Pola Asuh "Grow Happy" oleh Nestle LACTOGROW

Minggu, November 25, 2018
*pic by @ungatawwa

"Saya akan bahagia kalo anak-anak saya bahagia", demikian kata sebagian orang tua tentang kebahagiaan.
Padahal pemikiran seperti ini SALAH BESAR!!! Seharusnya orang tua dulu yang bahagia, sehingga bisa menghasilkan anak yang bahagia.

Hal ini diungkapkan oleh Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, SFP, ACC, pada talk show "Berbagi Tips Pola Asuh Grow Happy Kepada Orang Tua" yang diadakan oleh Nestle LACTOGROW, Rabu - 21 November 2018 lalu di Kota Makassar, dengan mengundang blogger dan jurnalis.

Narasumber & seluruh peserta acara

Manfaat Kebahagiaan Bagi 
Tumbuh Kembang Anak

Lebih lanjut Elizabeth atau yang akrab disapa Miss Lizzy ini menjelaskan bahwa tekanan hidup modern ini berdampak pada kebahagiaan orang tua itu sendiri. "Bagaimana bisa mendukung kebahagiaan anak, kalo orang tuanya sendiri tidak tahu bagaimana membahagiakan diri sendiri? Karena orang tua yang bahagia akan menghasilkan anak yang memiliki ketahanan terhadap stres dan tantangan hidup di masa depan, anak-anak ini dihasilkan melalui pola asuh orang tua yang bahagia dan terlibat langsung dalam aktivitas anak-anak."

Kebahagiaan saat masa kanak-kanak memiliki pengaruh positif terhadap tumbuh kembang kognitif (proses belajar), nilai diri (self-esteem), social skill serta karakter anak saat dewasa. Begitu pun dengan tumbuh kembang aspek sosial-emosional, anak yang bahagia sejak kecil memiliki peluang lebih besar untuk menjadi individu yang memiliki emosi positif dan kepuasan hidup yang tinggi di masa dewasa kelak. Kebahagiaan masa kanak-kanak telah diakui sebagi sumber faktor paling berpengaruh terhadap kebahagiaan saat dewasa jika dinandingkan dengan sumber kebahagiaan lain seperti keberhasilan akademik, jabatan pekerjaan ataupun kebahagiaan.

Happy Parents = Resilient Children.

Baca juga : Bahagia Itu ...

Pada umumnya para orang tua sudah mengerti teori pentingnya mendukung anak tumbuh bahagia, seperti menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak. Namun yang menjadi tantangan adalah bagaimana mewujudkan kondisi tumbuh bahagia (Grow Happy) itu. Nah, Miss Lizzy juga ngasi tips nih, supaya orang tua lebih terlibat dalam kegiatan anak :

πŸ’™ Bukan terfokus pada jenis aktivitas, namun waktu kebersamaan. (Quality Time)
πŸ’™ Tidak ada distraksi (gangguan) pada saat melakukan aktivitas bersama anak).
πŸ’™ Melakukan eye-to-eye contact saat bersama anak.
πŸ’™ Buatlah anak merasa dirinya paling penting.

Selain itu ada kiat dari Miss Lizzy yang nisa membantu orang tua untuk membesarkan anak agar tumbuh bahagia, diantaranya :

πŸ’™ Memberikan makanan tepat waktu dan gizi.
πŸ’™ Mendukung kompetensi anak.
πŸ’™ Cukupi waktu tidur anak.
πŸ’™ Memberikan cinta tanpa syarat kepada anak. (Unconditionally Love).
πŸ’™Menjadi orang tua yang bahagia sehingga bisa menularkan kebahagiaannya kepada pasangan dan anak.

Ery bareng dr. Fatima, Mbak Lani, Priska Adnan (istri Bupati Kab. Gowa) dan Miss Lizzy
Happy Mommy :)




Nestle LACTOGROW sebagai susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas, mengadakan workshop bertema Grow Happy Parenting ini memang untuk berbagi tips mengenai gaya pola asuh 'Grow Happy' kepada para orang tua yang memiliki beragam tantangan di masa yang lebih dinamis dan modern seperti sekarang ini, dalam menjalani perannya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil pemaparan studi Child Happiness yang diumumkan Nestle LACTOGROW pada bulan Juli lalu di Jakarta. Studi Child Happiness menemukan bahwa anak merasa bahagia saat bermain bersama orang tua, bahkan lebih bahagia dibanding ketika mereka main bareng adik atau kakaknya. Namun nyatanya ditemukan lenih dari 50% orang tua merasa belum cukup hadir dan terlibat dalam kegiatan bersama si kecil.

Disamping memaparkan tentang arti kebahagiaan keluarga serta kecukupan gizi anak Indonesia, studi ini juga mengungkapkan bahwa saat menilai karakteristik kebahagiaan anak, kebanyakan orang tua hanya memperhatikan ciri-ciri fisik, misalnya saja saat anak menunjukkan ekspresi ceria atau aktif bergerak. Padahal menurut  Myers & Dieners (2018), kebahagiaan anak bukanlah kegembiraan sesaat saja, mamu lebih kepada rasa nyaman, aman dan diterima baik di lingkungan sosialnya.

Studi Child Happiness juga mengungkapkan bahwa anak Indonesia berpotensi kekurangan asupan gizi yang seimbang, yang dapat mememnuhi tumbuh kembang dan kebahagiaan mereka. Studi ini sejalan dengan hasil penelitian lain yang menunjukkan bahwa masalah kekurangan gizi pada anak di Indonesia masih tergolong tinggi.

Anak Tumbuh Bahagia dengan Asupan Gizi Lengkap & Seimbang

Adapun Dokter Spesialis Anak dr. Fatima Safira Alatas, Ph.D, Sp.A(K) mengatakan bahwa untuk mendukung kebahagiaan seorang anak, harus mengkonsumsi zat gizi secara lengkap dan seimbang supaya memiliki saluran pencernaan yang sehat, sehingga anak akan memiliki selera makan dan pola tidur yang baik yang bisa menunjangnya untuk tumbuh dan berkembang secara lebih bahagia dan optimal.

"Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui dan mengerti nutrisi seimbang, termasuk susu dengan kandungan gizi untuk melengkapi asupan nutrisi bagi buah hati mereka." kata dr. Fatima.

Untuk membentuk saluran cerna yang sehat, keseimbangan mikrobiota usus harus dijaga, diantaranya dengan :

πŸ’™ Mengkonsumsi makanan bernutrisi lengkap dan bervariasi.
πŸ’™ Mengkonsumsi makanan yang mengandung pribiotik yang bermanfaat baik bagi kesehatan pencernaan.
πŸ’™ Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur.

Ki-ka : dr.Fatima, Mbak Lani, Miss Lizzy & MC

Dalam acara yang edukatif dan informatif banget siang hari itu, hadir pula Brand Manager Nestle LACTOGROW Gusti Kattani Maulani. Mbak Lani, sapaannya, menyampaikan bahwa melalui kampanye Grow Happy, Nestle LACTOGROW ingin membantu orang tua untuk bisa menerapkan kemampuan untuk membangun kebahagiaan dirinya sendiri agar bisa membagikan kebahagiaannya pada anak dan keluarga, serta menyediakan nutrisi yang optimal bagi anak untuk tumbuh bahagia.


Pada kesempatan ini pula, Nestle LACTOGROW memperkenalkan tampilan barunya yang telah diperkaya dengan DHA, Kalsium, Minyak Ikan dan Lactobacillus Reuteri yang bermanfaat untuk tumbuh kembang.


Ini adalah kali ke empat saya menghadiri talk show yang diadakan oleh Nestle LACTOGROW. Dua acara sebelumnya bisa kamu baca di sini

Nah, dari acara yang saya hadiri akhirnya saya tau kalo titik penekanan susu ini berbeda dengan merk susu lainnya. Nestle LACTOGROW sangat mementingkan kebahagiaan anak. Karena kebahagiaan bisa membentuk generasi bangsa yang bahagia.





14 komentar on "Pola Asuh "Grow Happy" oleh Nestle LACTOGROW"
  1. Emang bener deh, anak pasti bahagia kalau segela kebutuhannya terpenuhi terutama masalah gizi ya kak 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Alfu... Gizi yang baik itu harus terpenuhi dalam 1000 hari pertama seorang anak

      Hapus
  2. Bener banget ya kalau ortunya pemarah biasanya anak ikutan suka tantrum, duh aku kudu lebih sabar nih kakkk huhuu

    BalasHapus
  3. Intinya mama senang, keluarga sejahtera yaaaa. Hihihi. Happy wife happy family, happy moms, happy child hihihi. Emang mama ini tugasnya banyak jd bener2 hrs bahagia .

    BalasHapus
  4. setuju banget, kebahagiaan itu nular dan bisa bikin makin sehat. Makanya seorang ibu juga harus happy terus dan rutin piknik biar tetep waras heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. "rutin piknik biar tetep waras" hahaha.. Cuccok banget nih!

      Hapus
  5. Jadi Ibu menyenangkan ya.. apalagi ditambah dengan adanya edukasi rutin dengan lacto grow seperti yang sudah dilakukan.. Ibu semakin paham tentang nutrisi tumbuh kembang anak, bisa silaturrahmi juga ke banyak ibu yang lain dan sharing informasi tentang pengasuhan anak.. bismillah sebagai salah satu usaha juga untuk menjadi ibu yang terbaik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bagusnya Lactogrow ini karena program edukasinta gak hanya dari segi gizi susunya tapi juga dari sisi psikologis anak.

      Hapus
  6. setujuuuu sekali ama paragraf awalnya. ortunya harus bahagia dulu utk bisa membuat anak bahagia :D. itu yg selalu aku tekanin ke suami. dia kdg maksa utk aku lbh perhatian ke anak, pdhl di saat itu aku sedang banyak pressure kerjaan kantor. makanya aku lbh memilih utk me time dulu, tenangin pikiran, bikin rileks lg diri sendiri, baru perhatiin anak. jd bisa fokus juga.

    lactogrow ini susu anakku yg pertama :). awalnya susah nyari susu yg cocok ama dia, krn sempet alergi susu sapi pas bayi. untung aja masuk 3 thn alerginya ga kumat lg dan cocok ama susu ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Me time itu salah satu cara yang bisa bikin kita relax lagi dan mood jadi bagus, sehingga kita enjoy hadapi anak.

      Hapus
  7. Yup mama happy anak pasti ikutan happy juga ya moms...kalau mama pemarah nanti anak jd suka tantrum....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, bener. Makanya berikan contoh yang baik buat anak.

      Hapus

Kalau kamu suka dengan tulisan ini silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.