Kumpulan Fakta Menarik HARBOLNAS yang Penting Diketahui

Sabtu, September 28, 2019
Hola! Assalamu alaikum.
Kamu pasti udah gak asing lagi dengan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. 

C:\Users\DK\Downloads\harbolnas1.jpg

Pesta belanja online terbesar di akhir tahun ini sudah berjalan beberapa kali dan semakin banyak peminat, baik dari penjual maupun pembeli. Hampir semua e-commerce di Indonesia dan beberapa negara ikut berpartisipasi saat Harbolnas. Mereka berlomba-lomba menawarkan promo menarik seperti diskon, voucher, gratis ongkos kirim, flash sale, dan sebagainya. Hampir semua produk atau jasa yang ditawarkan saat Harbolnas murah dan hemat, karena promo 'gila-gilaan' hingga 99%.

Pertanyaannya, apakah kamu salah satu konsumen yang menantikan dan ikut aktif berburu promo saat Harbolnas? Kalo ya, kamu tahu fakta-fakta menarik tentang Harbolnas belum?

Baca juga : Suasana Pagi di Mall

Kumpulan info yang bisa sangat bermanfaat dan membantu kamu memenangkan persaingan belanja nanti. Ada beberapa hal yang penting diketahui, seperti :

1. Dimulai Tahun 2012

Harbolnas pertama kali digelar tahun 2012 dengan jumlah peserta saat itu hanya 7 e-commerce. Di antaranya Lazada, Zalora, Bilna, BerryBenka, PinkEmma, Traveloka, dan Luxola.

Awalnya event ini terbentuk tidak sengaja dan tidak direncanakan. Setelah beberapa kali meeting, pihak yang terlibat akhirnya berhasil menggelar event pertama tanggal 12 bulan 12 dan tahun 2012 dengan didukung sejumlah sponsor.

2. Terinspirasi dari Black Friday, Cyber Monday, dan Online Fever

Semua event tersebut berlangsung di luar negeri. Momen di mana toko online dan offline memberikan penawaran menarik dan buka lebih lama dibanding biasanya. Dari sana Harbolnas ditujukan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia berbelanja online dengan nyaman dan aman.

3. Peserta dan Pembeli di Harbolnas Melonjak Pesat Tiap Tahun

Dari yang hanya 7 e-commerce di 2012, peserta meningkat menjadi 22 e-commerce di 2013. Tahun 2014 melonjak pesat hingga 78 e-commerce bergabung. Di tahun 2015 meningkat lagi dua kali lipat menjadi 142 e-commerce. Lalu tahun 2016 jumlahnya mencapai 211 e-commerce bergabung.

Peningkatan tajam juga terjadi di 2017 dan 2018. Jumlah pembeli pun terus bertambah. Hal ini menunjukkan bahwa banyaknya pelaku bisnis e-commerce berbanding lurus dengan jumlah pelanggan belanja online.


4. Fashion Jadi Kategori Terfavorit di Harbolnas

Dari sejumlah survei yang dilakukan berbagai pihak diketahui bahwa fashion paling laris manis diburu masyarakat. Mulai dari pakaian, tas, hingga aksesoris branded menjadi incaran banyak orang. Para pemburu diskon ini berusia sekitar 25-44 tahun dengan pendapatan sekitar Rp4 juta ke atas.
5. Susah 'Ngerem'

Godaan diskon super murah saat Harbolnas memang sulit ditolak. Dari yang hanya sekadar melihat-lihat, akhirnya tertarik ikut berbelanja. Dari yang sekadar ingin membeli kebutuhan, justru belanja barang lain karena harga murah. Belum lagi kalo waktu dan jumlah terbatas, sehingga harus berebut. Panik sesaat ini yang memicu membeli melebihi budget atau kemampuan. Alasannya adalah 'mumpung' diskon hingga 99%.


Solusi untuk hal ini adalah bijak berbelanja. Cara lain bisa dengan memanfaatkan platform pihak ketiga, untuk mengamankan keuangan kamu. Misalnya seperti ShopBack. Kalo kamu berbelanja lewat ShopBack pada Harbolnas tahun ini, maka akan dapat tambahan cashback hingga jutaan rupiah. Cashback bisa dicairkan dan digunakan kebutuhan lainnya, lho. Jadi jangan sampai melewatkan yang satu ini ya!

6. Lebih dari 50% Pemburu Harbolnas adalah Pria

Wanita hobi berbelanja itu sudah biasa, namun bagaimana dengan pria? Dari hasil survei diketahui bahwa sekitar 53% pembeli saat Harbolnas adalah pria. Inilah fakta unik yang belum tentu semua orang tahu. Para pria masa kini tampaknya juga hobi berbelanja, khususnya belanja online saat diskon besar-besaran.

7. Banyak yang Gagal Daripada Berhasil

Umumnya produk yang mendapatkan diskon hingga 99% itu jumlahnya terbatas dan waktu berlaku di jam-jam tertentu saja. Hal ini membuat semua orang memburu diwaktu hampir bersamaan. Sebagian memang berhasil, namun lebih banyak cerita dari orang-orang yang gagal. Alhasil, mereka hanya bisa menikmati promo dengan diskon rata-rata atau barang-barang yang kurang dibutuhkan dan diinginkan. 

Kalo kamu juga sering gagal, coba kumpulin banyak informasi dan susun strategi dengan tepat. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan mendapatkan promo besar untuk produk impian di Harbolnas. Jadi pelajari dulu!

Baca juga : Cerdas Berinternet Itu Seperti Apa Sih?


Itulah beberapa hal menarik seputar Harbolnas. Sudah siap berburu barang impian dan kebutuhan? Mumpung masih ada waktu, mari bersiap-siap berburu dan jadi pemenangnya.




11 komentar on "Kumpulan Fakta Menarik HARBOLNAS yang Penting Diketahui"
  1. Baru tau kalau banyakan pria yang beli di harbolnas. Hahaha

    Tapi iya sih, kadang mereka pelit banget mau belanja buat diri sendiri. Kayak nanti ajalah nanti ajalah.

    Tapi waktu ada harbolnas, mereka ngegas. Bener sih, yang suka mantengin flash sale dan harbolnas dikantor emang kaum cowo cowo hahahaa

    BalasHapus
  2. jadi penasaran, kira-kira yang dibeli para pria ini apa yak? sampai 50% itu termasuk banyak ya hahaha, baru tau juga nih.

    BalasHapus
  3. Memang ada faktor keberuntungan juga ya berhasil dapat barang Murmer di Harbolnas, temanku berhasil dapat segala macam..sakti pisan..hihi...

    BalasHapus
  4. Sudah ada barang yang kuincar untuk Harbolnas, semoga berhasil..

    BalasHapus
  5. Dari sejak pertama ikut Harbolnas, aku belum pernah berhasil dapat harga fantastik 99% off itu, hahaha.

    Pesannya selalu, sudah tidak tersedia.
    Kalah lihai kayaknya, bahahaha

    Akhirnya makin kesini, aku putuskan, jadi penonton sajalah!

    BalasHapus
  6. Baru tahu nih aku tentang fakta-fakta seputar harbolnas. Selama ini tahunya ya momen belanja online banyak diskon aja, hehe...

    BalasHapus
  7. Aku udah lama bgt kayaknya gak ikutan harbolnas.
    Kangen rebutannya hahaha..
    Pernah dapat 2 kali dan happy banget sik

    BalasHapus
  8. loh salfook ternyata justru kebanyakan pria yang belanja saat harbolnas ya mba Ery? hahaha reputasi emak-emak doyan belanja ternyata jatuh saat harbolnas :D

    BalasHapus
  9. Kadang aku suka pura-pura lupa kalo harbolnas mba. Mending ngga usah lihat-lihat ecommerce. Kemarin sukses menghindar dari harbolnas hehehe.

    BalasHapus
  10. Harbolnas emang menggoda, bisa dapat barang dengan harga murah, kadang aku suka menyiasatinya dengan tidak mudah tergoda sih hehe.. ya kadang tergoda juga satu dua beli jugaaa.. kapan lagi sih dapat barang harga pas dikantong

    BalasHapus
  11. kalo aku suka nunggu tanggal harbnolnas buat beli perlengkapan elektronik biasnaya lumayan nih potongannya, jadi nabung dulu baru deh belanja pas harbolnas hihihi

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.