LYCKLIG - Ice Cream Rasa Gelato

Jumat, Februari 08, 2019

Es krim merupakan salah satu menu yang paling banyak disukai oleh hampir semua orang. Mulai dari zaman Romawi hingga sekarang, perkembangan menu es krim sudah makin beragam dan gerai penjualan es krim pun ada di mana-mana.

Berawal dari kesukaannya makan es krim, Yani pun berinisiatif untuk membuka gerai es krim di Makassar. Kala itu, di tengah cuaca terik di Bali, Yani menikmati es krim di gerai Lycklig yang terletak di kawasan Seminyak. Sewaktu menyantap es krim yang lembut, tiba-tiba terbesit ide untuk membeli franchise dari kedai es krim yang baru pertama kali dicobanya itu. Karena teksturnya yang lembut, cita rasanya yang emang enak dan penyajiannya yang simple, jadi alasan wanita yang masih berstatus sebagai karyawan salah satu bank swasta ini untuk menjajaki dunia bisnis es krim.
Maka setelah terjadi kesepakatan dengan pihak pemilik Lycklig di Bali, Yani pun membuka gerainya di Makassar, tepatnya di Mal Nipah. Ini bukan hanya sebagai gerai pertama di luar Bali, tapi juga sang owner yang berada di Bali emang baru pertama kali mem-franchise-kan es krimnya.

Gerai Lycklig Makassar

Gerai Lycklig dilihat dari Cinema XXI
Lycklig Makassar

Gerainya sih hanya berupa outlet gitu, dengan area saji berukuran kurang lebih 4m X 2,5m. Di dalam gerai inilah es krim yang enak itu diolah, selain itu juga berfungsi sebagai meja customer di sisi kiri dan kasir di sisi kanan.

Tepat di depan gerai, terdapat 3 buah meja bulat kecil dengan kursi-kursi yang juga berbentuk bulat dan didominasi warna kuning. Gerainya sendiri terletak tepat di depan railing lantai 5 Mal Nipah, berseberangan dengan Cinema XXI.

Ada 5 rasa yang tersaji dari keseluruhan 6 rasa yang dijual saat Yani mengundang saya ke gerai Lycklig. Yang lagi kosong bahannya tuh rasa Matcha Green Tea, padahal kata Yani itulah rasa yang best seller. Ugh, sayang banget ya!

Rasa, Bahan dan Harga

Dan ini dia es krim yang dihidangkan buat saya waktu itu :

Salted Caramel Popcorn

Ini dia favorit saya, berasa jagung gitu. Salted caramel popcornnya terasa sampai ke es krimnya. Tekstur popcornnya pun renyah digigit.

Nutella Rice Crispy

Rasa Nutellanya terasa banget. Rupanya ada 3 campuran Nutella, yakni pada es krimnya, di atas rice crispy dan yang ada di dalam spoit suntikan, yang buat topping. Cuman lama-kelamaan jadi terasa eneq di leherku. Mungkin karena lidah dan tenggorokan saya yang kurang bisa mentolelir rasa yang terlalu manis, kali yee?

Cookies & Cream

Standard lah rasanya. Sama seperti es krim Cookies and Cream pada umumnya. Tapi rasa ini yang paling disukai oleh anak-anak.

Red Velvet

Rasa yang paling unik menurutku, karena toppingnya berupa remahan kue Red Velvet asli! Manisnya juga pas di lidahku.

Markisa

Kalo kamu butuh yang seger, rasa Markisa ini yang paling pas. Rasa asem manis Markisanya bikin nagih, gak bisa berhenti menyantapnya.

Yang unik dari es krim ini adalah waktu disajikan ada asap yang mengepul dari gelasnya.

Asap rokok?!

Bukan! Itu adalah asap dari nitrogen cari yang disiram di bagian bawah gelas. Gunanya untuk membekukan es krimnya.

Kepulan asap nitrogem cair
*pic by fillyawie.com

Kenapa es krimnya perlu dibekukan? 
Emang gampang meleleh?

Well, seperti yang saya tulis di atas tadi bahwa salah satu alasan Yani memilih es krim Lycklig untuk dibeli franchisenya adalah karena pembuatannya yang praktis. Tidak seperti penjual es krim lainnya yang menyajikan es krim dalam lemari kaca bersuhu dingin, dipisahin sesuai rasa, lalu disendok-sendokin waktu kita memesan, nah... Lycklig ini beda!

Bahan Lycklig berupa fresh milk bukan cream milk, yang diblend dengan bahan dry atau kering, yang sudah dikemas dalam sachet sesuai rasa masing-masing dan ukuran gelasnya. Tapi yang dalam sachet itu bukan ice cream essence atau perasa buatan lho ya, jadi aman banget bahkan buat anak kecil.

Lalu dicampurkan dengan nitrogen cair. Kalo dari tekturnya sih terasa seperti gelato. Tapi kata Yani, menurut ownernya di Bali, tetap disebut es krim bukan gelato, hehe...

Baca juga : Menikmati Gelato di Bali

Waktu penyajian pun, di bagian bawah gelas disiramin lagi nitrogen cair. Jadi, Lycklig baru dibikin kalo ada pesanan. Eits tapiiii, hati-hati pegang gelasnya. Jangan pegang bagian bawahnya, karena pasti jarimu bakal kedinginan! Brrr... ✊

Adapun harga es krim Lycklig tergantung ukuran gelasnya, yakni Rp.30.000 untuk ukuran Small, Rp.40.000 medium dan Rp.50.000 large, seperti yang tertera di bawah ini..

Rasa dan harga Lycklig

Mungkin ada yang bertanya-tanya tentang nama es krimnya, Lycklig. Unik kedengarannya, bahkan mungkin ada yang sampe blibet lidahnya waktu sebutin, hehe 😝

Lycklig itu bahasa Swedia yang berarti senang. Sesuai yang tertera di gelasnya, kayak gini :


Baca juga : Grow Happy

Dijamin, kamu yang makan es krim Lycklig pasti bakal merasa lycklig #eh 😁 iyalah, pasti senang karena rasanya yang enak, teksturnya yang lembut, dan terutama karena harganya yang sangat terjangkau.

I am lycklig! πŸ˜ƒ
*pic by qiahladkiya.com
Yani & Ery


LYCKLIG MAKASSAR
Jalan Urip Sumihardjo
Mal Nipah lt.4 (1st floor / depan Cinema XXI)




35 komentar on "LYCKLIG - Ice Cream Rasa Gelato"
  1. Hehe iya blibet banget sebut nama es krim lycklig ini. Tadinya saya tebak berasal dari bahasa Jerman eh ternyata dari bahasa Rusia toh. Namanya aja udah unik gitu, pembuatannya juga ternyata, hehe. Jadi penasaran dengan rasanya apalagi yang red velvet ituπŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuuuu... Udah ditulis bahasa Swedia di atas

      Hapus
  2. Baru buka inikah? Minggu lalu saya ke Mall Nipah belum ada, atau sayaji yang tidak dapat tempatnya?
    Penasaranku sama es krim yang berasap itu, pernah lihat di televisi, maklum emak kurang gaul hehehe, nontonnya televisiji.

    BalasHapus
  3. saya pernah makan ini pas ke Bali. endess memang tawwa apalagi yang markisa. btw, itu namanya selalu ka salah baca. selalu saya baca licking :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa karena es krim, makanya dibaca "licking"? Hehe...

      Btw yang rasa Markisa emang segerrrr, pas banget dimakan di Bali yang cuacanya selalu panas kayak Makassar.

      Hapus
  4. Behh.... cinna ku lihat ki... menetes mi liur ku :D
    klu ke mks nnt mau ka coba ki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak memang kak, gak pake bohongan.

      Btw kak Nunu tinggal di mana emangnya?

      Hapus
  5. deh enaknya diliat ice cream gelato nah jadi pengen. ntar kalau pulkam mau coba deh.

    BalasHapus
  6. saya tahu tempatnya itu, sering lewat tapi belum singgah, heheh.
    unik juga es krimnya kak dih, saya kira kayak es krim pada umumnya. nanti kalau ke Mall Nipah harus coba ini. makasih infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang kalo lewat harus mi disinggaho, kan udah baca reviewku toh 😊

      Hapus
  7. untuk orang yang tidak bisa membedakan antara es krim dan gelato, tampilan es krim di atas terlihat menjanjikan..
    cuma, bahan-bahannya dibungkus sachet? tetap enak kah? soalnya saya agak skeptis sama yang sachet-sachet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahannya aman dan alami ji tawwa, Daeng. Dikemas dalam sachet soalnya biar lebih awet dan sudah sesuai takaran gelasnya.

      Hapus
  8. Ok jadi nambah perbendaharaan kata Swedish. Licklig ☺️ buat yang diet ada info kandungan kalori dll gak kak? Mungkin penting buat sebagian orang, kalo saya sih sikat aja demi melihat lelehan coklat es krimnya ☺️πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Krn ice creamnya ada campuran susu jadi kalori lebih ke susu sih, dan semua yang dipake itu fresh milk bukan cream milk.

      Hapus
  9. Itu ada suntik-suntiknya, apa isinya itu? Hahaha jadi penasaran karena unik ki. Jadi tahu ada satu lagi tempat nongkrong di Makassar yang bisa dikunjungi kalau pulkam nanti hehehe :D

    2 kali pulkam sejak Nipah Mall dibuka, belum sempat pergi ke situ. Maklum, biasa kalau pulkam memang bukan mal yang dicari :D :D

    BalasHapus
  10. Ini masih baru yah kak di Mksr. Kmrn sempat lihat waktu ke panlos ice cream serupa tp mngkin beda, yang ini lebih mantap kayaknya, cuss dhe ke Mall nipah nti singgH

    BalasHapus
  11. Salted Caramel Popcorn ... waah, saya tertarik dengan namanya. Membayangkan es krim pakai garam? Weh .... kayak apa itu, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan es krimnya yang pake garam kak tapi popcornnya rasa salted caramel alias caramel asin.
      Kalo es krimnya sih berasa jagung gitu.

      Hapus
  12. Wah.. Lucu juga namanya, Lyck-lig... sepintas dalam pikiran saya disadur dari kata bahasa inggris "lick" artinya jilat... dan memang cocok sih bahwa gelato dan es krim kan memang cara menikmatinya adalah dengan dijilat.
    Btw sy juga penggemar es krim loh kak, dan memang benar di bali apalagi jalan menuju pantai kuta ada banyak penjual Gelato. Dari display es krim nya aja udah manggil2 buat kita singgah, ditambah lagi cuaca siang hari bali yang sangat panas. Mantap lah sudah menikmati gelato.
    Btw kak, mnurut sy bbrpa referensi gelato di Makassar yg top diantara Gelato di Pisa Cafe dan Gustoso Gelato jalan sangir. Ok untuk Lyck-lig bakalan jd kunjungan slnjutnya yg akan sy masukkan dalam list ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang di Pisa saya pernah coba. Tapi yang Gustoso saya belum pernah coba.
      Ada juga gelato di Toko Cahaya Jl.Sulawesi, enak juga katanya tuh.

      Hapus
  13. Sepertinya wajib mencicipi ini kalo ke Makassar nanti. Nasib jadi anak gunung yang hanya ngiler kalau ada yang seperti ini🀣🀦🏻‍♀️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo turun gunung lagi, jangan lupa ke Lycklig di Mal Nipah yaaa .Heheh..

      Hapus
  14. Wow Ice Cream LYCKLIG sudah ada di Makassar ya? Perlu nih icip icip, tak perlu ke Bali lagi.

    BalasHapus
  15. Sudahma coba ini beberapa bulan yang lalu karena penasaran dengan cara bikinnya. Waktu itu baru nyobain yang ada oreonya itu. Rasanya sih ndak terlalu wow menurutku, ya kayak es krim yang lain. Tapi cara penyajiannya unik sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga rasa yang Oreo itu B aje. Tapi yang Salted Caramel dan Red Velvet itu must try!

      Hapus
  16. yang red velvet yang saya bawa pulang unchh enaknyaa. kayak makan kue ada eskrimnya sukaaaaa. memang tawwa kak Yani pas banget udah kalau pecinta eskrim trus memilih lyklig ini buat di pasarkan di makassar. Makasih kak Yani karena kak Yani kami jadi bisa juga cobain ice cream hits di Bali ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap ya idenya yang berawal dari kesukaannya makan es krim.

      Hapus
  17. Baru pertama kali tahu es krim Lyklig ini pas baca postinganta' kak. Oke deh, besok dicoba kalau liburan ke Makassar. Penasaran k' yang rasa markisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seger banget tuh yang rasa Markisa. Wajib dicobain.

      Hapus
  18. kak mohon info franchisenya.. tertarik buka di Banyuwangi... email :idanurulqomariyah@gmail.com (08113632043) thxs,,,

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.