Pertama Kali Faizah Ke TMII

Selasa, November 06, 2018

Assalamu alaikum, manteman.

Alhamdulillah, saya baru aja balik dari Jakarta dan Bandung selama 6 hari di sana. Selain untuk menghadiri acara pernikahan ponakan, juga belanja barang untuk bisnis jasa titip dan tentu saja bawa Faizah jalan-jalan donk.

Rencana awal saya pengen rekreasinya di Bandung aja, ke The Ranch dan Kampung Tulip, tapi tetiba Faizah bilang "Mami, Pica mau ke Taman Mini. Bu Guru bilang bagus di Taman Mini, ada istana, ada mainan, banyaaak..." dan ituuu terus yang diomongin. Ya udin, akhirnya rencana berubah demi Faizah yang emang belum pernah ke sana.



Saya sendiri pertama kali ke TMII masih kecil banget, kalo gak salah umur 1 apa 2 tahun gitu. Trus jaman SMA kelas 1, yang sampai masuk nonton di Theater Keong Emas, dan terakhir ke TMII tahun 2007 kalo gak salah. Waktu itu bawa Alifah dan Nadhif yang masih pada kecil-kecil, bareng sepupupku, kak Ima dan kak Ongen serta anak-anak mereka. Kami sampai ke Museum Serangga dan Hewan Laut, bahkan naik sky gondola segala. Nanti ya saya cariin foto-fotonya dan diaplot dalam tulisan ini.

Lanjut ke kunjungan ke TMII baru-baru ini...

Pagi hari tanggal 31 Oktober 2018, saya, Faizah, bareng ipar dan ponakan, Ika dan Khansa, pergi ke Taman Mini alias TMII. Sebelumnya tentu aja anak-anak harus sarapan dulu, biar gak kelaparan di jalan dan saat main. Tujuan utama saya sih rencananya cuman ke Istana Anak, Anjungan Sulawesi Selatan, keliling naik kereta atau mobil wisata dan Keong Emas.

Gerbang TMII

Tarif masuk ke kawasan TMII untuk parkiran mobil Rp.15.000 dan per orang juga dihitung Rp.15.000. Kami langsung terus ke Istana Anak-anak yang letaknya di bagian tengah, melewati danau buatan yang pulau-pulaunya dibuat berbentuk gugusan pulau di Indonesia. Sayang banget karena musim kemarau jadi air di danau surut dan tanahnya terlihat seperti lumpur. Demikian pula dengan danau yang biasa dipakai untuk berkeliling dengan bebek gowes. Surut..rut! 😕

Istana Anak

Begitu tiba di Istana Anak, Faizah excited banget! Loncat-loncat sambil teriak-teriak. Padahal baru di depan pagarnya tuh, hiihi.. Sebelum masuk, kami harus membayar tiket dulu Rp.10.000/orang. Di dalam area Istana Anak-anak banyak badut berkeliaran yang bisa diajak foto tapi setelahnya jangan lupa dikasi salam tempel ala kadarnya ya. Suasananya rame dengan anak-anak TK dan PAUD yang sedang berkunjung.

Faizah & Khansa
Rame!
Enjoy, Pica!
Barong Bali


Di halaman depan ada permainan anak, seperti kolam mandi bola, perosotan, jungkat-jangkit, mini roller coaster dan sebagainya, tapi sayang kondisinya gak terawat. Terlihat jorok dan udah berkarat, terutama permainan mini roller coaster dan helikopter, sehingga gesekan besinya kedengaran kalo permainannya sedang jalan. Ini harusnya jadi perhatian pihak pengelola, apalagi wahana Istana Anak ini selalu ramai pengunjung.

Di dalam istana hanya berupa ruang kosong yang biasa dipake untuk acara. Di dinding ada rak kaca yang berisi aneka permainan dari berbagai daerah dan boneka-boneka dengan berbagai pose. Keluar dari Istana Anak, di halaman belakang luas banget... Ada patung Gajah Mada, kolam renang Sindang Sejodoh, ada Panggung Kancil tempat acara, dan banyak juga jualan souvenir khas TMII, baju dan mainan anak.

Patung Gajah Mada & papan petunjuk
Area belakang yang luas
Kolam renang Sindang Sejodoh
Panggung Kancil
Penjualan baju TMII


 Anjungan Sulawesi Selatan

Puas main dan berfoto di area Istana Anak, selanjutnya kami ke Anjungan Sulawesi Selatan yang tinggal nyebrang aja. Ada 3 rumah adat khas Sulawesi Selatan, yakni Balla Lompoa dari Makassar, rumah Bugis dari suku Bugis (yang saya gak tau apa namanya)  dan Tokonan dari Toraja. Selain itu ada sebuah aula besar yang terbuka, yang biasa digunakan sebagai tempat acara.

Gerbang Anjungan Sulawesi Selatan
Tongkonan
Kuburan Batu Londa
Balla Lompoa
Aula

Sepertinya Toraja mendapat porsi lebih banyak di Anjungan SulSel ini. Gak hanya rumah adat atau Tokonan, tapi juga kuburan batu yang terdapat di Londa hingga Tedong Bonga (kerbau belang) dan babi yang memang banyak kita jumpai kalo ke Toraja.

Menurut tante Enon, sepupunya Papi yang kerja di Anjungan SulSel itu, turis mancanegara paling suka berfoto  di depan Tongkonan yang ada tanduknya berjejer dari atas ke bawah. Saya gak masuk di dalamnya, tapi dari luar terlihat di dalam Tokonan itu ada kegiatan, seperti infomasi budaya dan semacamnya.


Tongkonan dengan tanduk tedong

Keong Emas

Dari Anjungan SulSel, kami lalu ke Keong Emas yang letaknya di bagian depan TMII. Di dalam bangunan Keong Emas ini ada theater IMAX 4 Dimensi. Tadinya sih rencana pengen nonton tapi filmnya udah main sejak jam 1 siang, sedangkan kami ke Keong Emas sudah jam 2 dan pertunjukan beeikutnya main jam 3. Kelamaan kalo harus nunggu. Alhasil kami hanya foto-foto aja dengan background Keong Emas.

Bocah sok ABG 😜
Mami Ery - Khansa - Faizah - Mama Ika

Saya punya kenangan sendiri dengan Keong Emas ini Jaman kecil saya takjub dengar kata "Keong Emas". Awalnya saya pikir "keong dari emas? How come?" trus dikasi tau deh kalo Keong Mas itu adalah sebuah bangunan gede, eh saya malah jadi mikir kalo itu adalah sebuah bangunan berbentuk keong yang terbuat dari emas. Sampai akhirnya saya ke sana tahun berapa tuh ya, pokoknya masih masa sekolah lah, 1991 mungkin, dan lihat langsung bangunan Keong Emas, dan cuman bisa menertawakan diri sendiri "oh gini toh.. Haha, santolku deh!" 

Dan di tahun 2018 ini, untuk pertama kalinya bawa Faizah lihat Keong Emas, dan doi B Aje tuh.. Ok, emang cuman Mami yang lebay kali'? 😅

Baca juga : Saya Lebay?


Setelah dapat beberapa foto kece di depan Keong Emas, kami putuskan untuk meninggalkan TMII soalnya pesanan jastip Mami udah menunggu kami rasa udah cukup yang didatengin dan udah sesuai rencana, kecuali berkeliling naik mobil wisatanya. Yang penting Faizah udah lihat seperti apa TMII. Dijelasin juga tentang segala hal, dia belum begitu ngeh, taunya main aja.

Ok, 1  janji ke Faizah udah ditunaikan. Target selanjutnya Faizah pengen banget ke Universal Studio Singapore. Insya Allah nanti akan diwujudkan sama Atu. #kodekeras hihiii... 😁