Pizza Buatan Pica

Jumat, Februari 01, 2019

Assalamu alaikum,

Kembali tayang lagi kolaborasi blogger Anging Mammiri kelompok 4 yang digawangi oleh saya, Icha dan Ainhy. Setelah pada kolaborasi yang pertama kami membahas soal yang lagi viral di media sosial, maka untuk tema yang ke-2 yaitu KULINER. Tema ini dipilih oleh Icha Afriza yang membebaskan kami untuk bahas apa aja, asal dengan garis besar kuliner.

Saya sih udah sering bahas kuliner, khususnya ngereview tempat-tempat makan, baik yang ada di Makassar maupun di kota lain yang pernah saya datangi. Selain itu juga sesekali membahas menu-menu kuliner, baik tradisional termasuk juga keunikannya.

Baca juga : Aneka Makanan Bernama PALLU dari Makassar

Nah, untuk di tulisan kali ini, yang pengen saya bahas adalah salah satu menu yang jadi favorit saya, yaitu Pizza. Bukan tentang menunya, tapi gimana Faizah alias Pica sewaktu membuat pizza.

PIZZA MAKER JUNIOR

Malam itu, tanggal 27 Januari 2019, kami sekeluarga sedang (kalo lengkap dengan Papi dan Mami serta Ika dan Khansa itu ukurannya gak besar, gak juga kecil) makan malam di Pizza Hut dalam rangka merayakan ulang tahun Nadhif yang ke-15. Sambil nunggu pesanan kami datang, si mbaknya yang bernama Astri datang bawa brosur, tawarin Faizah dan Khansa untuk ikut cooking class membuat pizza yang diberi nama Pizza Maker Junior.

2 bocah cilik yang udah merasa gadis itu tentunya langsung kompak teriak "Mau! Mau!", apalagi setelah Mbak Astri jelasin benefit yang akan didapat oleh peserta, yakni pengalaman tentu saja, goodie bag yang berisi celemek, topi, penutup kepala, buku mewarnai, dan sertifikat.. Lalu setelah selesai cooking class peserta akan dapat es krim. Mendengar kata itu , mereka langsung scream "ICE CREAAAM!!!". Tapi saya tau kedua anak ini gak ngerti waktu Mbak Astri jelasin, hehe...

Biaya untuk ikutan cooking class itu kurang lebih Rp.50.000/peserta. Gak cuman anak, remaja pun sebenarnya bisa ikut. Setelah bertransaksi di kasir, mereka pun digiring didampingi oleh Mbak Astri masuk ke pantry, tempat cooking class berlangsung. Alifah saya minta ikut juga untuk mendokumentasikan kegiatan.

Pica & Khansa senang banget bisa ikut Pizza Maker Junior

Di dalam pantry, Faizah dan Khansa disambut oleh mas-mas yang ramah yang udah stand by di tempat mereka bertugas masing-masing. Pertama-tama kedua bocah dipakein dulu penutup kepala lalu tangannya dicuci sebersih mungkin menggunakan sabun, kemudian dilap sampai kering. Setelah itu masing-masing dipakein sarung tangan dari plastik tipis.

Sebelum cooking classnya dimulai, si mas jelasin dulu apa yang akan mereka lakukan trus ditunjukin bahan-bahannya. Rupanya pizza yang akan dibuat adalah Meat Lovers yang terdiri dari aneka daging, baik sapi maupun ayam.

Cuci tangan dulu...
Aneka toppimg

Asyiknya Bikin Pizza

Diawali dengan meratakan adonan pizza yang udah dibuat oleh si masnya di pan. Ketika udah rata, diolesi dengan saus di bagian atasnya.  Ini dia saos yang jadi rahasia kelezatan pizza buatan Pizza Hut. Apa aja bahannya? Hihi... Meneketehe! 😜

Baca juga : Cerita Cooking Class yang Diadakan EMaronie Organizer

Selanjutnya adonan pizza yang udah bersaos diberi topping. Pertama diparutin keju. Lalu topping berupa daging sapi dan ayam. Topping daging-dagingannya udah disiapin dalam gelas plastik untuk masing-masing anak. Tentu aja itu untuk menakar topping sesuai dengan ukuran pizzanya. Topping diratakan hingga ke pinggiran adonan. Lalu diparutin lagi keju di atasnya. Wuih, langsung ngences deh Maminya lihat keju. Berlimpah!!!

Meratakan adonan di pan
Mengoleskan saos
Pica menabur.keju parut
Khansa menyusun topping

Dan, taraaaa....
Pizza buatan Pica dan Khansa pun siap masuk dalam oven untuk dipanggang.

Pizzanya siap dipanggang
Makasih mbak dan mas yang udah ajarin Pica dan Khansa bikin pizza

Sembari menunggu pizzanya matang, anak-anak kembali ke depan. Mbak Astri lantas membawakan goodie bag mereka. Isinya sertifikat lengkap dengam nama masing-masing peserta dan buku mewarnai. Sebelumnya tente mereka udah say thank's to mas-mas di pantry yang ajarin mereka bikin pizza.

Kurang lebih 15 menit kemudian, pizza buatan mereka pun diantarkan. Wohooo... Ada namanya yang ditulis dengan saos tomat. So cute! Pica dan Khansa senang banget dan langsung menyantap pizza buatan mereka sendiri.

Selesai makan pizza, saya lalu meminta Mbak Astri untuk keluarin ice cream buat anak-anak  yang juga salah satu benefit dari ikutan Pizza Maker Junior ini. Enaknyooo, abis makan pizza trus makan ice cream 😋

Baca juga : Ice Cream HAAGEN-DAZS di Makassar

Pica & Pizza buatannya
Khansa - Alifah - Nadhif - Faizah & ice cream

Seru banget ya pengalaman 2 bocah cilik itu. Dapat ilmu dan sertifikat serta pengalaman yang gak bakal dilupain. Apalagi karena Mami menuliskan di blog ini.

Nah, kalo kamu pengen baca tulisan cerita kuliner dari teman-teman kolaborasi, cekidot :

Lopis Jajanan Masa Kecilnya Icha Afriza
dan
Nasi Goreng Bikinan Ayahnya Ainhy Edelweiss




30 komentar on "Pizza Buatan Pica"
  1. ternyata remaja bisa juga, mau juga ah nanti saya ke sini. Selain dapat es krim saya dapat pengalaman bikin pizza langsung dari dapurnya Pizza Hut dan tidak perlu goodie bag lah yah. hahahhahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Goodie bagnya kaso buat Pica aja donk, hehe..

      Hapus
  2. Ternyata harganya lumayan murah jika dibandingkan pengalaman yang akan diperoleh anak-anak ya kak. Pica, keliatan senang sekali dan seperti biasa sangat pandai berpose di kamera 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, murah banget tuh harganya kalo dibandingkan dengan benefit yang kita dapat.

      Hapus
  3. Hii...gemesku lihat Pica. Kubayangkanki nanti Pica kalau besarmi terus nabacai tulisan ini, pasti senang sekali. Oh yah itu pizza buatan Pica dibayar atau tidak? Atau ituji uang pendaftarannya yang 50rb? Kalau ituji nabayar, de murah sekali. Dapat pizza, ice cream dan pengalaman yang tak akan terlupakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar 50ribu itu sudah termasuk semuanya, bunda.

      Hapus
  4. Pengalaman yang seru. Ternyata untuk dewasa juga bisa ya. Kalau saya mending jadi bagian cicip-cicip Pizzanya saja.Lumayan banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih dikhususkan untuk anak sih sebenarnya, namanya aja Pizza Maker "Junior", bukan "Senior" wawkkaka...

      Hapus
  5. Keren kak, memgenalkan anak pada makanan dengan pendekatan proses tentu membuat anak lebih mrmghargai makanan.

    BalasHapus
  6. Kak itu biaya pendaftaran sudah termasuk pizza yg kita masak dan makan? Mau dong kalau remaja berkumis juga bisa ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo remaja 90an biasanya sih udah nganter anaknya...

      Hapus
  7. Deh nyamannya tawwa hahaha
    Sudah dapat ilmu, dapat pizza juga. Apalagi mereka senang sekali.

    Mantap ini strateginya Pizza Hut.
    Bisa dorong Pica bikin Pizza
    *Beriman*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus ya strategi marketingnya. Jadi gak perlu datang ke sekolah-sekolah untuk ajak anak-anak ikutan cooking class di PIzza Hut, tapi langsung ajak pengunjung yang lagi makan dan bawa anak.

      Hapus
  8. Yang seperti ini pasti akan jadi kenangan tak terlupakannya bagi Pica dan Khansa. 😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sampe sekarang kadang PIca minta diajak lagi ke PIzza Hut, katanya mau bikin pizza lagi, hahah...

      Hapus
  9. Lumayan skali benefit nya ya kak. Sepadan dengan harganya sih. Dpat sertifikat lagi. Mungkin bisa dipake nnti buat pica dan khansa dftar universitas kak, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha... sertifikatnya sbagai bukti kalo dulunya dia bisa bikin pizza ya

      Hapus
  10. Salfok sama Alifah, anak pertamanya kak Ery yah? kalau boleh tahu kel. brp kak?
    Btw aktifnya Pica, sudah belajar bikin Pizza, saya kalah nih wkwkw

    BalasHapus
  11. Serunya buat pizza bareng anak, selain anaknya seneng, dpt masakan istimewa buatan anak sendiri pula. Best quality time bareng anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kalo dibaca dengan seksama, ini bukan tentang quality time saya dan anak membuat pizza. Ceritanya tentang anak dan ponakan saya aja yang ikut cooking class, heheh...

      Hapus
  12. Yeah..2 nak cantik pica & khansa telah berhasil membuat pizza.. Masih kecil udah berhasil buat makanan high class.. This is the most interesting culinary story I've ever read..#mantul

    BalasHapus
  13. wah Pica semakin besar semakin pintar ya.. karna mamanya selalu mengajak Pica belajar dari pengalaman2 dan permainan menarik.. sehat dan semangat selalu Chef Pica :)

    BalasHapus
  14. serunya pica belajar buat pizza.. pica buat vlog dong biasa saya suka liat pica di facebook sama stori IG

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah.. Maminya belum PD ngevlog. Toolsnya belum ready, soalnya harus bagus sekali pi hasilnya baru dipublish.

      Hapus
  15. Yampuunnn picaaa, imutnya ndak habis-habiss...

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.