Pertama Kali Faizah Ikut Lomba Fashion Show & TIPSnya

Minggu, Mei 05, 2019

Assalamu alaikum, moms.
Salah satu kebanggaan orang tua adalah ketika anaknya berani tampil di depan umum. Dan untuk pertama kalinya Faizah ikut lomba fashion show antar TK dan SD yang diadakan Telkom School, berlokasi di SD. Telkom Makassar.

Kenapa akhirnya Faizah berani ikut lomba fashion show?
Seperti biasa, karena sepupunya, Khansa.
Khansa sebelumnya udah pernah ikut lomba fashion show antar TK dan Faizah lihat videonya waktu Khansa berlenggak-lenggok di atas catwalk.

Sejak itu Faizah jadi sering lenggak-lenggok sendiri kalo jalan, serasa jadi peragawati juga dia, hehe...

Baca juga : Faizah is Mini Me

Faixah & Khansa

Gak lama setelah itu, saya dapat info kalo Telkom School adain Telkom School Competition untuk anak TK dan SD kelas 1. Lombanya yakni Menggambar dan Mewarnai, Membuat Paper Bag, dan Fashion Show pada tanggal 27 April 2019. Sebelumnya saya tanyain Faizah dulu, dia.mau gak diikutkan Lomba Fashiom Show, dan jawabannya tentu aja mau, so langsung saya daftarin Faizah. Apalagi ketentuan busana yang digunakan adalah busana casual, jadinya gak perlu ribet nyiapinnya. Cukup outer tank top warna navy merk H&M, manset putih polos merk H&M, celana pendek yang juga warna navy merk Uniqlo dan pakai sendal tali bergambar Tsum-Tsum lengkap dengan kaos kakinya. Rambutnya saya kepang 2, sedangkan wajahnya didandanin tipis oleh iparku, Ika.

Pas hari H lomba, pagi-pagi banget Faizah udah bangun karena gak sabar pengen jalan di catwalk, hihihi... Karena sesuai jadwal yang tertera di pengumuman kalo acaranya dimulai jam 9, maka sebelum jam 9 kami udah tiba di TKP, yakni SD. Telkom. Ternyata acaranya molor, sodara-sodara, hhaha... Terlalu semangat sih kita, nak! 😅

Menunggu acara dimulai. Pica udah BT tuh!

Baca juga : Jangan Ragu Katakan Pada Anak "Iya, Boleh."

Faizah dapat nomor urut 3. Gak apa lah ya, lebih cepat lebih baik, biar gak kelamaan nunggunya.

Ketika tiba waktunya lomba, semua peserta disuru untuk berbaris di samping panggung. Ketika nama mereka dipanggil, mereka pun naik satu persatu.

Giliran nama Faizah dipanggil, saya udah standby di depan panggung, ambil posisi yang bagus buat syuting paa dia jalan di atas catwalk. Tapiii... dia tampil dengan malu-malu. Jalannya lambat, tangan kiri kanan di samping gak bergerak, wajah tanpa ekspresi, ya ampyuuun anakku!! Hahaha.. Di mana percaya dirimu, seperti yang biasa berlenggak lenggok di rumah, nak?

Pica on the catwalk
Pica ke-3 dari kanan. Paling imut kan?

Di akhir fashion show, seluruh peserta berparade secara bersamaan. Eh, ternyata Faizah adalah peserta paling kecil, hihiii... Sebagian peserta ada yang emang anak sanggar seni, jadinya udah luwes aja tampil di atas catwalk.

Baca juga : Ketika Kenyataan Tak Seindah Harapan

Selesai parade, kami pun langsung cuzzz pulang. Gak nunggu lagi pengumuman pemenang. Soalnya emang gak berharap untuk menang sih, ya namanya juga baru pertama kali Faizah ikut lomba fashion show. Yang penting dia udah punya pengalaman tampil berlenggak-lenggok bak peragawati di depan umum, heheh... 😄
Ada ungkapan yang menyatakan "pengalaman adalah guru yang paling berharga", yekan?.

Nah, dalam tulisan ini saya pengen ngasi TIPS bagaimana mempersiapkan anak ketika akan ikut lomba, khususnyalomba fashion show, untuk pertama kalinya :

1. Pastikan anak suka atau ada bakat dengan lomba yang akan diikutkannya. Misalnya dia senang bergaya atau jalan bak peragawati.

2. Tanyakan dulu kepada anak, apakah dia mau ikut lomba atau tidak. Jangan paksakan jika anak tidak mau.

3. Jika anak tidak suka berkompetisi, tapi senang tampil di depan umum, sampaikan saja kalo acara yang diikutinya bukan lomba tapi hanya berupa unjuk bakat.
*berbohong untuk kebaikan, gak apa kan? 😁

4. Bekali anak dengan mencari referensi di Youtube tayangan fashion show anak.

5. Saat hari H pelaksanaan lomba, usahakan datang lebih awal agar anak bisa beradaptasi dengan arena lomba dan peserta lainnya.

6. Jangan bebani anak harus menang dalam lomba, melainkan semangati agar anak menampilkan yang terbaik tanpa memikirkan menang atau kalah.

7. Jadikan semua kegiatan anak sebagai momen spesial dan pengalaman berharga buat dia yang bisa jadi pelajaran di kemudian hari.

Oiya, kalo kamu penasaran gimana aksi Faizah saat pertama kali ikut lomba fashion show, saksikan di channel Youtube saya yaa...





9 komentar on "Pertama Kali Faizah Ikut Lomba Fashion Show & TIPSnya"
  1. Pica hebat deh sudah berani tampil. Nanti kalo tampil di kesempatan berikut biasanya sudah lebih luwes. Kalo ada lomba-lomba lagi nanti Pica ikut, yaa 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, setelah pertama kali ikutan lomba, sepertinya dia makin PD. Kadang nanyain "kapan lagi ada lomba, Mami?" hihhi... Senangku!

      Hapus
  2. Wahh, faizah keren. Dari kecil sudah berani ikut lomba insya allah besar bakaln berani tampil untuk ikutan lomba. Yeeee, semakin aktif ya dek faizah. Oh ya kak, btw terima kasih tipsnya ya kak. Insya allah kalau aku punya anak bakalan dicoba nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, semoga bermanfaat ya suatu waktu. Aamiiin.

      Hapus
  3. Bagus nih melatih anak untuk percaya diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Sering-seringlah ikutkan anak lomba, nanti dia akan terbiasa dan jadi PD.

      Hapus
  4. Bagus nih agar anak merasa percaya diri

    BalasHapus
  5. bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
    ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
    di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.