Bermain & Belajar di TAMAN PINTAR Yogyakarta

Minggu, Desember 01, 2019

Setiap kali liburan bareng anak, mengunjungi tempat rekreasi khusus buat anak selalu jadi agenda tujuan wisata.

Seperti saat saya liburan di Jogja.
Tujuan pertama yang didatangi adalah Taman Pintar. Tempat rekreasi yang edukatif dan menghibur. Sesuailah dengan julukan Jogja sebagai Kota Pelajar.
Berdasarkan keterangan di websitenya, tujuan pembangunan Taman Pintar adalah :

Sejak terjadinya ledakan perkembangan sains sekitar tahun 90-an, terutama Teknologi Informasi, pada gilirannya telah menghantarkan peradaban manusia menuju era tanpa batas. Menghadapi realitas perkembangan dunia semacam itu, dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk pembangunan “Taman Pintar”.

Adapun tagline-nya : 
Taman Pintar
Wahana Ekspresi, Apresiasi dan Kreasi Sains

Berlokasi di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, masih di seputaran Malioboro. Luas banget Taman Pintar ini, terdiri dari taman dan beberapa wahana, dengan 3.500 alat peraga permainan edukatif.

Masuk ke dalam area tamannya sih gratis. Namun untuk masuk ke dalam wahana ya mesti bayar. Tapi gak mahal koq, antara Rp.5.000 - Rp.20.000, sesuai wahananya.

Salah satu permainan di playground

Di area taman atau playground, ada aneka permainan seperti jungkat jangkit, ayunan, katrol, alat musik dan sebagainya. Di setiap mainan ada keterangan nama dan cara kerja mainan tersebut, sesuai dengan gaya dalam ilmu Fisika. Pokoknya semua ada penjelasannya secara ilmiah deh. Jadi gak cuman menghibur tapi juga menambah ilmu.

Baca juga : Wisata Edukasi Untuk Anak Usia Balita

Saat itu kami hanya memilih masuk di 2 wahana, yakni Planetarium dan Kampung Kerajinan untuk ikut kegiatan Membatik.

Memasuki Wahana di Taman Pintar

Planetarium

Planetarium
*pic source tamanpintar.co.id
Di dalam Planetarium

Planetarium adalah ruangan tempat kita menyaksikan simulasi suasana langit kota Yogyakarta beserta benda angkasa yang diputar melalui proyektor digital dengan menyorot ke atas plafond ruangan berbentuk kubah. Jadi, para penonton duduk di kursi dengan posisi kurang lebih 60 derajat untuk melihat ke kubah.

Selama pertunjukan berlangsung, kita gak boleh foto, syuting atau menyalakan blotz kamera atau lampu HP. Jadi maaf ya kalo saya gak ada foto di dalam ruang Planetarium. Selain itu harus tenang, tidak berisik, karena ada penjelasan dari film yang diputar. Pertunjukannya gak lama koq, kurang lebih 20 menit.

Membatik

Batik karya Pica & Khansa

Membatik adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Pintar dalam wahana Kampung Kerajinan. Selain itu ada juga Melukis Kaos, Membuat Gerabah, dam Melukis Gerabah yang hasilnya bisa dibawa pulang.

Kegiatan membatik ini dimulai dari menggambar sendiri pola batik yang kita inginkan. Pica gambar kupu-kupu yang gede. Selanjutnya polanya diberi lilin batik. Dalam proses ini hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa alias anak-anak tidak diperbolehkan karena lilin batik yang cair dan panas. Setelah itu proses pewarnaan dengan car air. Di sini Pica dan Khansa senang banget. Mereka mencampur aneka warna yang gak jelas, heheee...

Menggambar pola
Mami membatik disaksikan Pica & Khansa
Mewarnai batik

Lalu, butuh kurang lebih 20 menit menunggu batiknya kering. Sembari menunggu, kita bisa lanjut main deh di playground. Tapi Pica dan Khansa memilih main egrang dan bakiak, soalnya mereka baru lihat alatnya dan pengen coba gimana rasanya, hiihi...

Baca juga : Belajar Tak Kenal Usia

Aneka Permainan Tradisional

Egrang

Permainan Egrang
*pic source made-blog.com

Egrang adalah alat permainan yang terbuat dari bambu. Batang bambu dengan ketinggian tertentu dipasangi bambu yang lebih pendek secara melintang di bagian bawahnya. Bambu pendek itu yang digunakan sebagai tempat pijakan. Setelah itu egrang digunakan untuk berjalan.

Seru main egrang! Lebih banyak jatuhnya, soalnya kita semua gak ada yang mahir. Hahah.. 😅

Bakiak

Permainan Egrang
*pic source made-blog.com

Bentuk bakiak seperti sandal, tapi memanjang dengan beberapa tempat untuk pijakan kaki. Jadi harus kompak saat melangkah biar gak jatuh.

Kalo lihat bakiak, saya jadi ingat masa kerja di Mal Ratu Indah. Setiap jelang HUT Kemerdekaan RI, kami selalu adain.lomba antar tenant dan karyawan, salah satunya adalah lomba bakiak.
Selain itu masih banyak wahana dan kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di Taman Pintar. Gak hanya buat anak tapi juga buat orang dewasa.

So, kalo kamu ke Jogja, jangan lupa ke Taman Pintar. Cek di websitenya wahana apa aja yang menarik buat kamu dan kamu pun bisa beli tiketnya secara online.





9 komentar on "Bermain & Belajar di TAMAN PINTAR Yogyakarta"
  1. Yaaaah kalo gini mah, yg seneng bukan cuma anaknya, tp aku aja sukaa dan pengen nyobain mba :D. Trtama yg Enggrang dan membatik. Dr dulu penasaran bangetttt pgn cobain Enggrang. Susah ga sih. Krn kalo liat, kok kayaknya gampang hahahaha. Keinget baca buku Doraemon, di mana Nobita berkali2 jatuh tp akhirnya bisa :D.

    Aku suka wahana yg mengedukasi gini . Jd sambil main, sambil bisa jelasin jg k anak2 kenapa bisa begini dan begitu .

    BalasHapus
  2. Seru sekali, makin banyak dan variatif permainan di Taman Pintar Jogja yah! Aku terakhir ke Taman Pintar mungkin sekitar 5 tahun yang lalu.. Semoga bisa segera ke sana lagi , sudah kangen juga nih sama Jogja. Makasiih artikelnya mbaak!

    BalasHapus
  3. Mba, aku jadi pengen banget nih ke Yogyakarta semoga bisa pas liburan bareng anak udah lama juga ga ke YOgyakarta hehehe seru nih Taman pintarnya

    BalasHapus
  4. Waah banyak banget permainan di Taman Pintar ya mba. Seru-seru pula. Planetarium, membatik dan bakiak sungguh menggoda. Noted mau aku rekomendasikan ke kakak ipar huehehe

    BalasHapus
  5. Waktu ke Yogya terakhir aku ngga sempet mampir kesini. Padahal reviewnya seru ya. Cuma waktu itu Yogya lagi panas luar biasa. Sepertinya kalau kembali ke Yogya harus diprioritaskan mampir kaaini deh.

    BalasHapus
  6. Aku udah lama gak ke Jogja mbak..padahal disana aku ada sodara juga bisa main ke Jogja...pengen deh jadinya ke jogja

    BalasHapus
  7. Aku rindu Yogya. Kyknya adem, tentram. Selalu ada yg baru n menyenangkan. Mnggu lalu smpt lewatin aja, ahh andaikan bs mampir bawa si kecil jg.

    BalasHapus
  8. Antri gak siih...kak Ery untuk kegiatan membatik?
    Aku pengin banget coba kalau ke Jogja...kayanya mengajarkan anak untuk lebih sabar dan teliti juga fokus pada yang sedang dikerjakan.

    BalasHapus
  9. Taman Pintar ini mengingatkan aku dengan Puspitek yang ada di Taman Mini nih kak. Boleh nih kalau pas main ke Jogja mampir ke Taman Pintar biar anak-anak bisa berkegiatan positif tapi tetap seru.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.