Kenali Diri Sendiri Agar Pertemanan Langgeng

Minggu, November 17, 2019

Kalo dengar kata "Pertemanan Sehat", apa yang terlintas di pikiranmu?
Bisa jadi pertemanan dari sebuah komunitas olahraga, seperti pelari, pengendara sepeda, yoga, zumba, dan semacamnya.

Tapi kalo pertemanan sehat secara emosional, pernah terpikirkan gak? 
Mungkin jarang atau malah gak pernah sama sekali. Padahal penting lho dalam berteman kita sehat secara emosional. Menjalani pertemanan dengan kematangan emosi, less drama more happy dan bisa punya ketenangan diri serta  respon yang canggih dalam menghadapi kehidupan yang sekarang ini udah dibumbui dengan kejamnya dunia media sosial 😁

Baca juga : Pegiat Media Sosial Giat Cegah Narkoba

Makanya saya usulin ke Coach Ochy, teman SD yang adalah seorang Psikolog dan juga Life Coach, untuk adain sesi curhat atau sesi apapun itu tentang diri kita pribadi, keluarga, pertemanan, kehidupan, dan lain-lain. Soalnya selama ini sesi curhatnya hanya sekejab di sela-sela acara makan bareng. Manteman pun setuju dan minta disegerakan.

Akhirnya kami pun ngikut jadwal sang Coach, yaitu tanggal 16 November 2019 start jam 9 pagi. Bersyukurnya karena kami adalah sesama alumni SD IKIP angkatan tahun '88 (ketahuan deh umurnya 😜) jadinya Coach ngadain coachingnya secara sukarela alias gratis. Kami hanya urunan untuk konsumsinya. Toh kami sendiri juga yang nantinya akan makan, hehe...

Flyer Coaching Khusus
Designed by EM

Tema yang kami pilih adalah "Mengenali Diri Sendiri". Menurut kami penting untuk kenal diri sendiri, supaya kita bisa menggali kelebihan dan mengubur kekurangan. Dengan kenal diri sendiri juga kita bisa menjaga sikap dalam berinterkasi dengan orang lain, terutama dengan teman.

Metode coaching yang dipakai adalah Points Of You, seeprti yang pernah saya ikuti dulu, dengan kartu-kartu yang "not magic but MAGICAL". Kartunya banyak dan pilihan dengan teman bisa saja kartu yang sama tapi mendeskripsikannya yang pasti akan berbeda.
Dan di hari yang udah ditentukan itu, coaching diawali dengan relaksasi. Coach Ochy menyuruh kita menutup mata dan konsentrasi mendengarkan suaranya, lalu tarik dan hembua nafas beberapa kali untuk menghilangkan semua beban yang ada di kepala.

Relaksasi
Memilih kartu

Selanjutnya kami pun disuru untuk memilih kartu-kartu bergambar. Mulai dari gambar yang membuat kita merasa bersyukur, gambar yang membuat kita bersemangat, kartu yang menggambarkan diri kita sekarang dan yang terakhir adalah gambar yang mencerminkan keinginan kita di masa depan. Selain itu ada juga kartu-kartu bertuliskan pertanyaan yang harus kita jawab.

3 kartu bergambar dan bertulisan pertama yang diambil harus didiskusikan bareng seorang teman secara bergantian, sedangkan 1 kartu terakhir kita ceritakan di depan semua teman.

Kartuku

Pengalaman yang menyenangkan banget dicoaching seperti ini, karena kita bisa mengungkapkan semua unek-unek yang selama ini terpendam. Terutama karena coachnya ya teman sendiri, Fauziah Zulfitri yang masih bisa memberi waktu khusus mengcoaching kami di sela2 jadwal padatnya. We thank you for that!

Coach Ochy
Ery & Dewi Wahyuni
Ery & Monalisa
Ery & Nelana

Selain itu ada teman berpuluh tahun baru ketemu lagi, ada juga yang akhir meminta maaf atas kesalahan di masa lalunya, ada juga ganjalan di hati karena kesalahpahaman yang akhirnya terselesaikan. Pokoknya semua plong deh akhirnya.

Baca juga : Inikah Namanya Bully?

1 pesan Coach Ochy yang selalu saya ingat adalah "Forgive & Forget". Dengan memaafkan berarti kita pun harus melupakan kesalahan tersebut, biar gak ada lagi sakit hati dan kita bisa tetap berteman.

Dan, ada seorang teman yang menulis di status Facebooknya : "jangan lupa selalu BERSYUKUR atas setiap situasi kondisi dan keadaan. Dan yakin kalo respon org2 sekitar akan membuat kita banyak belajar dan makin membuat kita jadi orang yg kuat dan hebat.."
Aah, so sweet ❤

Seluruh peserta yang udah dicoaching




2 komentar on "Kenali Diri Sendiri Agar Pertemanan Langgeng"
  1. Edit nama ku neliana momsay hehhehe....

    Sepertinya saya tau teman yg komen di facebook nya itu hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampyun hahaha... Maaf salah, typo.
      Iyaaa, itu kan postinganmu di Fb ��

      Hapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.