FEMME & Celebes Beauty Fashion Week 2018 - Beauty in Diversity

Sabtu, April 14, 2018

Assalamu alaikum, fashion lover!

Bulan April tiba lagi, itu berarti di Makassar kembali hadir pagelaran akbar bertema fashion, yaitu FEMME. D bawah nama besar penyelenggarna yakni 3 Pro Entertainment, sebuah event organizer bertaraf nasional dari Kota Makassar, FEMME kali ini merupakan tahun ke-13 diadakan dan memang sudah menjadi salah satu event tetap dalam calendar event Kementerian Pariwisata.

FEMME terselenggara mulai tanggal 11 hingga 15 April 2018 di Hotel Four Points Makassar. Acara yang berlangsung selama 5 hari ini menghadirkan 350 peserta pameran, 50 fashion designer nasional dan international dan 25 merek milik selebriti tanah air. Tersedia 2 panggung untuk fashion show. Selain itu area Food Court pun tetap ada dengan 30 tenant kuliner.

Stand busana & aksesoris
Stand make up
Food court

Baca juga : Semarak FEMME 2017

Adapun beberapa designer nasional di ajang FEMME kali ini yaitu Ivan Gunawan, Hengky Kawilarang, Didi Budiardjo, Rya Baraba, Kursien Karzai, Chintami Atmanegara, Ayu Diah Andari dan masih banyak lagi. Sedangkan para designer Sulses yang tergabung dalam APPMI Sulawesi Selatan, seperti Sita Darwis, Harisma Dewi, Nining by Haruka, Hilda Aligenda, Vonny Imelda, The Alee’s, Mimi Nasution, Daniel’s Gallery by Chaya, Gabriel Soegiyono, Couture, Ela Amalia, Itja Ahmad, Richard Tene, dan Ida Noer Haris. Untuk tata make up, FEMME kbali bekerja sama dengan LT Pro.

Bareng Hengki Kawilarang & Defrico Audy

Fashion show Mandjha by Ivan Gunawan
Stand APPMI Sulsel
Make up by LT Pro
*pic courtesy rakyatku.com

Tema yang diusung adalah Beauty in Diversity, yang berarti cantik dalam keberagaman kultur, corak dan warna. menjadi inspirasi yang mewadahi gelaran FEMME dan Celebes Beauty Fashion Week. 

Pemerintah Kota Makassar, dalam hal ini Dinas Pariwisata Kota Makassar, masih menyelenggarakan Celebes Beauty Fashion Week dan kali ini merupakan yang ke-3 kalinya. Dengan mengusung konsep unggulan yang berpihak pada pelaku industri fashion dan pendukungnya untuk membangun peradaban Indonesia Timur.

Berbeda dengan pelaksanaan FEMME tahun-tahun kemarin, di FEMME ke-13 tahun ini 3 Pro Entertainment menggandeng Dekranasda Kabupaten Gowa untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan acara. Adapun salah satu acara yang digelar yakni Lomba Putri Bunga.

Baca juga : 7 Fakta Dibalik Gelaran FEMME 2017

Pembukaan FEMME

Acara pembukaan digelar pada hari Kamis tanggal 11 April 2018. Saya dan manteman blogger beruntung bisa menjadi bagian dari saksi sejarah acara pembukaan. Dengan dress code Etnik Indonesia sesuai yang tertera di undangan, kami tampil maksimal sesuai dengan gaya masing-masing. Seharusnya acara dimulai jam 10 sesuai yang tertulis di undangan, tapi molor hingga jam 11.30.


Saya dalam balutan busana etnik Indonesia
Saya & manteman blogger Makassar

Atraksi Tunrung Pakkanjara dan Tari Paddupa hadir di awal acara. Dilanjutkan dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya. Yang ini wajib!

Pada sesi Kata Sambutan, Icha Z. Lili selaku chairwoman FEMME menjelaskan bahwa "Event ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk menggali kekayaan budaya tenun tekstil tradisional menjadi semakin bernilai di tangan para perancang busana. Usungan warna dan corak akan menambah keindahan atas keberagaman yang memperkaya khasanah Nusantara.”.

Chairwoman FEMME
*pic courtesy @femme.official

Selanjutnya Kata Sambutan oleh Adnan Purichta Ichsan, Bupati Gowa, yang dalam gelaran kali ini bekerjasanma dengan 3 Pro dalam event FEMME. Adnan menyambut baik keterlibatan Kabupaten Gowa di acara ini dan berharap Pariwisata Gowa dapat pula dipromosikan.


Adnan Purichta Ichsan
Bupati Gowa

Sebagai Kata Sambutan yang terakhir adalah dari Ibu I Gusti Ayu Bintang Puspa Yoga, istri Menteri KUKM (Koperasi dan Usaha Kecil Menengah). Beliau menyampaikan, Kami harapkan gelaran Femme tidak hanya menjadi media untuk memasarkan produk saja akan tetapi juga harapan kami sebagai media inspiratif, edukasi, pengembangan wawasan, demikian juga jejaring sesama. Sehingga gelaran pameran ini bisa memberikan nilai yang lebih besar lagi bagi pengembangan kinerja usahanya,” . 

Selanjutnya prosesi pembukaan dilakukan oleh Ibu I Gusti Ayu Bintang Puspa Yoga didampingi oleh para pejabat terkait beserta sponsor.

Peresmian FEMME oleh Istri Menteri KUKM
*pic courtesy jarijari.com
Chairwoman FEMME bersama pejabat terkait & sponsor
Tari Kipas pada prosesi pembukaan
*pic courtesy makassar.terkini.id

Yang menarik dari acara pembukaan ini adalah tampilnya para wanita-wanita inspiratif Sulawesi Selatan, seperti Ibu Rusmayani Madjid - Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Ibu Priska Adnan - istri Bupati Gowa, Ibu Aerin Nizar - anggota DPRD Sulsel, Maharani - penyanyi, dan yang lainnya. Mereka berlenggang-lenggok di atas catwalk dengan memakai busana dari Gee Batik asal Jogja.


Wanita inspiratif Sulsel

Pembukaan CBFW

Di malam harinya, masih di hari yang sama, acara pembukaan Celebes Beauty Fashion Week juga digelar. Dengan mendaulat Bapak Syamsu Rizal MI - Plt. Walikota Makassar untuk menabuh gendang sebagai tanda pembukaan. 


Pembukaan CBFW
*pic courtesy makassar.terkini.id
Penampilan KD di pembukaan CBFW
*pic courtesy makassar.terkini.id

Yang istimewa dari acara pembukaan ini adalah tampilnya Krisdayanti, sang diva Indonesia, dengan balutan bUsana Viena KD. Krisdayanti atau yang sering disebut dengan akronim KD tampil selama 30 menit menyanyikan lagu-lagu hitsnya seperti Mencintaimu dan Yang Kumau.
Sedangkan fashion show pada acara ini menampilkan karya Rudy Chandra, Viena KD dan Defrico Audy.

Fashion show Rudy Chandra
Suasana pameran FEMME

Dari gelaran pembukaannya aja udah istimewa, gimana dengan acara yang berlangsung setiap harinya? Makanya, jangan hanya penasaran aja! Kunjungi FEMME yang masih digelar di Four Points by Sheraton Hotel, Jl. Andi Djemma Makassar, hingga tanggal 15 April 2018.