursi berita di Studio 1

Di TVRI Sulsel ada 2 studio. Selain Studio 2 ada juga Studio 1 yang ukurannya lebih kecil, karena hanya untuk siaran program berita yang kadang melibatkan tidak terlalu banyak kru. Anak-anak juga dibawah ke Studio 1 itu, melihat ruangan tempat berita disyuting.

Dari Studio 1 akhirnya kunjungan anak sekolah TK. Telkom Makassar di TVRI Sulsel berakhir. Ditutup dengan interview Kepala Sekolah, Ibu Risma Hafied untuk acara berita sore.

Kepsek TK. Telkom diinterview untuk acara berita sore

Baca juga : Sahabatku Sejak Jaman di TVRI Dulu

Faizah senang banget akhirnya bisa berkunjung ke "bekas kantornya Mami", jadi bisa tau lebih banyak Maminya dulu kerjanya kayak gimana sebagai penyiar.

Tonton aja di channel Youtubeku untuk lihat keseruannya yuk 😉





6 komentar on "Faizah Berkunjung ke "Bekas Kantornya Mami""
  1. Percayaaaa kalo kamu penyiar paling cantik di masanya :D. Lah sekarang aja masiiiiih ;).

    Isshhhh, jgnkan anak2 ya, aku aja penasaran mba mau ngeliat cara kerja stasiun tv itu seperti apa. Boro2 tau :D. Itu anak2 TK pasti heboh yaa pas ngeliat mereka msk tv hahahahahaha.. anakku juga pasti seneng banget kalo bisa datang ke stasiun tv gini. Secara mereka hobi nonton :D. Kdg suka nanya, itu gmn penyiarnya bisa ada dlm tv. Lah mamaknya ini aja blm prnh ngeliat lgs :p.

    BalasHapus
  2. Wah Kak Ery pernah kerja di TVRI Sulsel ya, aku juga pernah kerja dj TVRI Kalbar. Bawa program talkshow, berita sama program musik gitu. Sempat beberapa tahun di TVRI. Lumayan banyak pengalaman

    BalasHapus
  3. Aduh, keren banget kegiatan anak2 kayak gini. Jd mereka ga mainan gadget melulu ya mba. Pantesan mamanya pinter nulis dan berpenampilan, jebolan TVRI ternyata. Keren.

    BalasHapus
  4. Seru banget pasti anak-anak bisa ngeliat langsung proses produksi acara TV, makin ngerti jadinya ya anak-anak,,,

    BalasHapus
  5. Barokallah kak Ery, duh ini penerusnya si mama nih kayakna hahaha
    Aku belum pernah main ke stasiun TV kak, jadi pengen ih hehehe.

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalau Mbak Erry pernah jadi penyiar TVRI. Pastinya Faizah dan temen2nya seneng banget ya diajak outing gini, jadi banyak belajar wawasan baru.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.