Arisan Ilmu Kumpulan Emak Blogger X Sisternet di Makassar

Selasa, September 17, 2019

Assalamu alaikum, temans.

Hampir semua perempuan pasti mengikuti yang namanya ARISAN. Mulai dari yang standar yaitu arisan berbentuk uang ada pula berupa barang seperti emas dan perabotan rumah tangga, hingga arisan yang sifatnya religi seperti arisan sapi qurban ataupun arisan untuk ibadah Umroh.

Namun arisan yang diadakan oleh komunitas Kumpulan Emak-emak Blogger ini beda lagi, yaitu arisan ilmu.

Seperti apa sih arisan ilmu itu? Baca terus tulisan saya sampai selesai ya...
Kumpulan Emak-emak Blogger atau disingkat KEB, adalah komunitas blogger perempuan yang didirikan sejak tahun 2012 oleh mak Mira Sahid. Namanya juga "emak" berarti komunitas ini khusus untuk perempuan. Ada ribuan perempuan yang berprofesi atau sekedar hobi sebagai blogger tergabung dalam komunitas ini.

Selama kurun waktu bulan Juli - September 2019, KEB bekerjasama dengan Sisternet dan XL Axiata mengadakan Arisan ilmu. Diselenggarakan di 6 kota di Indonesia, sekaligus untuk bertemu langsung dengan member komunitasnya di kota-kota tempat pelaksanaan Arisan Ilmu tersebut. Makassar termasuk salah satu kota yang dikunjungi dalam Arisan Ilmu ini dan menjadi kota yang terakhir, yaitu pada tanggal 14 September 2019.



Baca juga :  Tulisanku di Web KEB


Saya selaku moderator

Dalam acara yang digelar di Hotel Pesonna, Jl. A. Mappanyukki no.49 Makassar, saya bertindak selaku moderator dan selaku narasumber adalah Fillyawie alias Teh Awie membawakan tema Optimasi Instagram. Gak ketinggalan hadir pula mak Mira Sahid, founder KEB dan Adhelia Panjaitan dari Sisternet.

Acara dibuka dengan welcome speech dari Mak Mira. Beliau menjelaskan tentang apa itu KEB. Berbagai kegiatan diadakan oleh KEB, salah satunya adalah berbagi ilmu tentang apa aja yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan, khususnya yang berprofesi sebagai blogger, baik secara online maupun offline.

Mak Mira Sahid

Dilanjutkan sepatah kata dari Mbak Adhelia, dari Sisternet, yang menjelaskan bahwa sejak diperkenalkan pada 2015, Sisternet terus berupaya untuk menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi bagi banyak permasalah sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan wanita Indonesia. 

Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjembatani kesenjangan digital yang dianggap dapat menjadi akses bagi para perempuan Indonesia untuk terus maju. Untuk itulah diadakan Arisan Ilmu ini.


Optimasi Instagram

Teh Awie selaku narasumber

Sehubungan dengan tema dari Arisan Ilmu kali ini, yakni Optimasi Instagram, Teh Awie dalam presentasinya menjelaskan bahwa dalam bersosialisasi melalui Instagram kita harus tau dulu tujuan kita apa. Jika postingan kita baik, maka bagikan, karena kita tidak pernah tahu bisa saja yang kita posting itu dibutuhkan oleh orang lain. 

Foto atau video yang kita posting haruslah autentik dan personal, serta dalam kualitas yang bagus.  Selain itu dalam memberi caption (judu/keteranganl foto) harus dipikirkan sebaik mungkin, apakah dengan gaya bercerita atau dalam bentuk ajakan. Makanya penting untuk meng-upgrade kemampuan, mempelajari berbagai hal, seperti dasar fotografi, membuat tulisan walau hanya tulisan pendek, dan sebagainya yang berhubungan dengan Instagram.

Adapun untuk engagement (interaksi) media sosial yang bagus sesuai dengan jumlah postingan, berbeda-beda setiap media sosial. Facebool 2 kali sehari, Twitter 5 kali sehari, sedangkan Instagram tidak ada batasan, yang penting adalah konsistensi. Pilih di saat banyak follower kita yang memberikan Like, atau pada jam tertentu. Untuk mengetahui kapan waktu-waktu tersrbut, bisa dilihat dalam fitur Insight Instagram kita.

Instagram gak luput dari penggunaan hashtag. Gunakan hashtag yang sesuai dengan postingan, baik foto maupun caption. Sebaiknya memakai long tail hashtag atau hashtag yang panjang, yang digunakan tidak lebih dari 1juta kali.

Berikut ini TIPS untuk Instagram :
- Taruh link blog di bio (jika kamu blogger).
- Gunakan aplikasi edit foto dan video, seperti VSCO, Snapseed untuk foto; Viva VIdeo atau Quik untuk video.
- Gunakan aplikasi untuk mengatur tampilan feeds, seperti UN UM dan sebagainya.
- Konsistensi
- Quality over quantity.
- Lakukan riset mendalam tentang ads and promotion.

Baca juga : Belajar Tak Kenal Usia


Suasana Arisan Ilmu
Arisan Ilmu

Lain lagi dengan Instagram Story. Jadwalkan penayangannya minimal 2X sehari. Jangan lupa gunakan Questiion & Pool Sticker untuk membuat interaksi dengan para follower.

Adapun TIPSnya sebagai berikut :
- Unggah konten pada jam follower sedang aktif.
Data insgiht membantu mendapatkan follower dan engagement.
- Posting IGS terjadwal
- Buat interaksi dengan follower di IGS

Seluruh peserta yang hadir sangat antusias mengikuti penuturan Awie. Pada sesi tanya jawab, walau pun hanya dibatasi 3 pertanyaan, tapi masih ada aja peserta yang mengacungkan jari, pengen bertanya. Bahkan saat usai acara pun, sebagian peserta mendekati Awie dan bertanya.

Terlepas dari itu semua, Like dan Follower adalah akibat dari apa yang kita posting. Jadi, tetap berbagi hal yang positif, karena biar gimana pun, content is the king.

Beruntungnya Kota Makassar jadi salah satu kota yang didatangi oleh Arisan Ilmu ini. Ilmu yang dibagikan sangat bermanfaat buat seluruh peserta yang hadir. Semoga aja pada event berikutnya KEB kembali lagi ke Makassar.

Ery - Awie - Mira - Adel



10 komentar on "Arisan Ilmu Kumpulan Emak Blogger X Sisternet di Makassar"
  1. Arisan ilmu selalu kece, dulu juga awal jadi blogger pernah ikut arisan ilmu KEB, tips yang post diwaktu tertentu itu bener banget aku kalau posting weekend siang sepi banget hehehe followers lagi liburan ga pegang hp kali yaa :)

    BalasHapus
  2. aku baru tau aplikasi utk mengatur tampilan feeds mba. ga pernah pake samasekali sih. selama ini mungkin krn IG dan FB ku hanya utk pribadi blm utk monetisasi, jd nya aku ga terlalu mikirin hal2 feeds dll nya itu. yg ptg posting, cerita di caption, done hahahah... Tapi dari sini aku jd tau kalo ada jam2nya dan limit utk memposting yaaaa.. beklaaah.... mungkin lain kali aku pelan2 belajar utk mengatur waktu postingan di medsos :)

    BalasHapus
  3. Ada juga tho aplikasi untuk mengatur tampilan feeds IG? Dari penuturannya arisan ilmu itu asyik. Semoga di lain kesempatan yuni bisa ikut arisan ilmunya KEB deh. Maklumlah, baru juga bergabung. Hehehe

    BalasHapus
  4. Keren dan seru ya mba Arisan Ilmu KEB ini :) Apalagi bahas tips untuk optimasi Instagram dan aturan share sesuatu di twitter & facebook. Pantesan facebookku sepi, kujarang post, bisa sebulan sekali hihi. Untuk IG juga ku postnya suka asal jamnya. Suka bingung juga ngasih caption dan nyari foto yang bagus huehehe. Pantes engagmentnya sedikit hiks. Makasih sharingnya, mau kucatat dulu tips-tipsnya sambil dipraktekkan perlahan

    BalasHapus
  5. suka banget sama cara mami ery moderatorin acara ini, keren dan pro banget, emang cocok bingit miii,,
    btw suka juga sama penjelasna mak pon kenapa wanita musti nulis
    dan materi teh awie keren banget eventnyaaa..
    antusias peserta juga wih pada banyak nanya tawwa heheuheuehu

    BalasHapus
  6. Serunya arisan emak blogger di Makassar, acara seperti ini emang acara yang paling ditunggu tunggu para blogger makassar ya.. bisa silaturrahmi sekaligus bisa sharing ilmu.. dapatnya double deh.. kalo bahasa anak jaman now.. kumpul berfaedah

    BalasHapus
  7. Wahhh, mba Mira juga ke Makassar mba? Kerennnn. Seru ya acaranya bisa belajar dan memperbanyak ilmu2 ttg blogging dan lainnya. Aku kangen kelas2 blogging gini uhhh.

    BalasHapus
  8. Seru banget ya acara arisan ini..apalagi di support sama sister net juga..makin seru yaaa arisannyaa

    BalasHapus
  9. Semua itu ilmu yaa...gak ada yang namanya kebeneran.
    Soalnya kalau dengerin ilmu SEO, engangement itu amazing banget deeh...

    BalasHapus
  10. Barokallah ngumpul berfaedah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat
    menyenangkan sekali, aku nunggu yang di Semarang ah

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.