Menikmati Menu Jepang ala ASOKANORI

Jumat, Desember 07, 2018
Assalamu alaikum,

Salah satu menu yang paling banyak disukai orang dari hampir seluruh negara di dunia ini adalah menu khas Jepang atau Japanese Food. Negeri Sakura itu memang memiliki banyak kuliner khas dengan citarasa yang super lezat. Sebut saja Yakiniku, Shabu-shabu, Sushi dan masih banyak lagi.


Makanya gak heran kalo di Indonesia banyak banget resto Jepang yang bertebaran di mana-mana untuk memenuhi keinginan masyarakat penggemar menu khas Jepang. Demikian pula di Makassar.

Baca pula : Bisnis Kuliner

Salah satu yang baru buka pada hari Senin tanggal 3 Desember 2018 lalu adalah Restoran Asokanori, bertempat di Jalan Tupai no.36 Makassar. Resto ini menambah daftar restoran Jepang di Kota Makassar.

Awalnya resto ini dikenal dengan nama Dapur Asokanori, dengan mengusung konsep Delivery Japanese Cuisine, yakni mengantar Yakiniku dan Shabu-shabu ke rumah pemesannya. Lengkap dengan kompor portable, panggangan serta peralatan makan dan minum, termasuk sumpit. Tapi sekarang para pelanggannya telah dimanjakan dengan kehadiran restoran Asokanori. Mereka bisa menyantap menu-menu dari Asokanori tanpa harus memesan satu hari sebelumnya. Tinggal datang ke resto dan menikmati menu favoritnya.

Suasana yang Kental dengan Nuansa Jepang

Area pintu masuk

Restoran Asokanori menawarkan konsep restoran Jepang yang berbeda di Kota Daeng ini. Terlihat chic dan casual namun tetap terlihat elegan. Tampak dari depan berupa jendela kotak-kotak besar dengan jalan masuk yang terletak di sebelah kiri. Di sini nuansa Jepang mulai terlihat dengan wall painting bergambar ornamen Jepang di sebelah kiri dan kain Shibori di dinding sebelah kanan serta lampion yang digantung di plafond.
Begitu masuk ke area resto, terlihat interiornya yang didesain dengan dominan kayu dan sentuhan berwarna putih. Penambahan mural dan ornamen seperti lampion, kain Shibori dan pernak-pernik bernuansa Jepang membuat suasana Jepang makin kental. Gak heran, karena semuanya emang didatangkan dari Jepang.

Meja dan kursi terbuat dari kayu dilengkapi dengan kompor portable di tengah meja. Terdapat pula ruang VIP dengan konsep Tatami Room yang muat untuk 20 orang tapi dengan penyekat yang bisa dibuka tutup di tengah ruang sehingga bisa disesuaikan dengan jumlah pengunjung akan akan memakai ruangan tersebut.

Restonya emang gak begitu besar. Hanya muat sekira untuk 64 orang pengunjung saja.

Area servis
*pic from ayiprima.con
Area saji
*pic from ayoprima.com
Tatami Room
*pic from ayiprima.com
Menu dari Bahan yang Berkualitas

Ada beragam menu yang ditawarkan di restoran Asokanori ini, seperti Yakiniku, Shabu-shabu dan Sushi, tapi yang menjadi andalan adalah saos Yakiniku dan Shabu-shabu yang merupakan hasil racikan sang pemiliknya, yakni Ibu Ida Noer Haris. Pengunjung selalu ngasi testimoni positif untuk saos yang lezat itu. Sushi yang disajikan juga gak kalag menariknya. Perpaduan kreasi keindahan dan cita rasa nikmat. Ada berbagai pilihan menu Sushi, mulai dari satuan hingga yang digabung dalam satu paket.

Ibu Ida (ujung kiri) foto bareng blogger & jurnalis Makassar
*pic @echapanritalopi

Baca juga : Menjelajahi Menu Khas Bali

Waktu berkunjung ke sana, saya dan manteman blogger disuguhi masing-masing 1 paket Yakiniku yang terdiri dari ayam, sosis dan daging Sirloin, seharga Rp.125.000 termasuk nasi dan minuman berupa Ocha, baik panas maupun dingin yang bisa direfill. Serta tambahan daging Seohyun Plates yang gak masuk dalam paket. Selain itu di setiap meja diberi 1 paket Sushi yang terdiri dari :

🍙 Black Caviar + Telur Ikan Hiu.
🍙 Cavier dengan citasa Wasabi.
🍙 Ikan Tua Mentah
🍙 Belut Jepang + Telur Ikan Terbang + Keju 
🍙 Timun, Wijen Sushi

Semua Sushinya itu pake nasi yang gak terlalu banyak, sehingga kita bisa rasain sendiri sensasi rasanya. Sepaket Sushi ini dibandrol dengan harga Rp.250.000.

Yakiniku Rp.125.000
Udon
Sushi Rp. 250.000
Matcha Ice Cream Rp. 27.000

Saat ini Asokanori masih menggunakan Mirin, bumbu dapur berupa minuman beralkohol, sebagai campuran bahan masakannya, dalam jumlah yang tidak banyak. Tapi jika pengunjung meminta tidak pakai Mirin untuk pesanannya, maka pihak Asokanori bisa mengganti dengan bahan lainnya yang serupa, tapi tidak menjamin akan rasa yang tentu tidak sesuai dengan aslinya.


"Kami menyajikan hanya bahan-bahan yang berkualitas tinggi tapi dengan harga yang terjangkau" kata Ibu Ida.

Enjoy, Alifah!

Menu Tradisional Bersanding dengan Menu Internasional

Ada sebuah sajian unik dalam salah satu menu Yakiniku, yakni kehadiran menu tradisional asal Enrekang, Sulawesi Selatan, DANGKE

Kehadiran keju khas Enrekang ini, bersanding dengan menu internasional, memang adalah misi Ibu Ida untuk mengangkat keberadaan Dangke ke level yang lebih tinggi. Dangke yang masih fresh didatangkan langsung dari Enrekang setiap hari dan disajikan dengan cara dibakar dan dicocol saos Yakiniku, sehingga hadir cita rasa yang unik.

Dangke sebelum dipanggang


Saya yakin, kalo Papi dibawa makan di Asokanori ini, pasti bakal lebih lahap menyantap Dangke dibanding daging Yakiniku, apalagi Sushi, hihii...

So, tunggu apa lagi? Segera ke Restoran Asokanori, karena selama masa pembukaan ada promo diskon 10% untuk menu Yakiniku dan Shabu-shabu. Selain itu, ke depannya akan ada promo khusus bagi profesi tertenty seperti bankers, PNS, lawyer, tenaga medis dan pelajar. Untuk promo selengkapnya, kamu bisa cek di Instagram @asokanori.



ASOKANORI
Jl. Tupai no. 36 Makassar 
Tlp. 0411-856686 / 0811-4495588
Jam ops : Pk. 10.00 - 22.00