Mengenali Diri Sendiri Lewat Metode Coaching "Points Of You"

Rabu, Maret 13, 2019

Assalamu alaikum, manteman.

Apa yang biasa kamu lakukan untuk menikmati yang namanya "Me Time" alias waktu untuk diri sendiri?

Ke salon?
Ngemall?
Movie marathon?


Banyak orang, khususnya perempuan, menjawab hal-hal seperti tersebut di atas.
Tapi pernah gak, menikmati Me Time dengan cara menengok ke dalam diri sendiri? Mengenali dan menjelajahi diri sendiri, mencari tau hambatan-hambatan diri dan bikin action plan untuk ke depannya?
Mungkin hanya sedikit orang yang melakukannya. Termasuk juga saya.

Sayangnya, banyak orang yang lebih pintar menilai orang lain, ketimbang melihat dirinya sendiri. Ya, lagi-lagi termasuk juga saya kadang seperti itu. Hehe...

Coach Ochy dan Insight Indonesia

Melihat ke dalam diri sendiri. Hal inilah yang saya lakukan pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2019 lalu, bertempat di Hotel Ibis Makassar, bersama 9 orang lainnya, manteman blogger perempuan yang terpilih oleh SOMBERE Social Media Partner Makassar selaku agency. Kami difasilitasi oleh Insight Indonesia, sebuah lembaga konsultan psikologi yang memfokuskan pelayanan pada coaching, training dan konsultasi, untuk mengikuti coaching bertema Designing The Unlimited You dengan metode coaching terbaru, yaitu Points Of You yang berbasis Coaching Game, Exploring and Sharing. 



Coaching ini dipandu langsung oleh Fauziah Zulfitri atau akrab disapa Coach Ochy, Direktur Insight, yang juga merupakan teman saya sewaktu di SD dan skaligus juga di bos saya di Trans Studio Mall dulu.

Dalam perjalanan kariernya selama 19 tahun, Coach Ochy sudah bekerja di berbagai perusahaan, dan akhirnya resign untuk membangun impiannya dan mendirikan Insight Indonesia. Dalam bidang coaching, Coach Ochy sudah meraih banyak sertifikat, melalui 2000 jam sesi training dan lebih dari 300 jam professional coaching. Selain itu, beliau adalah perempuan pertama di kawasan timur Indonesia yang meraih gelar credential sebagai ACC (Associate Certified Coach) yang diperoleh dari International Coach Federation. Makanya beruntung banget saya dan manteman bisa di-coaching langsung oleh beliau. 

Saya & Coach Ochy
*pic by fillyawie

Sebagai pembuka, Coach Ochy menjelaskan tentang peran perempuan, tidak hanya dalam keluarga, tapi juga dalam masyarakat. Disebutkan bahwa perempuan memang diciptakan mampu mengerjakan berbagai tugas secara bersamaan atau yang biasa disebut dengan multi-tasking. Perempuan dianugerahi oleh Tuhan bisa haid, hamil, melahirkan dan menyusui. Makanya ada istilah "Ibu gak boleh sakit", karena kalo Ibu sakit maka akan lumpuh aktivitas di rumah. Itu baru seukuran rumah ya, gimana dengan ukuran yang lebih luas? Tuntutan sebagai perempuan memang sebegitu besarnya.
Salah satu cita-cita Coach Ochy adalah ingin memberdayakan orang lain, terutama perempuan. Karena empower woman itu akan empower other woman. Kalo kita bisa memberdayakan perempuan maka ia akan jadi perempuan yang kuat, yang mampu memberdayakan keluarganya dan lebih banyak lagi orang di lingkungannya. Itulah sebabnya Coach Ochy ingin memulai sesi Points Of You khusus untuk perempuan, guna mengetes bagaimana tools ini akan membantu perempuan melihat ke dalam dirinya.

Coaching dengan metode Points Of You

Metode coachingnya fun banget, yang berbasis Coaching Game, Exploring and Sharing. Terlihat dari ruangan tempat coaching yang didesain secara meriah dengan ditempelkan kartu bergambar aneka foto dan hiasan warna-warni. Di lantai juga terdapat banyak foto yang diatur secara melingkar dengan beralaskan kain flanel berwarna cerah. 


Suasana coaching yang santai dan fun
*pic by Insight Indonesia

Kami pun duduk melantai mengelilingi foto tersebut. Di lantai juga disediain bantal-bantal kecil dan coklat untuk masing-masing peserta beserta kartu dengan kalimat positif. Menurut Coach Ochy, foto yang digunakan dalam coaching Points Of You ini telah melalui riset bertahun-tahun oleh penemu metode ini, yakni pasangan Efrat Shani dan Yaron Golan asal Israel. Dikatakan bahwa foto-foto itu bukan magic, but it's magical. Karena coaching ini melibatkan thinking and feeling, alias pemikiran dan perasaan, maka apa yang kita persepsikan terhadap sesuatu merefleksikan apa yang ada dalam diri kita. Hmm, let's see...

Tapi sebelum dimulai, ada komitmen yang harus kami patuhi bersama, yakni keterbukaan, mendengar ketika yang lain berbicara, menanggapi secara positif dan tetap menjaga kerahasiaan terutama setelah keluar dari ruangan. Aahssiaaappp!!! 😃

Ada 4 tahapan dalam coaching Points Of You, yaitu :
1. Pause - diam dan berpikir sejenak. 
2. Expand - fleksibel, memperluas pola pikir dan menemukan hal-hal yang kadang tidak terpikirkan. 
3. Focus - menetapkan 1 tujuan yang akan dicapai. 
4. Action - melakukan apa yang kita pikirkan dengan perencanaan matang.


Just relax...
*pic by Insight Indonesia

Jadi pertama-tama kami diminta untuk relaks dulu, baik posisi duduk dan terutama pikiran. Sambil mendengar musik instrumen, kami pun duduk dengan PW alias posisi wenak. Ada yang sambil peluk bantal yang emang udah disiapin oleh pihak Insight, ada yang bersandar, dan semuanya sambil nenutup mata. Kami hanya diperintahkan untuk mendengarkan suara Coach Ochy, yang diakhiri dengan menarik, menahan dan menghembuskan nafas hingga beberapa kali.

Baca juga : Curhat ala Ibu-ibu


Memilih foto
*pic by Insight Indonesia
Saling bercerita dan mendengarkan
*pic by Insight Indonesia
Sharing berdasarkan foto
*pic by Insight Indonesia
Foto-foto yang saya pilih

Setelah itu kami disuru untuk memilih kartu dengan berbagai panduan, seperti foto yang disukai, foto yang tidak disukai, foto yang memberi semangat yang sesuai dengan diri kita, serta foto yang memberi harapan  dan kebahagiaan. Dari foto-foto itu kami diminta untuk menceritakan alasan memilihnya. Dan emang ajaib! Hanya dengan menceritakan alasan memilih foto aja bisa auto nangis lho, dan hampir semua dari kami seperti itu. Tapi yang menyenangkan karena kami bisa menangis bersama, tertawa bersama, saling memotivasi dan saling menguatkan.

Langkah selanjutnya adalah membuat 5 kata yang menggambarkan diri kita, yang dimiliki dalam diri dan membuat kita bangga, bahagia dan semangat. Saya sendiri memilih :

✔️ Freedom
✔️ Active 
✔️ Creative
✔️ Productive
✔️ Happy


Yes  I am happy
*pic by Insight Indonesia

Hasil dari Ikutan Coaching

Lalu di akhir pertemuan, kami disuru menyebutkan 1 kata setelah mengikuti sesi coaching Points Of You ini, dan kata itu dari saya adalah :


~ INSPIRASI ~

Ya, saya mendapatkan banyak inspirasi dari coaching ini, tidak hanya dari metode coachingnya sendiri, dari Coach Ochy, tapi juga dari cerita manteman saya, bagaimana proses hidup mereka hingga jadi seperti sekarang ini. 

Setelah mengikuti coaching Point Of You ini, kami pun tersadar setiap orang itu unique and limited edition. Kita pun jadi tau apa yang ada dalam diri masing-masing, yang jadi penghalang dan juga jadi penyemangat, sehingga tau bagaimana mengatasi hambatan dan memacu semangat serta kelebihan yang dimiliki untuk terus melangkah maju dengan rencana yang sudah disusun sebelumnya. Dan terutama bisa menentukan kebahagiaan seperti apa yang ingin kita raih.

Baca juga : Bahagia Itu ...

So, kalo kamu merasa belum mengenali dirimu sendiri, kamu harus dicoaching oleh Coach Ochy dengan metode Points Of You ini. Cocok buat individu, juga untuk grup seperti yang saya dan manteman dapatkan kemarin. Sedangkan untuk tujuannya bisa untuk team building, pengembangan karyawan, leadership session, parenting session, hingga konseling keluarga.
*hmm, kayaknya yang terakhir itu perlu buat keluargaku 😆

Seluruh peseeta & Coach Ochy



INSIGHT INDONESIA

Alamat: Grand Losari, Jl. Losari Permai No. 12, 
Jl. Tanjung Bunga, Tj. Merdeka, Makassar
Telepon: 0822-6007-0003
Website: https://www.insightgroup.co.id/
IG: @insigthgroupID
Facebook: Insight Indonesia




38 komentar on "Mengenali Diri Sendiri Lewat Metode Coaching "Points Of You""
  1. Senangbsekali bisa ikut dinacara yang keren ini. Akhirnya saya punya kesempatan melihat kembali kedalam diri saya sendiri. Menggali lebih dalam laginpotensi apa yg saya miliki. Makasih Sombere SMP telah memilihku 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama kk. Terimankasih juga udah berpartisisapi #eh ��

      Hapus
  2. Wah keren sekali Kak, penting bagi setiap orang untuk mengenali diri masing-masing sehingga bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget. Selain itu supaya tau juga apa masalah yang selama ini menghalangi kita untuk maju.

      Hapus
  3. Iya ya Mam, selain kita-kita, untuk pengembangan diri karyawan pun cocok metode Points of You Ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, supaya ditau apa yang jadi masalah dalam perusahaan.

      Hapus
  4. Entah kenapa, yang begini tidak pernah membuat saya tertarik hahaha.

    Mungkin karena saya tipe orang yang skeptis, tadi semua teori-teori pengenalan diri, relaksasi, atau sejenisnya tidak pernah membuat saya tertarik.

    Sekarang ya, entah nanti.

    BalasHapus
  5. Saya setuju sama dg ipul, belum tertarik untuk ikut yang seperti ini. Hahaha....atau mungkin juga yang seperti ini tidak ada di dati II....hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah pertama dicoaching waktu di kantor. Memang ada sesi khusu semua karyawan level tertentu. Jadi mau gak mau ya harus mau.

      Hapus
  6. Wow..sungguh keren yah ,Coach Ochy sudah meraih banyak sertifikat, melalui 2000 jam sesi training dan lebih dari 300 jam professional coaching. Selain dapat coaching super kreatif ketemu lagi teman SD dan mantan bos..

    Ikut kegiatan sekaligus ketemu kangen..hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, beruntungnya saya punya teman seperti Coach Ochy ini.

      Hapus
  7. mantul. orang-orang sekarang lebih gampang menilai diri sendiri dibanding menengok ke dalam dirinya sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak yang kayak gitu. Yang paling parah kalo udah men-judge orang.

      Hapus
  8. Brasa mau lagi ikutan coachingnya... mengenali diri sendiri memang perlu, krna tdk semua org tau akan dirinya. Apa yg dirinya butuhkan. Panggilka lagi mam nah, klo ada kegitan bgini hehhehe

    BalasHapus
  9. Padahal sudah berminat mau ikutan dan sudah daftar pula tapi sayang harus menemani Om Brewok tugak kenegaraan. :)) Tapi postingan ini, walaupun tentu lebih afdol jika ikut langsung dalam sesi coachingnya, setidaknya iMom jadi punya gambaran seperti apa coaching yang lagi heits diantara beberapa kalian yang beruntung mengikuti sesi iniii. Btw, hehehee itu teteh Awie ketawa geli karena apa yaaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah udah dapat gambaran seperti apa coachingnya lewat tulisan saya, iMom.

      Btw itu teteh ketawa geli setelah saya cerita tentang diriku. Dan akhirnya saya sadar kalo saya ada bakat jadi pelawak, wakwkak...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  10. Seru sekali bisa ikut kegiatan seperti ini ya kak. Apalagi coachnya mengajak peserta untuk "melihat ke dalam diri" saya jadi penasaran dengan metode points of you ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih penasaran, silahkan hbgi langsung Insight Indonesia.

      Hapus
  11. Wah pasti seru sekali kegiatannya kak.
    Saya sendiri kalau mau me time pasti ke pantai atau ke tempat2 yang bernuangsa alam. Sepertinya me time dengan menggangali diri sendiri jauh lebh bermanfaat .

    BalasHapus
  12. Saya selalu tertarik dengan metode-metode seperti ini walaupun sedikit penasaran apakah metode seperti ini hanya cocok untuk ibu-ibu. Soalnya lelaki seperti saya dalam lingkungan sudah didik untuk belajar menahan rasa dan tidak gampang terbuka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coaching itu bisa diterapkan untuk semua orang. Metodenya malah kita yang harus bicara banyak, bukan coachnya.

      Hapus
  13. Points of your disini baguax dijadikan calender events biar ibu2 lain yg belum sempat ikut juga bs joint sharing knowledge mengenai manfaat me time.

    Nah, selama ibu2 nya ber me time, si bapak jg ba jeda sedikit ikut ber metime dgn tmn2nya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah... Apa omong. Emangnya coaching ini sebuah event?

      Hapus
  14. Dan barusanku itu menangis cerita soal diriku. Padahal sering juga sa cerita hal yang sama, tapi nda lernah segitunya. Mungkin karena saya baru sadar kalau ternyata itu semua yang membentuk saya jadi seperti saya yang sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puk..puk..ayi. tapi setelah nangis malah jadi plong kan rasanya?

      Hapus
  15. Dari cerita dan semangat orang lain dalam coaching game ini banyak masukan yang saya dapat,yang pasti lebih fun dan menghargai bahwa setiap orang punya cerita dan kehidupan masing-masing yang menyenangkan dan bahwa kita harus berdaya agar dapat memberdayakan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan salah satu yang membuat kita berdaya adalah dengan cukupnya asupan gizi DHA untuk memaksimalkan kinerja otak kita. Ya gak?

      Hapus
  16. Me time ku ?? ngopi2 sama kalian wkwkkw. 5 kata powerfullnya keren, mirip jargon blog ta yaa. Active, creative dan productive moms.

    BalasHapus
  17. Bahagia, berdaya dan berkarya. Inimi yang sekarang sedang saya bangun agar sisa usiaku bermanfaat dan siap menyongsong masa pensiun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah pasti bisa, bunda. Jangan lupa perbanyak minum susu, biar gak kekurangan gizi DHA ki.

      Hapus
  18. Coaching ini buat kira melihat kedalam diri sendiri.. karena kadang kita sebagai manusia lebih perhatian sama org lain dsripada dirita sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, hehe.. Kadang kita berusaha untuk mengerti pasangan tapi kita gak bisa ngerti diri kita sendiri.

      Hapus
  19. Inginku mengulang lagi sesi ini kak. Bisa bercerita banyak hal yang positif tentang hidup yang disyukuri dan hal yang ingin dicapai 😍

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.