Fenomena #10YearChallenge

Rabu, Januari 23, 2019

Assalamu alaikum, dear.

Sekarang ini di dunia bloger lagi marak bikin grup di aplikasi Whatsapp untuk saling mengunjungi blog masing-masing. Istilahnya blogwalking atau BW. Salah satu WAG BW yang saya ikuti adalah dengan manteman bloger Makassar.

Dari diskusi dalam grup itu, akhirnya tercetus ide untuk melakukan kolaborasi menulis. Setelah disepakati, akhirnya lahir kurang lebih 10 kelompok kolaborasi yang masing-masing terdiri atas 3 orang bloger, yang berarti nantinya akan terbit 3 tulisan dengan tema yang berbeda dari masing-masing kelompok. Saya sendiri tergabung dalam kelompok 7, bareng Ainhy Edelweiss dan Icha Afriza.

So, setelah berembuk dengan Ainhy dan Icha, maka untuk tema yang pertama dari kami, ditentukan oleh saya sebagai yang paling tua. Adapun temanya adalah tentang "sesuatu yang lagi viral di media sosial".

Buat kamu yang aktif di dunia maya, pasti tau donk challenge yang dalam kurun waktu hampir sebulan ini viral banget, diikuti oleh hampir semua orang, dan mengundang pro dan kontra di tengah masyarakat dunia maya alias netizen?

Yup! Bener banget.

#10YearChallenge

Alias tantangan share foto perbedaan 10 tahun. Entah itu 2009 - 2019 atau pun sesuai usia, yaitu foto di usia sekarang dengan foto 10 tahun lalu, yang digrid atau dikolase.

#10YearChallenge ala Ahmad Dhani
Banyak banget penggiat media sosial yang sudah posting foto mereka, mulai dari kalangan pejabat, tokoh masyarakat, selebriti, orang biasa, termasuk saya juga. *hmm, saya masuk dalam kategori apa ya? Hehe 😜

Saya sendiri membuat kolase foto usia 31 tahun dengan foto usia 41 tahun. Hanya sekedar lucu-lucuan sih, biar ketahuan pernah muda, hihii.. Foto itu saya posting di media sosial Facebook dan Instagram. Di Facebook, foto tersebut hanya menghasilkan 79 respon, yang terdiri dari 73 emoticon (like, super dan laugh) dan 6 orang teman ngasi komentar. Ini mungkin karena trend #10yearchallenge bukan dihasilkan oleh Fb, sehingga banyak yang gak tau soal itu. Beda dengan di Instagram, foto itu mendapat banyak banget like dan comment dari follower, seperti yang bisa kamu lihat dari insight di bawah ini.


Insight foto #10YearChallenge ala Ery di Instagram

Baca juga : 10 Tahun Kemudian

Yang menarik dari challenge ini karena fenomena yang ditimbulkan, mulai dari hal yang sepele, sampai yang kontra seputar foto yang ditampilkan. Dari hasil penelusuran saya, berikut ini hal-hal yang menurut saya lucu seputar #10yearchallenge :

πŸ“· Masalah penulisan

Rupanya penulisan challengenya pun jadi perdebatan. Ada yang bilang seharusnya 10-Year Challenge tanpa huruf 's' di belakang kata 'challenge' karena yang ditantang adalah foto perbedaan 10 tahun lalu dan sekarang, bukan tantangan yang harus dikerjakan selama 10 tahun. Jadi kamu udah tau kan gimana penulisan yang benar?

πŸ“· Kontroversi foto 

Di akun Instagram @krisdayantilemos, KD memposting fotonya bareng Raul tahun 2009 dan 20019. Bukannya dapat pujian, malah dapat hujatan dari netizen yang ingatannya pada kuat kalo tahun 2009 itu KD masih jadi istrinya Anang, haha... Yang baru saya tau cuman KD ya. Mungkin juga ada beberapa artis atau tokoh lainnya yang pasang foto tapi malah menuai kontroversi.

#10YearChallenge ala KD

πŸ“· Mengkolase foto diri dengan artis

Kalo yang ini sih lucu banget sampe bikin ngakak! Banyak yang mengkolase fotonya dengan artis idola, haha. Contohnya teman saya yang gokil ini, Lelaki Bugis. Saking ngefansnya sama Nike Ardilla, fotonya disandingkan sama foto teh Nike.

#10YearChallenge ala Lelaki bugis

πŸ“· Challenge ini sengaja diadakan

Ada juga yang mengatakan kalo challenge ini sengaja diadakan oleh pihak tertentu untuk memudahkan face recognition technology atau tekhnologi pengenalan wajah dalam mengidentifikasi perkembangan wajah dan usia seseorang yang selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai orang tersebut.

πŸ“· Posting foto tanpa jilbab

Ini sih yang paling ok menurutku. Beberapa ulama, khususnya yang perempuan malah mengharamkan challenge ini Karena banyak yang memposting fotonya di tahun 2009 tanpa menutup aurat alias belum berhijab. Saya sih no comment deh kalo masalah yang satu ini, soalnya saya pun kadang masih memposting foto lama saya yang tanpa jilbab, hehe.

Baca juga : Charge Iman

Nah, kalo kamu sendiri, ikutin challenge ini juga gak?

Kalo kamu pengen tau pendapat manteman kolaborasiku tentang #10YearChallenge ini, bisa kamu klik :

Well, mungkin kamu punya pandangan lain, baik pro maupun kontra, tentang challenge ini? Share jawaban kamu di kolom komen yaa...




22 komentar on "Fenomena #10YearChallenge"
  1. oh iya kak, katanya challenge ini ada misi khusus dari inteligent ya? Saya pun sempat memberi teguran pada seorang teman yang memosting poto yang belum berjilbab. Jangan karena trend kita lupa akal sehat hehehe

    BalasHapus
  2. astaga.. masuk ki fotoku di sini *tutupmuka

    btw, perubahan keluarga ta selama 10 tahun toh, Pica mirip Cinta kecil, terus Cinta sekarang mirip Mam Ery waktu abegeh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nike Ardilla ki toh? Wakwkka...

      Iya, kami sekeluarga emang kayak reinkarnasi satu sama lain, hihi..

      Hapus
  3. Saya nda ikutan kak, tapi pace mace justru yang ikutan, lucunya bukan 10 year tapi 20 tahun lebih, foto ketika mereka naik haji tahun 1996 dan umroh di 2018 hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. #22YearsChallenge hahah..
      Atau mungkin tawwa mau ji mereka lihat perbandingan waktu umroh dan naik haji.

      Hapus
  4. awet mudanya kak ery, hampir tidak ada perubahannya. Ada bagusnya juga ikut apalagi di posting di Instagram, kelihatan grafiknya sudah sebanyak apa jangkauannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sudah selebar apa kita sekarang ya, haha

      Hapus
  5. hahaha...makkalaku lihatki fotonya Anchu de. Bisa-bisanya na dapat beh. Kreatif memang mamai Ery.

    BalasHapus
  6. Ikutan #10yearchallenge sebenarnga bisa jadi bahan refleksi sih buat pribadi, setelah 10 tahun kemudian. Dan juga jadi jadi ajang kepuasan narisistik. Betapa kerennya kita pada setiap masanya. Hahaha.

    BalasHapus
  7. hahahah salfok sama yang KD mba Er hahahaha iya yak netizen tuh jeli banget deh urusan bongkar-bongkar aib :D

    BalasHapus
  8. oalahhh ternyata si KD tahun 2009 masih sama Anang toh, pantes aja netijen mahabenar marah2 hahaha, bahayanya mengikuti challenge ini klu gak siap diulik masa lalunya 10 tahun yg lalu, tapi so far bwt seru-seruan why not, apalagi kalau diambil dari sisi positifnya

    BalasHapus
  9. Astaga, awet muda ta kak. Kok malah jauh terlihat lebih muda dari usia 31 tahun. Bagi resep awet mudanya dong kak

    BalasHapus
  10. Challenge ini banyak yang jadi lucu-lucuan teman-teman di socmed juga kak. Saya sih ambil positifnya aja dari challenge yang viral ini. Yang lucu-lucu. Bikin ketawa. Hehehehe..

    BalasHapus
  11. Mau sdikit koreksi typo dibagian kontroversi foto kak. 2019 itu lebih nolnya satu wkwkwkwk malah jadi 20109.

    Untuk chllnge ini sya kmarin nd ikutan kak hehe. Soalnya mmng tidak dpat foto kecil wktu Thun 2009. Palingan cman pas foto ijazah SMP hahaha

    BalasHapus
  12. Pertama kali liat challenge ini sebenarnya tidak tertarik untuk ikutan, tapi mungkin karena saya mendapati hampir semua teman ikut. akhirnya tergoda untuk buka facebook dan laptop, trus cari foto foto jadul. Akhirnya sadar, astaga ternyata saya pernah sekurus itu dan se-eksotis itu HAHAHA

    BalasHapus
  13. Sempat tertarik ikutan challenge ini, tapi mau bongkar-bongkar file foto di laptop itu yang ndak sempat. Sibuttt sama anak bayi.

    Kalau soal penulisan challenge yang pakai s atau ndak itu saya ndak permasalahkan, soalnya ndak tahu mana yang benar. Wkwkwkkwk.

    BalasHapus
  14. saya sempat diprotes juga soal hestekku sama anbhar pas posting foto hahahha katanya, kenapa kita nda pake s?

    Yang pake s itu lagi hauski butuh yang dingin-dingin hahhaha padahal emang ga tau pake 2 atau nda x)))

    BalasHapus
  15. emang aneh-aneh sih orang-orang. tapi kalau saya sih nggak ikutan

    BalasHapus
  16. Kalau saya dari dulu kalau liat transformasi keluarga kak ery, pasti ujung2nya fokus sama Atu'nya pica wkwkwk yang mukanya dari dulu segitu gitu aja.. stay young everlasting OMG....

    BalasHapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.