Makan Sehat di NEBU

Rabu, April 03, 2019
NEBU tampak dari area luar Mal Ratu Indah

Hola!
Assalamu alaikum, manteman.

Makanan yang sehat itu seperti apa sih?
Sejak kita masih kecil, udah dicecokin dengan pelajaran tentang gizi. Bahwa makanan yang bergizi itu adalah 4 Sehat 5 Sempurna, yang sekarang ini disebut dengan Menu Gizi Seimbang.

Lantas, apa sudah cukup sehat menu yang kita konsumsi?

Banyak yang merasa makan sehat berupa sayur dan ikan itu cukup menyiksa. Gak banyak orang yang suka. Ada yang bilang sayur itu pahit, ada juga yang gak suka bau amisnya ikan, dan berbagai alasan lainnya. Padahal sebenarnya kalo diolah dengan lebih  variatif, rasanya malah jadi enak banget lho. Seperti menu-menu yang dihadirkan di restauran NEBU.

NEBU dilihat dari dalam Mal Ratu Indah

NEBU adalah restauran yang baru beroperasi di Makassar di akhir bulan Februari lalu, tepatnya berlokasi  di Mal Ratu Indah Makassar, milik Diza Kalla, Alexandra Asmasoebrata, dan beberapa kerabat lainnya. Mereka mengusung konsep hidangan sehat, dengan ciri khas tersendiri yaitu menu dari Hawaii yang berbahan ikan segar.

Saya pun gak sabar pengen cobain menu dari Hawaii itu kayak apa sih? Akhirnya berkesempatan untuk datang ke Nebu, beberapa hari setelah pembukaan.

Begitu masuk, saya pilih tempat duduk dulu, yang pewe tentunya. Ada bangku panjang yang terbuat dari kayu dengan bantalan busa yang terlihat cukup nyaman untuk diduduki.

Meja & kursi di NEBU
Meja kasir dan pemesanan. Menunya ada di bagian atas

Setelah menyimpan tas sebagai penanda kalo meja itu udah ada orangnya, saya pun ke meja kasir, yang juga tempat pemesanan. Jadi gak ada buku menu, kita hanya melihat langsung di papan menu yang ada di dinding bagian atas.

Ada kopi juga lho...

Di sudut meja kasir ini, perhatian saya tertuju pada alat pembuat kopi yang unik banget. Modelnya kayak Jam pasir dengan model bohlam di atasnya.

Alat pembuat kopi?
Emang ada jual kopi juga?
Ya ada lah!
Kopinya bukan sembrang kopi, melainkan Kopi Ujung yang udah terkenal itu.
Jadi ceritanya para owner Nebu ini berkerjasama dengan John Chendra pemilik Kopi Ujung, untuk dijadikan menu kopi di Nebu. Asyik ya, bisa nongki sambil ngopi juga.

Baca juga : Ada Kopi Ujung di Filosofi Kopi 2

Alat pembuat kopi

Tapi sayang, karena baru jam makan siang, maka saya gak pesan kopi dulu...

Ruangan yang cozy lengkap dengan Kids' Playground

Setelah pesan menu, mata saya pun menyapu ke sekeliling ruangan, tampak furnitute yang didominasi kayu dengan desain minimalis, sesuai konsep interiornya. "Mending foto-foto dulu, sambil tunggu pesanan datang", pikirku.

Saya pun mulai mengelilingi ruangan. Menarik sekali resto ini karena  ada kids' playgroundnya juga di sudut ruang, yang walopun kecil tapi bisa jadi penenang buat anak-anak sambil makan.

Suasana dalam NEBU
Kids' Playground

Baca juga : Tips Bermain Trampoline

Di salah satu tembok dekat kasir, ada mural bergambar sayuran, daging dan ikan yang sudah dipotong-potong, terhambur dari dalam mangkok. Itulah cara pembuatan Poke Bowl, salah satu menu andalan NEBU. Keren banget deh muralnya. Bisa jadi spot foto yang Instagramble.

Di dinding lain ada tulisan yang tadinya saya kira terbuat dari lampu neon, ternyata tulisan yang dicat! Haha... Keren banget deh. Tulisannya "You don't have to eat less. You just have to eat right". Di area sini bisa digunakan sebagai tempat acara, seperti launching produk, press conference, talk show dan sebagainya, karena areanya yang memadai.

Dinding bergambar pembuatan Poke Bowl
Area yang bisa digunakan sebagai tempat acara

Seperti apa menu sehat yang disajikan?

Gak lama, menu pesanan saya pun datang. Ada 3 macam makanan dan 2 macam yang saya pesan, yaitu :

Iced Green Tea - Rp.15.000++
Donburi Gyutandon (tongue/lidah sapi) - Rp.52.500++
Beef Ramen - Rp.52.500++
Poke Bowl Mixed Fish Creamy Poke withe Edamame - Rp.57.500++
Iced Shaken Lemon Tea - Rp.15.000++

Jadi, ada 3 menu utama di NEBU ini, yaitu Poke, Donburi dan Ramen. Kalo lihat dari menunya sih, 2 menu yaitu Donburi dan Ramen berasal dari Jepang dan Poke berasal dari Hawaii.

Kalo Ramen mungkin kamu udah tau lah apa itu, yaitu mie khas Jepang yang tipis. Sedangkan Donburi adalah nasi dengan topping daging atau ayam yang dicampur dalam 1 mangkok, dan yang lagi hype sekarang adalah Donburi Gyutandon (tongue/lidah sapi) yang menggunakan lidah sapi sebagai toppingnya.

Sedangkan Poke, seperti yang udah saya tulis sekilas di atas, adalah hidangan yang berasal dari Hawaii, dengan bahan dasar ikan mentah (sashimi) yang dipotong-potong berbentuk dadu. Ikannya bisa dipilih, mau Salmon atau Tuna. Yang pasti ikan yang disajikan masih segar. Hal inilah yang membuat para owner NEBU berani membuka resto dengan sajian menu seperti ini, karena Makassar terkenal dengan ikan lautnya yang segar dan banyak. Poke Bowl ini selain berisi nasi, ikan segar, juga aneka sayuran dan saos spesial sebagai penyedap cita rasa.

Baca juga : Aneka Makanan Khas Makassar Bernama "Pallu" 

Adapun minumannya, yang jadi signature dari NEBU adalah Iced Shaken Lemon Tea, yaitu teh lemon dingin yang dikocok. Rasanya? Mirip minuman teh botolan itu, tapi tanpa soda, hehe...

Selain itu ada juga Iced Green Tea yang segar, juga kopi dari Kopi Ujung, yang udah saya sebutkan di atas.

Soal harga, menurut kantong saya agak mahal sih di kisaran Rp.50.000 ke atas plus PPN, terutama kalo dibandingin dengan porsinya yang hanya mengenyangkan buat orang yang makannya sedikit 😅 *kalo saya kan makannya banyak, hehe...

Tapi kalo obrolin makanan sehat, menu-menu di NEBU memang dijamin sehat, karena bahannya yang segar, non MSG dan tidak melalui banyak proses, khususnya penggorengan dan pembakaran.

Apakah saya akan ke sana lagi?
Yes, kalo ada yang traktir! Hihiii... 😜

"You don't have to eat less. You just have to eat right"


NEBU
Mal Ratu Indah
Ground Floor #001
Jl. Dr. Ratulangi, Makassar
Tlp. 0853-3836-7775
Ig @nebu.mks

Jam ops : Pk. 10.00 - 22.00




14 komentar on "Makan Sehat di NEBU"
  1. Pernahka juga makan di sekitar itu, tepatnya disampingnya Nebu. Dee bagus pale di situ di... Andai kutauki di situja makan.
    Susah na sekarang cari tempat makan yang sediakan makanan sehat. Makasih sharingnya na..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun. Sekarang kebanyakan makanan cepat saji atau yang banyak MSG.

      Hapus
  2. Saya juga mau kalau ada yang traktir hehe. Dari tiga menu andalan Nebu di atas saya penasaran pengen cicipi pokenya. Yup, harganya lumayan mahal ya kak dengan porsi segitu mana kenyang eh tapi sebandinglah dengan kualitas makanannya yang mengusung "makanan sehat".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokenya beneran enak dan ikannya segar banget, minim bau amisnya.

      Hapus
  3. Banyaknyami tempat makan yang kece mam di' di makassar, paling suka dengan playgroundnya, biarpun kecil tapi ada space untuk bermain... berarti resto ini bisa dikategorikan resto family...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bunda. Anak-anak bisa sambil main di sini.

      Hapus
  4. Karena mebyajikan menu sehat yang sekarang langka, harganya memang cocok ya Mam. Kalau mau murah soalnya risiko MSG dll yang tidak sehat jadi taruhannya. 😁

    BalasHapus
  5. Perporsi 50ribuan lumayan ya mba hehehehe harganya

    Kadang memang godaan makan sehar ya di harganya hehehehe kayak gorengan yang murah-murah tapi ga sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biasanya orang mikir makan sehat kalo harganya mahal, padahal kesehatan itu sebenarnya gak ternilai harganya.

      Hapus
  6. saya favorite banget sama beef ramennya,
    bersyukur skalika ada ini NEBU selain makanan sehatnya
    ada playground yang dekat sama meja hahahah bahagiaaaaa
    btw
    keren banget ulasannya mami, lengkap dan foto2nya kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Qiah.
      Kapan-kapan nongki cantiks di sini yuks!

      Hapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.