Menghias Cupcake a la Pica

Selasa, Maret 05, 2019

Hola! Assalamu alaikum...

Anak usia balita emang lagi seru-serunya belajar sesuatu. Untuk itu pintar-pintarnya kita sebagai orang tua selalu memberikan stimulasi buat mereka belajar. Baik itu yang bisa melatih motorik kasar hingga motorik halus mereka.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, terutama buat anak yang udah mulai bersekolah, seperti Pica. Salah satu yang diadakan di sekolahnya, TK. Telkom Makassar, adalah kegiatan menghias cupcake. 

Tau kan kue cupcake? 
Kue yang asalnya dari muffin tapi dengan topping cream dan aneka hiasan, seperti meises, chocolate chips, dan banyak lagi.

Baca juga : Pizza Buatan Pica

Menghias Cupcake untuk Acara Perpisahan Sekolah

Kegiatan di sekolah Pica diadakan pada hari Kamis, tanggal 28 Februari lalu. Pelaksanaannya dibagi per kelas, dimulai dari kelasnya Pica duluan, yaitu kelas Radar 1 bergabung dengan kelas Radar 2.

Sejak malam Kamis sebenarnya Pica udah gak sabar pengen cepat-cepat pagi, mau segera bisa ke sekolah untuk menghias cupcake. Makanya dia senang banget waktu kelasnya kebagian giliran paling pertama.

Acara ini diadakan oleh pihak sekolah TK. Telkom dan Komite Sekolah sebagai salah satu bentuk penggalangan dana untuk acara perpisahan sekolah yang Insya Allah dilaksanakan pada saat penamatan sekolah nanti. Sebagai kontribusinya, setiap murid membayar Rp.50.000 untuk ikut kegiatannya, dapat 2 cupcake untuk dihias, celemek dan sertifikat.

Saya sendiri tiba di sekolah sesaat sebelum acara dimulai dan terlihat Pica udah duduk manis di depan meja. 1 meja dibagi untuk 4 orang murid. Lalu bahan dan alat dibagikan buat seluruh peserta. Masing-masing anak dapat 2 cupcake dengan rasa yang berbeda, 2 cream berlainan warna, dan topping lainnya untuk disharing setiap meja.

Mama Dela menjelaskan cara menghias cupcake
Suasana kegiatan

Serunya Kegiatan Menghias Cupcake

Sebelum menghias cupcake dimulai, terlebih dahulu Mama Dela, Ketua Komite Sekolah sekaligus yang mrngajarkan menghias cupcake, menjelaskan kepada para peserta cara membuat topping cupcake. Ya, namanya juga anak-anak, gak ada yang perhatiin, hhiihi... Untungnya ada guru dan beberapa orang tua murid, termasuk saya, yang mendampingi anak masing-masing, jadi bisa menjelaskan ulang kepada anak-anak.

Seluruh peserta cilik lalu sibuk sendiri dengan segala bahan, begitu juga dengan Pica, yang gak cuman tangannya yang bergerak bikin topping tapi juga mulutnya gak berhenti nyerocos, hhihi...
Pica dapat cupcake rasa original dan coklat, sedangkan creamnya berwarna pink dan kuning. Jelas aja dia makin excited ngerjainnya, soalnya ada yang warna pink. Dia lantas memilih cream warna kuning untuk cupcake coklat dan cream pink untuk yang rasa coklat.

Setelah selesai menaruh cream dengan cara disempot pake semprotan cream kue, Pica lalu memasang stik stroberi kemudian menabur meises dan coklat di atas cream. Akhirnya selesai deh...

Menyemprot cream
Tangan kanan menyemprot, tangan kiri mencolek 😂
Pasang stik stroberi
Tarraaa.... Cupcake buatan Pica

Setelah kelas Pica membuat cupcake, dilanjutkan dengan kelasnya Khansa, yaitu Satelit 1. Berhubung Ika gak ada temenin anaknya karena urusan pekerjaan di Jakarta, akhirnya Alifah yang temenin deh.

Terlihat banget bedanya Khansa dan Pica. Khansa kerjainnya lebih tenang dan gak butuh banyak topping. Well, ini sih bukan cuma karena faktor usia, dimana Khansa emang lebih tua dari Pica, tapi juga karena mereka beda kepribadian, wakwkak.. 😛 

Khansa bikin cupcake ditemenin kk Alifah
Cupcakenya Khansa

Baca juga : Pica #gagalpaham tentang Sekolah 

Pengalaman Seru & Berharga

Menyenangkan sekali kegiatan menghias cupcake ini. Pica dan Khansa jadi punya pengalaman baru lagi. Apalagi setelah membuat, dapat sertifikat juga dari sekolah sebagai kenang-kenangan.

Gak cuman itu saja, sampai di rumah Pica malah minta dibikinin cupcake untuk dihias lagi seperti yang dibuat di sekolah tadi...
OMG! Mami kan gak bisa bikin cupcake nak, taunya makan aja! Hahah... 😅

Cupcake dan sertifikatnya Pica 😍

Oiya, kalo kamu pengen nonton videonya, klik channel youtube saya di bawah ini 







27 komentar on "Menghias Cupcake a la Pica"
  1. Pinternya mbak Pica dan mbak Khansa bikin dekorasi cupcake..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih tante atas pujiannya dan karena udah berkunjung ke blog ini :)

      Hapus
  2. Kalau udah jadi cupcakenya jadi cantik ya, meskipun yang kerjain masih anak-anak..

    Good job, Pica!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, walopun anak-anak yang hias, cupcake tetap cantik terlihat

      Hapus
  3. Saya selalu senang dengan kegiatan sekolah seperti ini. Dengan demikian, Sang Anak akan bisa mengetahui apa yang ia makan dan bagaimana menajdilan apa yang mereka makan. Nantinya, anak akan lebih menghargai makanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Mereka jadi tau prosesnya kan ya.

      Hapus
  4. kegiatan yang sangat positif ini, menanamkan rasa kreatifitas utk anak-anak. bangga dan salut !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya daeng, anak-anak jadi lebih kreatif kalo dibiarkan berkreasi sendiri.

      Hapus
  5. Seruunya kgiatannya, bolehlah cupcake nya buat kakak 1 hahaha.

    Utk balita mmg lagi besar rasa ingin tahu nya, disitumi kt maksimalkan ajari hal2 positif utk asupan ilmu pengetaguan anak. Sampai ada video nya jg di utube hehe keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kk telat mintanya. Cupcakenya udah dihabisin Pica, hihii..

      Eh, Asyraf udah subscribe youtubeku belum?

      Hapus
  6. Si Pica klo diliat2 mirip ama Rena ya, membernya JKT48 hehe. Kalo anak2 udah diajarin bikin kue saat kecil, nnti besarnya pasti pinter masak tuh haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mana lagi tuh Rena JKT48? BRB cari di Google! Haha..

      Hapus
  7. Sukaku lihat ini Pica sama Khansa, kompak banhet jadi sepupu sekaligus sahabat ya, hehe.. deh kalau na lihat Auf ini pasti langaung bilang mau pergi juga hias2 kue, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasi masukan ke sekolahnya untuk adain juga, hehe..

      Hapus
  8. Ddeh, saya membayangkan Pica yang tangannya dan mulutnya sibuk, belum meihat sendiri saja sudah mau ketawa membayangkannya .... saya ingat videonya soalnya hahaha. Ndak kita' rekam yang dia nyerocos, Mam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa disyuting terus kak, diketawai ka nanti ibu-ibu orang tua murid lainnya, hahaha...

      Hapus
  9. Duh anak sekarang. Kegiatannya sudah macam-macam ya.

    Waktu saya TK, paling cuma hapal doa, menyanyi, hapal surah pendek. Belum ada acara hias menghias seperti ini hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dii? Paling banter itu melipat-lipat kertas, hahha...

      Hapus
  10. Seru sekali yah acara menghias cupcakenya hehe. Hasil hiasan pica dan khansa juga terlihat menarik sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih tante.
      Kalo mau lihat yang lebih seru, klik yang di youtube yaa, hehe...

      Hapus
  11. Hahahaha, serunya tawwa! Sekarang makin banyak ragam kegiatan untuk kreativitas yah. Kalau saya menghias topping pasti mau menambahkan semua bahan yg tersedia :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak Pica donk, semua mau dipasang di atas cupcakenya, sampai tumpah-tumpah, hhihii..

      Hapus
  12. Waah kegiatan yang seru sekali buat anak-anak nih. Btw hasil hiasan cupcake Pica cantik banget. Pasti pica ketagihan mau hias lagi makanya pas pulang minta dibuatin cupcake sama mamanya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi ketagihan karena seru katanya, hehe

      Hapus
  13. Picaaa... kamu selalu bisa membuatku tersenyum.. tetap lincah, aktif dan kreatif ya, dek..

    BalasHapus
  14. aku ga suka cupcake sbnrnya, tapiiii aku suka menghiasnya hahahah. kayaknya seru aja ya mba bisa hias2 kue begitu. ditambahin segala macam. walopun setelah jd, ga bakal ku makan sih :p.

    pinter pica. hiasan cupcakenya baguuus ;)

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.