Image Slider

Membangun Konsistensi Menulis

Minggu, Maret 17, 2019

Sebagai seorang bloger, saya tau betul kalo menulis itu adalah pekerjaan seumur hidup. Bisa terus lakukan, mulai sejak kita bisa menulis sampai gak bisa lagi sama sekali.

Gak ada kata pensiun sebagai penulis, selagi kita masih mampu. Apalagi dengan platform blog yang dipilih sebagai media untuk menulis, dimana kita sendiri yang tulis, kita sendiri yang edit, masukin foto-foto, hingga akhirnya tulisan kita publikasikan, selama internet masih ON.

Ya, semudah itu!

Mengenali Diri Sendiri Lewat Metode Coaching "Points Of You"

Rabu, Maret 13, 2019

Assalamu alaikum, manteman.

Apa yang biasa kamu lakukan untuk menikmati yang namanya "Me Time" alias waktu untuk diri sendiri?

Ke salon?
Ngemall?
Movie marathon?


Banyak orang, khususnya perempuan, menjawab hal-hal seperti tersebut di atas.
Tapi pernah gak, menikmati Me Time dengan cara menengok ke dalam diri sendiri? Mengenali dan menjelajahi diri sendiri, mencari tau hambatan-hambatan diri dan bikin action plan untuk ke depannya?
Mungkin hanya sedikit orang yang melakukannya. Termasuk juga saya.

Sayangnya, banyak orang yang lebih pintar menilai orang lain, ketimbang melihat dirinya sendiri. Ya, lagi-lagi termasuk juga saya kadang seperti itu. Hehe...

Menghias Cupcake a la Pica

Selasa, Maret 05, 2019

Hola! Assalamu alaikum...

Anak usia balita emang lagi seru-serunya belajar sesuatu. Untuk itu pintar-pintarnya kita sebagai orang tua selalu memberikan stimulasi buat mereka belajar. Baik itu yang bisa melatih motorik kasar hingga motorik halus mereka.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, terutama buat anak yang udah mulai bersekolah, seperti Pica. Salah satu yang diadakan di sekolahnya, TK. Telkom Makassar, adalah kegiatan menghias cupcake. 

Tau kan kue cupcake? 

Bagusan Mana, Dilan 1990 Atau Dilan 1991?

Sabtu, Maret 02, 2019

Demam Dilan kembali menjangkiti hampir semua kaum muda hingga emak-emak muda nan labil di seantero Indonesia. Hihii...

Sejak penayangan film Dilan 1991 pada tanggal 28 Februari 2019 lalu,  semua bioskop di Makassar langsung full, dipenuhi gak cuman oleh anak remaja, tapi juga keluarga, khususnya para Ibu, yang saya yakin pasti mereka mau lihat tampangnya Iqbaal Ramadhan.

Cinta Dunia Takut Mati

Kamis, Februari 28, 2019
Assalamu alaikum

Hampir sebagian orang pasti merasa takut menghadapi yang namanya kenatian. Karena saya pun begitu. Tapi itu dulu...

Setelah saya mulai memperdalam agama, saya jadi tau kalo sesungguhnya kita hidup di dunia ini hanya sementara, dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. Sehingga banyak orang lupa bahkan tidak tau sama sekali hakikat sesungguhnya kenapa kita hidup di dunia ini.

Ketika Anakmu Sudah Berusia 20 Tahun

Senin, Februari 25, 2019

Hola! Assalamu alaikum πŸ™

Alhamdulillah, hari ini tepatnya tanggal 25 Februari 2019 anak sulung saya, Alifah, sudah menginjak usia 20 tahun.
Hhuuhu.. Terus terang saya jadi baper.

Sebulan sebelum ulang tahunnya, tepatnya setelah ulang tahunnya Nadhif tanggal 27 Januari lalu, saya ngomonk ke Atu,

BUKAN PEREMPUAN BIASA di Net TV SulSel

Sabtu, Februari 23, 2019

Undangan Jadi Narasumber

Siang itu, sebuah pesan singkat masuk lewat aplikasi Whatsapp saya,

"Assalamu Alaikum... saya  Fitri NET TV Sulsel. Kami berencana mengundang kakak utk jadi Narasumber di Program kami "Bukan Perempuan Biasa". Semoga berkenan..terima kasih"

"Wah, masuk tv lagi nih!" pikirku, sebelum menjawab pesan itu. Saya pun bertanya, bagaimana konsep acara ini, saya ditampilkan dalam kapasitas sebagai apa, apa aja yang akan ditanyakan, dan durasi penayangan. Rupanya acara ini menampilkan sosok perempuan yang pekerjaannya banyak berpengaruh langsung terhadap masyarakat, namun tidak terlalu terekspos oleh media. Akhirnya saya dan Mbak Fitri janjian untuk menentukan jadwal syutingnya.

148 COFFEE - Dahulu Warkop Tradisional, Sekarang Warkop Kekinian

Rabu, Februari 20, 2019
Menjamurnya warung-warung kopi di Kota Makassar seolah merupakan tuntutan dari masyarakat, kaum urban, yang butuh tempat buat sekedar nongkrong, ngumpul bareng teman atau emang pengen suasana baru dalam menikmati menu-menu, terutama kopi, yang disajikan. Makanya warung kopi atau cafe yang instagramable banyak bermunculan, walopun kadang akhirnya gak banyak juga yang bisa bertahan karena gempuran persaingan bisnis dan trend desain yang selalu terus berubah mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia maya. Selain itu juga sesuai tabiat orang Makassar, di mana ada yang baru, di situlah yang rame πŸ˜€

Salah satu yang masih bertahan hingga saat ini adalah 148 Coffee.

148 Coffee

Wajah Bersih Dengan WARDAH Cleansing Micellar Water

Minggu, Februari 17, 2019

Punya wajah yang bersih dan mulus adalah dambaan setiap orang, khususnya wanita. Tapi ada juga yang pengen berkulit wajah bersih dan mulus tapi malas melakukan perawatan. Padahal untuk merawat wajah itu gak butuh biaya mahal dan gak perlu waktu khusus. Asal rutin dirawat, pasti kulit wajah bersih dan mulus bisa terwujud. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan wajah setiap hari, terutama setelah dari bepergian keluar rumah dan setelah penggunaan kosmetik.

Sebagai pencinta produk Wardah, saya juga pakai Wardah Cleansing Micellar Water dan sekarang jadi andalan saya. Makanya pengen saya review di blog EMaronie.com, walopun sebenarnya produk ini udah cukup lama ada, kurang lebih sejak tahun 2017 lalu. 

So, let's check out my review!

19 Lagu DEWA19 Favoritku

Kamis, Februari 14, 2019
*pic from IG @de19wa

Hola! Assalamu alaikum,

Hampir semua dari kalian mungkin udah tau kalo saya tuh ngefans banget sama band Dewa 19, terutama Ahmad Dhani, pentolannya. Apalagi sejak Dhani dibui, setiap hari rumahku selalu rame dengan lagu-lagu Dewa 19 yang terputar video klipnya lewat layar You Tube.

Hampir semua karyanya di album-album Dewa 19 saya hapalin. Makanya kalo ditanya saya paling suka lagu yang mana, pasti saya bakal susah jawabnya, karena hampir semua saya suka! Tapi, biar gak kepanjangan nulisnya di blog, saya akhirnya pilih 19 lagu yang paling favorit. Kenapa 19? Biar sesuai aja sama nama bandnya, Dewa 19, hehe...

So, kalo kamu pengen #kepoin lagu apa aja itu, just cekidot!
*yang pasti bisa bikin kamu auto nyanyi 😜

Nostalgi(l)a Masa SMA

Senin, Februari 11, 2019

Assalamu alaikum.
Hola!

Gak terasa, di tahun 2019 ini, almamaterku bakal ngerayain reunian 25 tahun kami tamat SMA.
WOOHOOOO!!! πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰

Udah tuwir banget ya saya? Heheh..
Gak donk! Baru juga 40an.
Usia boleh tua tapi semangat harus tetap muda. Yekan?!

Dan kebetulan banget, mantemanku yang berkolaborasi (Icha Afrisa dan Ainhy Edelweis) blog kali ini ngasi tema "nostalgia SMA". Ok lah kalo begitu! Saya sih ayo aja dengan tema apapun, asal jangan yang berat-berat, cukup Dilan aja yang rasakan beratnya rindu #eh.

LYCKLIG - Ice Cream Rasa Gelato

Jumat, Februari 08, 2019

Es krim merupakan salah satu menu yang paling banyak disukai oleh hampir semua orang. Mulai dari zaman Romawi hingga sekarang, perkembangan menu es krim sudah makin beragam dan gerai penjualan es krim pun ada di mana-mana.

Berawal dari kesukaannya makan es krim, Yani pun berinisiatif untuk membuka gerai es krim di Makassar. Kala itu, di tengah cuaca terik di Bali, Yani menikmati es krim di gerai Lycklig yang terletak di kawasan Seminyak. Sewaktu menyantap es krim yang lembut, tiba-tiba terbesit ide untuk membeli franchise dari kedai es krim yang baru pertama kali dicobanya itu. Karena teksturnya yang lembut, cita rasanya yang emang enak dan penyajiannya yang simple, jadi alasan wanita yang masih berstatus sebagai karyawan salah satu bank swasta ini untuk menjajaki dunia bisnis es krim.

Wajah Baru Komunitas Bloger ANGING MAMMIRI

Senin, Februari 04, 2019
Jika sebuah komunitas bisa mencapai usia hingga 10 tahun lebih, itu berarti sebuah prestasi yang membanggakan. Sebab gak semua komunitas bisa bertahan lama dan punya susunan pengurus yang rapi dan berganti setiap kurang lebih 3 tahun sekali.

Salah satu yang masih bertahan dan eksis hingga saat ini adalah komunitas Anging Mammiri. Sebuah komunitas bloger Makassar yang mewadahi para anggotanya yang terdiri dari para bloger, baik yang masih aktif atau pun yang sudah lupa password blognya.

Hari Minggu, tanggal 3 Februari 2019 kemarin, bertempat di Warunk Upnormal jalan Andi Djemma Makassar, kami para blogger kembali berkumpul untuk bersilaturahim dan menjadi saksi sejarah pergantian pengurus komitas tersebut.

Pizza Buatan Pica

Jumat, Februari 01, 2019

Assalamu alaikum,

Kembali tayang lagi kolaborasi blogger Anging Mammiri kelompok 4 yang digawangi oleh saya, Icha dan Ainhy. Setelah pada kolaborasi yang pertama kami membahas soal yang lagi viral di media sosial, maka untuk tema yang ke-2 yaitu KULINER. Tema ini dipilih oleh Icha Afriza yang membebaskan kami untuk bahas apa aja, asal dengan garis besar kuliner.

Saya sih udah sering bahas kuliner, khususnya ngereview tempat-tempat makan, baik yang ada di Makassar maupun di kota lain yang pernah saya datangi. Selain itu juga sesekali membahas menu-menu kuliner, baik tradisional termasuk juga keunikannya.

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berlibur

Minggu, Januari 27, 2019

Assalamu alaikum, manteman.

Sadar gak sih kalian, kalo saat ini liburan itu seolah jadi salah satu kebutuhan utama bagi sebagian orang? Bahkan ada yang pekerjaannya ya emang liburan alias traveling ke mana-mana, seperti para travel bloger dan vloger itu. Asyik banget ya, udah liburan, dibayar pula!

Saya sendiri menganggap liburan sebagai sebuah refreshing yang perlu dilakukan paling kurang sekali dalam setahun. Mumet juga kan rasanya kalo jiwa dan raga dipake untuk berpikir dan kerja melulu? Makanya harus ada yang namanya istirahat. Bukan hanya dengan berdiam diri atau tiduran tapi juga dengan halan-halan shantaiiii.


Tapi, sebelum pergi berlibur, ada 7 hal yang harus diperhatikan. 7 hal ini yang selalu saya terapkan biar liburan, terutama saat bareng keluarga, bisa sukses, lancar jaya, anti BT πŸ˜ƒ

Apa aja itu? Just cekidot!

Launching Trailer dan Poster Film ANAK MUDA PALSU

Sabtu, Januari 26, 2019
Setelah sukses memproduksi film Uang Panai di tahun 2016 dengan pencapaian sebanyak 600.000 penonton dan film Halo Makassar di tahun 2018 dengan jumlah penonton sebanyak 65.000. maka di tahun 2019 ini Finisia Production kembali meramaikan dunia perfilman tanah air dengan memproduksi film berjudul ANAK MUDA PALSU.


Dari judulnya udah langsung ketahuan kalo film ini bergenre komedi. Sebuah kalimat yang jauh sebelum film ini diproduksi, saya udah pernah baca tulisannya di belakang pete-pete (angkot, Makassar), gede, tertulis Anak Muda Palsu. Kalimat itu langsung bikin saya ngakak. Soalnya konotasi yang ada di pikiranku itu adalah tentang seseorang yang sudah berumur tapi masih bergaya seperti anak muda, sehingga disebut sebagai anak muda palsu.

Pemilihan judul oleh sang penulis skenario emang ok banget. Entahlah apakah mereka juga terinspirasi dari tulisan di belakang pete-pete itu. Who knows ya, hehe...

Saatnya Engkau Kembali


Assalamu alaikum 😘

Ahad, 1 April 2018 lalu saya menghadiri tabligh akbar yang tauziahnya dibawakan oleh Peggy Melati Sukma. Semua pasti tau siapa dia. Artis era '90an yang kini udah hijrah, bercadar, mengganti namanya menjadi Khadijah dan mendedikasikan hidupnya dalam Islam sebagai ustadzah.

Hijrahnya itu yang bikin saya penasaran untuk mendengar ceramahnya. Dan dari hasil catatan saya, berikut ini yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat bagi manteman yang membacanya.

Wisata Edukasi Untuk Anak Usia Balita

Jumat, Januari 25, 2019

Assalamu alaikum, temans

Gak terasa waktu berjalan sangat cepat. Perasaan baru kemarin merayakan tahun baru, eh bentar lagi udah masuk ke bulan Februari.

Setelah liburan panjang di awal tahun kemarin, akhirnya aktivitas kita dengan segala rutinitas udah mulai normal kembali. Yang sekolah, yang kantoran, yang ibu rumah tangga, yang bloger kayak saya, semuanya udah kembali sibuk masing-masing.

Nah, mumpung di bulan Februari nanti ada hari libur, saya pengennya liburan lagi nih bareng anak-anak. Soalnya di  akhir tahun kemarin, kami gak sempat pergi liburan ke mana-mana. Kalo bareng anak-anak sih saya sukanya wisata edukasi. Jadi gak sekedar berwisata, tapi juga menambah pengetahuan mereka. Tujuannya sih ke Jakarta lagi aja, biar sekalian saya bisa jenguk adik yang tinggal di sana.

Well, sebenarnya kalo di Jakarta beberapa tempat wisata edukasi udah pernah pernah didatangi, diantaranya :



Saya membawa anak-anak berkunjung ke Museum Fatahillah alias Museum Sejarah Jakarta sewaktu kami liburan di bulan Desember 2016. Di museum ini kami masuk berkeliling di dalamnya, melihat situs sejarah seperti batu granit dan sebagainya, sejarah perkembangan kota dan warga Jakarta, furniture yang digunakan di masa Hindia Belanda dan masih banyak lagi.

Sayangnya yang paling merasa enjoy cuman saya doank! Haha... Anak-anak saya sepertinya gak begitu antusias, ditambah lagi karena cuaca yang cukup panas dan kurangnya pendingin di dalam museum. Terutama Faizah yang waktu itu baru berusia 2 tahun emang belum ngerti sih tentang sejarah. Dia ketawa-ketawa senang hanya waktu sesi foto bareng para performer atau orang-orang yang berpakaian seperti Raden Fatahillah, Pangeran Jayakarta, tentara dan noni Belanda hingga ondel-ondel.



Tadinya pengen naik sampai ke puncak Monas untuk lihat pemandangan Kota Jakarta dan sekitarnya serta diorama yang ada di atas. Tapi berhubung waktu itu antrian buat masuk ke Monas terlihat mengular sampai keluar, niatan itu jadi batal. Kami pun hanya jalan santai di seputaran Monas. Lumayan lah, anak saya, khususnya Nadhif jadi tau sedikit sejarah Monas dari yang saya ceritakan dan gedung-gedung apa aja yang ada di sekitar Monas.

Insya Allah niatan untuk naik sampai ke Monas bakal saya wujudkan kalo ke Jakarta lagi. Aamiiin



Sebenarnya saya gak pernah ada rencana sama sekali untuk bawa anak-anak berkunjung ke TMII. Tapi suatu waktu pulang dari sekolah, Faizah merengek minta dibawa ke Taman Mini kalo ke Jakarta. Katanya, "Ibu Guru bilang, kalo Pica ke Jakarta nanti harus ke Taman Mini karena di sana itu bagus". Akhirnya sewaktu ke Jakarta di bulan Oktober 2018, berkunjung ke TMII masuk dalam itinerary yang saya buat. 

Walopun kunjungan di TMII hanya ke Istana Anak-anak, Anjungan Sulawesi Selatan dan Keong Mas, tapi Faizah udah senang banget. Apalagi Istana Anak-anak itu bangunannya persis istana putri yang ada di Disneyland. Di Anjungan Sulawesi Selatan pun Faizah bisa lihat rumah adat Tongkonan dan Tedong khas Toraja.

So, dari ketiga tempat di Jakarta yang pernah saya datangi bareng anak-anak, kebaca dengan jelas kan. yang mana bikIn Faizah jadi girang. Yes, Taman Mini Indonesia Indah. Karena emang bangunan dan suasananya seperti di taman bermain. Gak kaku, seperti kanebo kering di museum yang berupa bangunan tua dengan barang-barang di dalamnya yang juga jadoel.

Anak usia balita memang kurang cocok kalo dibawa berwisata edukasi dengan mendatangi museum. Makanya saya mulai cari referensi melalui internet apa saja tempat wisata edukasi yang bikin balita senang, seperti taman bermain, kebun binatang, atau tempat wisata alam. Akhirnya saya dapat satu tempat wisata yang terbilang baru, yang terletak di sebuah pusat perbelanjaan Neo Soho di Jakarta Barat, yaitu Jakarta Aquarium.

Jakarta Aquarium ini adalah tempat wisata edukasi yang merupakan aquarium dan pusat konservasi. Jadi kita bisa menikmati berbagai aneka keragaman biota laut di sana. Kita bisa bertemu dengan Berang-berang yang lucu dan cerdas di Otter Exhibition atau menyentuh langsung hewan-hewan bawah laut di Touch Pool. Kita juga bisa tracking Di bawah laut dan bertemu dengan Stingray. Bahkan kita bisa lho menyelam bareng Hiu!

Tapi saya yakin kalo bawa Faizah ke sana, dia pasti paling suka nonton pertunjukan theater "Pearl of the South Sea" yang menampilkan trik ilusi dan tarian Putri Duyung di dalam air. Selain itu ada juga aktivitas buat si kecil, yaitu menggambar, mewarnai, memindai, dan menyaksikan ikan buatannya berenang bebas di layar besar. Jakarta Aquarium ini pas banget sebagai tempat berwisata edukasi buat anak usia balita.

Jakarta Aquarium
*pic jakarta-aquarium.com
Pearl of the South Sea
*pic jakarta-aquarium.com

So, biar nanti kalo ke sana gak perlu pake ngantri saat beli tiket, saya belinya lewat Traveloka aja ah. Dengan easy access, kita bisa masuk lebih cepat, cukup dengan memperlihatkan e-voucher pada petugas yang ada di pintu masuk.

Ugh... Jadi gak sabar deh pengen cepat-cepat bulan Februari, biar bisa segera liburan di Jakarta dan berwisata edukasi di Jakarta Aquarium bareng Faizah! 




Fenomena #10YearChallenge

Rabu, Januari 23, 2019

Assalamu alaikum, dear.

Sekarang ini di dunia bloger lagi marak bikin grup di aplikasi Whatsapp untuk saling mengunjungi blog masing-masing. Istilahnya blogwalking atau BW. Salah satu WAG BW yang saya ikuti adalah dengan manteman bloger Makassar.

Dari diskusi dalam grup itu, akhirnya tercetus ide untuk melakukan kolaborasi menulis. Setelah disepakati, akhirnya lahir kurang lebih 10 kelompok kolaborasi yang masing-masing terdiri atas 3 orang bloger, yang berarti nantinya akan terbit 3 tulisan dengan tema yang berbeda dari masing-masing kelompok. Saya sendiri tergabung dalam kelompok 7, bareng Ainhy Edelweiss dan Icha Afriza.

So, setelah berembuk dengan Ainhy dan Icha, maka untuk tema yang pertama dari kami, ditentukan oleh saya sebagai yang paling tua. Adapun temanya adalah tentang "sesuatu yang lagi viral di media sosial".

Lipcream ZAP BEAUTY yang Kaya Vitamin E

Kamis, Januari 17, 2019
*pic by @qiahladkiya

Assalamu alaikum,
Sebagian besar perempuan kalo ditanya suka pake kosmetik apa, pasti dijawabnya lipstik.

Lipstik emang jadi salah satu produk kosmetik yang wajib dimiliki setiap perempuan. Rasanya belum sah keluar rumah kalo gak pake lipstik, setelah pake pensil alis, hehe...

Kali ini saya pengen ngereview lipstik atau lebih tepatnya lipcream merk ZAP yang diberi label ZAP BEAUTY.

Siapin Tissue Nonton KELUARGA CEMARA

Sabtu, Januari 12, 2019

Halta yang paling berlhalga adalah kelualga...

Demikian lagu itu dinyanyikan berulang-ulang dengan artikulasi cadel dari mulut Faizah. Lucu juga dengarnya, haha...

Ya, setelah nonton film Keluarga Cemara di bioskop, Faizah gak henti-hentinya nyanyiin lagu itu.

#kepoin 5 Tulisan Terlaris di Blog EMARONIE Sepanjang 2018

Rabu, Januari 09, 2019
*pic by @qiahladkiya

Assalamu alaikum,

Memasuki tahun 2019, hampir setiap orang pasti punya target tertentu dalam hidupnya. Target itu biasanya sesuai profesi masing-masing. Kalo yang berprofesi sebagai blogger, kadang targetnya pengen lebih banyak menerbitkan tulisan, dapat lebih banyak job menulis, dapat kunjungan lebih banyak di blog, dan bermacam target lainnya.

Tapi kalo flashback gimana?

Lewat tulisan ini, saya pengen flashback ke belakang, tepatnya ke tahun 2018. Tulisan yang mana aja sih di blog emaronie ini yang paling banyak dibaca oleh para netizen sejagad raya? 
#tsaaah

Yuk, mareee kita #kepoin!

Nikmatnya IKKUDO ICHI, Spesialis Ramen Jepang

Minggu, Januari 06, 2019

Assalamu alaikum...
Di musim hujan seperti sekarang ini, menu apa yang paling enak disantap?
Kalo saya sih sukanya menu berkuah dengan cita rasa yang kaya bumbu dengan sedikit pedes. Diseruput perlahan, aah... Sensasi nikmatinya makin terasa!

Huhhuyyy... Jadi ngences deh tuh 😜

Salah satu menu yang enak adalah ramen. Mie yang kita kenal berasal dari Jepang ini menurut Wikipedia adalah :


Ramen (拉麺;ラーパン) adalah masakan mie kuah Jepang yang berasal dari China

Nah lho, gimana tuh maksudnya? 
Mie kuah Jepang tapi dari China?

Charge Iman

Kamis, Januari 03, 2019

Assalamu alaikum,

Sesuai resolusi saya untuk tahun 2019 adalah saya ingin lebih memperdalam ilmu agama Islam dan menjadi muslimah yang sholehah. Aamiiin.

Hal ini berawal dari kepergian saya beribadah umroh di bulan Maret 2018 lalu. Sejak itu saya sadar, betapa lalainya saya selama ini. Saya pun mulai memperbaiki diri, termasuk dengan lebih sering mendatangi majelis taklim untuk menambah ilmu.

Good Bye 2018 ~ Welcome 2019

Selasa, Januari 01, 2019

Assalamu alaikum
Bismillah...

Tahun 2018 sudah meninggalkan kita.
Banyak kejadian yang telah dilewati, baik yang bikin ketawa, senyum hingga nangis.

Buat saya pribadi, ada 2 peristiwa yang gak mungkin terlupakan, yaitu ketika pertama kali saya dan Papi beribadah umroh ke Baitullah pada bulan Maret dan sewaktu Papi terkena serangan jantung di bulan Oktober.