Flashback Hong Kong - Macau 2012

Senin, Juni 25, 2018

Assalamu alaikum, manteman 😊
Pernah mengalami perasaan seperti ini?

berada di kota tempat tinggal, tapi perasaan atau pikiran berada di kota atau negara lain

Beberapa waktu lalu saya mengalaminya!

Saya sedang berada di Makassar, kota kelahiran dan tempat tinggal saya sekarang, tapi perasaan dan pikiran saya lagi melanglang buana hingga ke Hong Kong.

Iya, HONG KONG!

Saya lagi kangen Hong Kong.

Eh, lebay banget yaa saya? Hihiii..
Tapi ya emang gitu, rasanya pengen banget jalan-jalan lagi di Hong Kong. Waktu itu saya ke sana tahun 2012. 5 tahun yang lalu. Udah lama banget kan? Jadi wajar toh kalo kangen 😊

Sekedar flashback perjalanan saya selama di Hong Kong kala itu, walau udah agak lupa-lupa ingat tapi saya coba ceritain sesuai yang saya ingat aja yaa...
Saya dan Atu berangkat bareng teman-teman kantornya dari Dinas Pariwisata Kota Makassar, tepatnya di bulan Januari 2012. Saat itu cuaca lagi dingin-dinginnya, dengan suhu kurang lebih 16℃. Dinginnya tuh di siniii.. Brr ❄

Perjalanan kami diawali dari Makassar menuju Jakarta, transit kurang lebih  2 jam lalu lanjut ke Hong Kong dengan menempuh waktu 5 jam perjalanan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Total 7 jam, termasuk Makassar - Jakarta. Saya ingat banget salah satu film yang menemani saya selama perjalanan kala itu berjudul The Good Girl yang diperankan Jennifer Anniston dan Jake Gyllenhaal. Karena film ini saya langsung sukaaa sama aktingnya Jake! 😍

Day 1

Tiba di Hong Kong, kami dijemput oleh pihak travel, naik bus ke apartment. Yes, kami nginapnya di apartment, bukan di hotel. Lokasinya di daerah Causeway Bay yang dekat dengan Victoria Park, di belakang Hotel Park Lane. Nama apartmentnya Vancouver Mansion. Dekat banget dengan pusat perbelanjaan dan stasiun kereta bawah tanah alias MRT.

Area di sekitar apartment kami
Ke mana-mana naik MRT

Hanya dengan berjalan kaki, kami menyusuri area sekitar yang ramai dengan pertokoan dan para pembeli yang berpakaian keren-keren.

Day 2

Pagi hari kami udah jalan. Kali ini menyusuri area Causeway Bay lalu naik MRT ke Tsim Tsa Sui untuk berfoto di beberapa gedung  yang terkenal di area itu, seperti Museum Heritage, Hotel Heritage 1881, Hotel Peninsula, dan lain-lain.

Heritage 1881
Harbour City
Ladies Market

Hari ke-2 ini adalah waktunya shopping. Sempat singgah di daerah pelabuhannya dengan mal yang terkenal yaitu Harbour City. Setelah itu kami lanjut shopping di kawasana Mong Kok yang terkenal dengan Ladies Market, pusat perbelanjaan kaki 5 yang terkenal dengan aneka barang murah meriah. Kalo di tempat seperti ini saya sukanya beli souvenir aja karena kadang dapat diskon gede kalo belinya banyak.

Day 3

Hong Kong juga terkenal dengan bisnis perfilmannya yang hits. Artis-artis seperti Bruce Lee, Andy Lau, Jacky Chen, dan masih banyak lagi udah ngetop sejak jaman tahun 60an. Gak heran kalo di Hong Kong ada satu tempat wisata yang diberi nama Avenue Of The Stars yang menampilkan cap tangan para artis Hong Kong terkenal itu. Gak lengkap rasanya ke Hong Kong kalo gak foto bareng patung Bruce Lee di sini.

Atu & patung Bruce Lee
Avenue of The Stars

Hari ke-3 ini jadwalnya padat. Wisata dilanjutkan ke Victoria Peak atau The Peak, tempat tertinggi di Hong Kong. Untuk mencapai ke atas, kami naik kereta yang menanjak dengan kemiringan 20⁰. Agak ngeri-ngeri sedap gimanaaa gitu, karena di tengah tanjakan ada atraksi kereta yang terhenti. Huhuuu... Dari The Peak kita bisa melihat 360⁰ kota Hong Kong yang banyak gedung tingginya. Ada juga 1 resto yang keren banget dengan bangunan model jadul, jadi tempat foto favorit gw banget deh, apalagi di saat kabut yang tebal, makin dramatis deh fotonya. Yang paling keren dari tempat ini adalah Museum Patung Lilin Madame Tussauds. Kesempatan saya kembali foto bareng dengan Obama dan artis-artis lainnya, walopun hanya patung lilinnya doank, hihii...

The Peak Tram
Bertemu Obama di Museum Madame Tussauds
Resto dengan eksterior jadul di The Peak

Makan siang kami di resto Jumbo Floating Restaurant. Restoran terapung yang kita harus naik kapal menuju ke sana. Asyik banget deh! Ini pengalaman pertama saya makan di resto terapung. Setelah itu kami dibawa ke sebuah kuil yang saya lupa namanya. Yang saya ingat sih ada banyak patung di taman belakang kuil itu, termasuk batu yang katanya kalo kita dan pasangan pegang sambil berdoa bisa terus langgeng. Ahhayyy... Percaya aja sama batu!

Jumbo Floating Restaurant
Batu jodoh katanya 😜
Pelabuhan ferry di Hong Kong
Selesai city tour, kami lantas dibawa ke pelabuhan ferry untuk menuju ke Macau dengan ferry cepat, yaitu Jumbo Jet Ferry. Kurang dari 1 jam kami sudah tiba di Macau. Waktu itu udah malam dan oleh pihak travel kami langsung dibawa ke Hotel Venetian yang terkenal mewah dengan arena judinya yang luasss banget! Sambil menunggu kamar kami disiapkan oleh petugas hotel, kami sempatkan untuk mengadu keberuntungan di mesin putar, hihiii...

The Venetian Macau

Day 4

Setelah sarapan di kamar, kami kembali ke lagi ke arena judi. Rupanya yang satu ini emang nagih kalo kita udah menang banyak, hihi... Etapiiii gak bisa lama-lama, soalnya jadwal city tour Macau udah menanti.

Baca juga : Traveling Untuk Kesehatan Mental

Sayangnya waktu itu hujan turun lumayan deras di Macau. Suhunya pun makin dingin. Kami hanya melewati St. Paul's Church, ikon kota Macau, gak bisa singgah foto karena hujan deras. Sayang banget...

Gak berapa lama kemudian hujan berubah jadi panas. Bus langsung melaju ke toko souvenir, mall City Of Dreams yang ada Hard Rock Cafe di dalamnya dan sebuah area seperti mall atau tempat judi yang bangunannya persis gunung berapi, untuk berfoto, lalu ke pelabuhan ferry untuk balik ke Hong Kong.

City of Dreams
Gunung berapi buatan di Macau
Day 5

Di hari terakhir ini sebenarnya agendanya hanya Disneyland aja, tapi sebelum ke sana kami sempatin dulu lagi untuk shopping di sebuah mall besar di kawasan Cause Way Bay yang saya lupa namanya.

Kami ke Disneyland naik MRT yang interiornya dibuat sesuai karakter Disney, seperti jendelanya yang berbentuk kepala Mickey dan sebagainya. Disneyland ini letaknya jauh banget di sebuah pulau yang terhubung dengan jembatan. Selama di sana kami hanya foto-foto doank, gak main, padahal pengen banget deh rasanya main di salah satu wahananya, hihiiii...

MRT ke Disneyland
Disneyland Hongkong
Day 6

Pagi hari kami udah bersiap-siap untuk pulang kembali ke tanah air.
Pengalaman 5 hari di Hong Kong mengesankan banget buat saya. Gak heran kalo jadi kangen. Tapi untuk kunjungan selanjutnya saya harus bawa anak-anak menikmatinya, khususnya Disneyland. Insya Allah 🙏