Menu Favorit Buka Puasa

Senin, Mei 28, 2018

Assalamu alaikum...
Hola! Sanneng Talks is back!!

Alhamdulillah ya 🙏
Setelah sekian lama vakum, akhirnya kolaborasi Ery-Awie-Qiah tayang lagi untuk edisi #17. Jadi ceritanya karena kesibukan masing-masing, kolaborasi Sanneng Talks emang sempat terhenti sejenak dengan segala pengertian dari masing-masing kami. Sampe akhirnya kami sempatkan untuk ngumpul kembali, bukan di ajang acara blogger tapi emang kami jadwalkan khusus untuk ketemuan sebelum bulan Ramadhan. Sekedar kangen-kangen, mempercantik tempelate blog, skaligus obrolin tema Sanneng Talks edisi berikutnya.

Ya, seperti halnya mesin, jalinan pertemanan emang perlu di-refresh sesekali untuk mempererat tali silaturahim, mengenang masa-masa yang sudah dijalani bersama dan  mendapatkan ide baru 😊

Meet up Sanneng Talks squad

Baca : Sehari Bersama Ery

Well, back to the topic. Mumpung puasa, tema yang kita angkat tentang menu yang wajib dimakan saat buka puasa.

BERBUKALAH DENGAN YANG MANIS (?)

Ketika populer iklan dengan tagline "Berbukalah dengan yang manis" sebagian besar dari kita yang masih dangkal ilmu agamanya menganggap ungkapan itu adalah hadits Rasulullah SAW. Padahal tidak ada hadits berbunyi demikian atau yang mendekati makna itu.

Mengenai buka puasa cara Rasulullah adalah sesuai dalam HR. Abu Daud 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud, berbunyi :

"Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air”.

Dari buah kurma inilah sebagian ulama mengkonotasikan dengan rasa manis. Padahal buah kurma memiliki berkah dan keutamaan, dimana tidak semua makanan manis memiliki itu. Yang terpenting adalah air untuk menghilangkan dahaga, sedabgkan makanan manis berfungsi untuk menguatkan dan mengembalikan stamina tubuh setelah berpuasa.

Kurma & Teh hangat
*pic courtesy @wiwied_bachtiar

Baca juga : Berkunjung ke Kebun Kurma di Medinah

MENU BUKA PUASA FAVORITKU

Lantas, menu buka puasa yang wajib buat saya dan keluarga apaan? Hmm... Kalo dibilang wajib sih gak ya, soalnya kalo pun menu itu gak ada ya gak apa juga sih. Apalagi kalo buka puasanya di luar rumah, ya gak mungkin harus ada menu wajib. Lebih tepatnya sih kalo disebut menu favorit aja.

Saat berbuka puasa di rumah, yang selalu terhidang adalah teh manis hangat dan kurma. Untuk kuenya Atu sih sukanya yang asin seperti Jalangkote, Lumpia, Kroket dan semacamnya, jadi saya sih ngikut aja, hehe... Sedangkan pendampingnya harus yang manis dan dingin seperti Es Pisang Ijo, Es Kopyor, Es Buah, dan semacamnya. Jadi lengkap yes 😄

Panada
Es Pisang Ijo
Es Kopyor

Biasanya ritual buka puasa di rumah kami terlebih dahulu menyeruput teh hangat plus kurma 1 biji. Lalu menyantap kue asin yang emang membangkitkan selera makan. Setelah itu baru deh makan/minuman yang dingin-dingin atau gak jarang juga dimakan/diminumnya setelah makan malam.

Selesai sholat Maghrib, barulah kami makan malam. Itu pun kalo Atu kadang udah sholat tarwih baru makan malam. Tapi ku tak sanggup ikut jadwal makan malamnya Atu, hihiii... 😅

Itu aja sih cerita buka puasaku dengan menu favorit keluarga. Mau tau apa menu wajib teman kolaborasi Sanneng Talks saya? Baca nih :

Manteman cerita juga donk menu buka puasa yang selalu ada di meja makan apa aja? Cuzzz ke kolom komen ya!