FIGARO, Kamu Di Mana?

Selasa, November 19, 2019
It's been a week since you dissapeared, Figaro...

Hari itu, Selasa tanggal 12 November 2019. Di pagi hari ketika Atu mau berangkat ke kantor, seperti biasa setiap kali kunci pintu udah mulai saya putar, 3 ekor anak kucing pun menyambut dengan suara mereka yang halus namun riuh, pertanda lapar.

Setelah Atu keluar dari pagar, saya pun memberi kucing-kucing itu makanan. Mereka ada Hitam, Putih dan Figaro.
Kedatangan 4 Ekor Kucing

Kehadiran mereka di EryKa's Castle sejak bulan Juli 2019 lalu. Teringat malam itu mereka datang 4 ekor bareng induknya. Sebagai penyuka kucing, kami senang banget dan langsung jatuh cinta lihat tatapan mata mereka yang teduh dan seolah butuh tumpangan untuk hidup. Alifah pun langsung memberi mereka makan. Sejak itu setiap hari mereka datang, hingga akhirnya bener-bener menjadikan halaman depan rumah kami sebagai rumah mereka.

Foto waktu pertama kali mereka datang ke EryKa's Castle.
Figaro & Mak Beti sadar kamera, sedangkan Hitam & Putih asyik menyusu

Waktu itu kami memanggil mereka hanya berdasarkan warna bulunya aja. Hitam untuk yang berbulu hitam, Putih untuk yang berbulu putih dengan corak abu-abu, sedangkan induknya dan seekor anaknya yang berbulu hitam corak putih kami hanya sebut dengan "Mamanya" dan "Si Hitam Putih".

Figaro, Kenangan Dari Masa Kecil

Lalu pada suatu malam saat melihat mereka sedang bermain di halaman tetiba saya teringat sosok kucing yang pernah saya tonton di tivi sewaktu saya kecil, miriiip banget, tapi saya lupa itu film apa dan nama kucing itu siapa. Saya jadi penasaran!

Saya pun lantas browsing di internet dan menemukan gambar kucing berbulu hitam campur putih dari film yang pernah saya tonton di masa kecil. Ternyata kucing hitam putih itu adalah kucingnya Pinokio, yang bernama Figaro. Akhirnya si kucing berbulu hitam putih itu pun saya namai Figaro dan sejak itu kami terus memanggilnya dengan nama Figaro.

Figaro, kucingnya Pinokio
Figaro & Faizah

Oiya, induknya sendiri kami beri nama Mak Beti, sesuai nama tokoh komedian di Youtube yang sering Pica tonton, hehe..

Di antara ketiga anak kucing itu, Figaro yang paling jinak. Paling suka dielus dan digendong. Gk picky eater, apapun dikasi pasti dia makan, itulah mungkin bodynya lebih semok dibanding saudara-saudaranya. Yang ajaibnya lagi, setiap kali kami panggil "Figarooo...", pasti dia menoleh ke arah suara, seakan-akan dia tahu kalau itu namanya.

Gak heran kalo diantara ketiga anak kucing itu. Figaro yang paling kami sayangi, terutama Faizah yang bahkan biasa mencium hidung Figaro, yang katanya "dingiiin.."

Baca juga : Jangan Ragu Katakan Pada Anak "Iya, Boleh..."

Figaro, yang selalu menoleh kalo dipanggil
Paling suka dielus-elus

Figaro Menghilang!

Balik lagi ke hari Selasa tanggal 12 November lalu, sekira jam 9, saya dan Alifah keluar rumah. Kami terburu-buru karena saya harus mengantarkan berkas ke kantor nya Atu. Sewaktu saya menyalakan mesin mobil, seperti biasa Alifah melihat ke bawah mobil, kali aja ada kucing yang lagi tiduran  tapi ternyata nggak ada. Cuman Figaro nggak kelihatan nih... Sedangkan Hitam dan Putih ada di halaman. Alifah memanggil-manggil Figaro tapi dia nggak nongol. Kami pikir sih mungkin dia ada di atas pohon atau lagi main di rumah tetangga di samping rumah.

Selepas Maghrib, kami balik ke rumah. Figaro tetap gak keliatan. Kami semua memanggil-manggil tapi tetap dia gak muncul. Keesokan harinya juga gak ada. Kami pun mulai galau. Huhu... Kamu di mana sih, Figaro? 😢

Postingan saya di Instagram Story tentang hilangnya Figaro dapat banyak respon dari manteman, para follower. Ada yang saranin supaya sering-sering aja diposting fotonya Figaro biar kalo ada yang lihat di jalan bisa langsung infoin. Ada yang suru saya hubungi komunitas kucing, kali aja ada di antara mereka yang pernah lihat. Ada juga yang besarkan hati saya dengan bilang kalo Figaro pasti kembali karena kucing biasanya gitu, butuh refreshing, hehe...

Figaro lagi marah, eh.. Gak dink! Ini lagi menguap 😁
Foto terakhir Figaro di malam sebelum menghilang. Dia masih menyusu di Mak Beti

Saya lantas menghubungi teman sesama mantan penyiar TVRI, Deny Azis. Dia punya komunitas kucing yang namanya Meongers. Saya jelasin tentang hilangnya Figaro dan Deny kasi saran kalo ada ketemu kucing lain, ajak ngomonk, bilangin "kalo ketemu sama Figaro, suru pulamg yaa. Bilang kalo kami rindu" aah...😭 baca chat dari Deny air mata saya langsung tumpah. Sediiih rasanya Figaro hilang. Apalagi setelah Deny bilang "yang ditakutkan kalo dia ditabrak atau diambil orang yang tidak sayang sama kucing" huhu.. Figarooo... 😭

Salah satu kalimat dari Deny yang bikin saya makin mewek ingat Figaro 😭

Sekarang, setiap di jalan, mataku selalu melihat luas ke berbagai sudut, kali aja ketemu Figaro. Kadang pula kalo lagi.di luar rumah, saya bayangin pulang ke rumah dan Figaro udah ada lagi di halaman. Gak jarang pula kalo lagi di kamar saya dengan anak-anak lagi mainin kucing-kucing itu dan berharap mereka tiba-tiba teriak "Figaro sudah pulaaangg!!" hiks... 😭

Ya Allah, nulis ini aja kepalaku rasanya sakit, dada sesak dan air mata meleleh 😭 kehilangan kucing aja koq segini lebaynya ya saya.. ☹️

Baca juga : Lebay

Well manteman, kali aja ada di antara kalian yang lihat Figaro, tolong infoin ke saya yaa, di telfon 08114107711.

Adapun ciri-cirinya Figaro sebagai berikut :
Jenis kelamin : Betina
Warna bulu : Hitam + Putih. Dari atas tampak hitam. Di wajah ada bulu putih mulai dari hidung hingga ke perut. Bulunya bersih dan mengkilat.
Ciri lain : Cuping telinga kanan bagian atas ada lubang kecil.

Mohon bantuannya manteman, semoga saya bisa ketemu lagi dengan Figaro dalam keadaan dia sehat. Aamiiin 🤲🏼

Figaro





7 komentar on "FIGARO, Kamu Di Mana?"
  1. Lucunya Figaro... Sa tahu rasanya sedih kehilangan kucing, yah meskipun itu hari kucingku cuma sehari semalam perginya. Tapi tetep saja bikin sedih. Semoga Figaro cepat pulang...

    BalasHapus
  2. Cakepnya Figaro.

    Setelah share², adakah yang kasih kabar, misalnya ketemu Figaro, Mam Ery?

    BalasHapus
  3. jadi begitu di ceritanya figaro,...
    tahun 2011 juga saya punya kucing yang datang tiba-tiba begitu ., suka ja saja saya rawatmi, saya cerita ji juga di blog ku hehhehe
    tapi sejak dia hilang saya ndak terlalu gimana mi sama kkucing, ya yang datang datanglah, pergi pergilah...
    karena terlalu baperka dulu waktu kucing ku hilang huhuehuehue

    BalasHapus
  4. Figaro kucing yang lucu, kehilangannya pasti amat menyedihkan. Semoga figaro bisa kembali ya Mamii... oh ya.. bisa merasakan gimana sedihnya kehilangan..... figaro

    BalasHapus
  5. Saya jadi ingat putra ketigaku yang di Nabira, suka sekali sama kucing.
    Gara-gara dia, saya ketularan suka sama kucing. Di rumahku sekarang ada seekor kucing, nda ada namanya ka sendiriji 🤣. Semoga Figaro cepat ketemu atau kembali ke rumahta.

    BalasHapus
  6. Kucingnya manis ya kak, suka dengan warna bulunya yang hitam putih. Udah gitu nama yang dikasih juga lucu. Jadi penasaran nih apakah sekarang Figaro sudah ditemukan atau belum? Yah kalau belum semoga saja Figaro bisa balik lagi

    BalasHapus
  7. masih belum ada kabarkah mba? aku ikut doakan figaro bisa balik yaaa. akupun ornh ngerasain kucing hilang. ada yg bisa balik setelah lamaaa banget, tapi ada juga yg ga. moga2 di manapun Figaro, dia ga kenapa2 dan tetep sehat :(.

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.