Creators Gathering bersama IDN Creator Network

Senin, Agustus 13, 2018

Assalamu alaikum... Hola!

Hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2018 lalu, saya dan beberapa manteman blogger mendapat undangan dari IDN Media untuk menghadiri acara IDN Creator Network - Creators Gathering Roadshow 2018.

Buat kamu pengguna media sosial, khususnya Instagram, mungkin tau akun IDN Times yang selalu berbagi informasi terkini. IDN Times ini adalah salah satu produk dari IDN Media, selain IDNtv, Popbella dan masih banyak lagi termasuk IDN Creator Network. Nah, di acara kemarin, penyelenggaranya adalah IDN Creator Network, perusahaan agensi creator yang bergerak dan ahli dalam kaitannya dengan creator marketing, penjualan, branding dan periklanan, konsep kreatif, pembuatan iklan, film dan video, pengaturan dan pembuatan events (acara) dan segala sesuatu yang berkaitan.  

Dalam acara itu hadir Kyra Nayda, Beauty Content Creator dan Kery Astina, Comedy Content Creator, yang juga dinaungi oleh IDN Creator Network, untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada semua undangan yang hadir.

Tasya Syandriana - Kyra Nayda - Kery Astina
*pic by Alfu Laila

CONTENT CREATOR

Acara dibuka oleh Tasya Syandriana dari IDN Creator Network, yang menjelaskan tentang apa sih content creator itu? Content creator adalah pembuat konten, baik itu gambar, tulisan, video atau suara yang dibuat untuk media, khususnya media digital. Seiring perkembangan tekhnologi, content creator banyak dilirik oleh perusahaan untuk mempromosikan produk/brand mereka di media-media sosial yang sekarang makin pesat pertumbuhannya. Bahkan profesi bloger pun termasuk sebagai content creator. Nah, ketika seorang content creator itu menerima endorsement maka dia disebut sebagai creator marketing.

Bareng Uwi Bama, salah seorang content creator Makassar

Blogger Makassar
*pic by A.Unga

Kyra Nayda dan Kery Astina yang sudah beberapa tahun ini menjadi content creator berbagi tips bagaimana menjadi seorang content creator yang selalu eksis dan dilirik oleh banyak brand, yakni :

✔ Harus konsisten dengan content yang dibuat, misalnya seperti Kery yang memilih jalur komedi.
✔ Feed (di Instagram) harus diatur, mulai dari warna, tone, tema dan sebagainya.
✔ Jangan membandingkan diri dengan orang lain. Just be your self.
✔ Jangan pernah mengecilkan diri sendiri. Buatlah content yang lebih baik dari yang orang lain buat.
✔ Self improve. Selalu mengembangkan diri untuk meningkatkan kemampuan.
✔ Ada interaksi dengan follower yang komen.
✔ Siapkan rate card yang selalu update.

IDN Content Network selaku agensi dari para content creator menjalin kerjasama dengan yang benar-benar memiliki keahlian berkarya dalam memasarkan dan mempromosikan produk brand dan memberikan pesan melalui aset-aset media sosialnya, termasuk Instagram, Facebook, Youtube dan Blog. Bukan yang sekedar banyak pengikut atau follower tetapi bukan influencer (memberi pengaruh pada orang lain), apalagi yang di feednya hanya foto-foto keluarga atau kegiatan yang tidak penting, hihih...
*ah, serasa tertampar dirikyuuu 😆

WORKSHOP SULAM PITA

Di acara yang dikemas cukup menarik ini, banyak ilmu yang didapat oleh kami, termasuk juga ilmu sulam pita dari workshop yang diadakan.

Membuat sulam pita
*pic by Alfu Laila

Well, sebenarnya EO saya, EMaronie Organizer, juga pernah membuat workshop serupa, tapi gak ada salahnya saya ikutan juga. Apalagi kali ini kerjainnya rame-rame bareng manteman blogger dan yang ngajar pun para crafter yang semuanya adalah blogger juga, haha...

Acara ditutup dengan foto bareng kami para undangan dengan Kyra dan Kery yang ramah.

Foto bareng Kyra Nayda & Kery Astina
*pic by Alfu Laila