Film BEBAS Bagus Sih, Tapi ...

Kamis, Oktober 10, 2019

SPOILER ALERT!
Ada beberapa bagian yang spolier dari tulisan ini. Semoga aja kamu gak terganggu 😉

"Ada gak hal-hal yg pengen lu kerjain tapi belum kesampean?"

Pertanyaan itu terlontar dari mulut Kris. Nama lengkapnya Krisdayanti, pentolan genk Bebas, genk anak SMA angkatan tahun 1995. Usianya sisa 2 bulan, menurut dokter yang merawatnya. Makanya dia pengen ngumpulin teman-teman se-genk SMA nya untuk reuni setelah 23 tahun berpisah.

Baca juga : Setelah 23 Tahun

Ceritanya Kayak Gini ....

Film BEBAS bercerita tentang genk Bebas yang adalah sekumpulan remaja SMA di tahun 1995. Terdiri dari Kris (Sheryl Sheinafia/Susan Bachtiar), Vina (Maizura/Marsha Timothy), Jessica (Agatha Pricilla/Indy Barends), Gina (Zulfa Maharani/Widi Mulia), Suci (Lutesha) dan Jojo (Baskara Mahendra/Baim Wong) Mereka bersahabat dan melewati suka duka kehidupan di sekolah. Mulai dari perkrlahian antar genk, jatuh cinta dan patah hati untuk pertama kalinya, hingga akhirnya terpisahkan karena suatu sebab.

Tokoh utama dari film Bebas ini sebenarnya adalah Vina. Dari tokoh Vina lah sudut pandang film ini kita saksikan. Seseorang yang di masa dewasanya larut dalam rutinitas keseharian, hingga lupa membahagiakan diri sendiri. Hidupnya lantas terasa lebih hidup ketika Ia berhasil menemukan sahabat-sahabat masa SMA nya dan bernostalgia.

Indahnya masa SMA
*pic courtesy Miles Films

Baca juga : Nostalgi(l)a Masa SMA

Lalu alur film pun bergerak dinamis meceritakan masa sekarang dan masa lalu secara berdampingan. Plot twistnya asyik banget, maju mundur gitu. Tapi jangan khawatir, oenonton gak bakal dibuat bingung dengan ceritanya karena sederhana dan mudah dicerna. Ditambah dengan sinematografi yang cantik, yang berbeda warna di tahun '95 dan masa kini.

Film besutan Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana ini, seperti yang tertulis pada credit title awal adalah adaptasi dari film Korea berjudul Sunny. Saya sendiri sih belum pernah nonton film Sunny, jadi gak bisa ngebandingin film Bebas ini dengan film Sunny itu. Malah lebih bisa membandingkan dengan film Ada Apa Dengan Cinta yang juga punya cerita hampir mirip, tentang genk anak SMA. Kurang lebih sama, tapi Bebas punya konflik yang lebih kompleks, karena bukan hanya kisah percintaan yang diangkat.

Baca juga : 13 Catatan dari Film ADA APA DENGAN CINTA 2

Well, dari segi cerita, saya suka banget nih film. Karakter masing-masing tokohnya juga kuat. Dan yang pasti, karena lewat film ini saya jadi bisa bernostalgia dengan segala hal yang berbau 90an, seperti ngumpul di rumah sahabat sambil joget-joget, kirim-kirim salam lewat radio, bahasa gaul huruf G, telefon yang dikunci dan terutama lagu-lagu yang hits di masa itu, ada Cukup Siti Nurbaya-nya Dewa 19, Bidadari-nya Andre Hehanusa, Kujelang Hari-nya Denada dan tentu saja lagu Bebas milik Iwa K yang jadi soundtrack utama film ini.

Vina lagi dengerin radio
*pic courtesy Miles Films

Filmnya Sih Bagus, Tapi .... 

Etapiii, film yang bagus belum tentu gak ada kekurangan. Dan saya mencatat ada beberapa kejanggalan dari film ini.

Cekidot! 😃

1. 23 tahun berpisah, masa iya gak pernah ketemu sekali pun? Dicari lewat keluarganya kek. Katanya sih Jessica pernah nyari di internet, tapi gak ada yang ketemu satupun. Emang hari gini masih ada orang yang gak main di media sosail? Ya kelles, mereka semua pake nama samaran di media sosial...

2. Pemeran Vina remaja dan dewasa beda 180*. Maizura sebagai Vina remaja bodynya imut, cenderung gemuk dan pendek. Sedangkan Marsha Timothy berbadan "kutilang dara" alias kurus tinggi langsing dada rata, haha... 🤣.  Menurutku Marsha Timothy lebih cocok peranin Kris dewasa, karena perawakannya lebih mirip dengan Sheryl Sheinafia.

3. Hubungan Vina dewasa dan suaminya yang diperankan Darius Sinathrya terlihat sangat mesra dan harmonis, tapi koq anaknya yang diperankan oleh Syifa Hadju sangat tertutup dan terkesan pemberontak ya? Sesuai ilmu parenting, keluarga yang orang tuanya harmonis, pasti akan melahirkan anak-anak yang berkelakuan manis.

4. Perkelahian genk Bebas yang udah lulus SMA 23 tahun lalu VS anak SMA? Yang bener aja, haha.... Padahal sebagai orang dewasa mereka mestinya bisa lebih bijak dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan anak, yekan?

Sebelum perkelahian antara genk Bebas dan anak SMA terjadi
*pic courtesy Miles Films

Baca juga : Bernostalgia di Hollywood Lewat Film ONCE UPON A TIME IN HOLLYWOOD

5. Kemunculan Suci di rumah Kris. Itu kira-kira Suci tau dari mana ya kalo Kris meminta genk Bebas pada ngumpul saat itu? Padahal setelah kecelakaan yang menimpanya, Suci menghilang sama sekali dan gak ada yang bisa menemukan keberadaannya.

6. Dalam suasana duka atas meninggalnya Kris, bisa-bisanya genk Bebas joget-joget diiringi lagu Bebasnya Iwa K., di rumah duka pula! Emang sih mereka joget diiringi lagu Bebas sebagai permiintaan terakhir Kris dalam wasiatnya, tapi ya... gak gitu-gitu amat kalii? 😆

So, mumpung filmnya masih tayang di bioskop, buruan kamu ajak sahabat-sahabat kamu reunian di bioskop. Bakal ada kejutan di akhir film dengan kemunculan Jaka dewasa, sang Notaris dan Suci dewasa yang kesemuanya dirahasiakan pemerannya! Hahah... Siapa hayooo???

Rate : 4/5

Saya udah nonton donk...





11 komentar on "Film BEBAS Bagus Sih, Tapi ..."
  1. Mba say yang no.5 suci dateng karena diumumin di koran khan? Cuma menurutku yang zonk suci pas udah dewasa kok bule banget, waktu SMA ga segitu bulenya. ^^ tapi aku suka filmnya asik, daripada nonton joker bikin sedih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya ya mbak, daya koq lupa adegan itu, hiihi...
      Makasih lho koreksinya.

      Btw karena rasa penasaranku akan sosok Suci dewasa, siapa sih dia? Akhirnya saya browsing sana sini dan ketemu deh!! Ternyata dia adalah ... Hehe

      Hapus
  2. penasaraaaaan hahhahahah.. aku ttp pgn nonton film ini, krn marsha timothy nya ituuuu :D. dia aktris fav ku :D. trus krn film ini settingnya thn 90an, jd pgn flash back dengerin lagu2nya mba :D. pak suami tp ga pgn nonton film ini,makanya aku lg mikir nonton sendiri di GPS hahahaha...

    BalasHapus
  3. Aku kemarin baru nonton Sunny. Ini model2 shootnya iya mirip sama Sunny deh.
    Kalo aadc aku ga ngikutin soalnya.

    Mira Lesmana sama Riri Riza bagus sih, jd percaya sama kualitas filmnya nih

    BalasHapus
  4. Huehehe aku belum nonton film ini dan ku juga penasaran sama film Sunnynya. Mungkin Vina remaja setelah pisah sama temen-temennya jadi rajin ngegym dan ikut program untuk bikin badan tinggi. Jadi dari imut-imut berubah kutilang darat huehehe. Eh buset itu masa wasiat Kris dilakukan saat itu juga di rumah duka. Aneh sih ini. Sama yang berantem sama anak SMA hahaha. Tapi aku tetep penasaran sih sama film ini. Dan ku suka lagu Iwa-K yang Bebas :))

    BalasHapus
  5. Jawabannya karena ini film adaptasi.
    Jadi beberapa kejanggalan itu adalah versi aslinya Sunny, kak Ery.
    Kayanya sebagai sutradara, Mira Lesmana kurang berani mendobrak pakem film aslinya.

    BalasHapus
  6. Di banner aku lihat kok orangnya hilang satu, ternyata ada yg sakit huhuhu. Aku seneng deh lihat anak SMA jaman 90an. Kita tuh bukan berlomba2 sexy2an tapi lbh ke kreatif dengan musik misalnya.

    Trus bajunya juga gombrong2, pake bandana, sama kalau musim ujan pake jaket or sweater yg keren2 hihihihi. Dandan mentok di lipgloss yang kelihatan kyk org makan gorengan hahahah. Lucu.

    Jd kangen masa sekolah dulu.

    BalasHapus
  7. Aku penasaran sama film Bebas ini dari trailernya sih lucu beberapa teman sempat spoiler juga di IG, kayaknya bakal bikin kita flashback ke masa sekolah ya

    BalasHapus
  8. Aku sebel banget sama karakter suci. Selain karena dia munculnya sekelebet tapi trouble maker. Endingnya yang cuma nongol si suci juga aneh, ngambang banget kayaknyas sih.

    BalasHapus
  9. Kejanggalannya memang bikin kening berkerut hehehe.

    Kalo temanku ada yg SMAnya bondeng, sekarang langsing dan cantik tapi tingginya tetap sama ndak makin tinggi.

    Daan, lagu Bebas jadi terngiang² ... Di lagu itu Iwa K ngetop dih, Mam?

    BalasHapus
  10. Film ini keknya lagi rame-ramenya ya, banyak yang bahas ini di twitter soalnya wgwgw.

    Penasaran, meski ada beberapa kekurangan yang mba sampaikan, tapi, teteeeeup penasaraaaan wgwgw :D

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.