Mendukung Anak Tumbuh Bahagia dengan Workshop Grow Happy Parenting

Sabtu, Juli 20, 2019

Hola! Assalamu alaikum, manteman.

Sebuah kehebohan dengan permainan Play Doh terjadi pada hari Selasa tanggal 17 Juli 2019 lalu di Cafe Iconik Makassar.

Koq cuman karena permainan Play Doh, bisa sampai menimbulkan kehebohan?

Soalnya yang main Play Doh adalah kami, para blogger yang udah tergolong emak-emak, bersama beberapa rekan media lainnya. Kebayang deh tuh, kami dikelompokkan dalam beberapa tim lalu diminta untuk membuat menu makanan sehat buat anak, dengan menggunakan Play Doh. Seru + lucu = heboh!! Hihihi... πŸ˜…

Play Doh makanan sehat karya tim saya
Tim pemenang menu sehat Play Doh πŸ˜„
Foto bareng para narasumber

Kami membuat aneka makanan organik, bukan olahan, yaitu nasi putih, potongan ikan salmon, telur mata sapi, slada, wortel. Ada pula buah wortel, strawberry dan anggur. Untuk minumannya kami membuat susu dalam kemasan kotak yang dibungkus dengan plastik air mineral Nestle Pure Life yang memang ada di meja kami. Selain itu kami juga membuat jus jeruk lengkap dengan potongan jeruk yang dicantolin di pinggir gelasnya. Saya pun berinisiatif pakein sedotan stainless steel, yang emang selalu saya bawa ke mana-mana, biar lebih keren tampilannya. Alhasil, saya dan tim yang jadi juara pertamanya, yeayyy!!! πŸŽ‰

Kegiatan membuat menu makanan sehat dari Play Doh ini merupakan rangkaian dalam workshop "Grow Happy Parenting : Happy from the Inside Out" yang diadakan oleh Nestle LACTOGROW  di 8 kota di Indonesia, sebagai komitmennya dalam mendukung tumbuh kembang optimal anak Indonesia. 


Para narasumber
(Ki-ka) : Dr. Ariani Dewi, Pramudota Sarastri, Elizabeth Santosa

Nestle LACTOGROW bersama para pakar berbagi ilmu untuk para orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi dan mengembangkan kematangan emosi anak. "Tema ini dipilih karena kami percaya agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak." kata Brand Executive LACTOGROW, Pramudita Sarastri. Untuk itu Nestle LACTOGROW mengajak para orang tua mendukung anak untuk tumbuh bahagia, karena karakter anak terbentuk sejak masih kecil.

A happy childhood is a foundation for future happiness

Pentingnya Saluran Cerna yang Sehat

Bagaimana agar anak dapat tumbuh bahagia? Salah satunya yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan pencernaannya dalam kondisi sehat guna memenuhi kebutuhan gizinya.

Ery & dr. Ariani Dewi

Menurut Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A.(K), "Kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik (bakteri baik untuk kesehatan) agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik.". 

Nah, di antara sekian banyak probiotik, Lactobacillus reuteri merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. Berdasarkan penelitian, sebagai berikut :

🦠 Dapat bertahan hidup pada pH rendah dari lingkungan yang diperkaya enzim.
🦠 Dapat menempel pada epitelium untuk interaksi host probiotik
🦠Kompetisi dengan mikroorganisme patogenik.
🦠 Yang terpenting adalah KEAMANAN.


Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe, keju dan yoghurt.

Seperti kata Hippocrates, sang Bapak Kedokteran :
"Semua penyakit dimulai di dalam usus"

Serius mendengarkan narasumber

Kematangan Emosi Anak

Semua orang tua setuju bahwa kebahagiaan penting dalam tumbuh kembang anak. Berarti kebahagiaan mempunyai peran penting dalam kehidupan anak. Jadi tidak hanya memastikan asupan nutrisi orang tua juga harus memperhatikan kematangan emosi anak. 

Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi. Psi, SFP, ACC atau yang biasa disapa Miss Lizzy. mengatakan. "Kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktekkan prilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur. Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi dan lebih bahagia. Orang tua juga sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak misalnya berolahraga bersama, karena membiasakan gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik."

Ery & Miss Lizzy

Seperti dalam acara serupa yang diadakan pada tahun lalu, Miss Lizzy punya kiat bagaimana agar anak tumbuh bahagia :

πŸŒ€ Makan makanan bergizi tepat waktu.
πŸŒ€ Waktu bermain dan eksplorasi.
πŸŒ€ Ekspresi emosi positif.
πŸŒ€ Cukupi waktu tidur.
πŸŒ€ Berikan cinta tanpa syarat.
πŸŒ€Antusias saat mendengar (active listening).

Anak yang sehat akan menjadi anak yang bahagia, sedangkan anak yang bahagia itu banyak manfaatnya. Mengapa membesarkan anak yang bahagia itu penting? Karena...

πŸ’™ Mempersiapkan masa depan anak yang lebih baik.
πŸ’™ Kebahagiaan penting sebagai dasar kemampuan bersosialisasi (empati, perhatian, komunikasi efektif)
πŸ’™ Stimulasi perkembangan otak sehingga mudah menyerap informasi dan hasil akademik yang lebih baik.
πŸ’™ Kewajiban dan peran orang tua kepada anaknya


Grow Happy Bersama LACTOGROW

Selain dengan konsisten menghadirkan workshop untuk berbagi ilmu pola asuh yang baik dengan melibatkan para pakar, Nestle LACTOGROW juga turut mendukung tumbuh kembang anak Indonesia dengan menghadirkan susu yang diperkaya kalsium 12 vitamin, minyak ikan, 7 mineral dan Omega 3 dan 6, serta mengandung probiotik Lactobacillus reuteri, yang terdiri dalam varian rasa plain, vanila dan madu.

Nestle LACTOGROW sudah ada di Indonesia sejak tahun 2015 yang diformulasikan khusus oleh para ahli di Nestle Research Center Switzerland untuk membantu tumbuh kembang si kecil yang bahagia. Grow happy πŸ™‚

Itulah senangnya saya setiap kali menghadiri event yang diadakan oleh Nestle LACTOGROW, ada banyak ilmu yang didapatkan tentang tumbuh kembang anak secara optimal. Dan sesuai jawaban saya saat mengikuti kuis "... Saya akan menjaga pencernaan saya dan keluarga, agar bisa leboh sehat dan berprestasi." Aamiiin...

Jawabanku saat kuis
Blogger Malassar yang hadir




23 komentar on "Mendukung Anak Tumbuh Bahagia dengan Workshop Grow Happy Parenting"
  1. Seru ya Mba dapat ilmu baru plus main play doh :D, kebayang hebohnya. Jadi makin semangat membersamai anak nih, semoga bisa tumbuh bahagia dan sehat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada heboh jadi kayak bocah lagi, main play doh hhiihi...

      Hapus
  2. Kemarin aku pun juga ikutan acara lactogrow ini kak.. Dibintaro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh samma donk!
      Btw narsumnya juga sama ya?

      Hapus
  3. Game-nya asli heboh dan kita menang ya Mam Er hahaha.
    Dan sukaku, materinya sarat pengetahuan banget. Keren Lactogrow.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita menang karena kita semua rajin masakin anak di rumah ya kak, hehehe.. =))

      Hapus
  4. Aku penasaran sama susu Lantogrow trs akhirnya ak beli hahhahaa. N syukurlahhh dedek suka dan cocok mba. Makasih udh sharing yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya awalnya kasi minum Pica Lactogrow hasil dari hadiah goodie bag, eh ternyata dia suka dan keterusan deh sampai sekarang, heheh..

      Hapus
  5. semua penyakit berawal dari usus, iya banget kak. Aku aja telat makan bisa masuk angin lho hahahaha. Jadi aku sendiri gak boleh sampe telat makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya bener juga. Kalo telat makan bisa sakit. Kalo makan kebanyakan bisa sakit juga. Apalagi kalo makannya salah, lebih bisa sakit lagi.

      Hapus
  6. wah seru banget sih acaranya, apalagi bikin2 playdoh bareng gitu pasti rame banget deh. hahaha..
    acara ini padat banget ilmunya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain mendidik, acara ini juga menghibur.

      Hapus
  7. seru banget ya acaranya mom, apalagi edukasi seputar kesehatan anak sekarang ini memang sangat penting. Keren banget Lactogrow tiap tahun gak pernah absen bikin event menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan saya pun gak pernah mau ketinggalan setiap kali Lactogrow bikin acara kayak gini.

      Hapus
  8. Setuju banget pas di bagian ini:

    "... "Kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur. Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi dan lebih bahagia!"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya dengan banyak bersyukur, kita akan lebih bahagia. Bener gak, kak?

      Hapus
  9. Aku setuju deh kesehatan cerna itu penting loh untuk tumbuh kembang anak. Rutin memberikan probiotik memang banyak manfaatnya deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, makanya minum susus yang mengandung itu mbak.

      Hapus
  10. Aku juga baru tahu kalau semua penyakit bermula dari usus lo Kak. Karena aku punya asma jadinya terlalu fokus ke pernapasan ya, padahal pencernaan juga penting....

    BalasHapus
  11. Iya, serem memang penyakit berawal dari usus, ak pernah kena masalah usus, sekarang jadi lebih berhati2

    BalasHapus
  12. Jadi kebayang serunya menghadiri event dari nestle lactogrow ini. Karya play dohnya unik dan lucu gitu pantesan timnya kak Ery bisa meraih juara 1 gitu.


    Btw selain materinya yang oke banget saya juga suka liat dekor eventnya. Warna birunya itu lho cantiik banget, sesuai dengan temanya ya kak. Tak heran para moms blogger makassar yang datang ke event itu keliatan hepi semua

    BalasHapus
  13. Oalah salah dong perkiraanku, ku kira anak-anak eh ternyata buat emak2 blogger. Aih, seru bener!

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.