5 Negara yang Pengen Banget Saya Kunjungi

Selasa, Maret 26, 2019

Assalamu alaikum, temans.

Salah satu dari sekian banyak keinginan hampir semua orang adalah pengen berkeliling dunia. Mengunjungi negara-negara lain di luar sana yang memang belum pernah didatangi sebelumnya. Saya pun seperti itu. Pengen banget malah! Karena saya emang suka traveling, melihat keindahan negara lain, merasakan suasananya, mengetahui kebiasaan masyarakatnya, budayanya, bangunan-bangunan bersejarahnya dan banyak hal lainnya yang bisa menambah referensi wawasan saya.

Tapi, rasanya belum memungkinkan saya untuk berkeliling dunia saat ini, hihiii... ๐Ÿ˜… Negara lain yang pernah saya datangin pun masih terbilang sangat sedikit, yaitu Malaysia (Kuala Lumpur dan Melaka), Singapore, Thailand (Bangkok dan Pattaya), Republik Rakyat Cina (Hong Kong, Shenzhen, Macau), Jerman (Berlin, Frankfurt,  Hamburg, Munchen, Heidelberg), Belanda (Amsterdam, Volendam), Luxembourg, Belgia (Brussels), Prancis (Paris) dan Saudi Arabia (Jeddah, Mekkah dan Medinah).

Bareng Atu di Arc de Triomph, Paris


Nah, kalo dikasi pilihan mau berkunjung ke negara mana lagi, saya udah punya daftar 5 negara yang paliiiingggg pengen saya kunjungi, yaitu :

1. Turki
Sejak 4 tahun yang lalu saya udah mendambakan pengen ke negara yang satu ini. Negara yang berada di 2 benua yaitu Eropa dan Asia ini sangat unik menurutku. Ragam budaya dan sejarah panjang serta napak tilas kejayaan Islam masa kekhalifahan Utsmaniyah menarik untuk diselami.

Ada banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi di negara ini. Kalo saya sih senangnya berkunjung ke tempat bersejarah, makanya Topkapi Palace (istana peninggalan Sultan Ottoman yang dulu menguasai 2/3 belahan dunia), Hagya Sophia (museum bersejarah yang dulunya adalah gereja lalu berubah menjadi mesjid), Cappadocia (situs bebatuan unik yang bisa dinikmati dengan menaiki balon udara) dan masih banyak lagi, menjadi tempat wisata impian saya.  

2. Swiss
Negara yang salah satu kotanya, yaitu Zurich, pernah dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada tahun 2006 dan 2007, jadi salah satu negara di Eropa yang ingin saya kunjungi.

Pada tahun 2013 saya ke Eropa, sayangnya negara Swiss gak termasuk dalam itinerary, karena 2 tahun sebelumnya rombongan Dinas Pariwisata Kota Makassar yang saya ikuti perjalanannya ke Eropa itu, udah pernah berkunjung ke sana, termasuk juga Atu. Makanya saya banyak dengar cerita tentang Swiss ya dari Atu.

Atu di Pegunungan Alpen, Swiss

Waktu itu Atu naik bermain salju di Pegunungan Alpen. Selain itu Atu juga cerita selama perjalanan di sana rasanya tenang banget, damai, karena negaranya gak hiruk pikuk dan bersih. Well, saya lagi butuh ketenangan a la Swiss nih sepertinya, hihii... *kode keras ke Atu.

3. Rusia
Sebuah negara yang membentang luas dari sebelah timur Eropa hingga ke utara Asia adalah negara terluas di dunia yang wilayahnya seperdelapan (1/8) luas daratan bumi. Kebayang kan kalo bisa menjelajah negara tersebut? Hmm... gak usah muluk-muluk deh, cukup di Moskow aja buat saya pasti rasanya udah senang banget.

Mengunjungi istana kepresidenannya yang terkenal yaitu Kremlin, berjalan-jalan di lapangan Red Square yang memang khusus pedestrian, berfoto di depan Katedral Santo Basil yang cantik, aduduh... Udah kebayang deh!

Oya, waktu saya ke Disneyland Hong Kong di bulan Juni 2018 lalu, ada bangunan yang sepertinya terinspirasi dari bangunan-bangunan di Rusia dan Timur Tengah, namanya Mistic Manor. Bolehlah berfoto di depan Mistic Manor dulu, sebelum ke Rusia, hehe...

Alifah berpose di depan Mistic Manor di Disneyland Hong Kong


4. Yunani
Deretan bangunan berwarna putih dengan pintu berwarna biru yang terletak di tebing dengan pemandangan laut lepas di sekelilingnya jadi bayangan saya akan keindahan Yunani, tepatnya di Pulau Santorini. Pulau ini adalah tempat wisata paling terkenal di Yunani.

Tapi selain itu masih banyak lagi tempat wisata lainnya. Sebagai negara dengan julukan "negeri para dewa", situs-situs bersejarah banyak yang bisa kita jumpai di sana.

Di Indonesia sekarang banyak banget cafe yang didesain a la Sntorini. Salah satunya adalah cafe Panama di Bali yang pernah saya datangi.


Panama Kitchen & Pool, Bali

5. Jepang
Keterlaluan banget kalo masih ada aja yang gak tau keindahan negeri Sakura! Sebagai nehara maju yang tetap memegang teguh budaya dan adat istiadat ketimuran, Jepang adalah negara unik di mataku.

Ada banyak tempat wisata yang bisa didatangi, salah satunya adalah desa purba yang jadi salah satu situs Unesco yaitu Shirakawa-go, yang pernah dikunjungi Atu tahun 2016 lalu. Bisa juga Gunung Fuji, Museum Peringatan Bom Atom di Hiroshima, penyebrangan simpang 5 yang padat di Shibuya, lihat fashion unik di Harajuku dan lain-lain.

Atu di Shirakawa-go, Jepang

Well, karena judulnya aja "5 Negara yang Pengen Banget Saya Kunjungi", artinya semua negara di atas itu masih dalam angan-angan dalam bucket list saya. Entah kapan saya bisa ke sana... Hihiii. So, bantu saya dengan doa ya, manteman, biar saya bisa segera berkunjung ke negara-negara tersebut. Aamiiin!

Btw, kamu sendiri pengen banget ke mana?  Cerita di kolom komentar donk ๐Ÿ˜‰





45 komentar on "5 Negara yang Pengen Banget Saya Kunjungi"
  1. Swiss! Beneran juga bikin penasaran si, gara-gara Diana Rikasarai ke sono sebenernya. Trus katanya super duper sepi dan aman gitu ya Mbaaak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, udah gitu udaranya sejuk banget. Pasti seger yaa rasanya di sana...

      Hapus
  2. Kalau saya pengen ke Arab Saudi untuk haji, Turki, Perancis, Nepal, Jepang, dan Tibet. Tapi pengen juga ke Inggris, Italia, Belanda, masih banyak lagiii....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah semoga disegerakan pergi haji yaa, Ayi. Aamiiin...

      Hapus
    2. Aamiin... Aamiin... Semoga kita diberi umur panjang, rezeki, dan kesehatan supaya bisa ke negara2 itu..

      Hapus
  3. aaamiiiin.... cita2 kita sama, pgn keliling duniaaaa ;D. aduuuh aku mah sakaw kalo kelamaan ga jalan mba. Makanya tiap thn aku selalu nambah minimal ada 1 negara yg blm aku dtangin. thn ini insyaallah Korea Utara sept nanti. semoga ga ada halangan.

    tp kalo ditanya target dlm 5 thn ke depan, jawabanku

    2020 myanmar dan dubai
    2021 new zealand dan australia
    2022 iceland
    2023 Inggris
    2024 rusia

    yg 2020 tiket udh ditangan :p. yg lainnya insyaallah ga berubah. krn biar gmn, aku sering bgt ngerubah itin mendadak hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget yang setiap tahun udah ada agenda ke luar negeri.

      New Zealand itu juga menarik banget. Apalagi setelah saya tau kalo matahari terbit pertama kali muncul itu dari New Zealand.

      Hapus
  4. Pengen banget ke Korea Utara, merasakan negara yang paling berbeda dan misterius dibandingkan negara lainnya. Semacam menjelajah mesin waktu. Atau mungkin dunia fantasi (tapi bukan Dufan. Wk.). Semoga tercapai tahun depan atau tahun depannya lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih, saya gak pernah kebayang mau ke Korut. Tadinya saya malah pikir turis gak bisa masuk ke sana, hihi

      Hapus
  5. Saya juga pengin ke Swiss, Kak. Tapi mahal banget ya. Cita-cita banget, nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hehe... Semoga terwujud bisa ke sana.

      Hapus
  6. Tempat-tempat di daftar ini juga jadi destinasi impianku banget, Mbak. Semoga yang mau ke negara-negara di atas, bisa segera terwujud, yaa. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin... Semoga kita disegerakan ke sana yaa.

      Hapus
  7. Aku Pengen banget ke Jepang juga, tapi sekarang sih fokus ke ARab dulu deh hehehe. Semoga impiannya tercapai ya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Desy juga, semoga disegerakan ke Arab Saudi yaa...

      Hapus
  8. Aku juga pengen ke turki nie mba.. Kayaknya banyak tempat menarik ya disana.. Duh kapan yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 berdoa yuk say, kali aja bisa traveling bareng ke sana, hehe..

      Hapus
  9. kalo saya penasaran banget sama Inggris. Trus masih pengen balik lagi ke Praha dan Jepang.
    Semoga kita semua diberi rejekinumur panjang dan kesehatan biar bisa mengunjungi negara-negara lain. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa, Inggris itu juga jadi destinasi wajib buat para traveler. Negara monarki yang masih bertahan sampai sekarang dan punya banyak bangunan bersejarah seperti istana dan kastil-kastilnya.

      Hapus
  10. Saya juga mau ke Jepang kak, katanya temanku bagus sekali tapi sekali lagi katanya biaya hidup disana agak mahal daripada negara asia lainnya. Jadi target sih paling cepat tahun depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi masih lebih mahal Singapore dibanding Jepang.
      Kalo ke Jepang, puas2in beli produk Uniqlo, murah buanget di sana!!

      Hapus
  11. Wow. .Amazing ..Ibu Ery udah menjejak kaki ke beberapa negara..Pasti seru banget tuh,, apalagi diabadikan di blog sebagai kenang-kenangan.. Kalau saya pengen bnget ke Mekah ajha dlu..Mdh2an bisa tercapai minimal pergi Umroh. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Dan saya suka abadikan di blog biar gak terlupa. Itu pun ada beberapa yang belum saya tulis, hehe...

      Atim semoga disegerakan untuk ke tanah suci yaa ��

      Hapus
  12. Diantar ke 5 nya, yg masuk list sy di nomor 1 . Sy mau skali jg ke turki insyaallah amiin.

    Tp muahal banget, kayaknya klo ndmenang lomba yg jadiahx ksana mngkin sy nd akan kesana hahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh mau tunggu gratisan ke Turki ya? Hehhe.. Eyke juga pengen tuh!

      Hapus
  13. Saya juga pengen banget untuk bisa ke Turki. Entah kenapa begitu penasaran dwngan bagaimana kehidupan disana. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keinginan kita sama berarti ya dek. Ternyata banyak juga yang pengen ke Turki.

      Hapus
  14. Pernah bikin kayak begini juga, dan 5 negara yang ingin saya datangi:
    1. Afghanistan, penasaran sama negara yang selalu dirundung perpecahan ini.
    2. Tibet, ingin melihat langsung kedamaian a la Budhism
    3. Papua Nugini, negara tetangga yang dekat tapi terasa jauh.
    4. Italia, karena saya penggemar sepakbola Italia.
    5. Belgia, pengen lihat langsung tanah kelahiran idola saya, TinTin

    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow! Afganistan. Saya gak pernah kepikiran ke sana... Takut kenapa-napa, gak bisa pulang, heheh.

      Hapus
  15. Kalau punya kesempatan mau ke Turki dan Rusia, ke Turki buat liat sisa peninggalan sejarah, dan ke Rusia mau liat matrioska asli hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu baca "Matrioska asli" saya langsung bayangin 5-6 orang berpakaian khas Rusia yang sama, tapi beda-beda ukuran. Mulai dari orang yang gendut banget sampe yang kecil banget, hehe...

      Hapus
  16. Baru saja saya lihat postingan teman saya kalau dia skrg sdh di Jepang. Baca postingan ini lagi, dan terakhir ada nama negara itu. Betapa.

    BalasHapus
  17. Mba dan masnya awet muda hihihihi, kalau anak2 ga bareng disangka lg pacaran hihihi. Btw baca Turki aku jadi inget film yang anaknya diculik di Istambul hihihi. Tapi lupa film apa.

    Duh jadi pengen keluar negeri juga, tapiiiii ngurus ijinnya ituloh. Repots hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, kalo ibu-ibu persit gak boleh bebas ke mana-mana, harus izin atasan.

      Hapus
  18. kecuali Jepang, empat negara dalam daftar saya juga masuk ke wishlist negara yang mau saya kunjungi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa Jepang pake pengecualian? Udah pernah ki ke sana?

      Hapus
  19. Yup, keliling dunia sudah menjadi impian setiap orang. Termasuk impian saya juga cuma nggak tahu kapan terwujudnya, hehe.

    In syaa Allah semoga keinginan kak Ery mengunjungi 5 negara tersebut tercapai kak. Aamiin.

    BalasHapus
  20. Kalau negara yang ingin saya kunjungi adalah Belanda supaya bisa ke Perpustakaan Leiden yang menyimpan banyak bukti sejarah tentang Indonesia, terutama Makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naskah Lagaligo tersimpan rapi di Leiden.
      Suamiku pernah ke sana. Saya belum pernah juga.

      Hapus
  21. Wahh gilak๐Ÿ˜ kece kak..kalau di list kakak saya cuman ada 2 tuh , swiss sama Jepang๐Ÿ˜ klo top 5 mungkin, Jepang, Korea, Swiss, UEA, US. ๐Ÿ˜… hahaha... Semoga kesampaian jg.Terutama Jepang, udah terinspirasi banget gaya hidup mrka sejak dulu๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira Raya terobsesinya sama Korea, ternyata Jepang ya, heheh..

      Hapus
  22. Kecuali Rusia yang diganti Belanda, 4 negara lainnya juga masuk dalam top 5 travel listku. Sama-sama mendoakan ki hihihi semoga suatu saat bisa menjejakkan kaki di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin ��
      Siapa tau bisa ki traveling bareng yaa, haha..

      Hapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.