Jelajah Rasa Kuliner Khas Bali

Jumat, Agustus 03, 2018

Assalamu alaikum, manteman.
Hola!

Setelah menjelajah kota Shenzhen, Macau dan Hong Kong, di akhir bulan Juni lalu, dan sekarang sedang berada di Jakarta, eh koq ya tetiba saya kangen Bali?? #uhuk
Tapi emang benar... Saya rasanya jadi pengen liburan ke Bali lagi, untuk yang ke-5 kalinya.
*Ok, ini sih kode keras biar Atu baca, wakwkaw 😜

Bali emang ngangenin. Berjuluk Pulau Dewata, Bali ternyata gak hanya kaya akan keindahan alam pantainya yang terkenal hingga ke mancanegara. Kalo berlibur ke pulau ini, kamu bisa juga mencicipi berbagai jenis kuliner khas Bali yang menggugah selera. Ragam sajian bercita rasa nusantara yang dipadukan dengan bumbu-bumbu khas daerah tentu akan memanjakan lidah saat kamu mencobanya. Dari gurih dan lezatnya bumbu betutu hingga sensasi segar rujak berkuah, huaah... Bikin ngiler aja deh!

Walaopun saya belum sempat cobain semua, tapi saya bisa merangkum rekomendasi kuliner khas dari Pulau Dewata yang akan melengkapi aktivitas jelajah rasa dalam agenda liburan kamu.

Cekidot!

1. Ayam dan Bebek Betutu


Ayam Betutu
*pic @inakoesoema

Ini menu favoritnya Atu kalo ke Bali. Bumbu betutu merupakan paduan dari berbagai rempah seperti jahe, kunyit, lengkuas, serai, serta bawang merah yang ditambahkan daun salam dan daun jeruk. Bumbu tersebut dijadikan isian daging ayam atau bebek utuh yang dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau dibakar.

Karena termasuk hidangan khas yang populer, ayam dan bebek betutu banyak disajikan di berbagai restoran di Bali. kamu bisa memanfaatkan fitur Traveloka Eats untuk menemukan restoran terbaik yang menawarkan menu sajian ini.

Baca juga : Faizah Goes To Bali

2. Nasi Sela


Nasi Sela
*pic tipsdapurkoki.blogspot.com

Berasal dari wilayah Bali bagian timur, Nasi Sela adalah nasi yang terbuat dari campuran ubi jalar dan ketela (sela) yang dicacah hingga halus. Hidangan ini biasa disajikan bersama daging kuah santan, ayam suwir, sayur bejek, serta taburan udang kecil dan kacang tanah. Buat kamu penggemar cita rasa pedas, sambal matah juga bisa dijadikan pelengkap saat menyantap Nasi Sela.

3. Nasi Tepeng


Nasi Tepeng
*pic @balikenyang

Nasi khas Bali lainnya yang harus kamu coba adalah Nasi Tepeng. Menawarkan sensasi rasa pedas, Nasi Tepeng dicampur dengan racikan bumbu rempah khas Bali serta beberapa jenis sayur seperti nangka muda, terong, dan kacang panjang. Nasi dan seluruh bahan pelengkapnya dihidangkan di atas daun pisang untuk menguatkan cita rasa tradisional yang sederhana namun tetap mengundang selera.

4. Lawar


Lawar
*pic @siapgendut

Kalo di Makassar saya taunya menu Lawara' yang berbahan dasar jantung pisang, di Bali ada yang namanya Lawar yang memadukan daging dan sayuran dalam satu hidangan sehingga menciptakan sensasi rasa unik nan lezat saat disantap. Beberapa jenis sayuran seperti nangka dan kacang panjang dicampur dengan parutan kelapa, daging cincang, serta bumbu khusus yang diracik secara rumahan.

Campuran dagingnya sendiri dapat terdiri dari daging ayam, daging bebek, atau bahkan daging babi 🐷

5. Berengkes


Berengkes
*pic @makan_barengplg

Berengkes sebenarnya merupakan nama khas Bali untuk hidangan pepes ikan, baik ikan tuna, tenggiri, marlin, maupun jenis ikan lainnya. Daging ikan yang telah dicincang halus diberi racikan bumbu yang terdiri dari sejumlah rempah, santan kental, serta daun limau dan daun salam. Disajikan bersama sepiring nasi hangat, Berengkes cocok dijadikan sebagai pelengkap menu makan siang.

6. Tipat Cantok


Tipat Cantok
*pic @vinnys_warung 

Tipat atau ketupat cantok adalah hidangan khas Bali yang sering dibandingkan dengan ketoprak dan gado-gado asal Jakarta. Jenis kuliner ini menghadirkan ketupat yang dicampur dengan beragam sayuran rebus, termasuk kangkung, taoge, dan kacang panjang. Untuk melengkapi sajiannya, tipat cantok disiram dengan bumbu kacang nikmat serta ditambahkan potongan tahu dan taburan bawang goreng.

7. Blayag Raja


Blayang Raja
*pic ksmtour.com

Kuliner khas Bali yang satu ini memiliki kemiripan dengan lontong sayur yang kerap ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Dikenal pula dengan nama Tipat Blayag, hidangan ini menyajikan ketupat atau lontong, ayam suwir, telur, serta sejumlah jenis sayuran yang disiram dengan kuah kari kuning yang gurih.

8. Sate Lilit


Sate Lilit
*pic @herarulita

Sate lilit adalah varian sate nusantara yang diolah dari daging ikan, ayam, atau sapi yang dicincang dan dicampurkan dengan parutan kelapa serta racikan bumbu. Seperti namanya, daging yang telah dihaluskan kemudian dililitkan pada tangkai serai atau batang bambu tebal.

Sebagai salah satu kuliner favorit dari Pulau Dewata, Anda akan menemukan banyak restoran yang memasukkan sate lilit ke dalam daftar menunya. Beberapa di antaranya bahkan telah diulas dalam Traveloka Eats.

Baca juga : Kuliner Makassar di Bali

9. Sate Plecing


Sate Plecing
*pic @sateplecingbali

Varian sate lain yang dapat Anda temukan saat berwisata kuliner di Bali adalah Sate Plecing. Yang membuat sate ini istimewa dan berbeda dari jenis sate lainnya adalah racikan sambal plecing yang memiliki cita rasa khas yang pas di lidah. Sambal plecing terbuat dari campuran cabai, terasi, tomat, jeruk limau, serta bawang merah dan putih, sedangkan daging yang digunakan dapat berupa daging sapi atau babi.

10. Serombotan


Serombotan
*pic @oriskitchen

Serombotan adalah urap khas Bali yang terdiri dari kecambah, kangkung, terong, buncis, bayam, dan kacang panjang yang direbus setengah matang. Campuran berbagai jenis sayuran tersebut ditaburi dengan parutan kelapa sangrai dan disiram kuah pedas. Serombotan dapat dijadikan sebagai pendamping makanan utama dan disajikan bersama nasi atau ketupat.

11. Sambal Bongkot


Sambal Bongkot
*pic @tenda.ku

Kerap dijadikan sebagai pelengkap nasi campur Bali, sambal bongkot merupakan sambal matah dari Pulau Dewata yang terbuat dari campuran cabai rawit, bawang merah, serai, terasi, serta bunga kecombrang atau bongkot yang diiris tipis. Dengan irisan kecombrang, sambal ini menawarkan cita rasa unik di samping sensasi pedasnya yang menggiurkan.

12. Rujak Kuah Pindang


Rujak Kuah Pindang
*pic @raosbali

Ingin santapan yang menyegarkan setelah berpanas-panas di kawasan pantai Pulau Dewata? Nah, rujak kuah pindang bisa menjadi rekomendasi utama bagi Anda. Tidak seperti rujak pada umumnya yang menawarkan rasa manis, rujak khas Bali ini memiliki cita rasa asin karena menggunakan bumbu kuah yang dihasilkan dari proses pembuatan pindang. Meski begitu, sensasi pedas dan segar dari cabai dan buah-buahan masih bisa dirasakan.

13. Bubur Injin


Bubur Injin
*pic @astondenpasar

Bubur Injin merupakan bubur ketan hitam khas Bali yang menawarkan rasa manis nan segar dengan tambahan es batu sebagai bahan pelengkapnya. Setelah dimasak dengan gula merah, bubur biasanya disajikan dengan tambahan daun pandan sebagai penguat rasa serta siraman kuah santan yang lumer saat disantap. Sama lah dengan bubur ketan hitam yang ada di Makassar.

14. Laklak


Add caption
Menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya, Laklak menjadi kuliner pencuci mulut khas Bali yang wajib dicoba, terutama bagi Anda yang menggemari kudapan manis. Selain Laklak orisinal yang dibuat dari campuran santan dan tepung maizena, ada pula varian Laklak yang ditambahkan daun pandan. Kue berbentuk bundar ini disajikan bersama siraman kuah santan, sirup gula, serta taburan kelapa parut.

15. Bagiak


Bagiak
*pic @vennirad

Selain dinikmati langsung, Bagiak juga bisa dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh khas Bali. Kue kering yang terbuat dari tepung sagu ini memiliki berbagai varian rasa, di antaranya adalah susu, kacang, jahe, dan kayu manis. Dengan tekstur renyah dan rasa yang manis, Bagiak cocok dinikmati bersama kopi atau teh hangat.

Baca juga : Menu Serba Halal di Bali

Itulah sejumlah rekomendasi kuliner khas Bali yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun asing saat berwisata ke Pulau Dewata. Tertarik untuk ikut mencoba berbagai sajian tersebut? Sekarang kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan ulasan mengenai lokasi wisata kuliner di Bali melalui Traveloka Eats.

Selain menyediakan daftar restoran terbaik untuk dikunjungi, fitur terbaru dari Traveloka ini juga memberikan berbagai penawaran menarik yang akan membuat pengalaman berlibur dan berwisata kuliner kamu menjadi lebih mengesankan 😉

Aah... Jadi makin kangen Bali!!!

Jadi manyun deh tuh!