Aneka Kreasi dari Kain Perca

Kamis, Juli 05, 2018

Ada banyak cara untuk bisa menerapkan hidup hemat. Salah satunya dengan membuat sendiri barang yang kita bisa, dibanding membeli. Barang yang kita bikin pun bisa dengan memanfaatkan barang bekas yang masih bisa terpakai, seperti misalnya kain perca.

Sesuai dengan postingan mak Farida di web Kumpulan Emak-emak Blogger tentang membuat tempat pensil dari kain perca, maka dalam #KEBloggingCollab kali ini saya pengen share aneka macam  barang hasil kreasi dari kain perca, sesuai dengan yang pernah diajarkan oleh event organizer saya, EMaronie Organizer.


Kain Perca Bisa Jadi Apa Saja?

1. Bros
Hampir semua orang yang bisa membuat handycraft pasti tau kalo salah satu bahan bros yang paling laris atau disukai adalah yang terbuat dari kain. Di beberapa kelas workshop, kami sering mengajarkan cara membuat bros dari kain perca.


Saya dan bros perca hasil workshop

Baca salah satu workshop pembuatan bros dari kain perca di link ini : Membuat Bros dari Kain Perca

2. Tempat Koin/Kantong Berkancing
Tempat koin atau lebih tepatnya kantong serba guna ini selain menggunakan kain perca, juga memakai kain linen di bagian dalamnya agar lebih tebal. Saya yang tadinya gak tau menjahit akhirnya bisa bikin 1 tempat koin sederhana ini, yeayyy!!! hihihi 😅



Langkah mudahnya bisa kamu baca di sini : Membuat Kantong Berkancing

3. Bantalan Pentul/Pin Cushion
Kreasi ini yang paling sering saya bikin. Sebagian besar bahannya dari barang bekas. Mulai dari kain perca, tutup botol hingga pita. Sebagai bantalan, di dalam kain harus dimasukkan dacron atau gabus. Bikin bantalan pentul ini termasuk salah satu handycraft kesukaan saya.



Cara membuatnya bisa kamu baca di sini : Membuat Pin Cushion dari Kain Perca & Tutup Botol

4. Topiary
Untuk membuat topiary yang cantik kamu hanya butuh kain perca bermotif cantik. Jangan lupa disetrika dulu ya kain percanya biar rapi. Buat sebagian orang, membuat topiary termasuk gampang-gampang susah, tapi kalo terus berlatih pasti bisa lancar bikinnya.



Workshop Topiary sudah beberapa kali pula diajarkan oleh EMaronie Organizer. Salah satunya bisa kamu baca : Berakhir Pekan Dengan Membuat Topiary

5. Dompet Berbingkai/Frame Pouch
Tahu tempat koin yang ada besi penutup di atasnya? Itulah yang dinamakan Frame Pouch. Semacam dompet untuk koin, berukuran kecil dan di atasnya ditutup dengan bingkai besi. BIkin frame pouch ini untuk dijadikan hadiah buat teman-teman kayaknya ok juga ya? 😊 



Lihat keseruan membuatnya di : Belajar Membuat Frame Pouch

So, percaya kan kalo kain perca bisa sangat bermanfaat? Makanya yang udah dianggap sebagai sampah jangan langsung dibuang, karena bisa dimanfaatkan untuk menjadi kreasi lainnya.

Baca juga postingan manteman lainnya dari grup Raisa :


Mak Merry | Mak Gifta | Mak Dhira | Mak Ima