Wisata Edukasi Untuk Anak Usia Balita

Jumat, Januari 25, 2019

Assalamu alaikum, temans

Gak terasa waktu berjalan sangat cepat. Perasaan baru kemarin merayakan tahun baru, eh bentar lagi udah masuk ke bulan Februari.

Setelah liburan panjang di awal tahun kemarin, akhirnya aktivitas kita dengan segala rutinitas udah mulai normal kembali. Yang sekolah, yang kantoran, yang ibu rumah tangga, yang bloger kayak saya, semuanya udah kembali sibuk masing-masing.

Nah, mumpung di bulan Februari nanti ada hari libur, saya pengennya liburan lagi nih bareng anak-anak. Soalnya di  akhir tahun kemarin, kami gak sempat pergi liburan ke mana-mana. Kalo bareng anak-anak sih saya sukanya wisata edukasi. Jadi gak sekedar berwisata, tapi juga menambah pengetahuan mereka. Tujuannya sih ke Jakarta lagi aja, biar sekalian saya bisa jenguk adik yang tinggal di sana.

Well, sebenarnya kalo di Jakarta beberapa tempat wisata edukasi udah pernah pernah didatangi, diantaranya :



Saya membawa anak-anak berkunjung ke Museum Fatahillah alias Museum Sejarah Jakarta sewaktu kami liburan di bulan Desember 2016. Di museum ini kami masuk berkeliling di dalamnya, melihat situs sejarah seperti batu granit dan sebagainya, sejarah perkembangan kota dan warga Jakarta, furniture yang digunakan di masa Hindia Belanda dan masih banyak lagi.

Sayangnya yang paling merasa enjoy cuman saya doank! Haha... Anak-anak saya sepertinya gak begitu antusias, ditambah lagi karena cuaca yang cukup panas dan kurangnya pendingin di dalam museum. Terutama Faizah yang waktu itu baru berusia 2 tahun emang belum ngerti sih tentang sejarah. Dia ketawa-ketawa senang hanya waktu sesi foto bareng para performer atau orang-orang yang berpakaian seperti Raden Fatahillah, Pangeran Jayakarta, tentara dan noni Belanda hingga ondel-ondel.



Tadinya pengen naik sampai ke puncak Monas untuk lihat pemandangan Kota Jakarta dan sekitarnya serta diorama yang ada di atas. Tapi berhubung waktu itu antrian buat masuk ke Monas terlihat mengular sampai keluar, niatan itu jadi batal. Kami pun hanya jalan santai di seputaran Monas. Lumayan lah, anak saya, khususnya Nadhif jadi tau sedikit sejarah Monas dari yang saya ceritakan dan gedung-gedung apa aja yang ada di sekitar Monas.

Insya Allah niatan untuk naik sampai ke Monas bakal saya wujudkan kalo ke Jakarta lagi. Aamiiin



Sebenarnya saya gak pernah ada rencana sama sekali untuk bawa anak-anak berkunjung ke TMII. Tapi suatu waktu pulang dari sekolah, Faizah merengek minta dibawa ke Taman Mini kalo ke Jakarta. Katanya, "Ibu Guru bilang, kalo Pica ke Jakarta nanti harus ke Taman Mini karena di sana itu bagus". Akhirnya sewaktu ke Jakarta di bulan Oktober 2018, berkunjung ke TMII masuk dalam itinerary yang saya buat. 

Walopun kunjungan di TMII hanya ke Istana Anak-anak, Anjungan Sulawesi Selatan dan Keong Mas, tapi Faizah udah senang banget. Apalagi Istana Anak-anak itu bangunannya persis istana putri yang ada di Disneyland. Di Anjungan Sulawesi Selatan pun Faizah bisa lihat rumah adat Tongkonan dan Tedong khas Toraja.

So, dari ketiga tempat di Jakarta yang pernah saya datangi bareng anak-anak, kebaca dengan jelas kan. yang mana bikIn Faizah jadi girang. Yes, Taman Mini Indonesia Indah. Karena emang bangunan dan suasananya seperti di taman bermain. Gak kaku, seperti kanebo kering di museum yang berupa bangunan tua dengan barang-barang di dalamnya yang juga jadoel.

Anak usia balita memang kurang cocok kalo dibawa berwisata edukasi dengan mendatangi museum. Makanya saya mulai cari referensi melalui internet apa saja tempat wisata edukasi yang bikin balita senang, seperti taman bermain, kebun binatang, atau tempat wisata alam. Akhirnya saya dapat satu tempat wisata yang terbilang baru, yang terletak di sebuah pusat perbelanjaan Neo Soho di Jakarta Barat, yaitu Jakarta Aquarium.

Jakarta Aquarium ini adalah tempat wisata edukasi yang merupakan aquarium dan pusat konservasi. Jadi kita bisa menikmati berbagai aneka keragaman biota laut di sana. Kita bisa bertemu dengan Berang-berang yang lucu dan cerdas di Otter Exhibition atau menyentuh langsung hewan-hewan bawah laut di Touch Pool. Kita juga bisa tracking Di bawah laut dan bertemu dengan Stingray. Bahkan kita bisa lho menyelam bareng Hiu!

Tapi saya yakin kalo bawa Faizah ke sana, dia pasti paling suka nonton pertunjukan theater "Pearl of the South Sea" yang menampilkan trik ilusi dan tarian Putri Duyung di dalam air. Selain itu ada juga aktivitas buat si kecil, yaitu menggambar, mewarnai, memindai, dan menyaksikan ikan buatannya berenang bebas di layar besar. Jakarta Aquarium ini pas banget sebagai tempat berwisata edukasi buat anak usia balita.

Jakarta Aquarium
*pic jakarta-aquarium.com
Pearl of the South Sea
*pic jakarta-aquarium.com

So, biar nanti kalo ke sana gak perlu pake ngantri saat beli tiket, saya belinya lewat Traveloka aja ah. Dengan easy access, kita bisa masuk lebih cepat, cukup dengan memperlihatkan e-voucher pada petugas yang ada di pintu masuk.

Ugh... Jadi gak sabar deh pengen cepat-cepat bulan Februari, biar bisa segera liburan di Jakarta dan berwisata edukasi di Jakarta Aquarium bareng Faizah! 




36 komentar on "Wisata Edukasi Untuk Anak Usia Balita"
  1. Asyik ya mba bisa liburan sama keluarga , bawa anak-anak jadi happy bareng deh. Coba mba maen ke daerah Bogor deh ada devoyage itu isinya bagus ada bunga n taman juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah kalo ke Jakarta lagi, pengen main ke Bogor aah.. Makasih referensinya mbak.

      Hapus
  2. Liburan bersama keluarga memang selalu menjadi cerita sendiri, dan gak akan pernah lekang oleh zaman. Sangat penting dan emang sangat dibutuhkan, bukan sekedar liburan namun juga menjaga keharmonisan antar anggota keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas.
      Bukan soal ke mana, tapi sama siapa.

      Hapus
  3. wah kayaknya perlu nih ke Jakarta Aquarium.. hehe karena kalo lainnya lebih jauh dan mahil.. heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo beli tiketnya di Traveloka ada diskonnya lhooo

      Hapus
  4. Perlu dicoba nih.. selama 2thn di jakarta baru ke monas aja wkwk.. soalnya suka bingung kemana.. naahb dapet pencerahan nih.. thanks mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum pernah naik ke atas Monas, hehe

      Hapus
  5. Jangankan balita, emaknya ini ke TMII girang setengah mati. Balita kan suka sesuatu yg menarik nan berwarna warni. Bangunan TMII yg macam2 pasti bikin mereka lenasaran pengen masuk satu per satu

    BalasHapus
  6. Menarik nih Jakarta Aquarium, atraksinya cocok untuk anak-anak. Anakku pasti suka klo diajak ke sana. Moga2 suatu saat bisa jalan2 ke Jakarta bareng anak-anak nih.

    BalasHapus
  7. Jakarta Aquarium, belum sempet ajakin Darell ke sana. Kalo Bundanya udah dapat jatah cuti, boleh lah aku ke sana. Makasi mba reviewnya :)

    BalasHapus
  8. TMII, wah udah bertahun-tahun yang lalu ke sana, jadi pingin ke sana lagi..

    BalasHapus
  9. Yang sudah pernah cuma TMII dan Museum Jakarta. Monas aja cuma di halamannya dan dari kejauhan kalau pas lewat. Di Jakarta cukup banyak ya wisata edukasi untuk anak2.

    BalasHapus
  10. Duh, jadi keingetan udah lama gak ngajak anak-anak ke monas dan TMII. Udah banyak berubah sejak terakhir ke sana. Anak-anak bakalan suka deh ya

    BalasHapus
  11. ah wow sekali liburannya mba, buat aku yang belum pernah ngajak anak jalan jalan ke JKT, pengen bgt ngajak Emil ke sana aquarium dan tmii, kebayang wajahnya pasti seneng bget :)

    BalasHapus
  12. Asik ya kalau liburan gini mainnya ke tempat wisata edukasi, sambil bermain belajar

    BalasHapus
  13. jakarta aquarium ini katanya mau tutup loh kak. gara2 mall t4nya mau tutup juga. padahal bagus yaa. smoga nanti pindah ke tempat lain

    BalasHapus
  14. jadi ingat saya pun belum pernah naik sampai ke puncak monas hehehe kalau saya memang menolak sih takut ketinggian :D Jakarta Aquarium saya belum pernah kesana jadi pengen deh bagus ya tempatnya

    BalasHapus
  15. Cuma TMII yang baru saya kunjung i kak. Yang lain belum. Mudah-mudahan ada rejeki dan umur panjang bisa main ke semua tempat ini

    BalasHapus
  16. Nyesel deh pas maen ke Museum Fatahillah ga banyakin stok foto. Selain kamera yang udah mati, muka udah lecek dan berminyak. Jadinya ga pede berpose. Emang pas lagi cuacanya terik sih. Harusnya pagi ya maen ke sana. Nih apa aku harus ngulang gitu ya maen ke sana? Hihihi

    BalasHapus
  17. Seru banget ya tempat liburannya di Jakarta. Bakalan terkenang nanti kl sudah dewasa, kalau lupa siap2 liat fotonya ya mak. Kl saya kecil dulu, dijak ke Monas dan TMII terkenang sampai sekarang.

    BalasHapus
  18. Aku udah beberapa kali datang ke wisata edukasi yg ada di list atas, kecuali ke Jakarta Aquarium. Asik ngajak wisata edukasi dengan balita, karena pas pulang masih bisa diobrolin.

    BalasHapus
  19. Udah lama gak ke Jakarta, nih. Pastinya banyak sekali tujuan wisata saat ini ya. Saya belum pernah ke Jakarta Aquarium. Apa sama dengan Sea World ya?

    BalasHapus
  20. Well noted bwli tiketnya di Traveloka ya, bahkan buat tiket ke tempat wisata begini. Top of mindnya masih tiketpesawat dan hotel sih, tapi makin bahagia krn bjsa cari tiket area wisata di sana sekalian .

    BalasHapus
  21. Belum kesampaian nih pengen ke Jakarta Aquarium. Wlopun Bogor - Jakarta terhitung dekat, tapi kami kalau ke Jakarta biasanya ya fokus ke tujuan aja. Jadi memang harus diagendakan tersendiri buat ke Jakarta Aquarium
    Beli tiketnya di Traveloka, aku udah cek. Ada diskonnya euy

    BalasHapus
  22. Taman mini Indonesia favorit aku tuh...
    Nah, main ke Jakarta Aquarium juga seru banget, ya. Apalagi bisa liat ikan ikan secara lamgsung. Bisa megang pula 😍

    BalasHapus
  23. Wah belum pernah ke Jakarta Aquarium nih, kayaknya seru juga jalan-jalan ke sana sama anak-anak karena sementara ngak ke outdoor dulu secara cuaca masih ngak bersahabat. Apalagi beli tiketnya ngak susah di traveloka.

    BalasHapus
  24. Kebetulan bulan depan mau ke Jakarta. Semoga bisa mampir ke Jakarta Aquarium. Si kecil suka banget sama air dan ikan :D

    BalasHapus
  25. Wah PR nih ke Jakarta Aquarium, Kota Tua, Monas sama TMII udah pernah soalnya hahahaha

    BalasHapus
  26. Aku belum pernah ke Jakarta Aquarium, liat temen2 aku udah pada kesana ajak anak2nya kayaknya seru. tapi selalu gagal ke NEO SOHO karena parkirnya susah :))

    BalasHapus
  27. Dulu waktu anak2ku masih kecil semang banget diajak lihat2 ikan/aquarium besar. Lamgganannya kalau ngga seaworld, ya museum ikan TMII. Kalau Jakarta Aquarium ini aku baru tau. Sekrg anak2ku udah gede2,kapan2 nyoba diajak ke Jakarta Aquarium, mau ngga yaa...

    BalasHapus
  28. Wah kayaknya seru niih Mbak main ke Jakarta Aquarium.. mana si bocah seneng liatin ikan-ikan. NEO SOHO ya, ok dey aku catet, hehehe..

    BalasHapus
  29. Yeaay...aku.mau ke Jakarta dalam waktu dekat nih. Pasti seru explore Jakarta ajak anak anak. Dulu taunya cuma Monas aja, eh sekarang udah beragam yaa ternyata

    BalasHapus
  30. aku juga paling suka ngajak anak wisata edukasi, wisatanya dapat edukasinya dapat, hope suatu hari bisa wisata ke jakarta

    BalasHapus
  31. Wah baru tahuu kalau ada Jakarta Aquarium.. Selama ini tahunya hanya Sea World yang ada di komplek taman impian jaya ancol. Semoga nanti pas ke Jakarta bisa menyempatkan berkunjung ke Jakarta Aquarium.

    BalasHapus
  32. Wuah memang cocok buat anak2 kecil ya
    Ku pengen main ke fatahillah

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.