Aneka Makanan Bernama PALLU Dari Makassar

Kamis, April 19, 2018

Assalamu alaikum, temans.

Indonesia kaya akan beragam kuliner khas dari masing-masing daerah. Seperti yang diulas Mak Rina Susanti dalam #KEBCollaBlogging tentang kuliner Indonesia yang enak dan mudah dibuat.

Makassar adalah salah satunya, lebih luas lagi kita sebut Sulawesi Selatan. Makassar sudah terkenal sebagai daerah dengan aneka kuliner lezat yang disukai hampir semua orang dari seluruh nusatara. Sebut saja Coto, Pallubasa, Mie Kering, aneka hidangan sea food yang segar, kue-kue manis yang biasanya hanya disajikan pada acara adat, minuman Sara'ba yang menghangatkan, dan masih banyak lagi. Gak heran kalo banyak wisatawan yang datang ke Makassar hanya untuk berwisata kuliner.


Pemerintah Kota Makassar bahkan sudah menetapkan 10 ikon kuliner Kota Makassar, yaitu :
1. Coto 
2. Pisang Ijo
3. Pallu Basa
4. Sop Saudara
5. Konro Bakar
6. Pallu Mara
7. Pisang Epe
8. Mie Kering
9. Jalangkote
10. Sop Konro

Tapi, ada yang unik dari beberapa masakan di Makassar, yaitu namanya hampir mirip semua, dengan menggunakan kata "Pallu", seperti Pallu Basa, Pallu Butung, Pallu Mara, dan masih banyak lagi. Padahal semua jenis makanan itu berbeda-beda, ada masakan yang gurih, ada pula yang manis, bahannya pun beda, mulai dari dari daging kerbau hingga pisang. 

Sebenarnya apa sih artinya Pallu?
Pallu dengan 2 huruf L ya. 
Kalo cuman 1 L-nya, bisa berarti nama kota atau alat buat memukul, hehe...
Pallu adalah bahasa Makassar yang berarti "masak", lebih spesifik lagi artinya "masakan berkuah".
Ada 5 makanan dengan kata Pallu yang paling terkenal di Makassar.
Makanan apa saja itu? 
Simak penjelasannya ya...

🍲 Pallu Basa
Pallu Basa berarti masakan berkuah. Hampir mirip dengan Coto, hanya saja pada Pallubasa berbahan dasar jeroan atau isi dalam dari Sapi atau Kerbau. Pada kuahnya diberi parutan kelapa yang sudah disangrai sehingga menjadi kental dan gurih. Aromanya pun lebih wangi.

Pallu Basa
*pic by kulinernasional.com

🍲 Pallu Mara
Pallu Mara berarti makanan yang dimasak lama hingga bumbunya meresap hingga hampir kering (sangat kental). Berbahan dasar ikan, biasanya ikan kakap merah atau bandeng, yang diberi kuah berwarna kuning yang kental dan segar. Kuah kuninganya itu berasal dari kunyit, sedangkan rasa segernya tercipta dari tomat dan asam jawa.

Pallu Mara
*pic by selerasa.com

🍲 Pallu Kaloa
Jika di Jawa Timur ada Rawon, di Makassar ada juga yang seperti Rawon tapi berbahan dasar ikan. Itulah Pallu Kaloa. Pallu Kaloa cara memasak dengan menggunakan Kaloa, rempah khas Sulawesi Selatan, berbentuk biji seukuran bawang dengan kulit yang keras. Kaloa inilah yang menghasilkan kuah berwarna hitam dan bercita rasa asam yang khas.


Pallu Kaloa
*pic by rasasayange.co.id

🍲 Pallu Kacci
Jika dilihat sekilas, Pallu Mara dan Pallu Kacci terlihat sama. Sama-sama berbahan dasar ikan dengan kuah berwarna kuning. Bedanya adalah pada Pallu Mara menggunakan asam jawa, sedangkan Pallu Kacci menggunakan irisan mangga yang dikeringkan untuk memberikan sensasi kecut (kacci). Perbedaan lainnya adalah pada cara memasaknya. Pallu Kacci hanya mendidih sekali dan langsung diangkat, sehingga kuahnya lebih encer dibanding Pallu Mara.

Pallu Kacci
*pic by travelingyuk.com

🍲 Pallu Butung
Ini dia favorit saya! Makanan manis berbahan dasar pisang yang disiram saos berbahan campuran tepung beras, gula pasir, santan, vanili. Di atasnya diberi susu kental dan sirop berwarna merah sebagai pemanis. Bisa dimakan dalam keadaan hangat, bisa pula diberi serutan es jika lebih suka dingin.

Pallu Butung
*pic by @myhana_kitchen

Itu dia 5 jenis makanan bernama depan Pallu dari Makassar. Gimana dengan kuliner di daerahmu, apa yang unik? Cerita di kolom komen yaa 😉

*Oya, buat manteman dari Makassar, kalo pun ada yang perlu dikoreksi atau ada tambahan, komen ki' di bawah nah..

Btw, manteman saya dari grup Raisa juga menulis tentang kuliner daerah mereka masing-masing lho. Silahkan mampir ke blog mereka 😊

Mak Ima | Mak Merry | Mak Farida | Mak Gifta | Mak Dira